Connect with us
Cara Menghilangkan Tato

Kecantikan

50 Cara Menghilangkan Tato dengan Bahan Alami dan Obat Serta Efek Samping

Cara Menghilangkan Tato – Bagi sebagian orang tato atau rajah merupakan salah satu bagian dari seni. Namun ada juga yang tidak suka dengan tato yang di gambar pada tubuh seseorang, bahkan ada juga yang menganggap hal tersebut tidak benar. DI Indonesia sendiri, tato dianggap sebagai sebuah simbol kekerasan dan premanisme. Sedangkan pada Kerajaan Mesir di zaman dahulu, para masyarakat menggangap tato sebagai simbol kekayaan.

Cara Menghilangkan Tato

Cara menghilangkan tato yang digambar dengan tinta permanen bukanlah perkara yang mudah. Apalagi jika tattoo tersebut sudah ada sejak lama karena tinta tattoo dapat meresap pada kulit dalam. Sekarang ini banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan tato. Salah satu cara menghilangkan tato yang paling umum dilakukan adalah teknologi laser. Namun karena biayanya yang mahal maka bagi anda yang ingin menghilangkan rajah anda dapat mencoba cara alami.

Macam-macam Tato :

1. Tato Permanen

Tattoo permanen merupakan jenis tato yang dibuat dari tinta permanen dan sangat sulit dihilangkan. Tattoo bisa dibilang menjadi salah satu bentuk komitmen seumur hidup. Betapa tidak, tattoo memiliki sifat permanen dan menempel pada kulit hingga ke lapisan yang dalam. Uniknya, ada sebuah study yang menyatakan bahwa sifat permanen tattoo tersebut berasal dari sistem kekebalan tubuh sendiri.

Dalam sebuah penelitian yang diumumkan pada Journal of Experimental Medicine, oleh peneliti dari Prancis, mengungkapkan bahwa lapisan tattoo tattoo dapat bertahan pada bagian dermis, bagian tengah dari lapisan kulit. Hal ini karena terdapat satu jenis sel darah putih bernama makrofag.

Ketika jarum tattoo menusuk pada kulit, sel darah putih tersebut akan masuk dalam area dermis. Makrofag kemudian akan menelan tinta tattoo yang dianggap menjadi benda asing oleh dermis. Akhirnya benda tersebut dapat berdiam dan bertahan pada bagian dermis sampai mereka mati.

Menurut penelitian terbaru, di saat itulah akhirnya siklus pada tubuh terjadi dan membuat pigmen atau tinta warna tattoo menjadi permanen pada jaringan sel diri manusia.

Makrofag sendiri tidak hidup selama usia manusia. Namun saat mereka mati pigmen tattoo akan dilepaskan oleh makrofag dan kemudian diambil oleh makrofag lain yang masih hidup. Hal inilah yang menjadikan tattoo dapat bertahan selamanya pada kulit manusia. Seorang peneliti yang juga anggota tim Prancis dari Centre d’Immunologie de Marseille-Luminy mengungkapkan bahwa makrofag seperti satu-satunya sel kulit yang dapat menahan pigmen tattoo.

2. Tato Temporer

Tato temporer merupakan tattoo sementara yang ditattoo hanya untuk bersenang-senang. Tato ini ditattoo dengan tujuan bereksperimen tanpa merasakan sakit saat ditusuk jarum tattoo dan juga penyesalan akibat tattoo permanen.

Secara metodologis, tattoo ini merupakan tattoo pada kulit yang sekilas mirip dengan tattoo asli namun tidak permanen. Tattoo ini dapat dicat, ditarik, atau airbrushed seperti body painting. Tujuan dari tattoo tattoo temporer ini sangat beragam khusunya untuk eksperimen diri, iklan dan juga identifikasi.

Tattoo temporer banyak disukai kalangan anak remaja yang suka bereksperimen karena murah dan tidak menyulitkan. Untuk mengtattoo tati ini tidak membutuhkan waktu yang lama untuk bisa menempel pada kulit.

Jenis tato temporer :

1. Stick tattoo

Stick tato merupakan jenis tattoo temporer yang mudah untuk ditattoo. tattoo ini dapat diterapkan pada kulit dengan mudah. Setelah itu, rendam bagian belakang kertas menggunakan air. Dengan demikian tattoo dapat berpinda pada kulit. Stick pada tattoo menjadikan kita memiliki tattoo dengan aman karena bisa dihilangkan. Tattoo ini bisa digunakan untuk segala usia.

2. Tattoo henna

Jenis dari tattoo temporer yang lainnya adalah tattoo henna. Henna digunakan baik bagi anak-anak, remaja maupun dewasa. Banyak warna henna yang bisa digunakan untuk membuat tattoo henna. Anda dapat menggunakan henna segar untuk mendapatkan warna tattoo yang  menarik. Biasanya tattoo henna ini ditattoo saat seseorang ingin menjalani prosesi akad nikah  atau sekedar bersenang-senang.

3. Body pensil, body paint, body crayons tattoo

Jenis tato temporer yang digemari hampir oleh semua kalangan di segala usia adalah tattoo body paint, body krayons tattoo dan body pensil. Tattoo ini dapat membuat penampilan menjadi lebih cantik dengan menggunakan krayon tubuh, cat tubuh dan juga pensil tubuh. Tattoo ini bisa digunakan untuk anak-anak maupun dewasa.

Tattoo ini juga dapat dihilangkan dengan mudah, sehingga anda dapat berekperimen menggunakan tattoo ini tanpa takut akan mendapatkan tanda permanen pada kulit.

4. Tattoo airbrush sementara

Tato temporer jenis ini diterapkan pada bagian permukaan kulit. Tattoo ini tidak memberikan efek kerusakan pada kulit. Kita bisa membuat tattoo airbrush sementara dengan menempatkan stensil untuk kulit lalu memasukkan tinta tattoo menggunakan airbrush. Jenis tattoo temporer ini dapat memberikan kesan tattoo otentik.

Keuntungan dari Tato Temporer :

  • Tattoo temporer merupakan pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin memiliki tattoo tattoo tanpa merasakan sakit seperti pengtattooan tattoo nyata
  • Tattoo ini  sangat mudah ditattoo dengan tujuan untuk bersenang-senang. Biasanya akan bertahan selama beberapa hari sehingga anda bisa menghapusnya sesuka hati dan berganti dengan tattoo baru
  • Tattoo airbrush merupakan tati yang tepat bagi mereka yang berharap memiliki tattoo realistis namun tidak ingin merasakan sakitnya jarum tattoo
  • Tattoo henna merupakan tattoo alami yang tidak mengakibatkan kerusakan apapun pada kulit.

Cara Menghilangkan Tato Permanen :

1. Teknik dermabrasi

Bagi anda yang belum menggunakan tattoo sebaiknya jangan sekali-kali mencobanya. Tattoo yang permanen digambar dengan jarum dan memberikan rasa sakit luar biasa. Untuk menghapusnya pun juga akan memberikan rasa sakit yang lebih dari pada saat menggambarnya pada kulit. Rasa sakit ini juga dipengaruhi oleh besarnya tattoo yang digambar.

Cara menghilangkan tato permanen yang pertama adalah dengan teknik dermabrasi. Teknik ini menggunakan butiran pasir atau aplas sampai tinta permanen yang menempel pada kulit luar dapat dihapus. Sedangkan tinta tato yang terdapat pada lapisan kulit dalam dapat dihapus dengan mengikisnya menggunakan pisau dokter kulit ahli.

Meskipun cara ini tergolong lebih murah, namun sakit yang akan dirasakan akan sangat parah, terlebih jika kulit dijahit maka akan memberikan bekas yang cukup mengerikan dibandingkan dengan saat kulit di tattoo.

2. Teknik pembedahan

Teknik untuk menghilangkan tattoo ini menggunakan alat bedah yang dapat memberikan bekas luka di area sekeliling kulit. Kulit akan di jahit dan bekas jahitan tersebut dapat mengakibatkan keloid.

3. Teknik scarification

Scarification merupakan cara menghilangkan tato yang dilakukan dengan menyinari tattoo dengan kontras warna tinta dan kulit. Dengan demikian partikel dari tattoo dapat hancur dan hilang.

4. Teknik laser

Bagi para pecinta tatto mereka cenderung memilih teknik laser untuk menghapus gambar tattoo yang terdapat di tubuh. Cara ini cukup efisien dibandingkan dengan cara ekstreem yang dapat memberikan bekas luka pada kulit yang di tattoo.

Cara kerja teknik laser ini adalah dengan memberikan sinar pada tattoo dengan laser. Sinar ini ditujukan tepat pada kontras warna tinta dan kulit sehingga lambat laun partikel tinta dapat hancur dan tattoo pun bisa hilang. Tatto dapat dilap dengan menggunakan kain. Cara ini cukup praktis dibandingkan dengan cara menghilangkan tato permanen yang lainnya.

Meskipun demikian, teknik laser menyita banyak waktu dan biaya. Namun karena teknik ini tidak menimbulkan bekas maka teknik ini banyak menjadi alternatif pilihan bagi mereka yang ingin segera menghapus tattoo permanen di tubunnya.

5. Krim anti tato

Selain menggunakan teknik laser, ada juga teknik yang ampuh untuk menghilangkan tattoo permanen. Teknik tersebut adalah menggunakan krim anti tattoo. Cara ini merupakan cara yang lebih aman dibandingkan dengan dermabrasi atau mengiris kulit.

Krim anti tattoo ini bisa dibeli dengan harga sekitar Rp 800 rb. Anda cukup mengoleskan krim pada area kulit yang bertattoo secara rutin. Perlahan tattoo akan segera hilang dan tidak menimbulkan bekas pada kulit.

Cara Menghilangkan Tato Temporer :

1. Scoth tape

Scoth tape merupakan sejenis lakban yang dapat digunakan untuk merekatkan kertas kardus atau bahan sejenis lainnya. Scoth tape dapat dibeli di berbagai toko alat tulis. Scoth tape memiliki daya rekat yang kuat sehingga dapat  dimanfaatkan untuk menghilangkan tattoo pada kulit. Caranya pun cukup mudah dan simpel bisa dilakukan sendiri di rumah.

Caranya :

  • Sediakan scoth tape dan potong seukuran gambar tattoo anda
  • Lalu tempelkan pada bagian kulit yang bertattoo
  • Tepuk-tepuk scoth tape pada kulit hingga benar-benar merekat
  • Kemudian tarik agar tattoo temporer anda terangkat
  • Anda dapat mengulangi cara ini apabila tattoo  masih menempel pada kulit.

2. Batu apung

Batu apung sudah sejak lama digunakan untuk membantu membersihkan badan dari kotoran misalnya daki. Oleh sebab itu, banyak orang pada zaman dahulu memanfaatkan batu apung saat mandi agar badan menjadi bersih. Siapa sangka ternyata batu apung juga bisa digunakan untuk menghilangkan tattoo pada kulit.

Caranya :

  • Gosok batu apung pada bagian kulit yang bertattoo secara perlahan
  • Ulangi sampai tattoo benar-benar hilang
  • Lakukan secara perlahan agar partikel pada batu apung tidak melukai kulit

3. Minyak zaitun

Siapa yang tidak mengenal minyak zaitun? Minyak ini bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari baik untuk kecantikan dan juga kesehatan. Minyak zaitun terbuat dari bahan alami yang aman digunakan tanpa memberikan efek samping seperti terbakar atau iritasi. Minyak zaitun juga menghilangkan tattoo dengan mudah sehingga dapat anda praktikkan sendiri di rumah.

Caranya :

  • Sediakan minyak zaitun secukupnya dan juga kapas
  • Teteskan minyak zaitun pada bagian kulit yang terdapat tattoo temporer nya
  • Kemudian gosok minyak pada kulit dengan menggunakan kapas hingga warna tatto dapat memudar
  • Lakukan cara alami untuk menghilangkan tattoo temporer ini secara rutin setiap hari sampai tattoo benar-benar hilang.

4. Alkohol

Bahan yang juga dapat digunakan untuk menghilangkan tattoo temporer adalah alkohol. Bahan kimia ini sudah terbukti ampuh untuk memudarkan tattoo sementara dengan cepat dan mudah. Bagi anda yang ingin menghilangkan tattoo dengan bahan kimia ini sebaiknya anda melakukan test uji pada kulit terlebih dahulu karena tidak semua jenis kulit cocok dengan kandungan zat yang terdapat pada alkohol.

Caranya :

  • Sediakan alkohol dan kapas secukupnya
  • Teteskan beberapa tetes alkohol pada kulit yang bertattoo
  • Gosok secara perlahan dengan menggunakan kapas
  • Jika tattoo masih belum hilang anda dapat mengulangi cara tersebut sampai tattoo dapat memudar dan tidak berbekas
  • Mungkin cara menggosok tattoo ini dapat membuat kulit menjadi merah dan terasa sedikit panas, namun hal ini tidak masalah karena merupakan salah satu efek alamiah akibat penggunaan alkohol.

5. Sabun mandi

Cara untuk menghilangkan tattoo temporer yang lain adalah dengan memanfaatkan sabun mandi. Bahan ini terutama yang berbentuk sabun cair sudah terbukti ampuh untuk menghilangkan tatto temporer yang terdapat pada kulit. Cara alami ini dapat menjadi alternatif yang mudah dan tepat untuk menghapus tattoo temporer yang sudah tidak diinginkan.

Caranya :

  • Sediakan sabun cair secukupnya
  • Teteskan sabun mandi cair atau gel pada bagian kulit yang terdapat tattoo
  • Gosok kulit secara perlahan sampai warna tattoo dapat memudar
  • Gosok kulit kurang lebih selama 20 menit agar hasilnya dapat terlihat
  • Anda dapat melakukan cara menghilangkan tato yang alami ini secara rutin setiap kali mandi atau pada saat bersantai agar tattoo temporer pada kulit anda segera terhapus.

6. Baby oil

Cara untuk menghapus tattoo berikutnya adalah dengan memanfaatkan baby oil. Meskipun baby oil ini mengandung nutrisi yang lembut dan alami namun baby oil juga memiliki manfaat yang luar biasa. Baby oil dapat dimanfaatkan untuk membantu menghapus tattoo temporer dengan mudah. Bahan ini juga aman untuk digunakan tanpa efek samping seperti iritasi atau kemerahan karena baby oil diproduksi dari bahan-bahan yang alami.

Caranya :

  • Sediakan baby oil secukupnya
  • Teteskan beberapa tetes baby oil pada kulit yang terdapat tattoo temporernya
  • Kemudian gosok kulit menggunakan kain halus ataupun kapas
  • Diamkan selama semalaman lalu keesokan harinya anda dapat membilasnya dengan menggunakan air hangat
  • Apabila tattoo masih belum hilang atau hanya memudar, anda dapat mengulangi cara ini beberapa kali sampai tattoo benar-benar bisa hilang.

Cara menghilangkan Tato dengan Bahan Alami :

1. Garam

Cara menghilangkan tato yang pertama adalah dengan memanfaatkan garam. Cara menghilangkan tato dengan bahan alami ini cukup populer dan dapat anda coba secara mandiri di rumah. Kandungan klorin dan natriummurni pada garam dapat mempengaruhi setiap sel untuk memecah struktur tinta serta menghapusnya dengan efektif.

Caranya :

  • Sediakan 100 gr garam
  • Larutkan garam di dalam air secukupnya
  • Setelah itu, ambil spons dan basahi dengan larutan garam tersebut
  • Gosokkan spons pada kulit yang terdapat tattoo dengan arah searah jarum jam
  • Lakukan kurang lebih selama 30 menit hingga 1 jam agar klorida dan natrium dari garam dapat diserap oleh kulit dengan sempurna
  • Kemudian cuci kulit menggunakan air hangat
  • Lakukan cara menghilangkan tato ini secara teratur selama 2 hari berturut-turut untuk membantu mnghilangkan tattoo dengan alami dan cepat

2. Lemon

Selain menggunakan garam, bahan alami yang juga bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan tato adalah lemon. Bahan alami ini cukup aman untuk menghapus tattoo yang kecil dan berwarna terang. Mungkin dalam penggunaan air lemon ini akan memberikan rasa perih namun hal ini tidak masalah karena merupakan efek dari sifat asam dari lemon. Apabila muncul kemerahan atau reaksi alergi maka anda dapat segera menghentikan pemakaian.

Caranya :

  • Bersihkan kulit yang terdapat tattoo dengan menggunakan air hangat
  • Ambil lemon dan peras sarinya
  • Gosokkan jus lemon pada tattoo secara perlahan
  • Tunggu selama beberapa saat sampai kulit menjadi kering
  • Bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih
  • Lakukan cara menghilangkan tato ini dengan teratur untuk mendapatkan hasil maksimal.

3. Madu

Cara menghilangkan tato yang efektif berikutnya adalah dengan memanfaatkan madu. Cara ini dapat menjadikan kulit nampak mengkilap secara alami tanpa menggalkan bekas luka. Madu dapat dikombinasikan dengan bahan alami lainnya sebagai cara mneghilangkan tattoo. Pilihlah madu yang benar-benar murni agar tattoo dapat segera dihapus dalam hitungan hari.

Caranya :

  • Sediakan madu, lidah buaya, yogurt murni dan juga garam
  • Haluskan daging lidah buaya sampai lembut
  • Campurkan yogurt, garam, madu dan juga lidah buaya pada sebuah wadah
  • Oleskan pada kulit yang terdapat tattoo yang sudah dibersihkan sebelumnya
  • Lakukan pemijatan ringan selama beberapa menit agar kandungan dalam bahan alami tersebut dapat meresap pada lapisan epidermis
  • Bilas dengan air sampai bersih
  • Lakukan cara menghilangkan tato ini dengan teratur setiap hari agar tattoo segera hilang.

4. Minyak lavender

Lavender merupakan tanaman asal Mediterania. Namun saat ini tanaman lavender sudah populer di berbagai penjuru dunia. Minyak lavender ternyata juga cukup efektif untuk digunakan sebagai cara menghilangkan tato pada kulit.  Bahan alami ini merupakan salah satu alternatif tepat bagi anda yang ingin menghapus tattoo tanpa harus menggunakan laser yang berbahaya dan juga terasa sakit.

Caranya :

  • Sediakan minyak lavender secukupnya
  • Oleskan pada area kulit yang terdapat tattoonya
  • Gunakan katun lembut untuk menggosok dan memijat daerah keloid secara perlahan
  • Bilas dengan menggunakan air sampai bersih
  • Lakukan cara menghilangkan tato ini secara rutin 2 kali sehari agar tattoo segera terhapus

5. Lidah buaya

Cara menghilangkan tato dengan bahan alami lainnya adalah menggunakan aloe vera atau lidah buaya. Bahan alami sudah populer dimanfaatkan untuk merawat kulit. Banyak yang sudah mencoba bahan alami ini sebagai salah satu cara menghilangkan tato setelah menjalani perawatan laser.

Lidah buaya bekerja dengan memudarkan pigmen tinta yang terdapat di dalam tubuh. Jika dilakukan secara rutin dan teratur maka tinta tattoo yang permanen dapat berangsur hilang. Bahan alami ini cukup ampuh digunakan sebagai cara menghilangkan tato yang belum lama menempel pada kulit.

Caranya :

  • Sediakan lidah buaya secukupnya, kupas kulitnya untuk mengambil gelnya
  • Haluskan gel lidah buaya sampai halus
  • Oleskan gel pada seluruh kulit yang terdapat tattoonya secara merata sanbil melakukan pemijatan ringan
  • Tunggu selama beberapa saat hingga gel mulai mengering
  • Bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih
  • Lakukan cara menghilangkan tato ini secara rutin dua kali sehari agar tattoo segera hilang.

6. Scrub apricot

Kombinasi antara apricot dan juga garam dapat menjadi salah satu cara menghilangkan tato yang efektif untuk dilakukan di rumah. Kedua bahan alami tersebut bekerja sama untuk menghapus tattoo permanen dengan alami dan cepat. Garam berperan sebagai abrasif sedangkan scrub apricot bekerja dengan menghapus tinta.

Cara menghilangkan tato ini hanya bekerja untuk memudarkannya saja sehingga tattoo tidak benar-benar terhapus sempurna. Meskipun demikian, tidak ada salahnya bukan untuk mencoba cara alami yang satu ini ?

Caranya :

  • Sediakan scrub apricot yang dikombinasikan dengan garam
  • Oleskan pada kulit bertattoo yang sebelumnya sudah dibersihkan
  • Lakukan pemijatan ringan selama beberapa saat
  • Tunggu hingga kulit mulai mengering dan bilas dengan menggunakan air hangat
  • Lakukan cara menghilangkan tato ini secara rutin setiap hari agar tattoo dapat memudar

7. Batu gerinda kasar atau bubuk pasir

Metode abrasif merupakan salah satu cara menghilangkan tato yang dapat dengan mudah dipraktikkan sendiri di rumah. Salah satu bahan untuk menerapkan metode abrasif ini adalah dengan menggunakan batu grinding kasar atau menggiling pasir.

Caranya :

  • Sediakan bubuk pasir secukupnya
  • Campurkan dengan gel lidah buaya yang sebelumnya sudah dihaluskan
  • Oleskan pada area kulit bertattoo yang sudah dibersihkan sebelumnya
  • Lakukan pemijatan ringan sambil digosok-gosok secara perlahan
  • Bilas dengan menggunakan air sampai bersih
  • Lakukan cara menghilangkan tato dengan bahan alami secara teratur agar tattoo berangsur pudar.

8. Jus lemon dengan garam kasar

Cara menghilangkan tato berikutnya adalah menggunakan bahan alami garam kasar dan juga sari lemon. Kandungan asam alami pada lemon dianggap sebagai deterjen alami untuk memudarkan tinta pada kulit. Lemon juga mengandung vitamin C yang dapat merangsang rekreasi sel kulit dan menutrisinya. Adapun garam mengandung klorin dan natrium yang bagus untuk mengaburkan warna tinta tattoo.

Caranya :

  • Sediakan 100 gr garam kasar dan juga sari jeruk sitrun secukupnya
  • Aduk sampai merata dan ambil bola kapas untuk direndap pada larutan tersebut
  • Aplikasikan kapas pada kulit bertattoo yang sebelumnya sudah dibersihkan
  • Lakukan penggosokan ringan selama 30-60 menit agar larutan dapat meresap pada pori-pori kulit
  • Bersihkan dengan menggunakan air hangat
  • Cara menghilangkan tato ini mungkin akan memberikan efek perih dan sakit sehingga anda harus bersiap-siap untuk menahannya agar tattoo segera memudar.

9. Lidah buaya, minyak zaitun dan paederia tomentosa

Pada dasarnya, tinta tattoo diendapkan pada lapisan epidermis kulit untuk menjaga warnanya agar tidak mudah pudar. Hal ini tergantung pada harga tinta tattoo yang digunakan. Tinta tattoo murah akan jauh lebih mudah dihilangkan dari pada harga tinta tattoo permanen yang cukup mahal. Oleh sebab itu, apabila kulit dapat mengelupas maka tattoo akan berangsur hilang secara perlahan.

Bahan alami seperti aloe vera, minyak zaitun dan juga paederia tomentosa sangat bagus untuk digunakan sebagai cara menghilangkan tato permanen dengan mudah.

Caranya :

  • Campurkan ketiga bahan dengan persentase sama
  • Aduk sampai mengental dan oleskan pada tattoo sambil dipijat ringan searah dengan arah jaruh jam
  • Lakukan kurang lebih selama 10 menit lalu bilas dengan menggunakan air hangat
  • Lakukan cara menghilangkan tato dengan bahan alami ini setiap hari secara rutin agar tattoo segera memudar.

10. Minyak zaitun dan minyak kelapa

Tattoo yang permanen dapat dihilangkan dengan memanfaatkan minyak kelapa dan juga minyak zaitun. Kombinasi kedua bahan alami ini sudah banyak dicoba sebagai cara menghilangkan tato dengan cepat. Meskipun hasil akan nampak setelah pemakaian beberapa bulan, namun hasil yang akan anda dapatkan cukup efektif.

Caranya :

  • Sediakan minyak kelapa dan minyak zaitun dengan persentase sama
  • Campurkan kedua bahan alami tersebut sampai merata
  • Oleskan pada kulit bertattoo yang sebelumnya sudah dibersihkan
  • Lakukan pemijatan ringan selama 30-60 menit
  • Bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih
  • Lakukan cara menghilangkan tato ini setiap hari secara teratur untuk mendapatkan hasil maksimal.

11. Susu kental

Susu kental juga dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan tato dengan alami dan cepat. Kandungan laktosa di dalam susu kental sangat bagus untuk membantu memudarkan warna tinta tattoo yang menempel pada kulit.

Caranya :

  • Didihkan susu kental yang dicampur dengan sedikit air
  • Setelah mendidih, angkat dan tunggu sampai hangat
  • Aplikasikan pada kulit bertattoo yang sebelunya sudah dibersihkan
  • Gunakan kapas untuk menggosok bagian tattoo secara perlahan kurang lebih selama 30 menit
  • Bilas dengan menggunakan air sampai bersih
  • Lakukan cara menghilangkan tato ini dengan teratur agar tattoo segera memudar.

12. Minyak zaitun dan madu

Kombinasi antara minyak zaitun dan juga madu sangat bagus untuk membantu memudarkan tattoo yang permanen. Meskipun hasilnya tidak seinstan dengan cara menghilangkan tato menggunakan sinar laser, namun cara alami ini sangat aman digunakan tanpa efek samping.

Caranya :

  • Sediakan minyak zaitun dan madu murni secukupnya
  • Campurkan kedua bahan sampai merata
  • Oleskan pada area kulit bertattoo sambil melakukan pemijatan ringan kurang lebih selama 30 menit
  • Bilas dengan menggunakan air sampai bersih
  • Lakukan cara menghilangkan tato ini secara teratur setiap hari sampai tattoo memudar.

13. Madu, daun pandan, madu dan air garam

Madu, minyak zaitun, daun pandan dan juga air garam merupakan kombinasi bahan alami yang sangat bermanfaatan untuk membantu menghilangkan tattoo. Cara menghilangkan tato dengan kombinasi bahan alami inipun juga aman tanpa memberikan efek samping.

Caranya :

  • Campurkan bahan-bahan alami madu, minyak zaitun, daun pandan halus dan juga air garam
  • Setelah tercampur rata, oleskan pada kulit bertattoo sambil digosok secara perlahan kurang lebih selama 30 menit
  • Lakukan cara menghilangkan tato ini secara rutin sesering mungkin untuk memudarkan tattoo dengan cepat
  • Saat anda melakukan cara ini dengan teratur maka kulit akan mudah mengelupas dan tinta tato pun akan menghilang.

Cara Menghilangkan Tato dengan Produk Penghilang Tato :

1. Tattonox Obat Penghilang Tatto Permanen

Tattanox merupakan salah satu jenis obat penghilang tattoo yang tersedia dalam bentuk cair. Obat ini dikemas dalam bentuk botol sehingga cara penyimpanannya pun mudah. Tattanox dibuat dari asam laktat dan asam salisilat yang aman untuk diaplikasikan pada semua jenis kulit. Oleh sebab itu, produk ini sangat direkomendasikan sebagai cara menghilangkan tato permanen dengan mudah.

Dengan memanfaatkan produk Tatanox ini maka tattoo dapat hilang 100% tanpa memberikan efek samping. Produk berkualitas tinggi ini sangat efektif untuk menghapus tattoo karena mampu meresap ke dalam kulit dan mengangkat tinta tattoo dengan mudah. Produk ini juga mampu menghapus tattoo tanpa mengakibatkan kulit mengelupas, melepuh maupun iritasi.

Cara menggunakan Tattanox :

  • Bersihkan kulit bertattoo dengan menggunakan air hangat dan juga lap sampai kering
  • Oleskan Tattanox pada area kulit sampai merata dengan menggunakan cotton bud atau alat lain
  • Diamkan kurang lebih selama 3 jam dan usahakan  agar tidak terkena air
  • Setelah itu, cuci kulit dengan menggunakan air hangat dan keringkan dengan lap. Usahakan untuk tidak menggosok bagian kulit
  • Gunakan produk ini secara rutin 2 kali sehari dengan mengoleskan minyak goreng pada tattoo setiap pagi, siang dan malam
  • Cara menghilangkan tato ini akan memberikan hasil kurang lebih setelah setengah bulan pemakaian secara rutin

Penting :

Jangan pernah menggosok kulit selama perawatan dan juga saat Tattanox dioleskan.

2. PK Oil asli obat penghapus tattoo permanen

PK Oil asli merupakan produk generasi terbaru dari PK serbuk. Produk ini sudah teruji secara klinis oleh badan ahli dan juga dikemas dalam kemasan cair. Produk ini dapat digunakan sebagai cara menghilangkan tato permanen dengan cepat.

PK Oil bekerja dengan meresapkan cairan pada lapisan kulit terdalam sehingga tinta tattoo daat memudar. Obat penghilang tattoo permanen ini mengikat partikel tinta tattoo sekaligus mengangkatnya hingga ke permukaan pori-pori kulit. Obat penghilang tattoo ini sangat nyaman dan aman digunakan tanpa merusak lapisan kulit luar maupun meninggalkan bekas.

Cara pemakaian PK Oil :

  • Oleskan PK oil secara merata pada kulit bertattoo
  • Diamkan kurang lebih selama 20 menit agar obat dapat bekerja dengan maksimal
  • Bersihkan kulit dengan menggunakan kain, tisu atau handuk kering
  • Lakukan cara menghilangkan tato ini secara rutin 3 kali seharu dalam 2 minggu pemakaian
  • Iringi cara menghilangkan tato menggunakan obat PK oil ini dengan olahraga rutin yang dapat mengeluarkan keringat.

Bahaya Menggunakan Tattoo pada Kulit :

1. Alergi

Tidak semua kulit cocok untuk ditattooi tattoo. Tinta atau pigmen tattoo memiliki kandungan bahan kimia yang dapat menyebabkan alergi terutama bagi mereka yang memiliki jenis kulit sensitif. Biasanya jika kulit mengalami alergi tattoo akan muncul ruam merah pada area di sekitar tattoo.

2. Infeksi kulit

Kulit yang tidak dapat menerima reaksi tattoo akan mengalami alergi. Alergi ini bahkan juga dapat memicu terjadinya infeksi kulit. Jika dibiarkan maka lama kelamana dapat mengakibatkan pembusukan dan juhga resiko terkena tumor.

3. HIV/ AIDS

Penggunaan tinta tattoo juga dapat memicu penularan HIV/ AIDS. Bukan hanya itu saja, penggunaan tinta tattoo yang tidak hiegenis juga dapat menyebarkan virus penyakit yang berbahaya bagi tubuh.

4. Memberikan sensasi terbakar dan panas

Kulit yang ditattooi dengan tinta tao dapat membuat kulit terasa terbakar dan panas. Dampak ini baisanya dialami bagi mereka yang menggunakan tinta tattoo berwarna merah dan hitam karena kandungan besi oksida di dalamnya.

Tips Tato :

1. Memilih desain yang tepat

Syarat dasar bagi anda yang ingin membuat tattoo pada tubuh dapah mempertimbangkan pemilihan desain. Pilihlah desain yang menurut anda paling baik. Apabila anda tidak memanfaatkan koleksi desain dari pemilik salon tattoo, anda bisa mencari referensi dari berbagai majalah atau browsing lewat internet. Dengan demikian, anda dapat memiliki desain tatto yang sempurna. Anda juga tidak akan merasa menyesal setelah mengeluarkan cukup banyak uang untuk menggambar tattoo.

2. Periksa tinta yang digunakan

Setelah selesai memilih desain tattoo yang menurut anda paling tepat, selanjutnya anda harus memilih warna yang tepat dan sama. Hal ini sangat penting agar seniman tattoo dapat memeriksa tinta terlebih dahulu sebelum memulai untuk menggambar.

Anda dapat meminta seniman untuk mengecek warna tinta apakah sama dengan warna pada desain yang anda pilih. Selain itu, warna tinta tato biasanya juga dapat memberikan resiko kusam pada kulit dan mudah pudar. Periksa tinta apakah masih segar atau sudah tidak layak pakai.

Sebelum seniman tattoo memulai menggambar desain pada kulit, pastikan bahwa ia menggunakan instrumen yang steril dan baru pakai. Pastikan seniman tersebut menggunakan tinta yang segar pada setiap sesi.

3. Lihat hasil karya seniman

Dianjurkan untuk melihat hasil karya dari seniman tattoo terlebih dahulu untuk memastikan apakah hasilnya benar-benar bagus dan sesuai dengan minat anda atau tidak. Harga tinta tattoo biasanya cukup menguras kantong, jadi ada baiknya dan berhati-hati jika ingin memiliki tattoo.

4. Rileks

Bersantailah sebelum tattoo digambar. Bagi anda yang merasa gugup atau sangat gelisah maka seniman tattoo akan merasa kesulitan dalam menggambar tattoo dengan sempurna.

5. Sterilkan tangan seniman

Usahakan agar seniman tattoo mencuci tangannya terlebih dahulu dengan sabun dan air atau agen sanitasi standar, menggunakan sarung tangan lateks sebelum memulai untuk menggambar desain. Para seniman tattoo sebaiknya juga memberikan instruksi dengan jelas pasca perawatan tattoo maupun produknya agar hasil gambar yang anda dapat sesuai dengan hati anda.

Lebih Aman Manakah Tato Permanen atau Tato Temporer ?

Sama seperti namanya, tattoo temporer merupakan tattoo yang dibuat dengan tujuan bersenang-senang dan bersifat sementara. Tattoo ini dapat bertahan kurang lebih selama tiga tahun atau hanya dalam hitungan hari saja. Tattoo temporer menjadi alternatif bagi mereka yang ingin memiliki gambar tattoo namun takut akan bahaya dari tatto permanen yang susah dihilangkan dan dapat merusak kulit.

Namun masih terdapat perdebatan mengenai kedua jenis tattoo tersebut. Ada yang menganggap tattoo temporer lebih rentan terhadap infeksi kulit atau alergi. Menangani hal ini seorang artis tattoo dati Semarang menyatakan bahwa tattoo temporer yang berbahaya adalah tattoo yang dibuat dari semir rambut. Tattoo ini biasanya hanya dapat bertahan dalam beberapa minggu.

Tattoo yang digambar dari bahan semir rambut dapat menimbulak iritasi kulit apabila kulit tidak cocok dengan kandungan dari semir rambut tersebut. Oleh sebab itu, kita sering melihat kemasan semir rambut yang selalu memberikan instruksi agar melakukan uji coba pada telinga dahulu sebelum digunakan. Hal ini untuk mengetahui apakah kulitnya cocok dengan semir rambut tersebut atau tidak.

Dilansir dari sebuah situs terpercaya, alergi pada cat rambut bisa jadi merupakan akibat dari bahan kimia yang dinamakan para-phenylenediamine (PPD). Lebih dari 70% produk semir rambut yang terdapat di pasaran memiliki kandungan PPD, termasuk cat rambut merk ternama. Bahan PPD ini padahal dapat memicu munculnya masalah alergi, keracunan bahkan resiko kanker.

Tattoo temporer ada juga yang aman digunakan tanpa memberikan efek samping. Tattoo ini dibuat dari bahan-bahan alami sehingga menghasilkan tinta herbal yang mampu bertahan cukup lama antara 1-3 tahun. Tattoo temporer yang terbuat dari bahan herbal biasanya merupakan produk yang diimpor dari negara Jepang. Tattoo ini dapat bertahan cukup lama bahkan dalam jangka waktu tiga tahun.

Karena mampu bertahan cukup lama hingga bertahun-tahun dan tidak menimbulkan efek samping, maka tak heran jika tinta tattoo ini dihargai dengan harga yang cukup mahal dari pada harga tinta tato permanen.

Tinta tattoo permanen yang memiliki molekul pewarna yang cukup besar bagi sistem imun dalam tubuh. Hal ini dapat membuat tinta meresap pada tubuh dalam waktu yang lama dan susah untuk dihapus atau dihilangkan. Bahkan untuk menghilangkan tattoo permanen harus menempuh cara yang ekstreem yang cukup menyakitkan.

Berbeda dengan tinta herba yang hanya menggunakan molekul pewarna lebih kecil sehingga cukup aman untuk digunakan. Tinta herba ini juga dapat dihapus dengan mudah sehingga sangat pas digunakan untuk mereka yang ingin bereksperimen dengan gambar tattoo.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bopeng dengan Bahan Alami, Krim dan Obat Serta Efek Samping

Meskipun awalnya ada yang menggambar tattoo pada kulit dengan tinta permanen, namun suatu saat pasti ada yang ingin menghapusnya dengan berbagai alasan. Cara menghilangkan tato dengan bahan alami dan produk alami jauh lebih aman dari pada memanfaatkan sinar laser yang dapat membahayakan kesehatan.

Continue Reading

More in Kecantikan

To Top