Connect with us
Cara Mengecilkan Pipi Tembem

Kecantikan

45 Cara Mengecilkan Pipi Tembem dengan Alami, Olahraga, Teknologi, Medis Serta Efek Samping

Cara Mengecilkan Pipi – Memiliki penampilan yang menarik tentu menjadi hal yang diinginkan para wanita. Tapi tidak sedikit wanita yang sering mengeluh karena bentuk pipi yang gemuk atau membesar menjadi penghalang untuk membuat penampilan menjadi lebih maksimal lagi. Sehingga, mereka akan berusaha mencari segala cara mengecilkan pipi tembeb. Ttrkadang pipi yang besar atau gemuk memang membuat rasa percaya diri menghilang, apalagi jika menjadi pusat perhatian banyak orang.

Cara Mengecilkan Pipi Tembem

Sebenarnya pipi tembam juga bisa dibuat menjadi tirus, namun hal tersebut kurang diketahui dengan baik. Selain harus mencari tahu apa saja penyebabnya, anda dapat menggunakan cara mengecilkan pipi alami atau juga menggunakan teknologi canggih untuk membuat pipi tampak tirus.

Penyebab Pipi Menjadi Tembam dan Susah Tirus

1. Faktor Bawaan

Hal pertama yang bisa memberikan pengaruh pada bentuk pipi yang tembam adalah faktor bawaan. Faktor pertama ini memang susah sekali untuk dirubah, bahkan tidak sedikit orang yang berbadan kurus juga bisa mendapatkan pipi tembam. Hal ini dikarenakan tubuh memilih bagian wajah sebagai tempat untuk cadangan lemak yang utama dibandingkan dengan anggota tubuh yang lainnya. Karena memang sudah bawaan, biasanya susah sekali untuk di atasi dan terasa sulit melakukan cara mengecilkan pipi, kecuali dengan tipuan make up.

2. Faktor Gangguan Kesehatan

Waspadai, pipi yang tembam bukan hanya karena faktor bawaan tetapi juga bisa dikatakan sebagai adanya gangguan kesehatan. Beberapa penyakit memang memberikan efek pipi menjadi lebih tembam lagi, misalnya saja seperti infeksi sinus, alergi, gigitan serangga, ginjal, sakit gigi, dan beberapa jenis penyakit lainnya. Namun, jika penyakit sudah bisa disembuhkan maka pipi yang tembam juga bisa berubah menjadi kecil. Penting rasanya untuk mengetahui apa penyebab pipi menjadi tembam agar bisa mengetahui tindakan yang akan diambil. Jadi, cara mengecilkan pipi dalam hal ini adalah dengan menyembuhkan penyakit yang memicunya.

3. Faktor Kurangnya Olahraga

Hidup yang sehat memang menjadi hal yang penting untuk diterapkan. Tidak hanya bisa membantu tubuh agar terhindar dari penyakit, tetapi juga bisa digunakan sebagai cara mengecilkan pipi. Jika kurang olahraga bisa membuat tubuh kurang bergerak dan lemak akan semakin menumpuk. Termasuk juga lemak yang berada di bagian pipi. Untuk itu, sering-seringlah berolahraga agar tidak ada timbunan lemak yang bisa membuat pipi menjadi lebih tembam.

4. Faktor Konsumsi Alkohol

Selanjutnya, pipi yang tembam dan susah untuk tirus juga bisa disebabkan oleh konsumsi alkohol. Tidak peduli jenis alkohol apa yang dikonsumsi, tetapi minuman keras atau minuman yang beralkohol bisa menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi dan efeknya pipi menjadi tembam. Jika ingin melakukan cara mengecilkan pipi, pastikan anda berhenti mengonsumsi alkohol terlebih dahulu.

5. Faktor Dehidrasi

Seperti yang sudah dituliskan di atas, dehidrasi juga bisa menjadi salah satu faktor kenapa pipi menjadi lebih tembam. Ketika tubuh mengalami dehidrasi maka akan terjadi penyimpanan air sebanyak mungkin yang dilakukan. Salah satunya dapat menyimpan di bagian pipi. Jadi tidak heran bahwa dehidrasi bisa membuat wajah dan tubuh menjadi bengkak. Hasilnya pipi akan terlihat lebih tembam lagi. Itulah mengapa sangat penting memperhatikan cairan tubuh jika ingin melakukan cara mengecilkan pipi.

6. Mengkonsumsi Garam Berlebih

Untuk anda yang suka mengkonsumsi garam, siapa yang menyangka bahwa salah satu bahan penambah rasa ini juga bisa menjadi penyebab pipi menjadi lebih tembam lagi. Hal ini dikarenakan adanya kandungan sodium di dalam garam yang memiliki sifat mengikat air di dalam tubuh, termasuk juga bagian wajah. Jika anda sedang ingin menggunakan cara mengecilkan pipi alami, ada baiknya untuk mengurangi konsumsi garam agar tidak berlebihan.

7. Konsumsi Lemak Berlebih Dan Karbohidrat Sederhana

Selain garam, ternyata pipi yang tembam juga bisa disebabkan konsumsi lemak yang terlalu berlebihan. Memilih makanan yang salah juga bisa menyebabkan pipi menjadi lebih tembam. Tetapi bukan hanya makanan berlemak saja, tetap ada juga makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, misalnya seperti roti tawar,pasta, atau pun nasi putih. Jika tubuh mengalami kegemukan maka pipi juga akan ikut menjadi lebih tembam. Cara mengecilkan pipi yang tepat juga membutuhkan kesadaran untuk membatasi konsumsi lemak berlebih serta karbohidrat.

8. Faktor Obesitas

Mungkin anda sudah pernah dengar dan sudah sering tahu bahwa obesitas juga bisa membuat pipi menjadi lebih tembam lagi. Jika tubuh mengalami kegemukan yang berlebihan atau obesitas, otomatis pipi juga akan ikut menjadi lebih besar. Seseorang yang mengalami kegemukan pada pipi karena obesitas memang akan sulit untuk dikecilkan, jadi anda harus menyembuhkan obesitas terlebih dahulu jika ingin mendapatkan pipi yang tirus dan tentu saja akan membutuhkan waktu yang agak lama.

9. Kekurangan Vitamin C

Efek selanjutnya juga bisa dikarenakan kekurangan vitamin C, seperti yang kita tahu bahwa tubuh membutuhkan asupan vitamin yang banyak macamnya. Vitamin C dibutuhkan agar terhindar dari beberapa penyakit dan membuat tubuh mengalami defisiensi vitamin C dan juga beta karoten.

10. Sindrom Cushing

Ada beberapa penyebab yang mungkin tidak diketahui oleh orang lain, misalnya saja pipi tembam yang dikarenakan sindrom cushing. Sindrom cushing sendiri akan muncul pada tubuh jika terlalu lama terekspos dari hormon kortisol atau steroid. Sindrom ini akan memberikan efek pipi yang menjadi tembam dan adanya penumpukan lemak pada beberapa bagian batang tubuh, seperti punggung, perut, wajah, leher.

11. Stress

Stress yang terlalu berlebihan ternyata juga bisa menyebabkan efek samping yang kurang baik untuk penampilan sebab bisa membuat pipi menjadi lebih tembam lagi. Stress akan membuat hormon kortisol meningkat dan memicu terjadinya sindrom cushing. Bukan hanya itu, tetapi stress juga bisa membuat penderitanya banyak makan untuk pelampiasan, jadi akan membuat pipi semakin cepat tembam.

12. Hipotiroidisme

Sudah pernah dengar hipotiroidisme? Penyakit ini juga bisa memberikan salah satu efeknya yaitu pipi bengkak. Bahkan bukan hanya pipi saja yang tembam tetapi juga karena tubuh juga akan menjadi lebih gemuk lagi, konstipasi, kulit menjadi kering, dan juga lelah.

13. Kurang Gizi

Kekurangan gizi tidak membuat pipi menjadi lebih tirus, justru akan membuat pipi menjadi lebih tembek lagi. Untuk membantu tubuh terhindar dari kelaparan maka anda bisa mengkonsumsi makanan yang sehat dan mengenyangkan diri dengan makanan tersebut. Menjaga tubuh agar tetap dalam keadaan ideal bisa membantu anda memiliki penampilan yang menyenangkan untuk dilihat. Jangan sampai tubuh menjadi kekurangan nutrisi dan wajah menjadi lebih bengkak akibat dari dampaknya.

14. Terlalu Sering Mengkonsumsi Makanan Manis

Penyebab selanjutnya, bisa dikarenakan anda terlalu sering mengkonsumsi makanan yang manis-manis sehingga membuat pipi menjadi lebih tembam. Jika terlalu sering mengkonsumsi makanan asin akan memuat air dalam tubuh terikat karena kandungan sodium, makanan yang manis akan membuat wajah menjadi lebih tembam karena kandungan kalori yang tinggi.

15. Kurang Tidur

Selanjutnya, bisa dikarenakan kurang tidur. Seseorang yang sering sekali begadang dan kurang tidur akan membuat tubuh menjadi stress dan adanya kenaikan berat badan. Tentu saja hal tersebut akan berpengaruh pada dampak wajah menjadi lebih bulat.

16. Efek Samping Steroid

Beberapa orang yang mengkonsumsi steroid dengan jangka waktu yang lama bisa memberikan efek samping seperti sindrom cushing yang dapat menyebabkan pipi menjadi lebih bengkak lagi. Jika anda mengkonsumsi obat yang memiliki kandungan steroid maka bisa mendapatkan efek samping wajah menjadi lebih bulat. Ketika hal tersebut terjadi, ada baiknya segar konsultasi dengan dokter agar dapat penanganan.

17. Salah Memilih Model Rambut

Ternyata bukan hanya faktor kesehatan saja yang membuat pipi anda terlihat lebih bulat. Jika anda memiliki pipi yang chubby akan terlihat lebih mencolok ketika menggunakan model rambut yang salah. Model rambut menjadi hal yang sangat penting untuk membuat penampilan anda semakin maksimal. Jika sudah memiliki wajah yang bulat ada baiknya hindari memotong rambut lebih pendek dan tipis. Buatlah rambut menjadi lebih bervolume agar penampilan wajah yang bulat akan terlihat lebih tirus lagi.

18. Salah Frame Kacamata

Selain salah memilih model rambut, buat anda yang menggunakan kacamata juga harus memperhatikan dengan baik frame kacamata yang akan anda gunakan. Jika anda salah pilih frame kacamata, maka bisa membuat pipi menjadi lebih tembam lagi. Untuk pipi chubby ada baiknya untuk menghindari kacamata dengan frame bundar sebab akan membuat pipi terlihat lebih tembam lagi.

Cara Mengecilkan Pipi Secara Alami

1. Konsumsi air putih teratur

cara mengecilkan pipi tembem dengan bahan alami yaitu rutin mengonsumsi air putih. Untuk mengatasi pipi yang tembam atau bulat ada baiknya anda harus mengetahui penyebabnya agar bisa memberikan penanganan yang tepat. Namun, anda juga bisa menggunakan beberapa cara mengecilkan pipi seperti konsumsi air putih secara teratur.

Kebiasaan sederhana mengkonsumsi air putih secara rutin ini akan sangat bermanfaat untuk membuat anda tetap tirus. Lantas kenapa air putih dapat membuat pipi menjadi tirus? Hal tersebut karena tubuh memiliki pasokan yang cukup akan membuat wajah terlihat segar. Tetapi jika tubuh tidak memiliki pasokan air cukup maka akan otomatis melakukan penyimpanan air pada pipi dan mata, sehingga akan membuat pipi terlihat lebih gemuk.

Caranya::

  • Sediakan satu gelas ukuran tanggung dan isi dengan air putih.
  • Konsumsi setiap 2 jam sekali sampai habis 8 gelas.

2. Sering mengunyah permen karet

Ada cara mengecilkan pipi unik yang ternyata sangat manjur untuk membantu mengatasi pipi yang bulat dan membantunya agar terlihat lebih tirus lagi. Kebiasaan mengunyah permen karet dapat membantu melatih otot dagu dan juga otot wajah secara menyeluruh. Bukan hanya itu, mengunyah permen karet juga bisa membantu memperlancar peredaran darah termasuk pada bagian pipi.

Sekalipun hasilnya tidak bisa dilihat dalam waktu yang singkat, tetapi beberapa ahli ternyata sepakat bahwa kebiasaan mengunyah permen karet secara rutin untuk membantu wajah dan juga pipi agar terlihat lebih tirus daripada biasanya.

Caranya:

  • Sediakan permen karet yang anda sukai, jika bisa pastikan untuk memilih permen karet yang tidak mengandung banyak pemanis.
  • Kunyah permen karet dalam waktu luang ketika sedang aktivitas.
  • Lakukan sesering mungkin untuk mendapatkan hasil maksimal.

3. Sering meniup balon

Bukan hanya kebiasaan mengunyah permen karet, tetapi ada juga kebiasaan unik seperti meniup balon yang bisa digunakan untuk membantu meniruskan pipi. Cara mengecilkan pipi ini mungkin kurang dipercaya, tapi ternyata juga cukup ampuh. Ketika anda meniup balon, maka otot pipi juga akan terlatih. Otot pipi yang mengembang dan mengempis ketika meniup balon maka akan mengurangi kadar lemak di dalamnya.

Caranya::

  • Sediakan satu buah balon
  • Kemudian tiup sampai agak besar
  • Selanjutnya anda bisa membuang anginnya lagi
  • Lakukan cara itu sebanyak 10 kali dalam satu hari agar mendapatkan hasil maksimal.

4. Atur postur tubuh tegak dan lurus

Cobalah untuk selalu berdiri tegak dan tidak membungkuk sebab wajah anda akan menjadi lebih tembam lagi jika terlalu sering membungkuk. Ketika anda berdiri atau duduk dalam postur tubuh yang benar dan tegak, maka bisa membantu mengurangi kadar lemak pada wajah dengan lebih baik.

Caranya::

  • Ketika duduk atau pun berdiri, pastikan tetap dalam postur tegak.
  • Lakukan hal ini setiap saat agar mendapatkan hasil yang lebih cepat.

Beberapa Cara Mengecilkan Pipi Dengan Latihan Wajah

1. Gunakan ekspresi wajah seperti ikan

Cara mengecilkan pipi pertama yang bisa digunakan untuk mengecilkan pipi dengan menggunakan latihan wajah adalah dengan membuat ekspresi seperti ikan. Latihan ini akan melatih otot pada pipi dan juga akan mempercepat pembakaran lemak sehingga pipi terlihat lebih tirus lagi.

Caranya:

  • Tarik pipi ke bagian dalam sampai bibir bagian atas dan bawah menjadi tertarik ke depan seperti seekor ikan
  • Jika sudah, anda bisa menahan ekspresi tersebut selama beberapa detik dan berikan istirahat sejenak
  • Kemudian lakukan lagi secara berulang-ulang setiap harinya secara rutin, paling tidak anda bisa melakukannya selama 10 kali berturut-turut.

2. Mengucapkan huruf X dan O

Selain memperagakan ekspresi seperti ikan, anda juga bisa mencoba untuk mengucapkan huruf X dan juga O. Cara mengecilkan pipi ini termasuk cukup efisien untuk membantu membakar lemak di bagian pipi sebab akan membantu memperkuat otot di rahang. Ketika anda menyebutkan huruf X dan O secara berulang kali, maka rahang akan bergerak pada dua arah yang berbeda.

Caranya:

  • Bentuk mulut seperti mengucapkan huruf X dan O
  • Lakukan sebanyak 15 kali dalam sekali coba
  • Istirahat sebentar kemudian lakukan lagi 3 kali lagi.
  • Lakukan cara ini setiap hari.

3. Membuka mulut selama beberapa menit

Selanjutnya, anda juga bisa mencoba latihan dengan membuka mulut selama beberapa detik sebagai cara mengecilkan pipi. Secara tidak kita sadari, ternyata latihan sederhana seperti ini bisa membantu meniruskan pipi sebab membuat rahang menjadi bergerak naik dan turun. Otot rahang akan terlatih dan akan membakar lemak yang berada di bagian pipi.

Caranya:

  • Buka mulut anda selama beberapa detik
  • Tutup kembali beberapa detik
  • Lakukan cara ini secara berulang-ulang sebanyak 10 kali agar lebih cepat tirus

Jangan melakukan gerakan ini secara berlebihan sebab bisa membuat rahang anda menjadi cepat lelah dan membuat anda menjadi tidak nyaman.

4. Mengangkat pipi

Banyak sekali latihan wajah yang bisa anda gunakan untuk membantu meniruskan pipi tanpa bantuan obat-obatan. Selanjutnya, anda bisa mengangkat pipi seperti anda sedang tersenyum. Cara mengecilkan pipi ini memang benar-benar sederhana dan bisa anda lakukan dimana saja sembari melanjutkan aktivitas sehari-hari.

Caranya:

  • Angkatlah pipi anda sampai mata hampir tertutup
  • Kemudian tahan selama beberapa detik
  • Berikan waktu istirahat beberapa detik
  • Lakukan hal tersebut lagi hingga beberapa kali agar pipi menjadi lebih tirus lebih cepat

Gerakan ini memang memberikan banyak manfaat, sebab mengangkat pipi akan membantu membakar lemak dan otot pipi juga akan semakin terlatih.

5. Gerakan berkumur

Gerakkan sederhana selanjutnya bisa dengan menggunakan gerakkan berkumur yang juga bermanfaat untuk membantu meniruskan pipi anda. Gerakkan ini sudah sering sekali dilakukan dalam aktivitas sehari-hari, biasanya ketika menggosok gigi. Untuk melakukannya, anda cukup

Gerakkan berkumur ini bisa membantu meniruskan pipi sebab dapat membantu menghancurkan lemak pada bagian pipi.

Caranya:

  • Menarik nafas dalam dan tutup mulut, selanjutnya anda bisa mengembungkan pipi kanan kemudian ganti pada kiri seperti berkumur.
  • Selanjutnya, anda bisa melakukan gerakkan ini secara rutin sebanyak 3 kali dalam satu hari.

6. Gerakkan lidah memutar dengan mulut tertutup

Cara selanjutnya, anda bisa menggunakan bantuan lidah untuk membantu meniruskan pipi. Gerakkan sederhana dengan memutar lidah akan membantu melatih otot pipi anda. Hal ini juga bisa digunakan untuk membantu mengikis lemak yang ada di pipi agar menjadi lebih tirus lagi.

Caranya:

  • putar lidah dengan menutup mulut
  • Pastikan bagian atas dan bagian bawah gigi tersentuh lidah ketika anda menggerakkan memutar.
  • Putarlah sesuai arah jarum jam selama beberapa kali, kemudian ganti berlawanan dengan arah jarum jam.
  • Cara ini bisa dilakukan selama 3 kali agar mendapatkan hasil pipi tirus yang lebih maksimal lagi.

7. Menjulurkan lidah sepanjang mungkin

Selain menggerakkan lidah memutar dengan mulut yang tertutup, anda juga bisa mencoba latihan wajah dengan menjulurkan lidah sepanjang mungkin untuk membantu mengecilkan pipi. Gerakkan ini akan membantu untuk melatih otot rahang dan juga membakar lemak di sekitar area wajah. Tentu saja hasilnya pipimu akan menjadi lebih tirus lagi dengan cepat.

Caranya:

  • Buka mulut dan julurkan keluar sepanjang mungkin.
  • Pastikan bahwa ujung lidah bisa menyentuh bagian dagu dan cobalah untuk menahannya selama beberapa detik.
  • Berikan waktu untuk istirahat beberapa saat, kemudian anda bisa mencoba melakukannya lagi.
  • Lakukan cara ini sebanyak 10 kali dalam satu hari agar mendapatkan hasil yang lebih cepat.

8. Berikan pijatan ketika melakukan latihan wajah

Ketika sedang melakukan latihan wajah, agar lebih cepat memberikan pipi yang tirus maka anda bisa mencoba untuk memberikan pijatan juga ketika melakukan latihan wajah tersebut. Memberikan pijatan pada area pipi memang sangat berguna untuk membuat pipi menjadi lebih tirus lagi dan membuat pipi menjadi lebih nyaman.

Caranya:

  • Letakkan jari pada bagian pipi, kemudian berikan pijatan secara lembut dengan gerakkan yang melingkar selama beberapa menit.
  • Lakukan cara ini beberapa kali agar memberikan kenyamanan pada pipi dan juga wajah anda.

9. Lakukan senam muka

Senam muka sudah bukan menjadi hal yang asing lagi, semua orang sebenarnya sudah banyak yang tahu tentang senam muka namun kurang banyak yang tahu manfaatnya. Senam muka juga bisa digunakan untuk meniruskan pipi sebab membantu melatih otot pipi dan juga membantu melunturkan lemak yang berada di pipi anda.

Caranya:

  • Ucapkan huruf vocal yaitu A, I, U, E, O dengan gerakkan mulut tapi tanpa memberikan tekanan jadi terasa lebih rileks.
  • Cara mengecilkan pipi ini bisa dilakukan dengan perlahan-lahan awalnya, kemudian percepat dengan gerakkan berulang-ulang.
  • Cara ini bisa membuat wajah anda juga terasa lebih kencang dan segar.

10. Lakukan facial emosional

Seperti senam yoga, anda bisa mencoba untuk melakukan facial emosional yoga agar membantu melatih otot wajah.

Caranya:

  • Gerakkan wajah dengan ekspresi terkejut, marah, melotot, mencibir, dan juga emosi.
  • Lakukan cara mengecilkan pipi ini selama beberapa detik kemudian ambil nafas dan biar beristirahat sebentar agar kembali rileks dan tenang.
  • Lakukan ini beberapa kali.

11. Tepuk wajah dengan handuk dan es batu

Selanjutnya, anda bisa mencoba untuk menepuk wajah dengan bantuan handuk dan juga es batu. Cara mengecilkan pipi dengan es batu bisa bermanfaat untuk membuat tirus pipi dan juga mengencangkan otot wajah.

Caranya:

  • Ambil 2 handuk yang tipis dan letakkan es batu dengan ukuran kecil.
  • Bungkus es batu tersebut dan tepuk-tepuk dengan lembut pada wajah bersama dengan gerakkan pipi pada bagian bawah menuju tulang pipi di bagian atas.
  • Cara ini bisa digunakan untuk membantu membuat lemak di pipi anda stabil.

12. Totok wajah

Totok wajah menjadi cara mengecilkan pipi tembem agar tirus. Totok wajah sendiri sudah sering digunakan untuk membantu membuat kulit rileks. Tetapi siapa yang sangka bahwa totok wajah akan membantu untuk mengencangkan otot pipi dan membuat lemak terangkat.

Caranya:

  • Anda akan membutuhkan bantuan tenaga profesional dalam melakukan totok wajah
  • Pijat dari bagian bawah dagu
  • Mulai tarik secara perlahan-lahan ke arah tulang pipi dan juga sudut mata.
  • Lakukan berulang.

13. Menggunakan teknik pipi miring

Selanjutnya cara mengecilkan pipi yang bisa digunakan dengan menggunakan teknik pipi miring. Mungkin sebagian orang tidak tahu tentang pipi miring.

Caranya:

  • Miringkan pipi dan bagan mulut ke arah kanan setelah itu tahan selama beberapa detik.
  • Selanjutnya, anda bisa menyusul dengan pipi dan bagian mulut ke arah kiri, kemudian tahan lagi selama beberapa detik.
  • Lakukan cara ini bergantian selama beberapa kali agar membantu membakar lemak di pipi yang besar dan juga melatih otot pada pipi.

Cara Mengecilkan Pipi dengan Bantuan Teknologi dan Medis

1. Menggunakan sedot lemak

Cara mengecilkan pipi tembem dan lebar dengan sedot lemak. Mungkin anda sudah sering mendengar tentang sedot lemak yang sering dilakukan beberapa wanita demi mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Tidak hanya bisa digunakan untuk menguruskan badan, tetapi cara sedot lemak juga bisa digunakan untuk mengecilkan bagian pipi saja.

Sedot lemak atau liposuction merupakan metode secara medis dengan cara menyuntikkan cairan pada area yang dituju, misalnya saja pada pipi dengan tujuan mengisap lemak untuk keluar.

2. Menggunakan face lift

Tidak hanya satu metode medis saja yang bisa digunakan untuk membantu mengecilkan pipi yang terlihat gemuk, anda juga bisa mencoba untuk menggunakan face lift. Cara mengecilkan pipi ini sering digunakan sebab dapat membantu untuk mengencangkan kulit kembali. Biasanya dapat dilakukan di rumah sakit atau pun klinik kecantikan.

3. Menggunakan lipoplasti

Ada lipoplasti yang bisa digunakan untuk membantu mengecilkan pipi dengan cara menggunakan gelombang suara dengan frekuensi tinggi agar lemak pada bagian bawah kulit pipi menjadi cair dan bisa dikeluarkan melalui tubuh.

4. Menggunakan buccal fat removal

Sudah pernah dengar teknik buccal fat removal? Teknik ini sebenarnya merupakan operasi plastik yang mungkin sudah sering anda dengar atau bahkan pernah anda lakukan. Untuk membantu mengecilkan pipi, anda bisa menggunakan teknik operasi plastik ini dengan mengangkat jaringan lemak yang ada di sekitar mulut agar mengurangi kadar lemak juga pada bagian pipi.

5. Menggunakan botox

Baru-baru ini banyak sekali metode kecantikan secara medis yang bisa dilakukan dengan mudah, salah satunya adalah dengan menggunakan teknik botox. Karena merasa kurang percaya diri dengan penampilan yang dimiliki, banyak orang yang mencoba untuk menggunakan teknik botox ini. Teknik ini merupakan cara dengan disuntikkan pada otot pipi sehingga otot akan mengalami degenerasi dan membuat pipi anda terlihat lebih tirus lagi.

6. Menggunakan facial belt slimming

Cara mengecilkan pipi tembem dalam waktu 2 hari menggunakan facial belt slimming. Belakangan ini sering sekali mendengar tentang alat untuk menguruskan pipi yang disebut facial belt slimming. Merupakan sabuk untuk mengecilkan pipi dengan praktis. Datang dari teknologi Jepang yang sudah digunakan banyak orang. Fungsi utamanya memang untuk membuat pipi terlihat lebih kecil dan membantu mengangkat pipi dan dagu yang mulai turun. Sabuk untuk pipi ini juga bisa digunakan untuk membentuk wajah yang oval yang banyak diinginkan.

7. Menggunakan face roller

Selain menggunakan sabuk untuk mengecilkan pipi, anda juga bisa mencoba teknologi terbaru yaitu face roller. Face roller juga sudah  cukup terkenal dan banyak digunakan. Alat ini memang berfungsi untuk mengecilkan pipi dengan teknik getaran dimana mampu untuk mengecilkan pipi yang tembam untuk memberikan hasil yang lebih tirus lagi. Sebenarnya produk ini memiliki banyak manfaat seperti melancarkan peredaran darah, bisa melembutkan kulit, dan membantu memperkencang kulit muka. Alat ini banyak diminati karena fungsinya yang banyak dan bekerja dengan efisien.

8. Menggunakan Ion Face Massager setrika wajah

Cara mengecilkan pipi tembem dalam 1 minggu dapat menggunakan ion face massager setrika wajah. Ion Face Massager setrika wajah juga menjadi bagian perkembangan teknologi terbaru yang diminati untuk membantu mengecilkan pipi. Setrika wajah ini akan menghasilkan ion negatif yang sangat bagus untuk perawatan kulit. Hasil yang diberikan, pipi akan mengecil dan wajah juga terasa lebih lembut. Alat ini bisa digunakan dimanapun anda berada dan disela-sela aktivitas sehari-hari.

Efek Samping Mengecilkan Pipi dengan Bantuan Teknologi dan Medis

1. Pendarahan

Efek samping dari beberapa bantuan medis memang beragam, pertama bisa membuat anda mengalami pendarahan. Jika memang sudah terjadi pendarahan, ada baiknya langsung bawa ke dokter atau pun rumah sakit terdekat agar mendapatkan perawatan yang intensif.

2. Memar

Terjadi memar di sekitar area yang terjadi di operasi atau di bagian yang diberikan perawatan medis untuk mengecilkan pipi.

3. Komplikasi obat bius

Ketika menggunakan teknik medis, biasanya ada efek samping berupa komplikasi obat bius dan hal ini tidak bisa dianggap sepele, tentu saja anda harus mendapatkan penanganan dari dokter.

4. Kerusakan saraf wajah

Efek samping lainnya bisa jadi adanya kerusakan pada saraf wajah yang akan mengendalikan otot. Efek samping ini biasanya hanya beberapa saat atau pun bersifat sementara, tetapi tetap harus dikonsultasikan dengan dokter.

5. Hematoma

Hematoma adalah efek samping selanjutnya yang mungkin saja menyerang. Hematoma sendiri merupakan penumpukan darah yang tidak normal dan di luar pembuluh darah. Kondisi ini biasanya dikarenakan dinding pembuluh darah yang rusak dan bocor pada jaringan lain yang sebenarnya tidak sepatutnya. Biasanya kumpulan darah tersebut punya ukuran yang kecil,  tapi bisa juga ukurannya besar sehingga menyebabkan pembengkakan.

6. Infeksi

Terjadi infeksi juga sering dirasakan oleh beberapa orang yang mengecilkan pipi dengan bantuan medis. Infeksi ini bukan hal yang baik dan bisa dibiarkan begitu saja, tentu saja akan memberikan rasa sakit dan butuh penanganan dari dokter.

7. Mati rasa

Efek samping selanjutnya bisa dengan mati rasa yang bisa membaik beberapa hari atau beberapa minggu.

8. Wajah tidak simetris

Ketika menggunakan bantuan medis untuk membantu mengecilkan pipi efek samping selanjutnya bisa juga dua sisi wajah menjadi tidak sama atau tidak simetris. Jika anda mengkhawatirkan hal ini, maka ada baiknya segara periksakan ke dokter spesialis-nya.

Kontur kulit juga bisa rusak dan menjadi tidak simetris. Jika dokter salah dalam mengambil tindakan maka efek samping yang bisa diterima kadang kulit bisa mendapatkan benjolan, keriput, dan kulit menjadi tidak merata. Hal ini jika tidak mendapatkan penanganan maka akan menjadi permanen.

9. Komplikasi ginjal dan jantung

Bukan hanya dalam masalah kulit, tetapi bisa juga terkena komplikasi ginjal dan jantung, sebab ada cairan bius yang masuk di dalam darah dan keluar. Jadi perubahan jumlah cairan di dalam tubuh juga bisa memberikan pengaruh kerja ginjal dan jantung.

10. Kematian

Hal yang parah, bisa juga menyebabkan kematian jika pemilihan proses bius memiliki tingkat resiko. Apalagi jika dokter yang melakukan pelayanan atau pun perawatan tidak professional dan tidak memiliki pengalaman, tentu saja hal ini akan mengkhawatirkan.

11. Kemerahan dan bengkak

Beberapa alat bisa memberikan efek samping seperti alergi kemerahan dan bengkak, namun biasanya akan hilang selama beberapa jam saja. Efek samping seperti ini termasuk bagian efek samping yang ringan. Tapi ada juga efek samping yang memberikan bekas luka yang akhirnya tidak akan bisa hilang.

12. Perih

Ada rasa perih yang biasanya mengikuti dan berlangsung selama 5-7 hari, tetapi hal tersebut memang wajar. Biasanya dokter memberikan resep obat untuk mengatasi rasa perih dan bengkak yang biasanya menjadi efek samping.

Tips Mengecilkan Pipi dengan Pola Hidup Sehat

1. Batasi konsumsi garam dan gula

Selain mencoba untuk mengkonsumsi air putih yang banyak, ada baiknya juga membatasi konsumsi garam dan gula agar pipi menjadi lebih tirus. Pipi yang tembam juga bisa disebabkan kelebihan kadar gula dan garam yang ada pada tubuh. Ketika tubuh menerima pasokan gula dan garam maka akan ada penyimpanan air pada pipi agar tidak terjadi dehidrasi lebih.Tentu saja hal tersebut membuat pipi terlihat lebih tembam lagi.

2. Hindari konsumsi alkohol dan kafein

Untuk anda yang memiliki kebiasaan buruk seperti sering mengkonsumsi alkohol dan kafein ada baiknya segera menghilangkan kebiasaan buruk tersebut dengan lebih cepat. Selain tidak sehat untuk tubuh, ternyata alkohol dan kafein juga bisa membuat pipi menjadi lebih besar dan terlihat semakin tembam. Hal ini dikarenakan alkohol dan kafein dapat membuat tubuh menjadi dehidrasi dan akhirnya tubuh akan mengikat kadar air untuk disimpan.

3. Konsumsi buah dan sayur

Tidak hanya digunakan untuk mendapatkan makanan yang manis, tetapi juga bisa digunakan sebagai cara mengecilkan pipi yang gemuk. Makanan yang sehat seperti buah dan sayur akan memberikan manfaat untuk pipimu. Hal tersebut dikarenakan makanan seperti buah dan sayur punya kandungan air yang banyak sehingga membuat tubuh terhindar dari dehidrasi.

4. Konsumsi kalsium tinggi

Selain mengkonsumsi buah dan sayur, pastikan anda juga mengkonsumsi beberapa makanan atau minuman yang punya kandungan kalsium yang tinggi. Kalsium akan membantu menghindari penumpukan air yang tersimpan pada bagian wajah, termasuk juga pada bagian pipi.

Hasil yang akan diberikan, wajah anda akan terlihat lebih tirus lagi. Ada beberapa jenis makanan dengan kandungan kalsium tinggi yang bisa dikonsumsi seperti susu, keju, telur, kedelai, dan juga yogurt. Cara ini wajib anda coba sebagai cara mengecilkan pipi yang sehat.

5. Sering berolahraga

Olahraga menjadi salah satu cara meniruskan muka yang sangat ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh dan menunjang penampilan agar lebih maksimal lagi. Olahraga akan memperkuat otot tubuh, hal tersebut juga bisa berlaku untuk membuat pipi menjadi lebih kecil lagi. Misalnya saja melakukan olahraga push up yang akan membantu mengikis lemak di pipi.

Ketika anda melakukan olahraga push up, massa otot akan bertambah dan hal tersebut akan memperlancar metabolisme tubuh. Lemak di seluruh pipi yang gemuk bisa dikikis dengan baik dan lebih cepat.

6.  Istirahat cukup

Cara mengecilkan pipi selanjutnya untuk membuat pipi menjadi lebih tirus dengan alami dengan memberikan waktu istirahat yang cukup. Tidur menjadi hal yang sangat penting bagi semua orang, ketika sedang tidur ternyata akan membantu proses pembakaran lemak yang ada di wajah termasuk juga di pipi.

Bahkan sebuah penelitian mengatakan ketika anda memiliki waktu tidur yang cukup, maka proses metabolisme juga menjadi lebih optimal lagi. Pipi akan menjadi lebih tirus dan badan juga akan menjadi lebih sehat lagi.

7. Sering tertawa

Tertawa atau tersenyum menjadi salah satu ibadah yang mudah sekali untuk dilakukan sebagai cara mengecilkan pipi paling mudah. Namun, siapa yang sangka bahwa tertawa dan tersenyum juga bisa digunakan untuk membantu meniruskan pipi yang gemuk. Ketika anda sedang tertawa ataupun tersenyum, otot pada pipi akan terangkat dan membuat lemak akan terbakar secara perlahan-lahan.

Bukan hanya itu, tertawa juga dapat digunakan untuk mengencangkan otot pipi dan juga bagian rahang. Hal tersebut akan membuat struktur wajah menjadi lebih tirus daripada biasanya. Tertawa merupakan cara meniruskan muka alami yang mudah dilakukan sehari-hari.

8. Konsumsi makanan kaya serat

Cara mengecilkan pipi sehat selanjutnya untuk bisa mengecilkan pipi dengan mengkonsumsi makanan yang banyak serat. Misalnya saja seperti kacang polong, pepaya, pisang, brokoli, alpukat, dan beberapa jenis makanan sehat lainnya. Mengkonsumsi makan yang kaya akan serat akan memperlancar metabolisme pada tubuh, sehingga lemak di bagian pipi juga bisa terangkat dan juga bisa membantu detoksifikasi di dalam tubuh anda. Selain dapat mengecilkan pipi ternyata juga bisa digunakan untuk menyehatkan tubuh.

9. Hindari konsumsi junk food

Kebiasaan buruk terkadang memang tidak kita sadari, misalnya saja mengkonsumsi junk food. Makanan ini ternyata bisa membuat pipi anda menjadi lebih gemuk lagi. Junk food memiliki kandungan yang kaya akan minyak dan juga lemak. Maka dari itu disarankan untuk dihindari, banyak sekali jenis makanan junk food yang bisa ditemukan di sekitar kita, misalnya saja keripik, kue dan makanan yang berlemak lainnya. Hindari makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi sebagai cara mengecilkan pipi yang ampuh, sebab Junk food dapat membuat pipi menjadi lebih tembam.

10. Lakukan diet seimbang

Seperti yang diketahui jika pipi yang tembam memang memiliki kandungan lemak yang banyak. Tidak heran jika beberapa cara yang dilakukan untuk mengecilkan pipi memang termasuk cara untuk mengurangi kadar lemak di pipi. Cara mengecilkan pipi ampuh lainnya adalah melakukan diet seimbang setiap harinya, hal tersebut akan memberikan kandungan nutrisi yang penting dan membuat lemak wajah menjadi berkurang.

11. Sering konsumsi kalium

Selain mengkonsumsi kalsium dan beberapa nutrisi lainnya, ada baiknya anda juga mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium seperti pisang, wortel, dan juga bayam sebagai cara mengecilkan pipi. Makanan kalium akan membantu untuk menggelontorkan asupan air dan juga natrium di dalam tubuh, termasuk pada bagian pipi. Air dan natrium merupakan salah satu penyebab kenapa lemak bisa meningkat di dalam tubuh. Jadi konsumsi kalium akan membantu melunturkan lemak juga pada bagian pipi anda.

12. Perhatikan gaya rambut

Memiliki pipi yang tembam memang mengurangi nilai penampilan sebab dapat membuat rasa percaya diri datang kurang maksimal. Sebenarnya anda bisa menipu penampilan pipi yang tembam dengan model rambut yang anda pilih. Pastikan bahwa anda memiliki gaya rambut yang memang cocok digunakan untuk pipi tembam agar menjadi lebih tirus lagi.

Beda lagi jika anda memiliki gaya rambut yang anda pilih ternyata tidak sesuai dengan pipi tembam anda. Jadi, sebelum memilih gaya rambut pastikan anda tahu bagaimana bentuk wajah anda agar membuat penampilan menjadi lebih maksimal lagi dan bisa menutup pipi anda yang tembam.

13. Hindari poni dahi

Selain model rambut, ada baiknya jika anda juga memperhatikan pemberian poni. Hal ini tentu saja memberikan pengaruh pada penampilan. Untuk pipi yang tembam, pastikan anda menghindari memberikan model poni di dahi. Poni dahi memang terlihat lucu dan memberikan kesan yang segar pada wajah anda, tetapi untuk wanita dengan pipi tembam justru akan membuat wajah anda terlihat lebih bulat, gemuk dan lebih penuh lagi.

14. Hindari menggerai rambut

Rambut yang panjang memang membantu menghindari pipi yang tembam, banyak wanita yang lebih memilih menggerai rambut untuk menutup bagian pipi yang tembem padahal hal tersebut justru akan membuat wajah terlihat lebih gemuk dan kurang segar. Untuk itu, ada baiknya untuk mengikat dibelakang seperti ekor kuda, sebab hal tersebut akan membuat wajah anda terlihat lebih segar, rapi, dan juga lebih elegan.

15. Pilih make up yang sesuai

Selain memilih model rambut, anda juga harus memilih make up yang sesuai dengan pipi tembem. Memberikan paduan make up yang sesuai akan membuat pipi menjadi lebih tirus dibandingkan biasanya. Gunakan make up yang akan membantu pipi anda menjadi lebih tirus lagi.

Pada bagian pipi gunakan foundation agar terlihat lebih tirus lagi. Pilih foundation dengan tingkat kecerahan dengan warna lebih gelap 2 tingkat dibandingkan kulit pipi anda. Hasilnya, pipi anda menjadi lebih tirus dibandingkan dengan sebelumnya.

16. Mempertegas tampilan make up mata

Selain memberikan foundation yang tepat, anda juga bisa membuat bagian mata menjadi lebih tegas dan terlihat lebih ekspresif lagi. Pastikan bahwa mata anda terlihat lebih menonjol, sehingga orang akan lebih memperhatikan bagian mata dibandingkan dengan pipi anda yang tembam. Biasanya eyeshadow yang digunakan harus punya warna yang tepat. Kemudian dari berikan eyeliner yang lebih runcing agar ada kesan pipi yang tirus dan mata yang tajam.

17. Berikan warna bibir yang tepat

Selanjutnya, anda juga harus memilih warna bibir yang tepat dan hindari untuk memberikan lip liner yang akan membuat wajahmu terlihat lebih tembam lagi. Lip liner akan memberikan garis dan membuat bibir mungil kamu menjadi lebih tegas. Hal tersebut akan membuat gambaran pipi menjadi lebih tembam lagi.

18. Pilih bentuk alis yang tepat

Selanjutnya, untuk membantu menutupi pipi tembam anda, ada baiknya untuk memberikan riasan alis yang tepat. Gunakan pensil alis yang warnanya tidak terlalu mencolok dan berikan bentuk yang lebih besar dan tegas lagi agar terlihat lebih menonjol dan membantu menyamarkan pipi anda yang tembam. Jika memiliki penampilan yang sesuai maka pipi anda terlihat lebih kecil dan penampilan terlihat lebih menarik.

Itulah beberapa cara mengecilkan pipi dan membuat wajah tampak tirus yang dapat anda lakukan. Dengan mengetahui apa saja penyebabnya, maka anda dapat membuat muka anda tampak tirus. Kemudian, perhatikan pula jika anda ingin menggunakan berbagai teknologi canggih yang tersedia saat ini.

Jangan lupa untuk konsultasi kan dengan dokter yang anda kenal mengenai resiko, efek samping, serta tingkat kesuksesan dalam penggunaan teknologi tersebut untuk menunjang penampilan anda. Terakhir, jika anda menggunakan cara alami, pastikan anda melakukannya secara rutin agar menghasilkan hasil yang optimal. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Continue Reading

More in Kecantikan

To Top