Connect with us
Cara Menghilangkan Bruntusan

Kecantikan

30 Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Bahan Alami, Cream dan Obat Serta Efek Samping

Cara Menghilangkan Bruntusan – Bruntusan adalah salah satu penyakit yang ada di wajah. Mempunyai masalah pada wajah sangat tidak menyenangkan dan membuat keperyaan diri berkurang. Bruntusan biasanya ditandai dengan bintik bintik kemerahan akibat dari gatal yang ada diwajah. Penyebab dari bruntusan ada banyak, misalnya adalah tidak tahan terhadap polusi, alergi, dan digigit serangga.

Cara Menghilangkan Bruntusan

Ketika seseorang mengalami bruntusan, kebanyakan mereka akan menggaruk bagian yang gatal. Secara tidak sengaja, anda sebenarnya sudah membuat wajah anda terinfeksi yang dapat menimbulkan bekas luka. Bekas luka akibat garukan tersebut sangat susah dihilangkan, namun jika dibiarkan akan membuat anda merasa tak nyaman. Untuk menghindari hal tersebut, anda harus segera mencari solusi untuk proses penyembuhannya.

Perbedaan Bruntusan, Komedo, Bintik Hitam, dan Jerawat

1. Bruntusan

Bruntusan adalah salah satu masalah yang ada di wajah. Bruntusan berupa tonjolan yang ada di kulit. Bintik-bintik tersebut sebenarnya bisa dikatakan bagian dari jerawat. Ketika mengalami mesalah pada wajah tersebut, ada baiknya anda langsung memberikan pengobatannya.

2. Komedo

Komedo merupakan masalah yang terdapat di kulit wajah, terutama di hidung dan dahi. Selain di kulit wajah, komedo juga bisa terdapat di punggung dan dada. Komedo terbagi 2 macam, yaitu komedo tertutup dan komedo terbuka. Komedo sering diabaikan oleh banyak orang karena tidak menimbulkan rasa gatal.

3. Bintik hitam

Bintik hitam merupakan salah satu masalah di kulit wajah. Bintik hitam ini merupaan tumor jinak yang salah satu penyebabnya adalah sinar matahari. Bintik hitam ini biasanya terdapat di wajah, dan leher.

4. Jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang paling sering dialami oleh banyak orang. Jerawat sangat mengganggu karena dapat menyebabkan rasa nyeri. Selain itu jerawat juga dapat mengurangi rasa percaya diri karena sering mendapat ejekan dari orang lain. Biasanya jerawat terdapat nanah yang dapat menyebabkan nyeri.

Ciri-Ciri Bruntusan akan Sembuh

1. Bruntusan mengecil dan mengering

Bruntusan akan sembuh ketika bintik-bintik tersebut mengecil dan mengering. Sebelum mengecil dan mengering, isi dari benjolan kecil tersebut akan keluar dengan sendiri. Ketika bruntusan muncul, jangan sering memegangnya, biarkan dan tunggu sampai isinya keluar.

2. Pecah dengan sendirinya

Mengeluarkan cairan merupakan salah satu tanda bruntusan kamu akan segera sembuh. Bruntusan yang sudah matang akan pecah walaupun tidak kamu pecahkan. Ketika benjolan di wajah atau dahi kamu semakin membesar, rasa ingin memencetnya. Namun sebaiknya akan muncul dengan sendirinya.

Kamu harus bisa menahan diri jangan sampai kamu memecahkan bruntusan tidak pada waktunya. Jika kamu memaksa untuk memecahkannya tidak pada waktunya, yang ada malah akan menimbulkan bekas luka.

3. Bruntusan semakin membesar

Bruntusan semakin membesar bertanda bahwa sebentar lagi masalah pada wajahmu tersebut akan segera sembuh. Tahap ini adalah tahap awal proses penyembuhan. Tetapi pada fase ini, kamu harus tahan tangan kamu untuk tidak memegang bahkan sampai memecahkannya.

Penyebab Bruntusan

1. Alergi

Alergi merupakan salah satu penyebab utama terjadinya bruntusan. Biasanya masalah pada wajah terdapat benjolan kecil tersebut terjadi karena kita memakan sesuatu yang menyebabkan tubuh kita terkena alergi. Alergi tersebut terjadi karena ketidak cocokan makanan dan tubuh anda. Alergi bentuknya bisa banyak, salah satunya bruntusan.

2. Ketidak seimbangan hormon

Selama ini banyak orang beranggapan bahwa ketidak seimbangan hormon hanya terjadi pada remaja saja, padahal kenyataanya bisa juga terjadi pada orang dewasa. Ketidak seimbangan hormon bisa terjadi akibat dari obat yang di konsumsi, menjelang menstruasi, akibat dari kehamilan. Ketidak seimbangan hormon ini dapat menyebabkan kulit wajah terkena bruntusan.

3. Stres

Stres bisa terjadi pada siapa saja. Stres biasanya terjadi karena banyak nya pikiran atau masalah yang sedang dihadapi. Ketika seseorang stres, biasanya kinerja tubuhnya akan berkurang dan terganggu. Akibatnya, dia tidak dapat memenuhi nutrisi untuk tubuh, terutama kulitnya. Nutrisi yang kurang untuk kulit dapat menimbulkan masalah bagi kulit, termasuk bruntusan.

4. Pergantian musim

Pergantian musim dapat mempengaruhi kesehatan tubuh kita, termasuk kesehatan kulit. Banyak dampak negatif yang muncul akibat dari pergantian musim. Biasanya kulit akan lebih sensitif dan kemungkinan besar akan muncul masalah, salah satunya bruntusan. Masalah ini bisa disebabkan banyak hal, misalnya panas matahari, atau udara yang lembab.

5. Rambut yang berminyak

Bruntusan memang biasanya muncul di bagian wajah, tetapi buka tidak mungkin salah satu penyebab dari bruntusan adalah rambut yang berminyak. Wajah kita akan dipenuhi oleh minyak yang berasal dari kepala dan menyebabkan penyumbatan pori pori. Untuk itu, kamu juga harus menjaga kesehatan kepala kamu.

6. Munculnya ketombe rambut

Rambut yang tidak terawat dapat menyebabkan munculnya ketombe pada rambut. Ketombe yang muncul tersebut dapat menyebabkan munculnya bruntusan pada wajah anda. Untuk menghindari hal tersebut, anda harus rutin untuk membersihkan rambut anda agar tidak muncul ketombe yang dapat membuat anda bruntusan.

7. Pencernaan bermasalah

Bukan hanya pada kebersihan, masalah pencernaan juga dapat menjadi salah satu penyebab wajah anda terkena bruntusan. Masalah pencernaan ini timbul karena faktor makanan yang dapat mempengaruhi proses pencernaan. Proses pencernaan yang bermasalah akan menimbulkan beberapa masalah pada kulit salah satunya bruntusan. Untuk itu anda harus menjaga pola makan anda dan selalu makan makanan sehat.

8. Pengelupasan kulit

Pengelupasan kulit berlebihan juga dapat menyebabkan bruntusan. Pengelupasan kulit tersebut disebabkan oleh melakukan perawatan wajah, misalnya scrub wajah secara berlebihan. Scrub wajah seharusnya dilakukan 1-2 kali dalam seminggu. Akibat dari perawatan yang berlebihan ini adalah kulit menjadi sensitif dan iritasi.

9. Sering mengendarai motor

Sering mengendarai motor juga dapat menyebabkan bruntusan. Keseringan mengendarai motor menyebabkan debu yang ada di jalanan akan mudah masuk ke kulit wajah. Selain itu, kotoran yang ada di helm juga dapat menyebabkan seseorang bruntusan. Untuk menghindari hal tersebut, rawatlah wajah anda jika sering mengendarai motor.

10. Pemakaian kosmetik secara berlebihan

Wanita sering kali memakai kosmetik hanya untuk mengikuti tren, bukan untuk kecantikan. Banyak wanita yang belum memahami bahwa menggunakan kosmetik secara salah dapat membahayakan kesehatan kulit wajahnya. Tidak semua kandungan kosmetik dapat diterima oleh kulit. Kesalahan penggunaan kosmetik ini dapat menimbulkan bruntusan. Selain kesalahan kosmetik, memakai make up secara berlebihan juga dapat merusak kulit dan menyebabkan bruntusan.

11. Sering begadang

Banyak orang sekarang yang sangat senang begadang. Tetapi tahukah kamu kalau ternyata salah satu penyebab bruntusan itu adalah begadang. Ketika kita kurang tidur, kesehatan kulit kita akan terganggu dan sangat mudah terkena bruntusan. Untuk kamu yang sering begadang, mulai sekarang kamu harus menguranginya.

12. Faktor makanan

Anda harus menjaga pola makan anda, jangan sampai memakan makanan yang tidak sehat. Sering makan makanan yang tidak sehat dapat menyebabkan bruntusan muncul di kulit wajah. Sering memakan makanan yang mengandung kolestrol tinggi juga dapat memicu timbulnya bruntusan. Mulai sekarang anda harus menjaga pola makan anda.

13. Sering merokok

Merokok merupakan kebiasaan yang buruk. Banyak dampak negatif yang didapat dari merokok. Asap rokok mengandung racun yang jika kita hirup maka racun tersebut akan masuk ke tubuh kita. Merokok merupakan salah satu penyebab dari bruntusan. Untuk anda yang sering merokok, mulai sekarang anda harus mengurangi kebiasaan buruk tersebut.

14. Kulit berminyak

Ketika kulit memproduksi minyak berlebih makan kulit anda akan berminyak dan dampak dari hal tersebut adalah penyumbatan pori-pori kulit. Bruntusan dapat terjadi karena pori-pori anda mengalami penyumbatan. Selain itu, dampak dari kulit berminyak adalah kulit menjadi mudah kotor. Untuk itu anda harus menjaga kebersihan wajah anda.

15. Tidak menjaga kebersihan wajah

Jarang cuci muka merupakan salah satu penyebab timbulnya bruntusan. Kulit wajah yang tidak terawat memudahkan bakteri untuk menempel di kulit wajah. Kulit wajah yang sering mendapatkan perawatan sangat susah untuk ditempel oleh bakteri.

Cara Mencegah Bruntusan

1. Rutin meminum air putih

Rutin mengkonsumsi air putih merupakan salah satu cara untuk mencegah timbulnya bruntusan. Air putih dapat menambah kesegaran tubuh, terutama kulit sehingga kulit tidak mudah terkena bakteri. Air putih dapat menghilangkan racun tubuh. Air putih juga dapat memberi nutrisi pada tubuh dan menjaga kelembaban kulit.

2. Hindari stres

Stres merupakan salah satu penyebab dari timbulnya bruntusan. Untuk mencegah bruntusan muncul pada wajah anda, anda harus mampu mengelola masalah dengan baik, jangan terlalu fokus pada masalah anda sehingga membuat anda menjadi stres.

3. Menjaga kebersihan wajah

Menjaga kebersihan kulit wajah merupakan kunci utama dalam mencegah bruntusan. Kulit wajah yang tidak terawat akan sangat mudah di masuki bakteri dan dapat menimbulkan bruntusan. Cucilah wajah anda secara rutin dan gunakan pembersih khusus wajah.

4. Tidur yang cukup

Sudah banyak yang mengetahui kalau begadang tidak sehat untuk kesehatan tubuh. Salah satu dampak dari sering begadang adalah munculnya bruntusan pada wajah anda. Tidurlah yang cukup dan kurangi kebiasaan begadang. Kurang tidur akan mengurangi kesehatan kulit dan ujung-ujungnya dapat menimbulkan bruntusan. Selain bruntusan, salah satu dampak dari begadang adalah mata panda.

5. Memakan makanan yang sehat

Salah dalam memilih makanan juga dapat menyebabkan bruntusan. Untuk menghindari hal tersebut, anda harus menjaga pola makan anda. Jangan sering memakan makanan yang berminyak. Makanlah makanan yang mengandung vitamin yang baik untuk kesehatan kulit anda. Selain itu, kesalahan makanan juga dapat mengganggu pencernaan dimana gangguan pencernaan dapat mengurangi kesehatan kulit, khususnya kulit wajah.

6. Kurangi kebiasaan menyentuh kulit wajah

Kebiasaan menyentuh kulit wajah juga dapat memicu timbulnya bruntusan. Menyentuh kulit wajah memang merupakan salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Tetapi mulai saat ini kebiasaan itu harus di kurangi jika tidak ingi terkena bruntusan. Hal tersebut terjadi karena tangan kita belum tentu bersih, sehingga kotoran yang ada di tangan akan berpindah ke kulit wajah dan menghambat pori-pori wajah.

7. Memakai produk Non Komedogenik

Dalam memilih produk untuk kesehatan kulit wajah, anda tidak boleh asal pilih. Pilihlah produk Non Komedogenik. Biasanya produk ini akan mencantumkan non komedogenik pada kemasannya. Selain untuk mencegah bruntusan, produk ini juga dapat mencegah komedo dan jerawat tumbuh pada kulit wajah.

Cara Mengobati Bruntusan

1. Es batu

Es batu merupakan salah satu bahan yang dapat menyembuhkan bruntusan. Es batu merupakan salah satu bahan alami yang bermanfaat untuk menyamarkan bruntusan. Cara menghilangkan masalah kulit di wajah tersebut dengan es batu yaitu:

Caranya:

  • Sediakan es batu 1 cube.
  • Setelah itu bungkus es batu tersebut menggunakan kain tipis atau tisu basah.
  • Kompreskan es batu tersebut ke wajah anda, terutama pada yang terkena bruntusan. Lakukan sampai beberapa menit.
  • Setelah es batu mencair, berhenti untuk mengkompreskan pada wajah.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan secara rutin.

2. Madu

Madu merupakan salah satu cara untuk mengobati bruntusan. Madu mengandung zat untuk mengobati berbagai masalah kulit terutama pada wajah. Cara menghilangkan bruntusan kulit di wajah tersebut dengan madu yaitu:

  • Sediakan 1 sendok madu.
  • Kemudian oleskan madu tersebut ke bagian yang berjerawat.
  • Tunggu sampai setengah jam.
  • Kemudian bersihkan wajah anda menggunakan air bersih.
  • Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, lakukan cara ini setiap sebelum tidur.

3. Lemon

Lemon juga dapat mengobati penyakit bruntusan. Sudah banyak yang menggunakan lemon sebagai obat alami yang ampuh menghilangkan masalah kulit wajah tersebut. Cara menghilangkan bruntusan kulit di wajah tersebut dengan lemon yaitu:

  • Sediakan lemon setengah saja, kemudian peras.
  • Setelah itu celupkan kapas ke dalam sari lemon tersebut.
  • Tempelkan kapas tersebut ke wajah yang terkena bruntusan.
  • Tunggu sampai 15 menit.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini setiap sebelum tidur.

4. Tomat

Cara alami menghilangkan bruntusan dalam semalam yaitu menggunakan tomat. Bahan alami ini bermanfaat mencegah serta mengobati timbulnya benjonal kecil pada wajah tersebut.

  • Sediakan buah tomat 1, harus yang matang.
  • Kemudian iris tomat tersebut tipis.
  • Setelah itu, tempelkan irisan tomat tersebut ke wajah yang berjerawat.
  • Tunggu sampai 15 menit.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini sebanyak 2 kali sehari.

5. Jeruk nipis

Selain kaya akan vitamin c, ternyata jeruk nipis ampuh sekali dalam menghilangkan bruntusan pada wajah anda. Gunakanlah secara teratur ada semua masalah kulit terutama di wajah akan cepat hilang.

  • Sediakan air jeruk nipis sebanyak 1 atau 2 sendok saja.
  • Setelah itu campurkan air jeruk nipis tersebut dengan 1 sendok madu.
  • Kemudian celupkan kapas bersih ke dalam campuran tersebut.
  • Setelah itu, tempelkan kapas tersebut ke wajah yang berjerawat.
  • Tunggu prosesnya sekitar 20 menit.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini setiap malam sampai sembuh.

6. Rajin mengkonsumsi sayur

Rajin mengkonsumsi sayur merupakan salah satu cara untuk mengobati bruntusan. Orang yang rajin mengkonsumsi sayur akan memiliki kulit yang lebih halus ketimbang orang yang jarang mengkonsumsi sayur. Sayur berkhasiat untuk menghaluskan kulit. Sayur yang lebih baik di konsumsi untuk kesehatan kulit adalah sayuran hijau. Untuk mencegah bruntusan juga sayur sangat cocok.

7. Hindari menggunakan kosmetik berlebihan

Sering menggunakan kosmetik berlebihan merupakan salah satu penyebab dari munculnya bruntusan. Untuk menghindari hal tersebut, maka anda harus memakai kosmetik dengan tidak berlebihan. Kosmetik yang berlebihan dapat merusak kulit wajah dan dapat menimbulkan bruntusan. Terlebih lagi kita tidak tahu apakah kandungan kosmetik itu tidak cocok dengan kita atau tidak.

8. Kayu manis

Kayu manis juga dapat mengobati bruntusan yang terjadi pada kulit wajah. Mendengar itu mengkin banyak dari anda tidak mempercayai hal tersebut. Tetapi memang faktanya kayu manis dapat mengobatinya. Selain mengobati bruntusan, kayu manis juga dapat menghilangkan bekasnya sampai bersih.

Caranya:

  • Sediakan teh jus lemon sebanyak 1 sendok, dan teh bubuk kayu manis sebanyak 1 sendok.
  • Kemudian campurkan bubuk kayu manis dan jus lemon tersebut.
  • Setelah itu, oleskan larutannya ke kulit wajah yang terkena bruntusan.
  • Diamkan selama 15 menit.
  • Setelah itu bersihkan wajah anda dengan mengunakan air hangat sampai bersih.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini secara rutin. Usahakan untuk melakukannya sebanyak 1-2 kali dalam sehari.

9. Mangga

Banyak yang mengira kalau mangga itu hanya sekedar buah saja. Ternyata mangga memiliki kegunaan yang sangat banyak. Mangga yang segar dapat digunakan untuk membersihkan wajah anda dari penyakit bruntusan. Walau mangga ini buah musiman, tetapi buah ini sudah sering digunakan untuk mengobati bruntusan.

Caranya:

  • Sediakan beberapa buah mangga. Kemudian jus mangga tersebut.
  • Setelah itu ambil larutannya dan oleskan di wajah yang terkena bruntusan.
  • Tunggu sampai 10 menit.
  • Setelah itu, bersihkan wajah anda menggunakan air bersih.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini secara rutin.

10. Pepaya

Buah pepaya merupakan salah satu buah yang menjadi favorit banyak orang. Biasanya buah pepaya digunakan untuk mengobati sembelit dan susah BAB. Ternyata fungsi pepaya tidak hanya itu saja, sudah banyak yang menggunakan pepaya untuk perawatan kulit. Bahkan ada banyak orang yang menggunakan pepaya untuk mengobati bruntusan.

Caranya:

  • Sediakan buah pepaya secukupnya.
  • Kemudian blender buah pepaya tersebut sampai lumat.
  • Setelah itu oleskan buah pepaya yang sudah dihaluskan ke kulit yang terkena bruntusan.
  • Tunggu sampai 10 menit.
  • Kemudian bersihkan wajah anda menggunakan air bersih.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan cara ini dengan rutin.

11. Putih telur

Putih telur juga dapat digunakan untuk mengobati bruntusan. Banyak orang yang menggunakan putih telur untuk melakukan perawatan wajah. Putih telur memang dapat digunakan untuk menghaluskan kulit wajah. Selain itu, putih telur juga dapat digunakan untuk menghilangkan komedo.

  • Sediakan putih telur dari 3 butir telur dan tepung jagung.
  • Campurkan putih telur tersebut dengan tepung jagung, kemudian kocok sampai rata.
  • Pasta yang dihasilkan dari campuran tersebut anda oleskan ke kulit wajah yang terkena bruntusan.
  • Kemudian tunggu sampai 30 menit.
  • Setelah itu bersihkan wajah anda menggunakan air bersih.
  • Gunakan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

12. Cuka putih dan bawang putih

Bruntusan juga dapat hilang dengan menggunakan cuka putih dan bawang putih. Cara ini sangat alami dan sangat mudah dilakukan. Sudah banyak yang menggunakan cara ini dan berhasil. Hal tersebut karena bawang mengandung antibiotik yang cocok untuk menyembuhkan bruntusan. Namun bagi anda yang memiliki kulit sensitif, anda harus hati hati menggunakan larutan ini karena agak berbahaya bagi kulit sensitif.

Caranya:

  • Sediakan cuka putih dan bawang putih secukupnya.
  • Kemudian giling siung bawang putih secukupnya.
  • Setelah itu campurkan bawang putih tersebut dengan cuka putih sebanyak setengah cangkir.
  • Kemudian oleskan larutan tersebut ke kulit wajah yang terkena bruntusan sampai rata.
  • Tunggu sampai 10 menit.
  • Setelah itu bersihkan wajah anda menggunakan air hangat.
  • Gunakan cara ini sampai bruntusan anda hilang.

13. Minyak cengkih

Minyak cengkih juga ternyata dapat digunakan untuk mengobati dan menghilangkan bruntusan. Banyak orang yang menggunakan cara ini karena selain mudah dilakukan, bahan bahannya juga mudah ditemukan. Untuk mendapatkan minyak cengkih anda dapat membelinya di toko salon atau spa.

Caranya:

  • Sediakan minyak cengkih yang sudah anda beli sebelumnya.
  • Setelah itu campurkan beberapa tetes minyak cengkih dengan sedikit air bersih.
  • Jangan sesekali mengoleskan minyak cengkih langsung ke wajah tanpa mencampurnya dengan sedikit air.
  • Kemudian oleskan campuran minyak cengkih dan air bersih tersebut ke kulit wajah yang terkena bruntusan secara rata.
  • Kandungan eugenil yang terdapat di minyak cengkih dapat memulihkan kulit yang teriritasi dan gatal.

14. Baking soda

Baking soda sering digunakan untuk mengobati kulit yang bermasalah. Baking soda sering digunakan untuk menghilangkan tahi lalat yang ada di wajah. Selain itu, baking soda juga ternyata dapat digunakan untuk mengobati dan menghilangkan bruntusan yang ada di kulit wajah. Baking soda akan membuat bruntusan menjadi kering dan mudah untuk hilang. Bukan hanya mengobati, rasa gatal yang ada akan berkurang dengan menggunakan baking soda.

Caranya:

  • Campurkan baking soda dengan 3 gelas air.
  • Setelah itu oleskan baking soda tersebut ke kulit wajah yang terkena bruntusan.
  • Tunggu sampai 5 menit. Jangan lebih dari 5 menit karena akan menyebabkan kulit wajah anda iritasi.
  • Setelah 5 menit, bersihkan wajah anda menggunakan air bersih.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini setiap hari.

Cara alternatif:

  • Sediakan baking soda dan minyak kelapa secukupnnya, kemudian campurkan sampai membentuk adonan pasta.
  • Kemudian oleskan campuran tersebut ke kulit wajah yang terkena bruntusan.
  • Tunggu sampai 5 menit.
  • Bersihkan wajah anda menggunakan air bersih.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini sebanyak 2 kali.

15. Calendula

Calendula merupakan salah satu ramuan yang dapat digunakan untuk mengobati dan menghilangkan bruntusan. Selain bruntusan, calendula juga dapat mengobati masalah kulit lainnya seperti eksim, kulit kering, memar, luka dan bisul. Sifat penenang yang dimiliki calendula membantu masalah kulit sampai cepat sembuh.

Calendula juga memiliki kandung antijamur, antibakteri, anti inflasi, dan astringentnya. Semua kandungan tersebut dapat membantu bruntusan di kulit wajah anda cepat sembuh.

Caranya:

  • Sediakan beberapa tetes minyak calendula.
  • Oleskan minyak calendula tersebut ke kulit wajah yang terkena bruntusan.
  • Tunggu beberapa jam.
  • Setelah itu, bersihkan wajah anda menggunakan air bersih.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini sebanyak 2 kali dalam sehari.

Cara alternatif:

  • Sediakan air hangat di baskom dan beberapa tetes minyak calendula.
  • Cuci wajah anda menggunakan air hangat yang telah dicampur minyak calendula tersebut berullang-ulang.
  • Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

16. Neem

Neem juga dapat mengobati dan menghilangkan penyakit bruntusan. Kandungan anti inflamasi, antivirus, antijamur dan anti bakteri yang dimiliki neem mampu mengobati banyak sekali penyakit kulit. Neem sangat cocok untuk anda yang ingin mempunyai kulit yang bagus dan halus. Selain mengobati bruntusan, neem juga dapat mengobati penyakit kulit lainnya seperi kudis, psoriasis eksim, dan jerawat. Selain itu, kulit yang terkena infeksi juga dapat diobati dengan menggunakan neem.

Caranya:

  • Sediakan daun neem sebanyak 1 genggaman.
  • Masukkan kedalam air selama 20 menit.
  • Setelah itu saring dan diamkan sampai jadi dingin.
  • Kemudian ambil kapas dan rendam ke dalam larutan tersebut.
  • Setelah itu kompreskan ke kulit wajah yang terkena bruntusan. Lakukan cara tersebut selama 10 menit.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

17. Oatmeal

Banyak yang tidak tahu kalau Oatmeal juga dapat mengobati dan menghilangkan bruntusan. Selain itu, oatmeal juga sangat cocok untuk anda yang mempunyai kulit yang sensitif. Oatmeal tidak mempunyai dampak negatif untuk kulit yang sensitif. Hal tersebut karena oatmeal adalah bahan alami yang berfungsi untuk menurunkan iritasi kulit. Selain bruntusan, Oatmeal juga dapat mengobati penyakit kulit lainnya seperti cacar air, jerawat, kulit terbakar, eksim, paparan zat kimia dan alergi.

Caranya:

  • Siapkan oatmeal secukupnya, kemudian blender atau giling.
  • Kemudian campurkan oatmeal yang sudah di giling tadi ke dalam air hangat yang ada di dalam baskom.
  • Setelah itu cuci dan pijet wajah anda menggunakan air tersebut. Lakukan cara tersebut selama 15-20 menit.
  • Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, lakukan cara tersebut secara rutin.

Cara alternatif

  • Sediakan oatmeal sebanyak setengah cangkir dan 1/4 susu buk dan 2 sendok teh madu.
  • Campurkan ketiga bahan tersebut sampai rata.
  • Setelah ketiga bahan tersebut tercampur, tuangkan larutan tersebut ke kain bersih.
  • Kemudian masukkan ke air hangat yang sebelumnya anda buat di baskom.
  • Rendam dan cuci wajah anda ke dalam air tersebut, selama membersihkan, jangan lupa untuk memijat selama 15 menit.
  • Setelah anda membersihkan wajah, lap wajah anda menggunakan handuk bersih.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini secara rutin selama beberapa hari sampai bruntusan anda hilang.

18. Ketumbar

Mungkin kamu akan bingung ketika mendengar bahwa ketumbar dapat menyembuhkan dan menghilangkan bruntusan. Banyak orang taunya kalau ketumbar ini merupakan salah satu bumbu yang digunakan untuk memasak. Bagi kamu yang terkena bruntusan, ketumbar bisa kamu coba untuk menghilangkannya.

Ketumbar dapat digunakan untuk menghilangkan bruntusan karena mengandung sifat anti septik, anti inflamasi, dan anti iritasi. Selain itu, ketumbar juga dapat digunakan untuk menghilangkan rasa gatal di wajah.

Caranya:

  • Sediakan daun ketumbar secukupnya.
  • Setelah kamu sediakan ketumbarnya, lumat ketumbar tersebut sampai menjadi adonan pasta.
  • Setelah itu, usapkan larutan tersebut ke kulit wajah yang terkena bruntusan.
  • Tunggu sampa 30 menit.
  • Setelah itu, bersihkan wajah anda menggunakan air bersih.
  • Saat melumat ketumbar tersebut, tidak perlu menggunakan air, biarkan larut secara alami.
  • Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, lakukan cara ini sebanyak 2 kali sehari sampai bruntusan di wajah kamu hilang total.

19. Kamomil

Kamomil merupakan juga merupakan salah satu obat bruntusan alami paling mapuh yang lumayan banyak yang menggunakan. Kamomil banyak yang menggunakan karena kamomil merupakan bahan alami yang dapat menghilangkan bruntusan secara total.

Kamomil sangat cocok bagi anda yang memiliki kulit yang sensitif. Selain untuk bruntusan, kamomil juga dapat menghilangkan rasa gatal pada kulit. Kamomil mengandung anti virus, anti jamur, dan anti bakteri sehingga bahan ini sangat cocok untuk anda gunakan.

Caranya:

  • Siapkan kamomil dan kain atau handuk tipis.
  • Rendam kain atau handuk tipis tersebut ke dalam kamomil tersebut. Tunggu beberapa menit.
  • Setelah di rendam, kompres kain tersebut ke kulit wajah yang terkena bruntusan.
  • Lakukan cara ini secara rutin yaitu 2-3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Cara alternatif

  • Sediakan beberapa tetes kamomil dan minyak kelapa sebanyak 2 sendok teh.
  • Campurkan kedua bahan tersebut.
  • Oleskan larutan tersebut ke kulit wajah yang terkena bruntusan.
  • Lakukan cara ini setiap hari sampai bruntusan kamu benar benar sembuh. Dianjurkan untuk menggunakannya sehari sekali.

20. Minyak zaitun

Minyak zaitun juga dapat mengobati dan menghilangkan bruntusan. Minyak zaitun merupakan minyak alami yang berguna untuk melembabkan kulit. Banyak yang menggunakan bahan ini karena penggunaannya yang mudah dan aman. Minyak zaitun memiliki sifat antioksida dan vitamin E, sehingga sangat cocok untuk mengobati dan menghilangkan masalah kulit wajah tersebut.

Caranya:

  • Siapkan minyak zaitun secukupnya dan madu.
  • Setelah itu campurkan dengan madu. Takaran minyak zaitun dan madu murni harus sama.
  • Kemudian oleskan campuran tersebut ke kulit wajah yang terkena bruntusan.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini terus menerus sampai bruntusan tersebut hilang.

Cara alternatif:

  • Sediakan minyak zaitun dan bubuk kunyit seperlunya.
  • Campurkan minyak zaitun dan bubuk kunyit secukupnya.
  • Oleskan cara tersebut ke kulit wajah yang terkena bruntusan.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini 2-3 kali sehari sampai bruntusan di kulit wajah kamu hilang.

21. Lidah buaya

Lidah buaya juga merupakan salah satu obat yang dapat mengobati dan menghilangkan bruntusan. Banyak yang mengetahui kalau lidah buaya dapat merawat kecantikan kulit dan kesehatan rambut. Tetapi faktanya, lidah buaya juga dapat mengobati dan menghilangkan bruntusan.

Sebenarnya khasiat lidah buaya ini sudah mulai diketahui oleh orang banyak. Lidah buaya dapat mengobati bruntusan karena mempunyai kandungan anti jamur, anti bakteri, dan anti inflamasi. Lidah buaya juga sangat bagus digunakan untuk menghilangkan rasa gatal dan melembabkan kulit. Banyak yang menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan bruntusan karena lidah buaya lebih aman, mudah di dapat, dan mudah cara menggunakannya.

Caranya:

  • Siapkan lidah buaya seperlunya.
  • Anbil gel lidah buaya dari daunnya.
  • Kemudian oleskan gel tersebut ke kulit wajah yang terkena bruntusan.
  • Setelah itu tunggu sampai 20 menit.
  • Setelah 20 menit, bersihkan wajah anda dengan menggunakan air bersih.
  • Lakukan cara ini secara rutin sampai bruntusan kamu hilang.

22. Kompres

Kompres dingin juga dapat digunakan untuk mengobati dan menghilangkan bruntusan. Masalah kulit ini kadang muncul karena suhu panas dan gigitan serangga. Bruntusan biasanya akan terasa meradang, bengkak bahkan sampai gatal.

Caranya:

  • Siapkan kantong plastik dan es batu.
  • Masukkan es batu tersebut ke dalam kantong plastik. Kemudian tutup kantong plastik tersebut.
  • Setelah itu letakkan es batu tersebut ke daerah kulit wajah yang terkena bruntusan.
  • Tunggu sampai beberapa menit.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini berulang-ulang sampai hilang.
  • Jangan pernah meletakkan es batu ke kulit wajah yang terkena bruntusan secara langsung, gunakanlah kantong plastik atau kain.

23. Cuka sari apel

Selain untuk memperlebar pembuluh darah dan menurunkan gejala kolestrol, cuka sari apel juga dapat kamu gunakan untuk mengobati dan menghilangkan bruntusan. Cuka sari apel sangat aman anda gunakan karena ini merupakan bahan organik. Sari apel mempunyai zat asam asetatnya dapat mengatasi iritasi kulit.

Caranya:

  • Siapkan cuka sari apel seperlunya, dan juga kapas lembut.
  • Setelah itu celupkan kapas tersebut ke dalam cuka sari apel.
  • Kemudian oleskan kapas tersebut ke daerah kulit wajah yang terkena bruntusan.
  • Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara Menghilangkan Bruntusan Menggunakan Obat atau Produk

1. Skin food black sugar

Skin food black sugar adalah salah satu produk yang dapat menghilangkan bruntusan. Produk ini berasal dari Korea Selatan dan mempu mengeksfoliasi kulit. Produk ini merupakan masker yang terdapat butiran black sugar sebagai scrub. Produk ini juga dapat berguna untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang terdapat pada kulit wajah.

2. Cetaphil gentel skin cleanser

Cetaphil gentel skin cleanser adalah salah satu produk yang sering digunakan untuk mengobati bruntusan. Produk ini juga sering digunakan untuk membersihkan wajah dari kotoran. Produk sangat aman digunakan karena tidak menyebabkan iritasi. Selain itu produk ini tidak lengket dan tidak bau. Produk ini sangat efektif menghilangkan minyak pada kulit wajah sehingga sangat cocok untuk menghilangkan bruntusan.

3. Wardah pure olive oil

Worsah pure olive oil merupakan salah satu produk yang berasal dari Indonesia yang dapat menghilangkan bruntusan pada kulit wajah. Selain menghilangkan bruntusan pada wajah, produk ini juga dapat mencegah timbulnya masalah pada wajah tersebut. Hal tersebut karena profuk ini memiliki kandungan vitamin  dan oleic acid.

4. Benton Snail Bee High Content Essence

Produk yang berasal dari korea ini merupakan obat yang cocok kamu gunakan untuk menghilangkan bruntusan. Produk ini sangat aman kamu gunakan karena produk ini tidak memiliki  alkohol sehingga tidak perlu khawatir kulit kamu akan sensitif. Produk ini juga sering digunakan untuk perawatan kulit wajah.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah dengan Bahan Alami, Salep dan Efek Sampingnya

Berbagai cara orang lakukan demi menghilangkan brutusan pada wajah, dahi ataupun hidung secara permanen. Naman kami sarankan agar menggunakan bahan alami supaya tidak menimbulkan berbagai efek samping dikemudian hari.

Continue Reading

More in Kecantikan

To Top