Connect with us
Cara Menghilangkan Komedo Putih

Kecantikan

30 Cara Menghilangkan Komedo Putih dengan Bahan Alami, Sabun, Krim, Masker, Alat Serta Efek Samping

Cara Menghilangkan Komedo Putih – Menghilangkan komedo di wajah merupakan sebuah pekerjaan yang wajib dilakukan oleh pria dan wanita. Komedo sendiri merupakan sebuah pori-pori yang tersumbat, bisa saja tertutup maupun terbuka. Masalah kulit wajah tersebut merupakan salah satu jenis jerawat yang disebabkan karena adanya sel kulit mati.

Cara Menghilangkan Komedo Putih

Apa itu Komedo Putih?

Banyak sekali masalah yang bias terjadi pada wajah, seperti jerawat, minyak berlebih, kulit wajah bersisik, bekas jerawat, wajah kusam, dan masih banyak lagi masalah yang bias terjadi pada wajah. Salah satu masalah wajah yang paling sering dialami orang adalah komedo. Sel kulit mati tersebut terkadang membuat orang menjadi gregetan maupun kurang percaya diri. Meskipun komedo merupakan kelihatan hal yang sepele, namun bias membuat orang bias kehilangan percaya diri mereka dengan ada nya masalah pada wajah tersebut.

Sebelum saya memberitahu cara menghilangkan komedo putih, saya akan terlebih dahulu menjelaskan apa itu komedo putih.

Mengapa saya terlebih dahulu saya menjelaskan apa itu komedo putih, supaya kita tidak banyak bertanya-tanya apa itu komedo putih. Komedo putih, atau yang sering disebut juga dengan whitehead adalah salah satu jenis jerawat yang terbentuk ketika sel-sel kulit mati, minyak, dan bakteri yang terperangkap di dalam pori-pori kulit.

Folikel-folikel rambut juga ikut terperangkap, sehingga disebut juga dengan komedo tertutup. Folikel rambut merupakan struktur kulit yang menjadi tempat rambut akan tumbuh. Biasanya komedo putih bisa ditemukan dengan menekan pori-pori wajah yang akan membuatnya muncul ke permukaan.

Selain whitehead, ada juga yang disebut dengan blackhead atau komedo hitam. Komedo sendiri adalah jenis jerawat ringan dan muncul karena produksi minyak berlebih yang dihasilkan oleh kelenjar minyak pada kulit dan menyebabkan pori-pori kulit tersumbat.

Komedo dapat muncul di bagian mana pun, namun hidung, dagu, dan kening (atau yang disebut dengan “zona T” merupakan daerah yang paling sering terkena. Siapa pun berhak berpeluang memiliki komedo putih, baik yang tua maupun yang muda. Meskipun pada masa remaja tidak pernah mengalami masalah pada kulit, setiap orang tetap berpotensi memiliki komedo pada masa dewasa, tergantung pola hidup dan kebiasaan kita sehari-hari.

Faktor Penyebab Munculnya Komedo Putih

  1. Berkembangnya bakteri propioni bacterium acnes pada permukaan kulit secara tidak terkendali.
  2. Sel kulit mati yang tertimbun di permukaan kulit.
  3. Perubahan hormon sehingga produksi minyak bertambah.
  4. Kulit yang terlalu kering.
  5. Dan yang paling sering mengakibatkan nya adalah menggunakan produk kecantikan dengan bahan kimia yang bahaya.

Jenis Komedo

Selain munculnya komedo, komedo juga terbagi menjadi dua macam, yaitu komedo hitam dan komedo putih.

Komedo hitam: komedo ini bersifat terbuka yang ditandai dengan membesarnya folikel rambut yang ditutup oleh sekumpulan kotoran kulit dan sebum. Komedo hitam ini biasanya terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam.

Komedo putih: dibandingkan dengan komedo hitam, komedo putih tidak Nampak, namun dapat ditemukan dengan menekan pori-pori wajah.

Biasanya komedo hitam lah yang paling mengganggu penampilan karena sangat terlihat. Beberapa orang pun berusaha menghilangkan nya. Seperti yang telah kita ketahui, cara menghilangkan komedo hitam juga telah menjamur. Ada yang dengan menggunakan alat dengan cara memencet komedo hingga keluar, ada pula yang menggunakan vacuum cleanerkhusus komedo, ada yang menggaruk-garuk sendiri dengan menggunakan kuku jari tangan, ada juga yang menggunakan plester khusus komedo.

Hampir semua orang sering mengalami keadaan komedo yang tidak terkendali, produk kecantikan mengenalkan masker wajah yang dipercaya dapat mengangkut komedo secara tuntas.

Cara menghilangkan komedo putih pun memang beragam. Ada yang harus mengeluarkan banyak uang, dan ada juga yang murah. Namun semahal apa pun perawatan yang dilakukan agar komedo hilang, nanti komedo akan kembali juga. Daripada harus terus mengeluarkan uang yang banyak  dan belum tau juga gimana hasilnya nanti, mending kita mencoba menghilangkan komedo tersebut dengan cara yang alami.

Alam telah menyediakan beragam cara untuk membersihkan komedo. Selain murah meriah, ada juga bisa merawat wajah anda tanpa harus bersusah payah. Hal yang paling perlu diingat adalah: menghilangkan komedo secara permanen sangat sulit dilakukan, sebaiknya anda rutin dan rajin melakukan perawatan kebersihan kulit wajah setiap hari, untuk mencegah timbulnya komedo.

Gejala Timbulnya Komedo Putih

Benjolan komedo yang berukuran sangat kecil berwarna putih pada permukaan kulit akan mudah terlihat oleh kita secara kasat mata. Karena tidak terjadi inflamasi, komedo tidak terasa sakit. Tetapi, komedo dapat mengalami peradangan jika dicungkil atau digaruk.

Cara Menghilangkan Komedo Putih Secara Alami

Cara menghilangkan komedo putih sangat lah mudah untuk kita lakukan, tergantung niat yang ada dalam diri kita. Ada pun menghilangkan komedo dapat kita lakukan dengan cara yang alami saja, tanpa harus memerlukan alat-alat kosmetik yang memerlukan banyak biaya, yang bisa membuat uang kita akan habis, hanya untuk menghilangkan komedo ini saja. Adapun cara yang harus kita lakukan adalah:

1. Lemon

Cara alami menghilangkan komedo putih dengan cepat adalah dengan menggunakan lemon. Lemon kaya akan vitamin C. Tidak hanya itu saja, dalam lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada pada dalam kulit. Lemon dapat digunakan sebagai cara menghilangkan komedo secara tradisional.

Caranya:

  • Siapkan buah lemon
  • Peras buah lemon
  • Oleskan air perasan lemon pada area wajah yang berkomedo secara merata
  • Diamkan selama 15 menit
  • Setelah didiamkan langsung bilas dengan air bersih
  • Usahakan selalu tepat pada waktu yang sudah dianjurkan
  • Lakukan hal ini secara rutin

2. Tomat

Seringkali kita meragukan buah yang satu ini meskipun memang ada dijual di pasaran namun buah ini berkhasiat juga dalam membersihkan wajah. Ternyata senyawa anti-oksidan yaitu lycopine ada dalam tomat yang terbukti dapat menangkal radikal bebas. Fungsinya tersebut yaitu dapat menangkal agar sel kulit tidak menumpuk sehingga menyebabkan komedo putih tidak muncul.

Tomat juga dapat menjadi tabir surya alami untuk menimalisir kerusakan yang diakibatkan sinar UV. Sinar uv itu adalah sinar ultra violet yang disebut dalam istilah sehari-hari adalah cahaya matahari.

Caranya:

  • Sediakan tomat yang masih segar supaya lebih berkhasiat
  • Tumbuk halus tomat hingga menjadi bubur, tidak usah banyak-banyak kali. Buat aja porsinya pas dengan wajah anda
  • Setelah ditumbuk secara merata, lalu oleskan pada area wajah anda secara merata.
  • Setelah dioleskan secara merata, diamkan selama 15 menit
  • Setelah mencapai waktu yang ditentukan langsung bilas aja dengan air bersih
  • Lakukan hal ini secara rutin

3. Kacang kedelai

Kacang kedelai juga terkenal dengan sumber protein yang sangat banyak, tidak hanya protein, kacang kedelai juga mengandung vitamin A,B kompleks , E, kalsium, fosfor, magnesium, dan zat besi. Sifatnya sebagai antioksidan dapat menjadi cara mencegah penuaian dini. Tidak hanya itu, penggunaan master kacang kedelai secara rutin akan membuat wajah anda menjadi cerah, tidak berminyak, dan bersih dari komedo.

Cara menghilangkan komedo putih menggunakan masker kacang kedelai adalah:

  • Siapkan kacang kedelai nya terlebih dahulu.
  • Rendam kacang kedelai dalam air selama 1 hari. Pada tahap perendaman ini bukan harus menggunakan air panas, tapi air dingin juga bisa yang penting air nya bersih.
  • Kacang kedelai yang telah kita rendam kemudian kita bersihkan lagi, cuci sampai bersih. Lalu setelah dicuci langsung blender hingga halus tanpa air sama sekali.
  • Oleskan kacang kedelai yang telah kita blender hingga halus tadi pada wajah.
  • Waktu yang dibutuhkan pada tahap ini lebih lama, diamkan selama 30 menit.
  • Setelah mencapai waktu yang telah ditentukan bersihkan wajah dengan air hangat. Dalam melakukan pembersihan usahakan harus air hangat supaya lebih mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Lidah buaya

Lidah buaya memang memiliki banyak sekali kegunaan dalam perawatan. Selain dari merawat rambut namun bisa juga untuk membersihkan wajah dari komedo putih. Karena dengan menggunakan lidah buaya, anda mendapatkan banyak manfaat sekaligus. Yaitu untuk menyegarkan wajah, mencerahkan kulit wajah, mengecilkan pori-pori wajah, serta membersihkan komedo. Memang pada masa saat ini tumbuhan ini sudah sangat jarang sekali kita jumpai dalam kehidupan kita sehari-hari.

Adapun cara yang dapat kita lakukan:

  • Petik daun lidah buaya secukupnya yang kira-kira cukup untuk daerah wajah
  • Ambil gel yang ada di tengahnya. Jadi disini kita tidak membutuhkan kulitnya namun kita hanya membutuhkan jel atau lendir yang ada pada daun lidah buaya
  • Oleskan gel daun lidah buaya yang kita ambil tadi secara merata pada area kulit yang berkomedo
  • Setelah dioleskan secara merata pada area yang berkomedo, diamkan selama 15 menit.
  • Setelah mencapai waktu yang ditentukan langsung bilas dengan air yang bersih.
  • Lakukan hal ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

5. Putih telur

Putih telur dapat dipercaya dapat mengenyalkan wajah Anda serta sebagai cara mengecilkan pori-pori, sehingga kotoran dari luar tidak menumpuk pada kulit dan tidak menimbulkan komedo. Putih telur kaya akan protein dan sumber mikronutrien. Kandungan tersebut dapat membersihkan serta menghilangkan komedo putih di wajah.

Caranya:

  • Siapkan satu sampai dua butir telur kemudian pisahkan dari kuningnya.
  • Kocok putih telur sampai mengeluarkan buih dan berbentuk krim, tambahkan jeruk nipis atau jeruk lemon untuk membantu mengangkat komedo dan mengurangi bau amis yang ditimbulkan putih telur.
  • Cuci bersih wajah Anda, jangan sampai ada sisa riasan atau kotoran yang tertinggal.
  • Steam atau olesi wajah Anda agar pori-pori wajah terbuka sehingga lebih banyak komedo yang terangkat. Caranya cukup dekatkan wajah Anda dengan air panas dan jangan sampai mengenai kulit wajah anda.
  • Jika sudah siap, oleskan krim putih telur tadi ke permukaan wajah Anda sehingga, kemudian olesi dengan krim putih telur.
  • Anda bisa mengulangi langkah nomor 6 sebanyak dua sampai tiga kali, hal ini dilakukan agar lebih efektif mencabut komedo yang membandel.
  • Jika lapisan yang Anda buat dirasa sudah cukup, tunggu hingga masker tersebut kering dan membuat seluruh wajah Anda terasa kaku.
  • Apabila sudah siap dilepas, tarik perlahan masker putih telur yang menempel dari bagian bawah ke atas.
  • Jika masker sudah terlepas langkah terakhir adalah membilas wajah dengan air bersih dan gunakan pembersih lembut untuk mengangkat sisa-sisa krim putih telur yang tertinggal.

Perawatan seperti ini bisa Anda lakukan dengan mudah di rumah, bahan-bahan nya pun murah dan mudah didapat. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mengurangi jumlah komedo Anda secara signifikan. Perawatan masker putih telur ini sangat cocok  diaplikasikan pada kulit berminat dan perpaduan antara kulit berminyak dan normal.

6. Madu

Cara alami menghilangkan komedo putih paling cepat yaitu menggunakan madu. Mungkin kalau madu kita sudah tau sendiri fungsi umum dari yang satu ini. Madu merupakan pelembab alami wajah yang dapat mencerahkan wajah maupun kulit. Madu yang sekaligus dapat mencerahkan kulit karena kaya akan anti-oksidan dan juga dapat mengangkat kulit mati. Tapi biasanya untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal harus madi asli.

Caranya:

  • Siapkan 1 sendok makan madu asli, madu yang kita gunakan harus benar-benar asli untuk mendapatkan hasil yang maksimal nantinya.
  • Oleskan madu yang sudah kita siapkan secara merata pada wajah.
  • Pada proses madu ini memang memerlukan waktu yang cukup lama yaitu 30 menit.
  • Setelah mencapai waktu yang ditentukan bilas wajah anda dengan air bersih.
  • Lakukan hal ini secara rutin agar mendapat hasil yang maksimal dalam membersihkan wajah dari komedo putih.

7. Garam

Dalam ilmu kimia, garam adalah senyawa ionik yang terdiri dari ion positif (kation) dan ion negatif (anion), sehingga membentuk senyawa netral (tanpa bermuatan). Umumya garam digunakan sebagai penambah rasa pada makanan, namun ternyata fungsi dari garam bukan hanya itu saja, melainkan garam dapat berfungsi sebagai cara alami untuk menghilangkan komedo putih pada area kulit.

Caranya:

  • Siapkan air panas dalam suatu wadah.
  • Larutkan garam pada wadah yang sudah kita sediakan.
  • Biarkan wajah terhempas uap yang dihasilkan oleh uap air panas yang panas tersebut.
  • Luapkan wajah Anda pada uap air garam yang telah kita larutkan selama 5 menit diatas wadah yang kita buat tadi.
  • Dengan sendirinya pori-pori kulit Anda akan terbuka dan komedo putih yang ada didaerah wajah akan keluar dengan sendirinya.
  • Langsung bersihkan dengan air bersih.
  • Lakukan hal ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

8. Air hangat

Cara penggunaan air panas hampir sama dengan penggunaan garam diatas beda nya disini langsung dengan keadaan air menguap.  Menggunakan air hangat untuk kulit akan mampu membuka pori-pori kulit Anda, sehingga kotoran yang menumpuk pada kulit akan keluar dengan sendirinya karena kita peras wajah kita dengan air hangat.

Adapun caranya:

  • Masak air dan masukkan dalam wadah
  • Kemudian hadapkan wajah pada wadah air yang telah kita panaskan
  • Biarkan uap air panas membuka pori-pori anda
  • Biarkan wajah kita terkena uap air panas selama 5 menit
  • Dengan sendirinya komedo yang ada di wajah kita akan terbuang sendirinya, karena pori-pori di wajah kita terbuka.

9. Jeruk nipis

Kita sendiri sudah mengetahui sendiri bahwa jeruk nipis kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Hal ini membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati. Dengan manfaatnya mengangkut sel kulit mati inilah, jeruk nipis dipercaya sebagai cara menghilangkan komedo  secara alami.

Caranya:

  • Peras buah jeruk
  • Oleskan air perasan jeruk nipis pada daerah wajah secara merata
  • Diamkan selama 15 menit
  • Sesudah mencapai waktu yang ditentukan langsung bilas dengan air bersih
  • Lakukan hal ini secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal.

10. Kulit jeruk

Ternyata kulit jeruk memiliki manfaat dalam perawatan kulit. Padahal selama ini kita sering langsung membuat kulit jeruk yang sudah kita makan. Nah maka dari ini saya menginformasikan kalau kita punya kulit jeruk jangan langsung main buang aja.

Malahan dibandingkan dengan dengan buahnya ternyata, kulit jeruk lebih memiliki kandungan vitamin C. Jadi bagi anda yang suka sekali makan jeruk, jangan langsung main buang aja kulit nya. Karena kulit jeruk dapat Anda pakai sebagai masker wajah yang berguna sebagai cara mengecilkan pori-pori pada wajah.

Caranya:

  • Jemur kulit jeruk hingga benar-benar kering.
  • Pada masa pengeringan waktunya tergantung keadaan cuaca.
  • Biasanya kalau cuaca normal kulit jeruk ini akan bisa digunakan selama 2 hari pada masa penjemuran.
  • Tumbuk kulit jeruk yang sudah kering hingga halus.
  • Setelah ditumbuk dengan halus langsung campurkan dengan air hingga berbentuk seperti pasta, agar bisa digunakan.
  • Lalu oleskan pada bagian wajah yang berkomedo.
  • Usahakan sebelum mengoleskan nya pada wajah sudah terlebih dahulu wajah kita dibersihkan dengan air biasa.
  • Setelah dioles secara merata diamkan selama 30 menit.
  • Setelah mencapai waktu yang ditentukan langsung bilas dengan air hangat.
  • Mengapa air hangat supaya kandungan kulit jeruk lebih meresap pada bagian pori-pori wajah yang berkomedo.
  • Lakukan hal ini secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal.

11. Pepaya

Enzim papain yang terdapat atau yang ada dalam pepaya dapat membantu meregenerasi kulit. Vitamin A,C, dan E sebagai anti-oksidan akan turut membantu menutrisi dan melembapkan kulit Anda. Dengan pepaya, kulit mati menjadi hilang, membersihkan kotoran pada wajah juga, serta dapat membersihkan komedo putih. Pepaya akan menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah Anda.

Caranya:

  • Sediakan pepaya
  • Potong pepaya kecil-kecil
  • Haluskan pepaya sampai lembut
  • Gunakan sebagai masker, dan biarkan selama 30 menit
  • Setelah mencapai waktu yang ditentukan bilas dengan air bersih
  • Lakukan hal ini secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal.
  • Penggunaan buah pepaya ini akan membantu mengecilkan pori-pori wajah.

12. Es batu

Ada pun cara menghilangkan komedo putih dalam semalam yaitu dengan menggunakan es batu. Cara mengatasi komedo di wajah dan hidung dengan es batu yaitu dengan menempelkan es batu selama 10-15 menit. Hal ini dilakukan untuk menutup pori-pori wajah agar mengecil.

Caranya:

  • Kompreskan es batu ke dalam wajah selama 10 sampai 15 menit.

13. Kayu manis

Tidak hanya terkenal sebagai bumbu masakan, kayu manis ternyata juga memiliki manfaat untuk kecantikan yang salah satunya dapat membantu membersihkan komedo putih. Kayu manis memiliki kandungan yang dapat meningkatkan sirkulasi darah, menjaga kesehatan kulit dan membuatnya tampak bercahaya.

Penggunaan kayu manis sebagai pengangkat komedo bisa Anda kombinasikan dengan jeruk lemon, ia memiliki antibakteri yang baik untuk mengatasi komedo dan jerawat.

Adapun cara yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan komedo dengan kayu manis adalah:

  • Siapkan satu sampai dua sendok makan bubuk kayu manis dan air perasan lemon, bisa juga menggunakan jeruk nipis.
  • Campurkan bubuk kayu manis dan air perasan jeruk lemon, kemudian tambahkan madu secukupnya agar menghasilkan pasta yang kental.
  • Oleskan pada bagian yang berkomedo, atau ke seluruh wajah agar seluruh komedo dapat terangkat.
  • Diamkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas dengan air bersih hingga bersih.

Perawatan menggunakan bahan utama kayu manis bisa Anda lakukan secara rutin, tiga sampai empat kali dalam seminggu untuk hasil yang memuaskan. Perawatan seperti ini juga cocok untuk karakter kulit berminyak, kulit normal atau kombinasi keduanya.

14. Kunyit dan jus mint

Kunyit dipercaya sebagai salah satu obat herbal yang berkhasiat. Kunyit memiliki sifat anti mikroba yang dapat menghilangkan bakteri yang ada dalam pori-pori kulit. Selain itu kunyit juga memiliki sifat anti-inflamasi dan kandungan antioksidan yang mampu membantu meningkatkan tekstur dan kesehatan kulit Anda. Sementara itu jus mint berfungsi untuk menenangkan serta memberikan efek dingin pada kulit.

Caranya:

  • Siapkan satu sendok makan bubuk kunyit dan dua sendok makan jus mint segar.
  • Campur semua bahan hingga merata sampai membentuk pasta.
  • Oleskan pasta kebagian yang berkomedo dan biarkan mengering kira-kira 15 menit.
  • Setelah mencapai waktu yang ditentukan langsung bilas aja dengan air bersih, dan jangan lupa untuk melembabkan area kulit setelah perawatan.

Kamu bisa melakukan perawatan untuk mengangkat komedo putih dari wajah secara rutin seminggu sekali, dan perawatan ini cocok untuk semua jenis kulit.

15. Susu

Menerapkan susu sambil memberikan gosokan lembut pada area kulit dengan komedo bisa membantu menyingkirkannya. Susu mengandung asam laktat yang dapat memecah sel kulit mati di permukaan kulit dan membersihkan nya.

Cara menghilangkan komedo putih dengan susu dapat kita lakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Siapkan susu mentah
  • Usapkan susu ke daerah yang kulit dengan komedo dan gosok perlahan
  • Jika dirasa cukup, bilas menggunakan air hangat

Cara ini cocok diterapkan untuk sebagian besar jenis kulit dan bisa Anda lakukan setiap hari sampai komedo berkurang atau hilang. Namun perlu diingat untuk menghindari perawatan ini jika alergi dengan produk susu.

16. Teh hijau

Teh hijau adalah tanaman atau minuman yang kaya akan antioksidan dan dapat membantu membersihkan kulit serta membuatnya tampak bercahaya. Teh hijau dapat menyerap kotoran dan membersihkan komedo putih dengan cepat

Caranya:

  • Siapkan satu sendok daun teh hijau kering dan air secukupnya.
  • Haluskan daun teh hijau sampai menjadi bubuk, lalu tambahkan dengan air secukupnya sampai membentuk pasta.
  • Oleskan pasta teh hijau ke wajah Anda dan tunggu sampai 15-20 menit.
  • Bilas wajah anda dengan air suam-suam kuku, tepuk-tepuk untuk mengeringkan kemudian gunakan pelembab.

Anda bisa mengulangi perawatan kulit wajah dengan teh hijau ini seminggu sekali atau sesuai kebutuhan Anda. Selain itu perawatan ini juga cocok untuk semua jenis kulit, jadi Anda tidak perlu terlalu khawatir akan efek samping.

17. Minyak kelapa

Siapa yang menyangka, minyak kelapa bisa menjadi bahan pembersih komedo putih secara alami. Selain itu minyak kelapa juga akan memberikan nutrisi pada kulit Anda dan membantu ,mengangkat sel-sel kulit mati lebih cepat sehingga kulit tampak lebih bersih dan bersinar

Cara menghilangkan komedo dengan minyak kelapa adalah:

  • Siapkan beberapa tetes minyak kelapa murni.
  • Oleskan minyak kelapa ke area wajah yang ber komedo dan pijat dengan lembut.
  • Biarkan minyak kelapa terserap secara alami kedalam kulit
  • Setelah terserap bilas dengan air bersih

Perawatan kulit menggunakan minyak kelapa ini baik digunakan setiap sebelum tidur dan cocok untuk jenis kulit kering atau kombinasi.

18. Cuka apel

Cuka apel memang menjadi solusi alternatif untuk mengatasi sejumlah masalah kulit. Cuka apel memiliki sifat antibakteri yang akan membunuh bakteri pada kulit serta membersihkan pori-pori dan mengurangi komedo putih.

Adapun cara yang dapat kita lakukan menghilangkan komedo dengan cuka apel adalah:

  • Siapkan beberapa tetes cuka apel da bola kapas.
  • Oleskan cuka apel ke wajah menggunakan bola kapas dengan merata, lalu biarkan sampai mengering.
  • Bilas wajah Anda dengan air hangat.

Perawatan kulit wajah ini cocok untuk semua jenis kulit dan bisa Anda lakukan setiap hari. Jika anda memiliki jenis kulit yang cenderung sensitif, cairkan cuka apel dengan menambahkan air secukupnya.

Terakhir, karena semua perawatan diatas terbilang alami dan dilakukan secara manual, Anda harus bersabar melakukannya secara rutin sesuai dengan anjuran. Dengan demikian komedo putih membandel di wajah Anda akan hilang secara perlahan dan akhirnya bersih. Penting juga untuk menjaga kebersihan wajah serta pola makan agar komedo tidak kembali dan merusak penampilan menawan Anda.

Cara Menghilangkan Komedo Putih dengan Produk

1. Pasta gigi

Pada umumnya pasta gigi mengandung fluoride dan mineral. Kedua unsur senyawa ini bisa dipakai sebagai cara menghaluskan wajah yang kasar akibat banyak komedo putih di wajah kita. Tapi emang benar bahwa pasta gigi memiliki banyak fungsi seperti terkena air panas langsung oles aja pasta gigi pasti akan terasa lebih dingin dan luka cepat kering.

Karena kita sendiri juga tahu bahwa pasta gigi merupakan hasil produksi pabrik yang menggunakan bahan kimia dan juga tidak alami. Sebab itu sebaiknya kita memilih pasta gigi yang menggunakan bahan herbal.

Cara menghaluskan wajah yang kasar akibat banyak komedo putih di wajah adalah:

  • Oleskan pasta gigi secara merata pada wajah, tapi usahakan jangan terkena ke mata, karena bisa membuat kita jadi menangis akibat kepedihan.
  • Setelah kita oleskan secara merata, diamkan selama 15 menit. Kalau mau hasil maksimal taat lah pada waktu yang dibuat.
  • Setelah kira-kira mencapai waktu yang kita tentukan langsung bilas dengan air bersih.
  • Lakukan cara ini secara rutin minimal 3 kali seminggu.

2. Baking soda

Baking soda merupakan produk yang ampuh untuk menghilangkan komedo putih di wajah dengan cepat. Untuk ingin mendapatkan hasil yang maksimal, anda harus menggunakannya secara rutin.

Kegunaan baking soda adalah:

  • Membantu menjaga kadar ph kulit
  • Mengatur produksi minyak di kulit
  • Mengelupas sel kulit mati yang menumpuk pada wajah

Caranya:

  • Buat pasta dengan menggunakan baking soda
  • Aduk dengan merata
  • Lalu oleskan pada wajah secara merata.

3. Tepung gandum

Tepung gandum memang kalau di pikir-pikir tidak memiliki fungsi buat menghilangkan komedo puti. Akan tetapi tepung gandum memiliki fungsi yang sangat efisiensi dalam menghilangkan komedo pada wajah.

Ada pun cara nya adalah:

  • Buat pasta dari tepung gandum, tapi usahakan jangan terlalu cair supaya mudah buat dioleskan.
  • Oleskan pasta dari tepung yang kita buat pada area wajah yang berkomedo.
  • Setelah dioleskan secara merata, diamkan selama 15 menit atau hingga kering.
  • Setelah mencapai waktu langsung bilas dengan air hangat.

4. Sabun Wajah

Ada berbagai merk sabun wajah yang ampuh mengusir komedo putih dengan cepat. Jenis produk tersebut antara lain yaitu:

  • Biore Pore & Oil Clear Facial Foam
  • Pond’s Pure White Deep Cleansing Facial Foam
  • Acnes Natural Care Deep Pore Face Wash
  • The Face Shop Jeju Volcanic Lava Pore Scrub Foam
  • Clean and Clear Daily Pore Cleanser
  • Skinfood Egg White Perfect Pore Cleansing Foam
  • Innisfree Jeju Volcanic Pore Cleansing Foam
  • COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser

5. Krim 

Ada berbagai jenis krim pagi maupun malam yang ampuh menghilangkan komedo putih di wajah tanpa meninggalkan bekasnya. Krim-krim tersebut antara lain:

  1. Cream pratista
  2. Cream yashodara
  3. Melilea
  4. Cream white magic korea
  5. Cream DR biru
  6. Naturgo original

Tips Menghilangkan Komedo Putih

Jangan khawatir jika saat ini Anda tengah diserang oleh komedo putih. Pasalnya, masalah komedo dapat diatasi dengan sejumlah tips menghilangkan komedo yang disarankan oleh banyak ahli seperti berikut:

1. Rajin Mencuci Rambut

Rambut yang jarang dicuci akan dipenuhi dengan minyak yang dapat menyumbat pori-pori kulit. Apalagi jika rambut anda panjang dan kerap menutup area wajah. Maka dari itu, tidak ada salah nya mencuci rambut setiap dua hari sekali untuk menghilangkan kulit dari komedo sekaligus mencegahnya kembali. Namun, jangan lupa membilas rambut hingga benar-benar bersih. Pasalnya, sisa shampo yang menempel pada rambut juga dapat menjadi pemicu ketombe.

2. Pilih Kosmetik Yang Bebas Minyak

Minyak merupakan salah satu pemicu utama timbulnya komedo. Tidak heran bagi Anda yang ingin menghilangkan komedo agar lebih berhati-hati dalam memilih kosmetik. Akan lebih baik lagi jika menggunakan kosmetik yang bebas minyak alias oil-free. Jenis kosmetik satu ini tidak mengandung bahan yang dapat memicu produksi sebum berlebih pada kulit.

Namun, anda juga wajib membersihkan wajah secara rutin kendali telah menggunakan kosmetik yang berlabel oil-free. Pasalnya, kosmetik yang menempel pada kulit dalam jangka waktu yang cukup lama juga dapat menyumbat pori-pori kulit. Usahakan untuk melakukan deep cleansing agar kulit lebih bersih dari kosmetik.

3. Mengganti Sarung Bantal

Hal lain yang dapat membantu Anda dalam menghilangkan komedo adalah dengan mengganti sarung bantal secara rutin. Pasalnya, sarung bantal yang digunakan sebagai alas tidur juga menjadi tempat kotoran, debu dan bakteri. Tidak heran jika sarung bantal yang jarang diganti kerap memicu munculnya komedo. Waktu yang tepat untuk mengganti sarung bantal adalah sekali seminggu.

4. Menghilangkan Komedo Dengan Pinset

Salah satu tips menghilangkan komedo yang praktis adalah dengan menggunakan pinset khusus komedo. Apalagi, alat satu ini sudah banyak dijual bebas di pasaran. Cara penggunaan nya pun cukup mudah Anda hanya perlu mengambil komedo putih yang terlihat. Namun, agar kulit bersih optimal, jangan lupa untuk mengusapi wajah Anda terlebih dahulu dengan air panas.

Hal tersebut akan membuka pori-pori kulit sehingga memudahkan untuk mengambil komedo.. tips menghilangkan komedo dengan cara yang satu ini terbilang sangat relatif mudah. Namun, jangan menekan terlalu keras bagian kulit disekitar komedo agar tidak menimbulkan iritasi. Setelah mengambil komedo putih dengan pinset, basuh wajah dengan agar pori-pori kulit menutup.

Perubahan Komedo Putih

1. Bisakah komedo putih berubah jadi komedo hitam?

Satu-satunya faktor pembeda antara komedo hitam dan komedo putih terletak pada ujung pori-pori tempat komedo berada.

Komedo hitam memiliki ujung pori-pori yang terbuka, sedangkan komedo putih masih dilapisi oleh lapisan kulit tipis. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa komedo hitam berwarna hitam dan keras sedangkan komedo putih berwarna putih.

Pada komedo hitam, ujung pori-pori yang terbuka ini menyebabkan sebum terpapar oleh udara (oksigen). Nah karena sebagian besar komposisi sebelum ini berupa minyak dan lemak maka akan terjadi proses oksidasi ketika ia bertemu dengan oksigen.

Hasil dari oksigen inilah yang menyebabkan sebum menjadi hitam dan mengeras.

Sedangkan pada komedo putih, tumpukan sebum yang menjadi penyumbat pori-pori tersebut masih dilapisi oleh lapisan kilit tipis sehingga tidak terpapar oleh oksigen.

2. Komedo putih pun bisa jadi jerawat

Komedo putih dapat berubah menjadi jerawat ketika anda melakukan suatu kesalahan-kesalahan yang biasa dilakukan oleh orang-orang yang malah memperparah keadaan komedo putih, bahkan bisa membuatnya berubah menjadi jerawat yang lebih besar. Karena itu kebiasaan-kebiasaan wajib dibawah ini wajib Anda hindari:

  • Memencet komedo putih.
  • Memegang-megang komedo putih.
  • Menggosok dengan handuk.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Komedo Hitam Secara Alami, Produk dan Alat Serta Efek Sampignya

Setelah membaca bahasan lengkap cara menghilangkan komedo putih dengan menggunakan bahan alami atau pun produk di atas, sudahkah Anda menemukan cara yang tepat? ingatlah untuk mengetahui secara pasti terlebih dahulu penyebab komedo putih yang Anda alami. Apakah karena sumbatan minyak, kotoran, tidak cocok produk kecantikan atau paparan radikal bebas. Dengan mengetahui penyebab pasti komedo putih membandel, Anda akan lebih mudah menemukan cara menghilangkan komedo putih yang tepat tanpa menimbulkan efek samping lainnya.

Continue Reading

More in Kecantikan

To Top