Connect with us
Cara Menghilangkan Bibir Hitam

Kecantikan

30 Cara Menghilangkan Bibir Hitam dengan Cara Alami, Skincare, Tips Make Up Serta Efek Sampingnya

Cara Menghilangkan Bibir Hitam – Bibir yang gelap, kusam dan kering merupakan musuh besar bagi Anda yang doyan memperhatikan penampilan. Bagi pria, bibir hitam mungkin sudah menjadi hal biasa karena kebiasaan merokok atau berada di bawah terik matahari. Namun, bagaimana dengan bibir hitam pada wanita? Tidak hanya wanita namun banyak juga pria yang mengeluhkan bibir mereka hitam karena rokok.

Cara Menghilangkan Bibir Hitam

Bibir gelap pada seorang wanita sangat identik dengan tudingan merokok. Padahal, wanita merokok tentunya memiliki citra tak baik di mata masyarakat. Oleh karena itu banyak wanita mencari cara menghilangkan bibir hitam agar tak dituduh merokok.

Selain tudingan merokok, bibir hitam juga identik dengan penampilan tak terawat. Mungkin ha ini bisa disiasati dengan pemakaian lipstik. Namun, pemakaian lipstik untuk bibir hitam dalam jangka waktu lama justru menimbulkan kerusakan yang lebih parah.

Cara menghilangkan bibir hitam yang paling tepat adalah dengan merawat serta menutrisinya. Dengan cara ini, bibir akan kembali sehat dan segar. Alhasil, warnanya pn akan jauh lebih cerah dibandingkan dengan sebelumnya.

Penyebab Bibir Hitam

Selain mempelajari cara menghilangkan bibir hitam, Anda juga harus mengetahui penyebabnya agar warna bibir menghitam yang Anda alami tak semakin parah. Selain itu, mengetahui penyebab yang tepa juga dapat membantu Anda mengatasi bibir hitam dengan lebih cepat. Adapun penyebab bibir tak merona antara lain :

1. Genetik

Penyebab bibir hitam yang paling sering ditemui adalah masalah genetik. Pemilik kulit sawo matang hingga gelap cenderung memiliki bibir lebih hitam karena pengarh pigmen kulit. Namun, hal ini bukan berarti pemilik kulit gelap tak bisa memiliki bibir merah merona. Hanya saja, mereka yang berkulit hitam tak bisa mmeiliki bibir merah alami dengan tingkat yang sama dengan ras kulit putih.

2. Anemia

Anemia merupakan penyakit kekurangan zat besi yang membuat tubuh gampang lelah, lemah dan pucat. Anemia menyebabkan hemogoblin tak bisa bekerja sebagaimana mestinya sehingga bibir nampak pucat dan hitam.

3. Hormon

Perubahan hormon yang sering terjadi pada ibu hamil dan menyusui juga berpengaruh pada warna bibir. Umumnya hal ini akan terlihat sangat mencolok pada kehamilan pertama.

4. Keracunan

Keracunan beberapa jenis logam dan zat kimia mampu meningkatkan pembakaran kimia di bibir. Ha inilah yang kemudian menjadikan bibir nampak hitam dan tak sehat.

5. Bibir Kering

Sama halnya dengan kulit kering yang membuat penampilan nampak tak terawat dan kusam, bibir kering juga menimbulkan masalah yang sama. Bibir kering bisa disebabkan oleh kelenjar minyak di bibir yang mengalami penurunan efektifitas, paparan lingkungan atau pengggunaan kosmetik.

6. Makanan

Beberapa makanan yang mengandung kafein, alkohol dan juga rokok dapat menyebabkan bibir berwarna gelap. Hal ini terjadi karena ada zat residu yang mengendap di permukaan bibir.

7. Obat-Obatan

Meski tak semua obat dapat menyebabkan bibir hitam, beberapa jenis obat dapat memicu hiperpigmentasi pada bibir dan menyebabkannya menghitam.

8. Sianosis

Sianosis terjadi jika tubuh kekurangan suplay oksigen. Umumnya, bibir hitam akibat sianosis disertai pula dengan gejala lain seperti ujung jari membiru, lemas, pusing hingga sesak nafas.

9. Paparan Sinar Matahari

Ketika bibir terpapar sinar matahari, maka tubuh akan memproduksi melanin lebih banyak. Tujuannya adalah untuk melindungi bibir dari kerusakan. Sayangnya, telau banyak melanin justru menyebabkan bibir berwarna hitam.

10. Sel Kulit Mati

Paparan radikal bebas serta kosmetik dapat menyebabkan sel kulit mati di bibir menumpuk. Tak seperti bagian kulit lainnya, sel kulit mati pada bibir tak terlalu terlihat jelas dan baru akan diketahui ketika warna bibir berubah.

Ciri-Ciri Bibir Hitam

Bibir hitam memang menjadi musuh besar, terutama bagi wanita. Penampilan bibir yang kurang segar akan berimbas pada aura wajah serta memberikan kesan tak terawat. Oleh karena itu, segera cari cara menghilangkan bibir yang pas dengan jenis kulit etika menemui beberapa gejala bibir hitam berikut sebelum kondisinya makin parah.

1. Kering

Sebelum bibir menghitam pasti terlebih dahulu bibir nampak kering. Hal ini menunjukkan bibir dalam kondisi tak sehat akibat paparan lingkungan, zat kimia atau kekurangan nutrisi.

2. Pecah-pecah

Ketika menemui bibir kering tapi tak segera mengambil tindakan, maka Anda bisa mengalami bibir pecah-pecah. Dalam kasus yang lebih parah, bibir pecah-pecah dapat menyebabkan kulit luar bibir terkelupas hingga berdarah. Jika sudah begini, Anda bukan hanya mengalami masalah dengan penampilan, melainkan juga ketidaknyamanan untuk makan dan berbicara.

3. Nampak Pucat

Ciri bibir hitam yang terakhir adalah penampilannya nampak pucat. Kondisi ini menunjukkan bibir kurang nutrisi atau kurang suplay oksigen.

Cara Menghilangkan Bibir Hitam Secara Alami

Bibir hitam akan merusak penampilan jika tak segera ditangani dengan benar. Namun, Anda tak perlu khawatir, bibir hitam dapat dihilangkan dengan mudah hanya menggunakan bahan alami yang ada di sekitar Kita. Berikut beberapa bahan alami untuk mengatasi bibir hitam yang bisa Anda coba.

1. Jeruk Nipis

Cara memerahkan bibir dengan jeruk nipis sudah terbukti ampuh. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C tinggi yang dapat berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan ini akan membantu mengelupas sel kulit mati di lapisan atas bibir sekaligus menutrisi agar mampu beregenerasi dengan baik. Khasiat jeruk nipis lain yang sudah terbukti keampuhannya adalah sebagai cara menghilangkan lemak di perut jika dikonsumsi sebagai minuman hangat.

Caranya :

  • Belah jeruk nipis lalu peras airnya.
  • Ambil air perasan jeruk nipis menggunakan kapas.
  • Tempelkan pada bibir dan biarkan hingga mengering.
  • Bilas hingga bersih.

2. Lemon

Sama halnya dengan jeruk nipis, lemon juga memiliki kandungan antioksidan tinggi yang mampu menghilangkan warna gelap pada bibir. Anda bisa menggunakan Lemon untuk menghilangkan bibir hitam dengan mengaplikasikannya sebagai masker ataupun scrub.

Caranya :

  • Peras lemon dan ambil airnya.
  • Celupkan kapas pada air perasan lemon.
  • Gunakan kapas yang sudah dibasahi air lemon sebagai masker bibir.
  • Cara lain yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan scrub. Caranya, belah lemon lalu taburi permukaannya dengan gula.
  • Gosokkan lembut pada area bibir dengan gerakan melingkar.

3. Madu

Madu kaya akan antioksidan, fruktosa dan glukosa yang mampu merangsang epidermis membentuk kolagen baru. Dengan demikian, bahan alami yang sudah lama dipercaya memiliki khasiat besar bagi kesehatan ini juga dapat digunakan untuk membuat bibir merah alami. Cara memerahkan bibir dengan madu akan bekerja makin efektif jika pengaplikasiannya bersamaan dengan gula.

Caranya :

  • Campur madu dengan gua.
  • Gosokkan campuran madu dan gula pada bibir. Manfaat madu untuk bibir akan menutrisi dan melembabkan, sementara gula akan mengangkat sel kulit mati perlahan.

4. Kunyit

Cara menghilangkan bibir hitam dengan kunyit terbukti ampuh karena kandungan antioksidan di dalamnya. Jenis rimpang yang terkenal sebagai antibiotik alami ini akan menutrisi dan berguna sebagai cara mengobati bibir kering penyebab warna gelap di bibir.

Caranya :

  • Kupas dan cuci bersih kunyit.
  • Tumbuk hingga halus.
  • Oleskan pada bibir secara merata
  • Diamkan 15 menit lalu bilas.

Cara ini mungkin akan meninggalkan warna kuning khas kunyit. Namun, Anda bisa mengatasinya dengan cara membersihkan bibir menggunakan air jeruk nipis.

5. Susu

Minuman menyehatkan ini rupanya juga bisa menjadi cara menghilangkan bibir hitam. Susu mengandung asam laktat yang berguna sebagai cara menghilangkan flek hitam di bibir. Selain itu, susu juga mampu melembabkan bibir sehingga bibir kering dan pecah-pecah dapat dihindari.

Caranya :

  • Oles susu murni pada bibir.
  • Diamkan 15 menit.
  • Bilas hingga bersih.

6. Minyak Zaitun

Minyak yang satu ini sudah lama dipercaya sebagai bahan alami untuk menjaga kesehatan dan merawat kecantikan tubuh. Minyak zaitun biasa digunakan sebagai cara mengatasi kaki pecah-pecah, mengobati kulit kering seta meremajakan kulit. Kandungan vitamin E dan K di dalamnya juga dapat membuat bibir lebih merah dan bebas noda hitam.

Caranya :

  • Oles minyak zaitun pada bibir setiap hari sebelum tidur.
  • Bilas keesokan harinya.

7. Minyak Almond

Jenis minyak alami yang dapat menghilangkan warna gelap bibir adalah minyak almond. Minyak yang terbuat dari kacang almond ini memiliki kandungan emolient yang berfungsi meremajakan dan menghaluskan bibir agar warnanya kembali merona.

Caranya :

  • Oleskan minyak almond pada bibir.
  • Diamkan hingga meresap lalu bilas.

8. Minyak Jarak

Tak hanya bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk mengatasi kulit kering, minyak jarak juga berguna sebagai cara mengatasi bibir pecah-pecah, kusam dan bibir gelap.

Caranya :

  • Oleskan minyak jarak pada bibir di malam hari sebelum tidur.
  • Biarkan semalaman lalu bilas keesokan harinya.

9. Minyak Kelapa

Cara menghilangkan bibir hitam lainnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak yang biasa digunakan sebagai bahan minyak rambut ini akan membantu sel pada bibir beregenerasi degan lebih cepat. Hasilnya, bibir akan nampak lebih cerah dan sehat.

Caranya :

  • Oleskan minyak kelapa pada bibir yang telah dibersihkan.
  • Tunggu 15 menit.
  • Bilas hingga bersih.

10. Gula

Gula memiliki tekstur mudah mencair ketika terkena air. Gua juga dapat menjaga kelembaban bibir sehingga bebas dari warna gelap bibi secara alami.

Caranya :

  • Campur gula dengan minyak esensial seperti minyak kelapa, zaitun atau minyak jarak.
  • Gunakan untuk scrub pada bibir. Gosok perlahan agar sel kulit mati terangkat tanpa menimbulkan iritasi.

11. Alpukat

Biasa digunakan untuk mengatasi kulit kering, alpukat ternyata memiliki manfaat yang sama jika diaplikasikan pada bibir. Alpukat akan mempercepat regenerasi sel, melembabkan serta mencukupi kebutuhan nutrisi bibir.

Caranya :

  • Haluskan daging alpukat.
  • Oleskan pada bibir secara merata.
  • Diamkan selama 15 menit.
  • Bilas hingga bersih.

12. Strawberry

Sebagai salah satu buah yang kaya vitamin C dan antioksidan, strawberry juga dapat digunakan sebagai cara memerahkan bibir secara alami. Kandungan vit C di dalamnya akan membantu menghilangkan noda hitam di bibir. Sedangkan antiosidannya akan membantu regenerasi sel lebih cepat serta melindungi dari paparan radikal bebas.

Caranya :

  • Usapkan strawberry yang sudah di belah pada bibir atau dengan cara melumatkannya terlebih dahulu dan menjadikannya sebagai masker bibir alami.
  • Diamkan 15 menit.
  • Bilas hingga bersih.

13. Delima

Delima mengandung antioksidan kuat jenis polifenol yang mampu mempercepat regenerasi sel kulit, menangani seta mencegah kerusakan akibat paparan radikal bebas.

Caranya :

  • Jus buah deima.
  • Oleskan pada bibir.
  • Diamkan 15 menit.
  • Bilas hingga bersih.

14. Mentimun

Cara menghilangkan bibir lainnya adalah dengan menggunakan mentimun. Mentimun dapat menghilangkan warna hitam bibir karena kandungan air didalamnya. Air yang terkandung dalam mentimun akan menghidrasi dan melembabkan sehingga warna bibir tidak hitam dan kusam. Selain itu, jika diaplikasikan pada wajah mentimun juga bisa menjadi cara menghilangkan jerawat.

Caranya :

  • Iris mentimun.
  • Tempelkan pada bibir.
  • Diamkan 15 menit alu bilas.

15. Kentang

Kentang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang mampu menutrisi bibir. Jika diaplikasikan secara rutin, kentang dapat mengubah warna bibir hitam menjadi merah. Selain itu, kentang juga bisa menjadi cara memutihkan kulit wajah yang ampuh jika diaplikasikan sebagai masker.

Caranya :

  • Haluskan kentang dengan cara diparut atau diblender.
  • Peras airnya.
  • Gunakan sari pati kentang yang mengendap sebagai masker untuk bibir hitam dan kering.

16. Air Mawar

Air mawar telah lama dipercaya sebagai bahan alami untuk menghilangkan noda hitam. jika diaplikasikan pada bibir, air mawar rupanya juga mampu melembabkan serta menghilangkan warna hitam bibir.

Caranya :

  • Oles air mawar pada bibir.
  • Diamkan 25 menit.
  • Bilas hingga bersih tanpa menggunakan sabun.

17. Daun Mint

Efek dingin yang dihasilkan oleh daun mint akan merelaksasi area bibir. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral penting di dalamnya akan menjadikan bibir merah dan merona.

Caranya :

  • Cuci bersih dua lembar daun mint.
  • Tumbuk hingga halus.
  • Oleskan pada bibir dan diamkan 15 menit.
  • Bilas hingga bersih.

18. Lidah Buaya

Terbukti ampuh sebagai cara menghilangkan bekas jerawat serta melebatkan rambut, lidah buaya juga dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bibir hitam. Gel lidah buaya berguna sebagai cara mengatasi bibir kering yang menjadi pemicu bibir hitam. Namun, anda perlu hati-hati dalam penggunaannya karena beberapa orang mungkin saja mengalami alergi atau iritasi setelah memakai gel lidah buaya untuk memerahkan bibir.

Caranya :

  • Kerok daging lidah buaya lalu lumatkan.
  • Oleskan pada bibir.
  • Diamkan 15 menit lalu bilas hingga bersih.

19. Es Batu

Cara menghilangkan bibir hitam lainnya adalah dengan menggunakan es batu. Sifat dingin es akan membuat pembuluh darah menyempit dan tekananya menjadi lebih kuat. Ha ini akan membuat bibir menjadi lebih merah.

Caranya :

  • Bungkus es batu dengan kain.
  • Gunakan untuk mengompres area bibir selama 3 hingga 5 menit.

20. Pasta Gigi

Pasta gigi memiliki kandungan magnesium, selenium dan kalsium yang berguna mempercepat regenerasi sel. Jika diaplikasikan sebagai masker bibir, pasta gigi akan membuat bibir lebih merah karena sel kulit mati tergantikan dengan sel baru yang lebih sehat.

Caranya :

  • Oleskan pasta gigi pada bibir secara menyeluruh.
  • Diamkan hingga mengering.
  • Bilas dengan air bersih sembari digosok perlahan agar sel kulit mati terangkat.

21. Tomat

Cara menghilangkan bibir hitam akibat rokok dengan rutin mengonsumsi tomat. Kaya akan vitamin C dan antioksidan, tomat dapat pula dijadikan cara menghilangkan bibir hitam. selain itu jika diaplikasikan pada wajah, tomat juga dapat menghilangkan noda hitam serta mencerahkan wajah.

Caranya :

  • Potong tomat yang sudah dicuci bersih.
  • Gosokkan pada bibir dengan gerakan halus.
  • Diamkan 5 menit lalu bilas hingga bersih.

22. Buah Bit

Cara menghilangkan bibir hitam secara alami yang patut Anda coba lainnya adalah dengan menggunakan buah bit. Buah bit memiliki kandungan antioksidan yang mampu membantu mengangkat sel kulit mati dan mempercepat pergantian sel kulit yang sudah rusak dengan yang baru dan lebih sehat.

Caranya :

  • Potong buah bit dengan ukuran kecil.
  • Masukkan dalam kulkas.
  • Setelah suhu buah bit yang sudah dipotong cukup dingin, ambil satu potong lalu gosokkan perlahan pada bibir.
  • Diamkan 15 menit lalu bilas hingga bersih.

23. Butter

Bahan untuk membuat kue ini memiliki kandungan vitamin E yang dapat mencerahkan bibir. Jika tak ada butter, mentega juga dapat menjadi bahan pengganti untuk mencerahkan bibir secara alami.

Caranya :

  • Campur satu sendok teh butter dengan satu sendok makan madu.
  • Oleskan pada bibir di malam hari sambil dipijat lembut.
  • Diamkan satu malam lalu bilas keesokan harinya.

24. Gula dan Mentega

Manfaat gula untuk mencerahkan bibir sudah tak bisa diragukan lagi. Selain dapat melembabkan, gula juga dapat berfungsi sebagai scrub alai bibir untuk mengangkat sel kulit mati sehingga warna bibir menjadi lebih cerah.

Caranya :

  • Campur 3 sendok makan gula dengan dua sendok makan mentega.
  • Aduk hingga menjadi pasta.
  • Gunakan untuk menggosok bibir secara perlahan hingga gula hancur.
  • Bilas hingga bersih.

25. Raspberry

Cara menghilangkan bibir hitam dengan cepat dengan memanfaatkan raspberry. Sama halnya dengan strawberry, raspberry juga dapat mencerahkan bibir secara alami karena mengandung antioksidan dan vitamin C. Kandungan mineral di dalamnya juga mampu menutrisi bibir sehingga nampak lebih sehat.

Caranya :

  • Lumatkan satu buah raspberry.
  • Tambahkan satu sendok lendir lidah buaya dan satu sendok madu.
  • Aduk hingga menjadi pasta.
  • Aplikasikan pada bibir sambil dipijat lembut.
  • Diamkan 10 menit lalu bilas hingga bersih.

Cara Menghilangkan Bibir Hitam Menggunakan Produk

Selain menggunakan cara alami, bibir hitam juga dapat dihilangkan menggunakan produk yang dijual bebas di pasaran. Produk pemerah bibir bentuknya sangat beragam, Anda bisa mendapatkannya dalam bentuk cream, cair, menyerupai lipstik hingga masker untuk bibir hitam.

Karena bentuk produk yang sangat beragam, maka Anda harus pintar-pintar menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Pasalnya, penggunaan produk pemerah bibir tidak akan memberikan hasil instan. Anda perlu  telaten menggunakannya setidaknya selama 2 minggu pemakaian. Bagi Anda yang memiliki budget terbatas, sebaiknya sesuaikan produk yang digunakan dengan budget yang dimiliki agar tetap bisa menggunakan produk secara continyu dan menghasilkan hasil yang optimal.

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan jika ingin mencoba cara membuat bibir merah dengan produk adalah keamanannya. Pastikan produk yang Anda gunakan bebas paraben, mercury atau bahan kimia berbahaya lainnya. untuk memastikan keamanan produk, Anda bisa mengeceknya melalui situs resmi BPOM.

Nah, bagi Anda yang masih bingung dengan produk pemerah bibir yang aman dan bisa dicoba, coba perhatikan beberapa varian produk berikut ini.

1. Laneige Lip Sleeping Mask

Laneige Lip Sleeping Mask merupakan prduk asal Korea yang terbukti ampuh mengatasi bibir hitam. masker bibir ini mengandung antioksidan dan vitamin C yang akan menutrisi dan mengangkat sel kulit mati ketika Anda tertidur. Dengan aroma berry yang menyegarkan, produk ini juga kan membuat Anda lebih rileks dan nyaman.

2. Etude House Cherry Lip Gel Patch

Produk untuk memerahkan bibir yang satu ini sangat cocok bagi penyuka cara praktis. Dikemas dalam bentul gel, masker bibir ini hanya perlu ditempelkan saja. Ukurannya yang besar memungkinkan Anda mendapat dua manfaat sekaligus, yaitu memperbaiki kondisi bibir sekaligus area di sekitar bibir yang biasanya kering.

3. Vaseline Lip Therapy Rosy Lips

Dengan formula lembut, ringan, mudah meresap dan juga pigmented, Vaseline Lip Therapy akan membantu Anda mendapatkan bibir yang merah dan bebas warna hitam. dari segi harga, produk yang satu ini juga sangat terjangkau sehingga dapat dibeli semua kalangan.

4. Burt’s Bees Tinted Lip Balm

Dibuat dari 100 % bahan alami, lip balm untuk bibir hitam ini diklaim mampu bekerja tanpa efek samping. Menariknya, produk keluaran Amerika ini memiliki varian warna-warna menarik sehingga nampak seperti lipstick namun sebenarnya bukan.

5. Wardah Vanila Lip Balm

Cara menghilangkan bibir hitam menjadi merah menggunakan wardah vanila lip balm. Siapa yang tak kenal degan brand kecantikan Wardah? Banyak diminati di Indonesia, brand yang memiliki slogan Halal ini juga memiliki varian lip balm yang cocok dijadikan cara menghilangkan bibir kering dan hitam.

Cara Menghilangkan Bibir Hitam Menggunakan Lipstik Secara Cepat

Cara mengatasi bibir hitam dengan menggunakan lipstick sebenarnya tak tepat karena lipstick berfungsi sebagai cover atau menutup warna asli bibir. Beberapa lipstick memang mengandung pelembab dan juga nutrisi untuk menjaga kesehatan bibir, namun hasil yang didapat tentunya tak sebaik skincare yang dikhususkan untuk merawat bibir rusak.

Penggunaan lipstick untuk bibir gelap yang tepat akan membuat tampilan bibir lebih cerah dan segar. Namun sayangnya, efek yang dihasilkan hanyalah sementara. Meski lpstick yang Anda kenakan adalah jenis pigmented, warna yang dihasilkan tak akan permanen karena lipstick hanya berguna untuk menyamarkan.

Kelebihan cara menghilangkan bibir hitam dengan lipstick adalah hasilnya yang bisa didapat hanya dengan sekali pulas. Cara ini akan sangat membantu bagi Anda yang sedang menjalani terapi bibir hitam dan ingin menutupi bibir hitam sementara waktu.

1. Cara Memilih Warna Lipstik untuk Bibir Hitam

Pemilik bibir hitam mungkin sering kesal lantaran warna lipstick tak sesuai harapan ketika diaplikasikan pada bibir. Beberapa hal yang membuat lipstik mengeluarkan warna tak sesuai harapan adalah pengaruh warna dasar bibir yang hitam. Untuk mengatasi ha semacam ini, pemilik bibir gelap harusnya mengenakan pilihan warna berikut.

  • Red Wyne.
  • Nude.
  • Coral.
  • Red Chery.
  • Shimmer Pink.
  • Mauve.
  • Cocoa.
  • Dark Brown.
  • Bronze.
  • Plum.

2. Rekomendasi Merk Lipstick untuk Bibir Hitam

Memilih lipstik untuk bibir hitam harus sangat hati-hati. Anda harus memilih jenis produk yang benar-benar bisa mengcover tampilan bibir. Bagi Anda yang tertarik dengan produk lipstick untuk bibir hitam, beberapa merk berikut bisa menjadi rekomendasi untuk Anda.

  • Revlon Ultra HD Mate Lipcolour Seduction.
  • Make Over Intense Matte Lip Creame – Couture.
  • Sariayu Duo Lip Colour K DLC 07.
  • Pixy Nude Lip Cream – Gaudy Orange.
  • Wardah Exclusive Matte Lip Cream – My Honey Bee.

3. Tips Make Up Bibir Hitam

Ketika warna dan jenis lipstick yang Anda gunakan sudah pas, maka Anda perlu mengetahui trik make up untuk bibir hitam agar riasan makin sempurna. Penggunaan lipstick pada bibir hitam biasanya akan menghasilkan aplikasi yang tak rata sehingga menimbulkan warna belang. Nah, untuk mengatasi hal ini maka Anda perlu memperhatikan 3 hal berikut ini.

  • Gunakan Lip Concealer agar tampilan warna bibir sesuai dengan rona asli lipstick dan tak terpengaruh dengan warna dasar bibir yang hitam.
  • Gunakan Lip Liner agar riasan nampak rapi dan garis bibir lebih tegas.
  • Aplikasikan lipstick dengan kuas agar warna yang dihasilkan merata dan lipstick menempel sepenuhnya pada bibir.

Cara Agar Bibir Tak Hitam Kembali

Setelah berhasil dengan salah satu cara menghilangkan bibir hitam, Anda perlu mengetahui ha apa saja yang tak boleh dilakukan agar bibir tak kembali menghitam. Hal ini dikarenakan kulit bibir tergolong bagian yang sensitif dan rentan akan kerusakan. Kebisaan buruk yang tanpa kita sadari bisa saja membuatnya mengalami kerusakan lebih parah.

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar kesehatan bibir tak terganggu dan tak nampak hitam kembali antara lain :

1. Berhenti Merokok

Merokok memungkinkan zat residu serta zat kimia seperti nikotin menempel pada permukaan bibir. Sifat panas asap rokok juga bisa saja membuat kulit luar bibir mati dan membuat penampilan bibir terlihat kusam. Oleh karena itu, bagi Anda yang tak ingin memiliki bibir hitam, sebaiknya hentikan kebiasaan merokok dari sekarang. Selain itu, berhenti merokok juga membuat gaya hidup Anda lebih sehat.

2. Jaga Kelembaban Bibir

Salah satu penyebab warna bibir gelap adalah bibir kering. Oleh karena itu, menjaga kelembaban bibir harus selalu dilakukan agar bibir tidak kering dan warnanya tak kembali menghitam. Mengoleskan lip balm atau menggunakan masker buah untuk bibir akan sangat membantu bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan.

3. Jangan Menjilat Bibir

Jika sudah menjadi kebiasaan, menjilat bibir tentu akan sulit dihindari. Banyak orang yang beranggapan jika menjilat bibir dapat menghindarkan bibir dari kekeringan dan pecah-pecah. Namun, pada faktanya hal ini justru membuat kondisi bibir makin bertambah parah.

4. Lipstick

Saat ini banyak lipstick yang mengandung merkuri. Lipstick seperti ini harus dihindari karena dapat menjadikan bibir makin gelap. Memakai bibir dengan jangka waktu lama juga tak disarankan karena dapat mempengaruhi kelembaban alami serta membuat sel kulit mati makin menumpuk.

5. Kebersihan Bibir

Banyak orang yang lalai menjaga kebersihan bibir dan baru menyadari pentingnya menjaga kebersihan bibir setelah bibir rusak, kering dan menghitam. Hal yang umum terjadi adalah membiarkan lipstik menempel saat tidur sehingga membuat kulit bibir tak bisa bernafas.

Cara yang paling benar untuk menjaga kebersihan bibir adalah dengan menggunakan baby oil. Formula lembut pada baby oil aman untuk bibir sensitif dan dapat mengangkat kotoran dengan maksimal. Bagi Anda yang sudah menemukan produk pembersih bibir yang cocok, menggunakan remover juga bisa diandalkan.

Efek Samping Menghilangkan Bibir Hitam

Dari sekian banyak cara menghilangkan bibir hitam yang dapat Anda coba bukan berarti tak ada efek samping yang ditimbulkan. Jika ditinjau dari jenis cara memerahkan bibir, berikut beberapa efek samping yang mungkin akan Anda rasakan.

1. Efek Samping Cara Menghilangkan Bibir Hitam Menggunakan Bahan Alami

Cara alami diklaim menjadi cara paling aman untuk mengatasi bibir hitam. Bahan alami umumnya minim efek samping seta hampir tak memicu alergi atau iritasi kecuali pada kulit yang sangat sensitif. Namun, cara menghilangkan bibir hitam dengan cara alami tetap memiliki efek samping.

Memerahkan bibir dengan bahan alami akan memakan waktu lama. Hal ini tentunya membuat Anda yang mencobanya harus memiliki kesabaran dan ketelatenan ekstra. Seringkali orang yang tak sabar mencoba cara menghilangkan bibir hitam dengan bahan alami akan mengatakan jika cara yang dilakukannya tak ampuh. Padahal, mereka baru satu atau dua kali mencobanya. Idealnya, cara menghilangkan bibir hitam secara alami baru akan terlihat hasilnya setelah 2 minggu atau satu bulan pemakaian.

Selain hasil yang tergolong lama terlihat, efek samping yang mungkin Anda dapatkan antara lain :

  • Bibir kering karena sebagian bahan alami untuk memerahkan bibir seperti jeruk dan lemon akan mengontrol produksi minyak.
  • Iritasi mungkin terjadi bagi Anda pemilik kulit ekstra sensitif, terutama jika Anda mencoba cara memerahkan bibir dengan lidah buaya.

2. Efek Samping Cara Menghilangkan Bibir Hitam Menggunakan Produk

Cara memerahkan bibir dengan produk menjanjikan hasil lebih cepat dibandingkan cara memerahkan bibir yang hitam dengan bahan alami. Namun, secara efek samping penggunaan produk atau skincare untuk mengatasi bibir hitam memiliki efek samping yang lebih beragam.

Efek samping yang paling parah adalah munculkan penyakit berbahaya seperti kanker akibat pemakaian produk yang mengandung kimia berbahaya. Hal ini dikarenakan bibir merupakan pintu sistem pencernaan. Pengunaan produk pada bibir sangat mudah tertelan sehingga jika mengandung bahan kimia berbahaya akan sangat merugikan kesehatan.

Adapun efek samping cara menghilangkan bibir hitam dengan skincare atau produk antara lain :

  • Bibir kering dan pecah-pecah karena tak cocok dengan kandungan produk.
  • Kanker akibat paparan zat kimia bebahaya yang terkandung pada produk perawatan bibir yang tak aman.
  • Warna bibir makin menghitam jika tak cocok dengan kandungan produk.
  • Alergi bisa saja terjadi jika kulit sensitif.

Efek Samping Cara Menghilangkan Bibir Hitam Menggunakan Lipstick

Menggunakan lipstick menjadi solusi cepat mengatasi bibir hitam. hanya dengan sekali oles, bibir hitam akan langsung berubah menjadi warna-warna seperti yang diinginkan. Namun, apakah ini artinya penggunaan lipstick untuk bibir hitam sepenuhnya aman?

Meski sebagian besar lipstick terbukti aman, bukan berarti memerahkan bibir menggunakan lipstick tak memiliki efek samping. Beberapa efek samping cara mengatasi bibir gelap dengan lipstick antara lain :

  • Hasil tak permanen.
  • Kerusakan yang lebih parah jika lipstick yang digunakan mengandung bahan kimia berbahaya.
  • Menyebabkan sel kulit mati menumpuk jika tak dibersihkan dengan benar.

Setelah menyimak berbagai cara menghilangkan bibir hitam, cara manakah yang Anda pilih? Cara alami, produk ataukah dengan penggunaan lipstick untuk menutupi bibir hitam meski hanya bersifat sementara waktu? Apapun cara yang Anda pilih, baiknya Anda mengetahui jika bibir hitam identik dengan bibir tak sehat dana atak terawat. Oleh karenanya, solusi yang paling pas untuk mengatasi bibir hitam adalah dengan mengatasi masalah penyebabnya agar bibir hitam bisa dihilangkan secara permanen.

Jika bibir sudah sehat dan kembali ke warna merah alami, maka lipstick yang Anda gunakan tentunya akan bertahan lebih lama. Tampilan bibir juga akan terlihat cantik ketika memakai lipstick, baik menggunakan jenis pemulas lipstick mate maupun glosy.

Baca Juga: Cara Menipiskan Bibir dengan Bahan Alami dan Produk Serta Efek Samping

Terakhir Anda juga harus memahami jika cara menghilangkan bibir hitam yang dipaparkan di atas mungkin akan menghasilkan hasil yang berbeda-beda pada setiap orang. Kecepatan dan kefektifitasan hasil yang didapat tergantung pada seberapa parah kerusakan bibir serta jenis kulit yang dimiliki.

Continue Reading

More in Kecantikan

To Top