Connect with us
Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah

Kesehatan

40 Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah dengan Bahan Alami, Salep dan Efek Sampingnya

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah – Bekas luka merupakan hal yang tak bisa dihindari oleh siapapun baik pria, wanita, bayi, anak maupun orang dewasa. Setiap orang pasti memiliki bekas luka, namun ukuran keparahannya berbeda-beda. Ada orang yang memiliki bekas luka ringan, namun ada juga bekas luka berat yang merusak rasa percaya diri.

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah

Bekas luka bisa menjadi hal kecil yang tak terlalu dipermasalahkan jika terletak di area tersembunyi. Namun, bagaimana dengan bekas luka di wajah? Tentunya bekas luka jenis ini dirasa sangat mengganggu penampilan, terutama bagi kaum hawa yang ingin selalu tampil cantik.

Bekas luka di wajah seringkali disebabkan oleh bekas jerawat. Namun, ada pula bekas luka di wajah akibat kecelakaan yang tergolong parah sehingga harus segera mencari cara menghilangkan bekas luka di wajah.

Bekas luka di wajah yang tergolong parah membutuhkan cara merawat wajah yang khusus agar bekas luka tak semakin parah, misalnya saja tumbuh keloid atau luka parut yang akan semakin suit ditutupi menggunakan make up atau diobati dengan obat penghilang bekas luka. Selain itu, penanganan bekas luka di wajah harus sangat hati-hati karena wajah termasuk area kulit sensitif . Penggunaan obat yang salah justru bisa membuat bekas luka meradang dan menimbulkan luka baru yang lebih parah.

Jenis Bekas Luka yang Perlu Diketahui

Perawatan bekas luka harus disesuaikan dengan jenis bekas luka yang dialami. Setiap bekas luka memiliki ara perawatan dan pengobatan yang berbeda agar dapat dihilangkan dengan mudah dan cepat. Berikut beberapa jenis bekas luka yang perlu Anda ketahui.

1. Bekas Luka Atrophic

Bekas luka atrophic merupakan bekas luka yang diakibatkan oleh kerusakan jaringan. Bekas luka ini umumnya bergerigi dan terasa menekan di permukaan kulit. Beberapa bekas luka atrophic akan menimbulkan warna hitam layaknya hyperpigmentasi, namun sebenarnya justru menjadi tanda kerusakan jaringan.

2. Bekas Luka Keloid

Keloid merupakan bekas luka yang nampak timbul dan sering terjadi pada pemilik kulit gelap. Keloid dapat diturunkan melalui genetik sehingga orangtua yang memiliki keloid cenderung memiliki anak dengan bakat keloid. Umumnya, keloid muncul pada bekas luka operasi atau sayatan. Namun, tak menutup kemungkinan jika keloid bisa muncul karena penyebab lainnya.

Keloid bisa hal yang sangat mengganggu, apalagi keloid di wajah yang tentunya sulit ditutupi dengan make up. Keloid pada area lipatan dan telapak tangan mungkin juga menimbulkan ketidak nyamanan bergerak.

Beberapa orang yang memiliki keloid, akan memilih jalan operasi untuk menghilangkannya. Namun, menghilangkan keloid dengan operasi juga memiliki kemungkinan tumbuhnya keloid baru. Selain operasi, suntikan steroid atau mengobati dengan nitrogen cair bisa menjadi solusi keloid minor.

3. Bekas Luka Hipertrofik

Jenis bekas luka ini hampir sama dengan keloid. Namun, hipertrofik biasanya muncul pada luka yang terinfeksi. Pengobatannya pun sama dengan keloid, yakni dengan silikon atau suntikan steroid.

4. Strech Mark

Strech Mark terjadi akibat penurunan elastisitas kulit. Umumnya, hal ini dialami oleh orang yang mengalami penurunan berat badan drastis, ibu hamil usai melahirkan dan menyusui. Strech Mark ditandai dengan adanya guratan tak beraturan seperti akar dan nampak timbul ketika diraba. Jika pertama kali muncul, strech mark biasa berwarna merah hingga keunguan, warna ini akan memudar dengan sendirinya namun tak akan bisa hilang jika tak menggunakan obat penghilang strech mark.

5. Bekas Luka Contracture

Jenis bekas luka ini disebabkan oleh panas, entah karena terbakar api atau paparan matahari pada kulit sensitif. Jenis bekas luka ini akan menimbulkan rasa kencang dan sedikit timbul ke permukaan kulit. Jika menembus lapisan dalam kulit, bekas luka ini tak hanya mengakibatkan penurunan fungsi anggota gerak, melainkan juga mengganggu fungsi otot dan syaraf.

6. Bekas Luka Jerawat

Jerawat yang sudah meradang seringkali menimbulkan bekas luka yang menyerupai flek hitam. Umumnya, bekas jerawat akan menghilang sendirinya seiring dengan pengelupasan sel kulit mati dan regenerasi sel. Namun, hal ini tentu saja akan mempengaruhi penampilan wajah Anda sementara waktu. Selain itu, bekas jerawat mungkin akan hilang timbul sehingga wajah tak mungkin bersih sepenuhnya jika bekas jerawat tak langsung diatasi menggunakan bahan alami maupun obat.

7. Bekas Luka Ice Pink

Sesuai dengan namanya, bekas luka ini berwarna pink cerah hingga kemerahan. Bekas luka ini terjadi akibat pori yang terbuka ketika jaringan kulit rusak. Jenis bekas luka ini akan terasa keras ketika diraba dan biasa muncul bebarengan dengan jerawat yang menembus jaringan kulit teratas.

8. Rolling

jenis bekas luka ini diakibatkan oleh aktivitas jaringan fibrosa yang berusaha memperbaiki kulit yang terluka. Akibatnya, kulit akan memiliki tekstur seperti menggulung-gulung dan nampak lebih halus diraba dibandingkan bagian kulit lainnya.

9. Boxcar

Jenis bekas luka ini hampir sama dengan bekas luka ice pink hanya saja memiliki ukuran lebih besar. Bekas luka ini disebabkan oleh kerusakan jaringan kulit dan juga kolagen. Biasanya boxar akan muncul di wajah orang yang mengalami jerawat parah.

Penyebab Bekas Luka di Wajah

Bekas luka di wajah terjadi ketika kulit berusaha menyembuhkan luka. Sebagai upaya untuk memperbaiki kondisi kulit, jaringan parut atau fibrosa kan membentuk jaringan baru guna menutup luka. Ketika sel kulit sedang dalam masa perbaikan, melanosit akan membentuk melanin guna melindungi kulit dari paparan luar.

Penyebab luka di wajah umumnya sangat beragam. Namun, bekas luka di wajah lebih sering diakibatkan oleh bekas jerawat. Ketika jerawat dipencet, maka kulit di sekitarnya mungkin saja mengalami luka atau peradangan. Luka atau peradangan inilah yang kemudian menyebabkan noda hitam yang seringkali mengganggu penampilan.

Selain bekas jerawat, beberapa bekas luka di wajah yang sering terjadi antara lain :

  • Tergores.
  • Luka bekas tindakan medis.
  • Luka bakar.
  • Keloid.

Penyebab Bekas Luka Menjadi Hitam

Bekas luka menimbulkan jejak yang beragam. Jika luka yang mencederai kulit termasuk luka dangkal, maka bekas luka umumnya hanya berbentuk bercak putih. Becak putih ini dapat dihilangkan dengan sendirinya ketika sel kulit berhasil beregenarasi.

Jika luka pada kulit tergolong cukup parah, maka tubuh perlu waktu lebih banyak untuk memperbaikinya. Nah, jika kulit belum sembuh sepenuhnya namun sudah terkena paparan lingkungan yang merusak seperti ultra violet atau zat kimia, maka melanosit dalam tubuh akan berusaha menghasilkan melanin lebih banyak. kandungan melanin yang meningkat inilah yang akan menyebabkan hiperpigmentasi sehingga warna kulit bekas luka menjadi lebih gelap.

Tak hanya menyebabkan warna hitam bekas luka yang sangat mengganggu, bekas luka juga bisa menimbulkan masalah yang lebih parah. Masalah tersebut tak lain adalah timbulnya keloid, yaitu bagian bekas luka yang lebih menonjol dibandingkan kulit normal sehingga sering pula disebut sebagai luka parut.

Penyebab Bekas Luka Menjadi Keloid

Keloid seringkali dialami oleh pemilik kulit gelap. Namun, hal ini tak menjadi indikasi jika pemilik kulit putih tak bisa memiliki keloid sama sekali.

Keloid terjadi ketika tubuh memiliki luka dan berusaha menyembuhkannya dengan perkembangan jaringan fibrosa atau jaringan parut. Pada kasus keloid, jaringan fibrosa atau jaringan parut ini terus tumbuh dan bahkan memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan ukuran luka. Hal inilah yang menjadi penyebab utama keloid hingga bekas luka nampak menyembul keluar dan terasa tak rata ketika diraba.

Keloid menjadi hal yang sangat mengganggu penampilan dibandingkan bekas luka biasa. Hingga saat ini, operasi atau tindakan medis seperti laser, suntikan kortikosteoid atau terapi masih menjadi cara menghilangkan bekas luka di wajah atau bagian tubuh lainnya yang sudah telanjur tumbuh menjadi keloid. Hal ini tentu saja akan memakan biaya lebih mahal dibandingkan cara menghilangkan luka di bagian tubuh lainnya.

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah dengan Bahan Alami

Pemilik bekas luka di wajah sebenarnya bisa menghilangkan bekas mengganggu tersebut secara instan melalui operasi plastik. Keuntungannya tentu saja bisa menghasilkan wajah yang mulus seperti sedia kala. Namun, tindakan operasi plastik untuk bekas luka tentu saja memakan biaya yang tak murah.

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba cara menghilangkan bekas luka di wajah namun terkendala biaya, agaknya cara alami bisa sangat membantu.

1. Lidah Buaya

Khasiat lidah buaya untuk kecantikan memang sudah tak diragukan lagi, mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki semua bisa dirawat menggunakan lidah buaya, termasuk juga untuk menghilangkan luka di wajah. Lidah buaya dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka di wajah karena memiliki kandungan asam amino yang mampu merangsang pembentukan sel kulit baru.

Caranya :

  • Cuci bersih lidah buaya lalu belah.
  • Kerok bagian dalam lidah buaya, lumatkan dan ambil lendirnya saja.
  • Oleskan lendir lidah buaya pada bekas luka, diamkan 15 menit lalu bilas.
  • Untuk hasil maksimal, lakukan setidaknya dua hingga tiga kali sehari.

2. Oatmeal

Makanan tinggi serat yang menyehatkan ini juga berguna untuk menyamarkan bekas luka di wajah, tangan maupun anggota tubuh lainnya. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan tinggi dalam oatmeal yang memicu regenerasi sel. Jika digunakan pada seluruh wajah masker oatmeal juga berguna sebagai cara alami memutihkan wajah.

Caranya :

  • Campur satu sendok makan oatmeal dengan dua sendok makan air.
  • Tambahkan satu sendok teh air perasan lemon dan sedikit kayu manis.
  • Aduk semua bahan lalu gunakan sebagai masker wajah.
  • Diamkan 20 menit lalu bilas hingga bersih.

3. Putih Telur

Bukan hanya mampu digunakan sebagai cara memutihkan kulit wajah, putih telur juga berguna sebagai cara menghilangkan bekas luka di wajah. Putih telur mengandung tinggi protein yang mampu mempercepat regenerasi sel kulit yang rusak.

Caranya :

  • Pisahkan Putih telur dengan kuningnya.
  • Tambahkan sedikit perasan lemon dan satu sendok madu, aduk rata.
  • Oleskan pada seluruh bagian wajah, jangan hanya mengoles pada bekas luka saja karena kan membuat wajah nampak belang.
  • Tunggu hingga kering lalu bilas hingga bersih.

4. Kunyit

Cara menghilangkan bekas luka di wajah lainnya adalah dengan menggunakan kunyit. Kunyit mengandung antioksidan yang mempercepat regenerasi sel. Selain itu, kunyit juga dapat mengatasi jerawat dan aman untuk kulit sensitif.

Caranya :

  • Campur satu sendok teh kunyit bubuk atau kunyit yang sudah dihaluskan dengan satu sendok teh minyak kelapa.
  • Gunakan campuran ini sebagai masker wajah selama 10 menit.
  • Mendiamkan masker kunyit di wajah tak akan berdampak baik dan justru membuat warna kuning khas kunyit tertinggal dan sulit dihilangkan.
  • Bilas hingga bersih.

5. Pisang

Kandungan vitamin dan magnesium dalam pisang sangat baik untuk mengatasi bekas luka di wajah. Tak hanya itu, pisang juga terbukti ampuh untuk mencerahkan wajah sekaligus melembabkannya. Jika digunakan secara rutin, pisang juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan flek hitam.

Caranya :

  • Campur dua sendok makan pisang yang sudah dihaluskan dengan satu sendok makan baking soda dan satu sendok makan air perasan lemon.
  • Oleskan tipis pada seluruh wajah.
  • Diamkan selama 10 hingga 20 menit, lalu bilas hingga bersih.

6. Madu

Madu telah lama dipercaya sebagai bahan alami yang berguna untuk kesehatan dan kecantikan. Madu memiliki kandungan yang mampu meregenerasi sel dan juga mencerahkan bekas luka. Oleh karena itu, jika digunakan secara rutin, madu isa menjadi masker alami untuk membuat kulit bersih bebas noda.

Caranya :

  • Campur satu sendok madu murni dengan satu sendok minyak kelapa atau minyak zaitun.
  • Gunakan campuran ini untuk mengoles wajah yang memiliki bekas luka sambil dipijat lembut selama 2 menit.
  • Lap sisa madu dengan handuk lembut yang dibasahi air hangat.
  • Bias wajah dengan air bersih sesudahnya.

7. Yogurt

Enak dijadikan bahan campuran minuman, yogurt juga dapat dijadikan cara menghilangkan bekas luka dan jerawat. Masker yogurt dapat membuat bekas luka memudar dan secara perlahan akan mengembalikannya ke warna asli kulit dan bahkan lebih cerah dan kenyal.

Caranya :

  • Campur 4 sendok teh air perasan lemon, 3 sendok teh yogurt tawar, 4 sendok makan mau dan satu butir putih telur.
  • Oleskan campuran bahan alami untuk masker wajah penghilang bekas luka.
  • Biarkan 15 menit lalu bilas hingga bersih.

8. Alpukat

Selain memiliki kandungan yang baik untuk janin dan juga kecerdasan otak, alpukat rupanya juga bisa menghilangkan bekas luka wajah dengan cepat. Manfaat alpukat untuk menghilangkan bekas luka dikarenakan kandungan antioksidan tinggi dan juga vitamin E di dalamnya dapat memicu perbaikan sel kulit.

Caranya :

  • Lumatkan setengah bual alpukat.
  • Tambahkan madu murni sebanyak satu sendok makan.
  • Gunakan campuran alpukat dan madu ini sebagai masker wajah.
  • Diamkan 20 menit lalu bilas hingga bersih.

9. Wortel

Identik dengan bahan alami yang baik untuk kesehatan mata, wortel juga baik untuk kesehatan wajah. Kandungan vitamin C dalam wortel mampu menyamarkan noda hitam sekaligus menghilangkan bekas luka.

Caranya :

  • Blender wortel yang telah dicuci bersih dengan sedikit air.
  • Tambahkan sedikit garam.
  • Gunakan campuran ini untuk menggosok lembut wajah yang memiliki bekas luka.
  • Diamkan hingga mengering, bilas dengan air hangat.

10. Minyak Kelapa

Ara menghilangkan bekas luka di wajah yang bisa Anda praktikkan dengan mudah adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa memiliki kandungan acid dan antioksidan yang mampu menjadi cara menghilangkan noda bekas jerawat dan juga bekas luka menahun.

Caranya :

  • Oleskan minyak kelapa pada bekas luka yang sudah dibersihkan.
  • Oleskan setiap hari secara rutin hingga bekas luka hilang.

11. Mengkudu dan Mentimun

Mengkudu dan mentimun adalah paduan pas untuk menurunkan tekanan darah. Namun, siapa menyangka jika perpaduan herba ini juga bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bekas luka di wajah. Mengkudu yang kaya antioksidan akan memperbaiki kondisi kulit yang rusak akibat luka. Sementara itu, mentimun akan meredakan peradangan, mengobati stress kulit dan juga mengecilkan pori.

Caranya :

  • Haluskan buah mentimun dan mengkudu.
  • Gunakan air perasan mentimun dan mengkudu pada wajah yang telah dibersihkan. Jika Anda menginginkan aplikasi yang lebih cepat, bisa juga menggunakan kain atau masker pell off yang dicelupkan pada jus mengkudu-mentimun.
  • Diamkan selama 15 hingga 20 menit, lalu bilas hingga bersih.

12. Jeruk Nipis

Mengandung vitamin c tinggi, jeruk nipis seringkali digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat  dan juga cara menghilangkan flek hitam di wajah seperti halnya lemon. Selain itu, jeruk nipis juga dapat digunakan untuk cara menghilangkan luka di wajah, kaki dan tangan yang sudah lama sembuh. Hal ini dikarenakan jeruk nipis akan meninggalkan rasa perih jika diaplikasikan pada luka yang belum atau baru sembuh.

Caranya :

  • Belah jeruk nipis menjadi dua bagian.
  • Gosokkan pada bagian kulit yang memiliki bekas luka.
  • Diamkan hingga mengering, lalu bilas hingga bersih.

13. Daun Mint

Manfaat daun mint untuk menghilangkan noda memang sudah tak diragukan lagi. Daun mint juga memiliki efek menyegarkan sehingga dapat menenangkan kulit. Jika digunakan pada kulit yang memiliki bekas luka, daun mint juga mampu memudarkan noda hitam bekas luka.

Caranya :

  • Cuci bersih 5 hingga 6 lembar daun mint.
  • Tumbuk daun mint hingga halus.
  • Oleskan pada bagian yang memiliki luka, namun hati-hati jika ingin menggunakannya pada area dekat mata.
  • Diamkan 5 hingga 10 menit lalu bilas hingga bersih.

14. Teh Hijau

Memiliki kandungan antioksidan tinggi, tak diragukan lagi jika teh hijau bermanfaat sebagai cara menghilangkan bekas luka di wajah. Selain itu, teh hijau kantong yang dijadikan kompres mata juga dapat mereleksasi mata sekaligus menghilangkan mata panda.

Caranya :

  • Seduh teh hijau menggunakan sedikit air aga air seduhannya lebih pekat.
  • Celuokan kapas pada air seduhan teh hijau yang sudah hangat.
  • Tempelkan kapas yang basah pada kulit yang memiliki bekas luka.

15. Ekstrak Biji Rami, Biji Anggur dan Minyak Lavender

Cara menghilangkan bekas luka di wajah dalam 1 hari dengan ramuan yang berasal dari ekstrak biji rami, anggur dan minyak lavender. Memadukan tiga jenis bahan alami yang kaya manfaat, masker alami wajah yang satu ini bermanfaat untuk memudarkan bekas luka yang sudah lama dan bahkan bekas luka hitam menahun. Kandungan antioksidan dalam campuran 3 bahan alami ini sangat kuat, ditambah lagi kandungan minyak lavender yang melembabkan dan membantu mengangkat sel kulit mati.

Caranya :

  • Tumbuk biji anggur lalu campurkan minyak lavender dan ekstrak biji rami.
  • Oleskan campuran ini pada bekas luka menghitam atau jenis bekas luka lainnya.
  • Diamkan hingga meresap.
  • Bilas hingga bersih.

16. Daun Pare

Jika pare sering dimanfaatkan sebagai bahan masakan, lain halnya dengan daun pare yang justru memiliki manfaat untuk kecantikan. Daun pare dapat dijadikan bahan alami untuk menghilangkan bekas luka di wajah dengan cepat dan juga murah.

Caranya :

  • Cuci bersih beberapa lembar daun pare.
  • Remas-remas daun pare yang sudah dibersihkan dalam air hangat, lalu rendam sebentar.
  • Saring dan letakkan air rendaman daun pare pada mangkuk kecil.
  • Tambahkan tepung beras pada air rendaman daun pare sedikit demi sedikit hingga membentuk adonan layaknya masker.
  • Gunakan pada kulit yang memiliki bekas luka.
  • Diamkan mengering lalu bilas hingga bersih.

17. Lemon

Salah satu cara menghilangkan bekas luka di wajah yang terbukti ampuh adalah dengan menggunakan lemon. Buah yang biasa digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat ini memiliki kandungan antioksidan dan juga vitamin C yang baik untuk memperbaiki sel kulit yang rusak. Hal ini akan membuat kulit lebih cepat beregenerasi sehingga sel kulit mati yang rusak akibat luka tergantikan dengan sel kulit baru. Jika digunakan sebagai masker wajah, lemon juga bermanfaat sebagai cara memutihkan wajah secara alami.

Caranya :

  • Belah lemon menjadi dua bagian lalu peras airnya.
  • Gunakan air perasan lemon ini untuk melumuri wajah yang memiliki bekas luka.
  • Diamkan hingga mengering lalu bilas.

18. Minyak biji Pangkal Bunga Mawar

Mungkin masih banyak yang bingung dengan minyak biji pangkal bunga mawar dengan air mawar. Bedanya, air mawar terbuat dari kelopak bunga mawar, sedangkan minyak biji pangkal bunga mawar terbuat dari biji pangkal bunga mawar yang umumnya memiliki harga lebih mahal.

Caranya :

  • Oleskan minyak biji pangkal bunga mawar pada area bekas luka.
  • Diamkan 10 hingga 15 menit lalu bersihkan dengan air hangat.

19. Air Mawar

Cara menghilangkan bekas luka di pipi dengan cepat dengan air mawar. Tak kalah dibandingkan minyak biji pangkal bunga mawar, air mawar juga memiliki manfaat sebagai cara menghilangkan bekas luka di wajah. Air mawar akan memudarkan bekas luka, mengurangi jerawat serta melembabkan kulit wajah.

Caranya :

  • Gunakan air mawar sebagai toner wajah seusai dibersihkan.
  • Anda juga bisa mencampur air mawar dengan air dalam botol spray lalu menyemprotkannya ke wajah ketika cuaca terik.

20. Asam Jawa

Memiliki kandungan vitamin C dan sering dimanfaatkan sebagai obat sariawan alami, asam jawa juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka di wajah. Jika diaplikasikan pada seluruh permukaan wajah, asam jawa juga bisa menjadi masker alami pemutih wajah.

Caranya :

  • Pisahkan asam jawa yang sudah matang dengan bijinya, ambil bagian dagingnya saja.
  • Campurkan dengan bubuk kunyit.
  • Jika terlalu kental, tambahkan minyak kelapa hingga teksturnya menyerupai pasta.
  • Oleskan pada bekas luka.
  • Diamkan 25 hingga 30 menit lalu bilas hingga bersih.

21. Bawang Putih

Bahan dapur yang digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat adalah bawang putih. Bawang putih akan membantu menyamarkan noda bekas luka. Namun, Anda perlu hati-hati dalam penggunaannya karena bawang putih memiliki sifat panas dan terasa perih jika mengenai luka. Selain itu, bagi pemilik kulit sensitif bawang putih juga dapat menimbulkan iritasi.

Caranya :

  • Kupas bawang putih lalu belah menjadi dua.
  • Gosokkan bawang putih bagian dalam pada area yang memiliki bekas luka dengan gerakan melingkar.
  • Diamkan hingga cairan yang keluar dari bawang putih mengering.
  • Bilas dengan air hingga bersih dan jangan sampai mengenai mata.

22. Minyak Lavender

Minyak yang memiliki sifat anti bakteri ini juga berguna untuk mengurangi jaringan parut yang terbentuk. Inilah mengapa minyak lavender bisa digunakan sebagai pertolongan pertama luka bakar. Namun, perlu diketahui jika minyak lavender mungkin menimbulkan rasa panas pada sebagian orang sehingga penggunaannya harus dicampur dengan jenis minyak esensial lainnya. Kabar baiknya, minyak lavender tak hanya mampu menghilangkan bekas luka hitam, melainkan pula cara menghilangkan bekas luka gatal yang menyerupai bintik hitam menjijikkan dan menimbulkan kesan tak terawat.

Caranya :

  • Campur 3 hingga 4 tetes minyak lavender dengan  minyak kelapa atau minyak zaitun dengan perbandingan satu banding satu.
  • Oleskan pada luka bakar yang baru.
  • Mengoleskan minyak lavender pada luka bakar lama juga bisa membuat bekas luka bakar merata dan perlahan menghilang. Namun, Anda harus rutin dan sabar menunggu hasilnya.

23. Bawang Bombay

Cara menghilangkan bekas luka di wajah yang mungkin tak pernah Anda duga sebelumnya adalah dengan menggunakan bawang bombay. Bawang bombay memiliki sifat menghentikan fibroblas, yakni pertumbuhan jaringan parut yang menjadi penyebab keloid. Jika digunakan pada bekas luka, antioksidan jenis quercetin di dalamnya dapat memudarkan warna kulit hitam bekas luka. Selain itu, bawang bombay juga dapatmenghilangkan bekas kuka bakar, menghilangkan bekas tato dan juga bekas luka operasi. Sayangnya, cara menghilangkan bekas luka di wajah menggunakan bawang bombay baru akan menunjukkan hasil setelah 3 mingggu pemakaian.

Caranya :

  • Iris tipis bawang bombay yang sudah dikupas lalu tempelkan pada bekas luka.
  • Cara lainnya, tumbuk halus bawang bumbay lalu tempelkan pada bekas lka.
  • biarkan hingga bawang bombay nampak layu lalu bilas bersih.

24. Cocoa Butter

Cocoa Butter atau mentega kakao merupakan bahan alami yang mampu melembabkan dan menyamarkan bekas luka. Kemampuan cocoa butter yang melembabkan juga berguna sebagai cara menghilangkan bekas gatal sekaligus mengurangi rasa gatal yang sering muncul ketika kulit kering.

Mentega jenis ini dapat Anda dapatkan dengan mudah di toko. Jika kesulitan mendapatkannya, Anda juga bisa menggunakan lotion yang mengandung Cocoa Butter.

Caranya :

  • Oleskan cocoa butter pada bekas luka.
  • Diamkan hingga meresap.
  • Lap sisa minyaknya menggunakan kain basah dan hangat.

25. Baking Soda

Cara menghilangkan bekas luka hitam di wajah yang sudah lama dapat memanfaatkan baking soda. Biasa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan komedo, baking soda juga ampuh menghilangkan bekas luka di wajah. Baking soda akan mengangkat sel kulit mati dengan cepat. Dicampur dengan minyak esensial yang memiliki kandungan vitamin E, cara ini juga berfungsi mempecepat regenerasi kulit.

Caranya :

  • Campur satu sendok teh baking soda dengan minyak zaitun atau minyak kelapa.
  • Aduk hingga teksturnya menyerupai pasta.
  • Oleskan pada bekas luka sambil dipijat lembut selama 5 menit.
  • Bilas hingga bersih.

26. Kopi dan Gula

Campuran kopi dan gula memang menghasilkan rasa yang nikmat. Namun, siapa yang menyangka jika campuran kopi dan gula juga bermanfaat sebagai cara menghilangkan bekas luka di wajah. Bubuk kopi dan gula akan menyisakan butiran lembut ketika diseduh. Butiran ini akan membantu exfolating atau pengangkatan sel kulit mati bekas luka hingga warna hitamnya memudar. Jika memiliki waktu luang, Anda juga bisa menggunakan scrub kopi dan gula ke seluruh tubuh sebagai cara memutihkan kulit secara alami.

Caranya :

  • Campur satu sendok teh kopi dengan dua sendok teh gula.
  • Tambahkan sedikit air panas, aduk lalu biarkan hingga hangat.
  • Gunakan campuran ini untuk menggosok area yang memiliki bekas luka.
  • Gosok dengan gerakan memutar hingga tak terlihat lagi butiran gula.
  • Diamkan hingga bekas scrub gula dan kopi kering.
  • Bilas hingga bersih.

Baca Juga: Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Secara Alami, Masker dan Treatment Serta Efek Sampingnya

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah pada Bayi dan Anak

Ada berbagai cara yang anda dapat lakukan agar luka pada bayi atau anak anda tidak membekas. Untuk langkah awal yang harus anda lakukan yaitu adalah:

  1. Rutin memberikan pelembab hipoalergenik. Tujuan memberikan pelembab tersebut pada kulit wajah bayi agar luka cepat membaik.
  2. Beri dan oleskan salep anti radang.
  3. Hindari dan jangan mengelupaskan kulit di sekitar luka.

Cara Menghilangkan Luka di Wajah Menggunakan Produk

Ketika cara alami menghilangkan bekas luka di wajah dinilai kurang praktis dan tak bisa menunjukkan hasil dengan cepat, maka Anda bisa mencoba menghilangkan bekas luka di wajah menggunakan salep atau produk lainnya. Cara ini relatif lebih cepat. Selain itu, Anda juga tak perlu repot mencari bahan alami, cukup dengan membeli obat penghilang bekas luka di apotek dan gunakan sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan.

Bagi Anda yang ingin mencoba cara menghilangkan bekas luka di wajah menggunakan produk, ebberapa merk berikut bisa menjadi rekomendasi untuk Anda.

1. Mederma

Berbentuk gel, produk yang satu ini memiliki bahan utama aloevera. Ditambah dengan Allantoin dan Cepalin, Mederma mampu menghilangkan bekas luka dengan cepat. Produk ini akan terlebih dahulu meratakan bekas luka dan kemudian menyamarkan warna hitam bekas luka secara perlahan.

2. Invicible Scars Advenced Scar Therapy

Bagi Anda yang kerap mengenakan make up, cream ini menjadi solusi cerdas cara menghilangkan bekas luka di wajah. Pasalnya, cream ini dapat digunakan bersamaan dengan make up. Selain itu, obat penghilang bekas luka yang dikemas dalam tube ini juga dapat menghilangkan aneka jenis luka, mulai dari luka bakar, luka gores hingga menghilangkan bekas jerawat.

3. Melanox

Produk penghilang bekas luka yang satu ini pasti tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Melanox sering digunakan sebagai salep penghilang bekas jerawat. Namun, pada nyatanya Melanox juga dapat menghilangkan aneka jenis hyperpigmentasi lainnya, termasuk juga bekas luka akibat luka gores atau luka bakar.

4. Bio Oil

Bio Oil merupakan trobosan satu produk yang mampu mengatasi aneka masalah kulit. Produk beraroma lembut ini dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka di wajah maupun bagian tubuh lainnya. Jika digunakan secara rutin, Bio Oil juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas operasi sesar. Selain itu, Bio Oil juga mampu mencegah dan menghilangkan strech mark, mencerahkan kulit dan mengatasi kulit kering. Namun, perlu diketahui  jika Bio Oil sangat tak dianjurkan untuk luka terbuka.

5. Beauty Facial Extreme Strech Mark Repair Cream

Cara menghilangkan bekas luka di wajah lain yang tergolong mudah adalah dengan menggunakan Beauty Facial Extreme Strech Mark Repair Cream. Dengan kandungan utama allantolin, produk ini mampu menghilangkan bekas luka dan strechmark, baik bekas luka baru maupun bekas luka lama. Selain itu, produk ini juga diklaim mampu meminimalisir perbedaan warna kulit setelah bekas luka menghilang.

6. InstaNatural Scar Gel Cream

produk yang satu ini merupakan solusi untuk mengatasi luka yang sudah lama. Dengan kandungan Gotu Kola, produk ini akan menutrisi kulit dan mengembalikan tekstur kulit sehingga mampu mengatasi keloid, strech mark dan bekas luka.

7. Dermovate Ointment

Salep untuk menghilangkan bekas luka yang sudah teruji khasiatnya adalah Dermovate Ointment. Salep ini tergolong sangat praktis karena bisa langsung dioleskan di atas bekas luka dan cepat meresap ke kulit.

8. Dermatix

Obat untuk menghilangkan bekas luka yang cukup populer lainnya adalah Dermatix. Obat ini bisa digunakan di berbagai area tubuh dan terbukti cepat menghilangkan luka. Harga Dermatix juga tergolong terjangkau dan bisa Anda beli dengan mudah melalui apotek atau situs online.

Metode Untuk Menghilangkan Bekas Luka di Wajah

Cara menghilangkan bekas luka di wajah memang tidak ada yang memberikan hasil instan. Perlu kesabaran dan ketelatenan untuk mengembalikan kulit seperti sediakala. Namun, Anda tak perlu khawatir jika ingin menghilangkan bekas luka dalam satu hari atau secara instan.

Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini sudah banyak teknik menghilangkan bekas luka yang bisa Anda coba. Biaya yang dikeluarkan memang relatif lebih mahal. Namun, cara-cara berikut ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan hasil cepat tanpa repot.

1. Dermabrasi

Dermabrasi merupakan teknik khusus untuk mengelupas lapisan kulit bagian atas. Teknik ini dilakukan oleh ahli yang disebut dermatologis menggunakan alat yang menyerupai sikat atau roda besi. Alat ini akan mengelupas sel kulit mati yang menyebabkan bekas luka hingga 50%. Meski tergolong cepat, sayangnya teknik ini tidak dianjurkan bagi kulit sensitif atau penderita autoimun karena dapat menyebabkan wajah kemerahan, warna kulit lebih gelap hingga wajah bengkak.

2. Peeling Kimiawi

Peeling kimiawi atau biasa juga disebut dengan chemichal peling merupakan teknik pengelupasan bekas luka di wajah menggunakan asam lemah. Dengan menggunakan teknik ini akan mengelupas sel kulit bagian atas dan merangsang pembentukan sel kulit baru. Secara umum, ada 3 jenis cheichal peeling yang bisa dicoba.

  • Deep Peel
    Jenis peel ini mampu menembus lapisan kulit terdalam sehingga cocok untuk menghilangkan luka yang sudah menahun atau bekas akibat luka yang dalam. Cara ini akan membuat wajah Anda diperban sementara waktu dan mengharuskan ganti perban beberapa kali. Hasil akan terlihat jelas setelah 3 minggu tindakan.
  • Superfacial Peel
    Teknik pelling ini diperuntukan khusus menghilangkan bekas luka ringan yang biasa menimbulkan kelainan warna kulit. Teknik ini juga berguna sebagai cara menghilangkan bekas gatal.
  • Medium Peel
    Jenis Peeling kimia yang satu ini akan memperbaiki tekstur kulit sehingga sering juga dijadikan perawatan anti penuaan dini.

Meski banyak varian peeling yang bisa dicoba, tetap saja cara menghilangkan bekas luka di wajah mengunakan teknik ini tak cocok bagi pemilik kulit sensitif. Pengelupasan lapisan kulit bagi pemilik kulit sensitif, penderita eksis dan psoriasis justru akan membuat kondisi kulit lebih parah.

3. Laser

Cara menghilangkan bekas luka dalam 3 hari yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan teknik laser. Sesuai dengan namanya, teknik ini dilakukan dengan menyinarkan sinar laser pada bekas luka di wajah. Jenis laser yang digunakan ada dua macam, yakni eirbium dan karbon dioksida. Dari keduanya, Eirbium merupakan jenis yang minim efek samping. Namun, jenis karbon dioksida adalah yang paling ampuh menghilangkan bekas luka.

Kerugian jika ingin menggunakan terapi laser untuk menghilangkan bekas luka di wajah adalah infeksi, kemungkinan timbul luka baru dan hyperpigmentasi. Selain itu, teknik ini juga sangat tak dianjurkan bagi pemilik kulit gelap.

4. Operasi Plastik

Cara menghilangkan bekas luka di wajah yang paling ekstrem adalah dengan melakukan operasi plastik. Metode ini akan menghasilkan hasil yang lebih baik dibanding metode sebelumnya, hanya saja biaya yang dikeluarkan juga relatif mahal. Selain itu, operasi plastik harus dilakukan oleh orang yang benar-benar ahli karena penampilan wajah menjadi taruhannya. Kesalahan akibat operasi plastik menimbulkan kerusakan permanen dan memerlukan tindakan operasi lanjutan untuk memperbaikinya.

Efek Samping Obat Penghilang Bekas Luka di Wajah

Meski cara menghilangkan bekas luka di wajah merupakan upaya untuk memperbaiki penampilan, bukan berarti hal ini bebas efek samping. Proses menghilangkan luka tetap memiliki efek samping yang harus diwaspadai.

Ketika Anda mencoba menghilangkan bekas luka dengan produk, maka Anda perlu membaca petunjuk pada label kemasan dengan benar. Beberapa produk mungkin dilarang digunakan pada luka terbuka. Selain itu, beberapa produk mungkin juga menunjukkan reaksi yang tak diinginkan. Oleh karena itu, selalu lakukan tes alergi sebelum menggunakan produk pada area luka.

Sama halnya dengan obat untuk menghilangkan bekas luka di wajah, bahan alami untuk menghilangkan luka juga memiliki efek samping tersendiri. Kebanyakan bahan alami yang berguna untuk menghilangkan bekas luka adalah bahan alami yang mengandung vitamin C. Namun, kandungan vitamin C tinggi menimbulkan rasa pedih jika digunakan pada luka yang baru sembuh atau kulit sensitif.

Tips Mencegah Timbulnya Bekas Luka di Wajah

  1. Bersihkan luka dengan bersih.
  2. Perhatikan bahan pembersih luka.
  3. Jagalah luka agar tetap lembab.
  4. Gunakan perban untuk menutup luka.
  5. Hindarilah mengelupas koreng.
  6. Sebaiknya hindari koreng dari terpaan sinar mata hari langsung.
  7. Lakukan pemijatan pada luka menggunakan vitamin e.

Tips Menghilangkan Bekas Luka di Wajah

Selain mempraktekkan cara menghilangkan bekas luka di wajah yang dipaparkan di atas, mengetahui tips menghilangkan luka akan membuat Anda mendapatkan hasil lebih cepat. Beberapa tips menghilangkan bekas luka yang harus Anda ketahui antara lain :

1. Kebersihan Wajahx

Jika Anda ingin menghilangkan bekas luka di wajah menggunakan masker alami, maka kebersihan wajah menjadi hal yang sangat vital. Sebelum mengaplikasikan masker, bersihkan terlebih dahulu wajah menggunakan air hangat. Langkah ini akan membuat pori wajah bersih dan terbuka sehingga bahan alami untuk menghilangkan bekas luka dapat meresap dengan cepat.

2. Tabir Surya

Selama proses penyembuhan luka atau proses penghilangan bekas luka, kulit biasanya lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari. Untuk menghindari hyperpigmentasi atau noda hitam yang lebih parah, maka Anda baiknya menggunakan tabir surya setiap kali keluar rumah.

3. Pelembab Wajah

Menggunakan pelembab wajah juga tak kalah pentingnya jika Anda menginginkan cara menghilangkan bekas luka di wajah bekerja cepat. Menggunakan pelembab akan membuat wajah ternutrisi dan terhidrasi. Dengan demikian, sel kulit yang sempat mengalami kerusakan akibat luka akan pulih dengan lebih cepat.

Baca Juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Bahan Alami, Cream dan Produk Serta Efek Samping

Setelah mengetahui cara menghilangkan bekas luka di wajah secara alami maupun dengan menggunakan obat, baiknya Anda pertimbangkan dahulu khasiat serta efek sampingnya. Perlu juga Anda ketahui jika efek obat akan berbeda antara satu orang dan orang lainnya. Hal ini dipengaruhi oleh ketelatenan, keparahan bekas luka serta jenis kulit yang dimiliki.

Continue Reading

More in Kesehatan

To Top