Connect with us
https://www.brackets.id/cara-mengobati-sakit-mata/

Kesehatan

30 Cara Mengurangi Mata Minus dengan Bahan Alami, Alat, Terapi dan Obat Serta Efek Samping

Cara Mengurangi Mata Minus – Mata minus juga bisa disebut dengan penyakit rabun jauh. Dalam dunia medis, penyakit ini disebut sebagai myopia. Penyakit yang menyerang mata ini akan membuat penderita kesulitan dalam melihat objek dalam jarak jauh. Penderita mata minus sangat terganggu dengan aktivitasnya sehari-hari karena gangguan mata ini bisa membuat anda kesulitan dalam melakukan aktivitas harian. Tetapi mata minus bukanlah penyakit yang susah diatasi, karena itulah cara mengurangi mata minus bisa dilakukan.

https://www.brackets.id/cara-mengobati-sakit-mata/

Anda harus rutin memeriksakan kesehatan mata anda, karena semakin bertambah usia, maka kesehatan mata juga bisa berkurang bahkan secara signifikan. Ketika seseorang telah menginjak usia diatas 40 tahun, sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan mata setiap 2 sampai 4 tahun. Sedangkan orang yang sudah menginjak usia 55 sampai 64 tahun, harus memeriksakan matanya setiap 1 atau 3 tahun. Untuk usia diatas 64 tahun, pemeriksaan mata disarankan setiap 1 atau 2 tahun.

Penyebab Mata Minus :

Penyakit mata minus memiliki beberapa penyebab, dan dari sini bisa anda simpulkan beberapa hal yang tidak bisa dilakukan agar kesehatan mata jauh dari mata minus. Berikut ini adalah beberapa penyebab umum yang menyebabkan mata minus pada kebanyakan orang:

1. Genetika

Keturunan bisa menjadi penyebab utama mengapa anda mengalami mata minus. Seorang anak atau remaja yang mengalami mata minus tanpa adanya sebab pasti bisa saja karena faktor genetika. Saat kelengkungan kornea pada mata menjadi pendek serta sumbu bola mata menjadi panjang, maka saat itulah mata minus terjadi. Faktor genetika sendiri bisa terbilang bukan faktor tunggal, tetapi tidak menutup kemungkinan penyebab yang satu ini besar di alami. Disarankan untuk selalu mengecek kesehatan mata secara teratur dan rutin.

2. Sering Menatap Monitor

Baik itu monitor komputer ataupun layar gadget, semuanya mampu menyebabkan gangguan pada mata, salah satunya adalah rabun jauh atau minus. Meski zaman sekarang ada beberapa teknologi yang friendly untuk kesehatan, tetapi tetap saja jika digunakan terlalu berlebihan maka bisa menyebabkan efek samping. Selain itu, teknologi monitor anti radiasi belum terlalu menyebar luas di kalangan masyarakat.

Menatap monitor komputer atau layar smartphone dalam jangka waktu pendek sebenarnya tidak berdampak besar, tetapi berbeda jika anda memiliki pekerjaan yang berhubungan dengan komputer jangka panjang. Seiring berjalannya waktu, mata akan lelah dan ujung-ujungnya kemampuan dalam menangkap cahaya menjadi berkurang. Beberapa hal yang bisa anda coba untuk mengatasi faktor ini adalah dengan menggunakan kacamata anti radiasi dan istirahatkan mata anda 5 menit setiap 1 jam ketika bekerja di depan komputer.

3. Kebiasaan Membaca Buku

Tidak hanya buku saja, mata minus juga bisa disebabkan karena anda salah dalam membaca buku, koran, atau tulisan di layar komputer dan smartphone. Ada beberapa prosedur yang harus anda perhatikan ketika ingin membaca sesuatu dalam jangka waktu lama. Beberapa hal yang penting harus anda ingat adalah pencahayaan ruangan sudah cukup untuk anda membaca tulisan dengan jelas. Perhatikan juga jarak antara mata dan objek yang anda baca, jarak aman nya adalah 30 cm.

4. Menonton TV Terlalu Dekat

TV, layar komputer, layar smartphone, atau apapun yang bisa menghasilkan cahaya tidak sebaiknya untuk menatapnya terlalu dekat. Sebaiknya anda kondisikan dengan kekuatan cahaya dan lebar objek yang anda lihat. Seperti contohnya adalah TV, TV memiliki ukuran yang cukup besar, dan karena itu tidak disarankan untuk menonton dalam jarak yang dekat. Menonton TV tidak harus dekat karena pada dasarnya layar TV didesain agar bisa disaksikan dalam jarak pandang jauh. Sangat disarankan untuk anda menonton TV dalam jarak kurang lebih 2 meter.

5. Istirahat Kurang

Mata minus bisa terjadi karena anda terlalu menyiksa mata anda dengan tetap memperkerjakan mata anda. Hal ini menjadi faktor penyebab yang cukup banyak terjadi, karena banyak orang yang berpikir bahwa mata lelah itu biasa padahal mata lelah bisa menjadi gejala awal munculnya mata minus. Bahkan kurangnya istirahat bisa menyebabkan mata menjadi stres dan memicu penyakit-penyakit mata. Mengistirahatkan mata tidak mengharuskan anda untuk tidur, cukup pejamkan mata sejenak, pijat, dan biarkan serileks mungkin.

6. Mimik Wajah

Penyebab yang satu ini sangat jarang diketahui oleh banyak orang, salah satu penyebab mata minus yang kemungkinan terjadi adalah ekspresi wajah. Ada beberapa ekspresi wajah yang seharusnya tidak anda lakukan terlalu sering, seperti mengangkat alis, menyipitkan mata, atau mengerutkan dahi. Semua itu bisa membebani kerja mata sehingga membuat mata menjadi mudah lelah dan stres. Ujung-ujungnya jika tak diatasi secepatnya, maka bisa menyebabkan mata minus.

7. Kebiasaan Makan

Makan makanan yang sehat seperti makanan bergizi sangat disarankan untuk anda terapkan agar kesehatan mata bisa terjaga. Ada banyak sekali jenis makanan di luar sana yang bermanfaat untuk mata, bahkan beberapa diantara makanan tersebut ada yang fokus pada kesehatan mata. Sayur-sayuran dan buah-buahan memiliki manfaat alami untuk menjaga keseimbangan gizi dalam tubuh. Yang harus anda perhatikan adalah vitamin, karena vitamin menjadi salah satu zat yang paling dibutuhkan oleh mata.

8. Mengabaikan Kacamata Minus

Ada banyak sekali orang yang menganggap remeh kehadiran kacamata minus atau lensa minus. Mereka cenderung berpikir bahwa lensa minus tidak memberikan efek apapun dan mata minus bukankah penyakit yang serius. Namun mereka pasti akan sadar ketika penyakit mata minus yang mereka alami semakin menjadi dan susah disembuhkan.

Manfaat utama dari kacamata minus dan lensa minus adalah membantu dalam mempertajam penglihatan bagi mereka yang memiliki mata minus. Perlu anda ketahui, seseorang yang tidak menggunakan kacamata minus atau lensa minus cenderung memiliki perkembangan mata minus jauh lebih besar daripada orang yang mengantisipasi dengan kacamata minus terlebih dahulu.

9. Menatap Sinar Ultraviolet

Menatap secara langsung sinar matahari yang di dalamnya ada sinar ultraviolet atau secara tidak langsung terkena paparan sinar ultraviolet menyebabkan otot yang ada pada mata menjadi rusak. Hal tersebut ujung-ujungnya akan memper buruk kondisi kesehatan mata anda dan menjadikan mata anda menjadi mata minus. Salah satu tindakan pencegahan untuk masalah yang satu ini adalah dengan menggunakan kacamata hitam atau kaca mata yang mampu menangkal cahaya ketika keluar rumah.

Gejala Mata Minus :

1. Kesulitan Melihat

Mata minus atau juga disebut sebagai rabun jauh berarti anda sulit untuk melihat objek jarak jauh tetapi jelas ketika melihat objek jarak dekat. Remaja zaman sekarang sangat rentan terkena mata minus karena penggunaan gadget dan komputer yang tinggi.

2. Menyipitkan Mata

Seseorang yang menyempitkan mata biasanya dilakukan agar penglihatannya lebih fokus. Dengan cara ini anda bisa melihat dengan fokus tetapi juga merupakan gejala dari mata minus. Hal tersebut terjadi karena seseorang yang memiliki mata minus seringkali menyipitkan mata atau memicingkan mata ketika melihat sesuatu.

3. Susah Berkendara

Salah satu hal yang sangat membahayakan untuk penderita mata minus. Bahkan jika mata minus yang dialaminya sudah terlalu berbahaya, melihat jarak jauh akan membuat matanya cepat lelah dan kaburnya terasa sekali. Hal ini tentu tidak baik untuk pengendara karena ketika mengendarai kendaraan, jarak pandang mata anda harus lah jauh dan jelas.

4. Melihat Objek Dekat

Seseorang yang memiliki mata minus tidak akan bisa menangkap apa yang dilihatnya dalam jarak jauh, karena itulah mereka perlu melihat objek tersebut dari jarak dekat. Biasanya dalam ruangan kelas, anak yang memiliki penyakit miopia atau mata minus diletakkan pada bagian paling dekat dengan papan tulis agar ia dapat melihat tulisan dengan jelas. Begitu juga ketika anda sedang menonton televisi atau objek lainnya.

5. Tegang

Seseorang yang memiliki mata minus sangat rentan mengalami mata tegang. Biasanya gejala ini terjadi ketika mata sudah sangat lelah dan butuh istirahat. Mata akan terasa seperti ditekan oleh sesuatu dan ototnya terasa seperti tertarik atau tegang.

6. Mata Lelah Dan Sakit Kepala

Karena tidak memungkinkan untuk melihat objek dalam jarak jauh, maka orang yang menderita mata minus harus melihat objek dalam jarak dekat. Tetapi cara tersebut bisa membuat mata cepat lelah dan jika dipaksakan terus-menerus mampu menyebabkan sakit kepala.

7. Mengucek Mata dan Berkedip

Dengan mengucek mata bisa membuat penglihatan sedikit lebih jelas, begitupun dengan berkedip. Tetapi gejala ini bisa menandakan bahwa mata anda sudah lelah dan harus diistirahatkan. Hal ini juga bisa menyebabkan mata anda menjadi merah karena terlalu sering dikucek oleh tangan, ujung-ujungnya kesehatan mata malah terganggu.

Ciri-Ciri Mata Minus Pada Anak-Anak :

Anak atau remaja juga berpotensi terkena yang namanya mata minus, karena itulah sangat penting untuk anda mengetahui bagaimana caranya mencegah dan mengatasi rabun jauh yang bisa saja menyerang anak-anak. Salah satu cara orang tua untuk mengantisipasi hal tersebut adalah dengan mengetahui gejala-gejala mata minus yang timbul pada anak-anak, seperti:

1. Menyipitkan Mata

Anak-anak juga sering menyempitkan mata ketika hendak memandang objek jauh. Gejala ini makin terasa ketika anda melihat anak anda yang melihat objek dari jarak dekat. Mereka cenderung untuk menyipitkan mata mereka agar pandangan mereka lebih fokus dan bisa melihat lebih jelas. Gejala ini sangat erat dengan anak-anak, berbeda dengan orang dewasa yang tanpa menyipitkan mata pun pandangannya masih lebih tajam daripada anak-anak.

2. Duduk Dekat TV

Anak-anak sangat identik dengan kehadiran TV atau gadget. Dengan hadirnya TV di kehidupan mereka, akan membantu dalam memenuhi sarana hiburan sehingga anak-anak tidak bosan. Selain itu, saluran TV yang baik juga memberikan edukasi untuk anak anda. Anak-anak atau remaja yang memiliki mata minus biasanya tidak bisa berada jauh dari depan TV. Mereka lebih memilih menonton dari jarak dekat, bahkan tidak sedikit anak-anak menonton dalam jarak kurang dari 1 meter. Gejala ini menandakan bahwa anak anda terkena mata minus, karena memandang objek dari jauh tidak bisa dilakukannya.

3. Mengedipkan Mata

Seringkali tanpa kita sadari, anak anda mungkin terlihat lebih sering dalam mengedipkan mata. Jika hal ini anda lihat secara terus menerus, kemungkinan ada gangguan yang terjadi pada penglihatan mereka. Salah satu gangguan kesehatan yang bisa terjadi adalah mata minus. Mata minus cenderung cepat lelah, karena itulah mereka yang menderita mata minus biasanya lebih sering mengedipkan mata atau mengucek mata agar rasa lelah nya bisa berkurang. Jika gejala ini terjadi dengan gejala-gejala yang lain, maka bisa dipastikan anak anda menderita mata minus.

Ciri-Ciri Mata Minus yang Harus Diperiksa Dokter

Salah satu gejala yang terjadi ketika anda memiliki mata minus adalah pandangan mata yang buram. Jika dibiarkan terus-menerus, bisa menyebabkan aktivitas sehari-hari anda menjadi terganggu. Karena itulah untuk memastikan gejala ini, sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter dan mendapatkan diagnosa pasti tentang gejala yang anda alami.

Umumnya jika anda memeriksakan mata anda ke dokter, hal pertama yang akan dilakukan oleh dokter adalah melakukan pengetesan sederhana. Seperti menyuruh anda membaca grafik huruf standar, membaca dalam jarak jauh, sampai menyuruh anda menggunakan lensa mata minus. Semua itu untuk mendapatkan solusi terbaik tentang keluhan yang anda laporkan. Lantas kondisi seperti apa yang terjadi sampai-sampai anda harus memeriksakan diri ke dokter?, berikut ini penjelasannya:

1. Floaters

Floaters merupakan gejala yang timbul ketika seseorang mengalami mata minus dan gejala ini menjadi bukti bahwa mata minus yang anda alami cukup berbahaya. Floaters merupakan sebutan untuk bintik-bintik kecil yang sering melayang dalam area penglihatan anda. Hal ini sebenarnya sangat wajar, semua orang memiliki yang namanya floaters dan anda tidak perlu khawatir tentang hal itu. Tetapi jika floaters yang muncul dalam jumlah sangat banyak dan jelas, maka itu bisa dijadikan sebagai gejala mata minus.

2. Kilatan Cahaya

Seperti namanya, anda bisa saja melihat sebuah kilatan cahaya, baik itu terjadi pada salah satu mata anda atau kedua mata anda. Tidak percaya ini bisa terjadi sesekali atau sering kali, tergantung seperti apa kondisi mata minus yang anda derita. Jika gejala ini datang menghampiri anda, sebaiknya anda harus memeriksakan diri ke dokter karena gejala yang satu ini bisa menjadi pertanda bahwa mata minus yang ada derita sudah berbahaya.

3. Bayangan Tirai

Kondisi ini menunjukkan bahwa anda memiliki mata minus yang harus diperiksakan ke dokter. Kondisi ini sama ketika anda melihat bayangan tirai yang menggelantung, bahkan bayangan ini bisa bergerak dan hilang seketika. Anda bisa melihat hal ini dikarenakan mata minus yang ada derita. Sama persis ketika anda melihat bayangan tirai, sumber bayangan ini biasanya terdapat pada penglihatan bagian atas. Selain menjadi ciri berbahaya dari mata minus, ketiga gejala yang sudah dibahas di atas juga bisa menjadi pertanda penyakit ablasio retina atau lepasnya retina.

Terapi Mata Minus

Terapi mata minus biasanya dilakukan ketika anda memiliki gangguan mata minus yang cukup serius. Penggunaan terapi dilakukan agar mata minus yang ada derita tidak mengganggu aktivitas sehari-hari anda. Salah satu terapi sederhana yang bisa anda coba adalah menggunakan lensa kontak mata minus atau kacamata minus. Cara ini dikatakan cukup mudah karena kacamata minus merupakan alat yang cukup mudah di dapat di manapun. Lensa kontak pun demikian, tetapi jika anda menggunakan lensa kontak, perawatannya lebih susah daripada penggunaan kacamata minus.

Cara mengurangi mata minus menurut dokter banyak sekali banyak sekali pilihannya. Jika anda ingin menyembuhkan mata minus anda secara permanen dan instan, anda bisa mencoba melakukan operasi. Ada banyak opsi operasi yang bisa anda coba khusus untuk mengatasi mata minus, beberapa di antaranya adalah operasi LASEK, LASIK, atau Photorefractive keratectomy (PRK). Jika anda memiliki penyakit mata minus yang cukup berat, dokter mungkin menyarankan anda untuk melakukan IOL, atau implan lensa intraokular.

Tetapi seperti halnya operasi lainnya, anda yang menggunakan jalur operasi tentu saja mengalami yang namanya efek samping setelah operasi. Untuk masalah mata minus, efek samping pasca operasi yang bisa anda rasakan adalah:

  • Mata kering.
  • Terjadinya infeksi.
  • Munculnya jaringan parut dalam kornea.

Cara Mengurangi Mata Minus Secara Alami

Cara alami selalu terkait dengan bahan, cara penggunaan, dan efek samping yang diminimalisir. Karena itulah, metode pengobatan alami kerap dijadikan sebagai cara pengobatan pertama yang harus anda lakukan sebelum melakukan pengobatan serius menggunakan obat resepan dokter. Beberapa cara alami yang bisa menyembuhkan mata minus sebagai berikut:

1. Lidah Buaya

Cara alami mengurangi mata minus dengan mengonsumsi jus lidah buaya secara teratur. Penderita mata minus banyak menggunakan lidah buaya menjadi jus karena dipercaya bisa mengurangi mata minus. Salah satu manfaat dari lidah buaya adalah membantu dalam mengatasi mata minus. Jika anda rutin mengkonsumsi jus jus ini secara rutin dalam satu minggu penuh, maka hasil dapat anda lihat meski tidak terlalu signifikan. Kandungan gizi yang banyak khususnya vitamin yang ada pada lidah buaya sangat membantu dalam menjaga kesehatan mata.

Caranya:

  • Siapkan 2 sendok makan lidah buaya, lebih tepatnya gelnya saja.
  • Sediakan 200 ml air putih.
  • 50 ml jeruk nipis.
  • Gula dan es batu secukupnya.
  • Gel lidah buaya, air jeruk nipis, air putih, dan gula dicampur menggunakan blender sesuai selera.
  • Haluskan sampai benar-benar tercampur rata.
  • Tuangkan jus lidah buaya yang sudah anda proses ke gelas serta tambahkan es batu dan jus anda siap diminum.

2. Lilin

Cara ini mungkin sedikit terkenal di indonesia karena masyarakat mayoritas menggunakan cara ini. Sebagian besar masyarakat memberikan pendapat bahwa cara mengurangi mata minus menggunakan lilin ini cukup ampuh dan alami. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sangat penting untuk mengetahui bahan dan apa saja yang perlu dilakukan dalam metode ini.

Caranya:

  • Siapkan lilin dan nyalakan.
  • Tatap lilin beberapa menit jangan sampai mata dikedipkan, atau boleh berkedip tetapi di minimalisir.
  • Lakukan metode ini secara berulang kali sampai air mata keluar baru di hentikan.

3. Wortel

Wortel dikenal sebagai makanan yang memiliki kandungan vitamin A yang banyak, sedangkan vitamin A dikenal sebagai zat yang sangat sehat untuk mata. Tidak hanya wortel saja, setiap makanan yang memiliki kandungan vitamin A sangat berkhasiat untuk mengurangi mata minus. Cara penyajian wortel untuk kesehatan mata terserah anda, baik itu dijadikan bahan sup atau dijadikan jus. Dengan rutin mengkonsumsi wortel, metode ini bisa dijadikan sebagai cara mengobati mata minus yang ampuh. 

4. Daun Sirih

Kandungan minyak esensial dalam daun sirih cukup banyak, karena itulah sejak dulu daun sirih dikenal sebagai obat herbal alami yang mampu mengatasi banyak sekali macam penyakit. Salah satu manfaat daun sirih adalah membantu dalam mengurangi mata minus. Hal ini dikarenakan adanya kandungan minyak esensial seperti karvakol, eugenol, kavikol, sineol, dan juga kadinen. Dalam mengatasi mata minus, ada dua metode yang bisa anda terapkan.

Metode pertama:

  • Sediakan daun sirih segar secukupnya.
  • Cuci daun sirih.
  • Setelah bersih tempelkan daun sirih ke mata ketika anda hendak tidur.
  • Keesokan paginya daun sirih baru bisa dilepas.

Metode kedua:

  • Sediakan beberapa lembar daun sirih segar.
  • Cuci dan sirih sampai bersih.
  • Siapkan air hangat kemudian rendam daun sirih di dalamnya.
  • Remas-remas daun sirih sampai air hangat tersebut berubah menjadi kehijauan.
  • Setelah itu, mata anda rendam pada baskom, anda bisa membuka dan menutup mata agar air sirih bisa meresap ke mata.
  • Lakukan setiap hari dan lihat hasilnya.

5. Buah Bit

Buah beet dikenal sebagai jenis umbi-umbian yang memiliki banyak kandungan vitamin di dalamnya. Menggunakan buah bit sebagai obat mata minus bahkan untuk penyakit mata minus yang terbilang cukup tinggi bisa diatasi menggunakan buah bit ini jika anda serius dalam mengkonsumsinya.

Caranya cukup mudah, cukup blender kemudian dijadikan jus. Jika ingin maksimal, anda bisa mencampurkan jus buah bit anda dengan buah belimbing atau madu. Menggunakan bit, anda bisa menjadikannya sebagai cara menyembuhkan mata minus yang cukup mujarab.

6. Hindari Makanan Khusus

Cara menyembuhkan mata minus dengan cepat secara alami yaitu pandai dalam memilih makanan. Ada beberapa makanan yang seharusnya anda tidak makan ketika anda mengalami mata rabun jauh. Karena makanan ini bisa menyebabkan kondisi mata minus anda menjadi lebih parah, bahkan kondisi terburuk nya bisa menyebabkan rabun jauh yang susah disembuhkan. Sebenarnya bukan melibatkan merek atau nama makanan, tetapi kandungan yang ada di dalamnya tidak sehat untuk anda konsumsi. Beberapa kandungan tersebut adalah:

  • Nikotin dalam rokok.
  • Minyak dalam makanan gorengan.
  • Gula.
  • Kafein.
  • Alkohol.

7. Olahraga

Peredaran darah bisa lancar dengan melakukan olahraga secara rutin. Dengan kelancaran darah yang bisa terkontrol, bisa membantu dalam melancarkan peredaran darah yang menuju ke pembuluh darah bagian mata. Tetapi ada beberapa olahraga yang sebaiknya tidak anda lakukan karena malah bisa berefek sebaliknya. Olahraga yang dilarang adalah olahraga yang memerlukan fisik berat seperti angkat besi atau semacamnya. Direkomendasikan untuk melakukan olahraga santai seperti aerobik, yoga, atau lari santai pada pagi dan sore hari.

8. Senam Mata

Cara mengurangi mata minus dan silinder bisa diatasi dengan rutin melakukan senam mata. Senam mata juga bagian dari olahraga tetapi olahraga ini secara spesifik untuk mengatasi mata rabun jauh. Senam mata juga menjadi cara mengurangi mata minus yang cukup ampuh karena melati langsung otot yang ada pada organ mata sehingga kelenturan mata bisa terjaga. Dengan melakukannya setiap hari, cara mengatasi mata minus yang satu ini akan memberikan hasil yang diinginkan. Tetapi anda harus tahu betul seperti apa gerakan yang benar ketika melakukan senam mata, berikut ini adalah cara yang benar:

  • Pertama, fokus pada pandangan ke depan.
  • Secara perlahan arahkan bola mata anda ke atas kemudian tahan selama 10 detik.
  • Arahkan bola mata lagi ke tengah dan tahan lagi selama 10 detik.
  • Lakukan juga pada bagian bawah, kanan, dan ke kiri selama 10 detik masing-masing nya.
  • Setelah itu lakukan gerakan bola mata memutar 360° sebanyak 2 kali.
  • Setelah itu lakukan lagi cara ke-3.
  • Istirahat sejenak menggunakan eye palming.
  • Metode ini bisa dilakukan secara rutin setiap hari, khususnya pada pagi hari dan sore hari.

9. Istirahat

Cara agar mata minus kembali normal yaitu dengan mengetahui prosi istirahat mata itu sendiri. Cara alami menyembuhkan mata minus secara bertahap ini benar-benar alami karena pada dasarnya setiap organ dalam tubuh manusia perlu istirahat. Begitupun dengan mata manusia, mata menjadi salah satu bagian yang sangat lelah karena kemampuannya dipergunakan setiap saat ketika anda beraktivitas. Apalagi jika pekerjaan anda mengharuskan anda untuk selalu menatap layar komputer atau gadget.

Disarankan untuk mengistirahatkan mata minimal 5 menit setiap jamnya, tapi banyak yang menyarankan istirahat 15 menit setiap jamnya sangat bagus jika anda memiliki waktu yang cukup renggang. Istirahat menjadi salah satu cara menghilangkan mata minus yang bisa membuat mata kembali normal, dengan catatan, masa istirahat cukup harus dipertahankan. 

10. Menatap Objek Jauh

Latihan mengurangi mata minus ini bisa anda gunakan untuk memberikan efek positif pada mata anda. Cobalah untuk menatap objek-objek jauh seperti pepohonan atau pegunungan untuk membantu dalam mengistirahatkan otot mata anda. Tetapi disarankan untuk melihat objek berwarna hijau, karena warna hijau merupakan warna yang fresh untuk mengistirahatkan mata. Dalam hal ini, anda bisa menatap pegunungan hijau atau pepohonan hijau. Semakin sering anda melakukannya, semakin baik untuk kesehatan mata.

11. Pemijatan

Pemijatan adalah salah satu metode yang banyak dipergunakan untuk merelaksasi mata. Cara ini bisa dijadikan sebagai cara mengurangi mata minus dan cukup ampuh karena mengatasi rasa lelah secara langsung. Beberapa metode pemijatan yang bisa anda coba adalah menggunakan cara memutar bola mata, mengangkat alis, dan sejenisnya. Pengobatan mata minus yang satu ini bisa dibilang salah satu cara terbaik. 

Cara Mengurangi Mata Minus dengan Obat dan Produk

Untuk mata minus, anda bisa memilih untuk datang langsung ke dokter atau menggunakan produk obat yang dijual bebas dari kepercayaan anda. Beberapa yang disarankan adalah:

1. Formula Eye

Produk yang satu ini merupakan jenis tetes mata yang fokus pada bidang terapi mata minus. Bahan utama dari produk ini adalah bunga bintang, madu, dan kandungan vitamin A yang sangat tinggi. Jika anda termasuk orang yang sudah lelah menggunakan kacamata atau softlens akibat minus, maka cobalah untuk pindah ke produk formula eye. Produk ini mampu mengatasi mata lelah serta mengatasi gejala-gejala negatif yang bisa timbul akibat mata minus.

2. Alat Pijat dan Terapi Mata

Salah satu cara mengurangi mata minus dengan cepat menggunakan alat pijat. Alat ini dikhususkan untuk melakukan pemijatan serta terapi mata. Bisa dilakukan untuk anda yang menderita penyakit mata minus. Alat ini memiliki banyak sekali ragam dan merek, fungsinya pun kadang berbeda-beda tetapi hasilnya sama yakni menyembuhkan minus pada mata. Salah satu merek yang pernah digunakan adalah alat yang memberikan simulasi secara visual objek menjauh dan mendekat sehingga melatih otot mata.

3. Walatra Sehat Mata Softgel

Beberapa manfaat utama pada produk ini adalah membantu memenuhi nutrisi yang perlu untuk mata, mencegah penyakit rabun baik itu rabun jauh atau rabun dekat, mengatasi retina rusak, memperlancar sirkulasi sekitar mata dan menyehatkan kapiler, mempertajam penglihatan, serta mengobati penyakit mata fisik seperti mata merah, mata gatal, katarak, glaukoma, dan masih banyak lagi.

4. Kacamata Minus dan Lensa Minus

Cara mengurangi mata minus yang sudah tinggi yaitu dengan memakai kacamata berlensa minus. Alat atau produk ini biasanya digunakan oleh penderita mata minus yang ringan. Gunanya agar mata minus tidak bertambah parah dan mempertajam penglihatan. Produk jenis ini bisa anda temukan dengan mudah, meski memiliki banyak merek yang bisa anda coba. Produk ini juga menjadi salah satu bantuan untuk anda yang menderita mata minus namun memiliki aktivitas yang harus dilaksanakan.

5. Vitaline Softgel

Bahan utama dari produk ini adalah vitamin e, lecithin, gandum, dan betakaroten. Manfaat utamanya adalah membantu dalam mengatasi mata minus, menjaga kesehatan mata, dan masalah mata lainnya. Tetapi karena memiliki kandungan vitamin e tinggi serta zat lainnya yang bermanfaat untuk kulit, produk yang satu ini juga bisa membantu dalam menghaluskan kulit, mengatasi jerawat, memperlancar aliran darah, bahkan bisa membantu memperkuat daya ingat.

6. Karotamin

Karotamin dikenal sebagai obat mata minus di apotik yang mampu mengatasi mata minus dan juga silinder. Produk ini merupakan jenis suplemen yang dikhususkan untuk kesehatan mata. Kandungan yang terdapat pada suplemen tersebut memiliki banyak manfaat sehat untuk mata. Melakukan operasi mata minus tidak disaranakn sebelum anda menggunakan obat ini.

Efek Samping Penggunakan Produk dan Obat Mata Minus :

Harga yang ditawarkan oleh obat atau produk dalam mengatasi mata minus cukup beragam, tetapi dominan dikuasai oleh obat yang memiliki harga ratusan ribu. Namun harga menunjukkan kualitas, banyak obat atau produk yang memiliki harga mahal tetapi juga memberikan efek baik untuk kesehatan mata. Sayangnya berbicara tentang efek samping, harga tidak bisa menjamin adanya efek samping atau tidak. Hal tersebut karena setiap orang berbeda-beda, apalagi mata menjadi organ yang sangat sensitif.

Meski banyak produk yang mengklaim dirinya tidak memiliki efek samping satupun, tetapi anda tetap harus hati-hati. Obat minus mata biasanya memiliki efek samping yang terkait dengan:

  • Gangguan kesehatan mata.
  • Gangguan kesehatan kulit.
  • Gangguan organ dalam tubuh.

Beberapa alat yang menggunakan mesin sebagai terapi mata bahkan bisa menyebabkan pusing dan sakit kepala. Jika anda mengalami gejala-gejala efek samping yang anda rasakan, sebaiknya hentikan pemakaian dan hubungi dokter anda.

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Ada beberapa cara menyembuhkan mata minus tanpa kacamata yang bisa anda coba dalam tetap menjaga kesehatan mata. Cara ini sedikit berbeda dengan cara mengatasi mata minus atau pencegahannya, karena cara ini dikhususkan untuk anda agar tetap menjaga kesehatan mata. Keuntungannya adalah anda bisa mencegah mata minus serta penyakit mata lainnya. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda coba:

1. Memakan Makanan Sehat

Makanan sangat penting untuk kesehatan tubuh. Untuk mata minus sendiri atau masalah mata lainnya, anda bisa mengandalkan makanan yang memiliki banyak vitamin A karena vitamin A sejak dulu dikenal mampu menyehatkan mata. Ikan juga sangat direkomendasikan karena kaya dengan omega 3, seperti ikan salmon, tuna, dan makarel.

2. Jangan Merokok

Sejak dulu merokok dianggap sebagai kebiasaan yang bisa membahayakan untuk tubuh. Beberapa orang berpendapat bahwa merokok tidak menyebabkan masalah pada tubuh, kecuali jika anda menggunakan rokok secara berlebihan dengan kandungan nikotin yang tinggi. Karena itulah tetap saja anda lebih disarankan untuk tidak merokok agar kesehatan tubuh tetap terjaga khususnya mata.

3. Kacamata Khusus

Beberapa peralatan untuk penderita mata minus yang bisa anda coba adalah kacamata minus dan lensa kontak. Tetapi anda juga bisa menggunakan kacamata hitam dengan teknologi UV protector. Kacamata ini khusus untuk memberikan perlindungan agar sinar ultraviolet matahari tidak menembus mata dan merusaknya. Kulit saja bisa dirusak oleh sinar ini, apalagi mata yang memiliki jaringan lembek.

4. Istirahat

Tidak hanya mata saja, semua organ tubuh perlu yang namanya istirahat. Jika istirahat yang anda lakukan selama malam hari belum memuaskan organ tubuh anda, sebaiknya jangan paksakan dan istirahatkan tubuh anda. Ketika mata sudah lelah sebaiknya hentikan aktivitas sejenak dan istirahat kan. Begitupun ketika anda sudah mengantuk sebaiknya kesampingkan pekerjaan dan tidur untuk memulihkan tenaga.

Tips Mengobati Mata Minus

  1. Melakukan terapi daun sirih.
  2. Rutin melakukan senam mata dan olahraga yang sehat untuk kesehatan mata.
  3. Saat istirahat, gunakan metode eye palming.
  4. Rutin dalam mengkonsumsi suplemen khusus kesehatan mata.
  5. Jika tidak sedang dipakai, lepaskan kacamata jenis apapun itu.
  6. Sering-seringlah untuk melihat objek warna hijau dari jauh.
  7. Jika tidak ada objek jauh yang menyegarkan, anda bisa melihat objek bergerak.
  8. Melatih diri untuk melihat tanpa lensa atau kacamata minus.
  9. Alihkan pandangan setiap 25 menit dari layar komputer atau smartphone.
  10. Sering untuk berkedip, kalau perlu gunakan tetes mata agar mata tetap berair.
  11. Rutin mengkonsumsi jus wortel dan jus buah yang memiliki vitamin A dan E.
  12. Melakukan terapi lilin, menatap lilin sampai mata berair.
  13. Biasakan untuk menggunakan helm ketika hendak berpergian atau naik motor.

Tips Menyembuhkan Mata Minus Agar Penglihatan Jadi Normal

  1. Jangan terlalu boros dalam hal penggunaan mata, karena mata juga memerlukan istirahat.
  2. Kurangi waktu pemakaian kacamata, jika anda memakainya, karena akan berdampak buruk juga.
  3. Lakukan peminjatan bagian syaraf mata.
  4. Rutin dalam hal melatih mata untuk melihat kejauhuan.
  5. Minum atau makan lah buah yang baik bagi mata anda.
  6. Jangan membiasakan mata lelah berlebihan.
  7. Jauhi kebiasaan menatap layar ketika ingin tidur.

Baca Juga: Cara Mengobati Sakit Mata dengan Bahan Alami, Tetes Mata dan Salep Seta Efek Samping

Untuk memaksimalkan bagaimana cara mengurangi mata minus yang anda miliki, baca baik-baik prosedur yang terdapat pada produk atau obat yang anda konsumsi. Begitu juga ketika anda menggunakan cara yang alami, beberapa cara mungkin tidak cocok dengan anda karena adanya interaksi alergi atau semacamnya.

Continue Reading

More in Kesehatan

To Top