Connect with us
Cara Mengatasi Wajah Berminyak

Kecantikan

57 Cara Mengatasi Wajah Berminyak dengan Bahan alami, Masker, Pelembab dan Sabun

Cara Mengatasi Wajah Berminyak – Memiliki wajah berminyak bagi sebagian orang terkadang kurang efektif, banyak juga yang jengkel dengan cara yang selama ini diyakininya karena minyak belebih tersebut sangat bandel. Memang tidak mudah untuk menghilangkan minyak di wajah ini, terlebih karena factor genetik. Ada banyak cara sebenarnya untuk mengatasi wajah yang memiliki minyak berlebih ini, bisa dengan cara alami, bahan-bahan alami atau bisa juga menggunakan pelembab seperti masker yang di jual dengan berbagai merk.

Cara Mengatasi Wajah Berminyak

Cara perawatan tersebut tentunya sesuai dengan kebutuhan Anda. mungkin Anda pilih cara yang alami, pakai bahan-bahan alami atau menggunakan yang praktis. Nah kali ini kami akan berbagi mengenai penyebab wajah bermiyak serta cara dalam mengatasi wajah berminyak secara alami maupun dengan cara praktis.

Penyebab Kulit Wajah Gampang Berminyak.

1. Fluktuasi Hormon

Adanya kelebihan hormon tentunya bisa memicu kelenjar sebasea memproduksi sebum. Kulit dengan minyak berlebih ini juga bisa dipengaruhi oleh adanya faktor genetik. Biasanya juga dalam hal ini pada wanita, saat premenopause dan selama masa hamil, kulit wajahnya akan lebih gampang untuk berminyak dari biasanya.

2. Faktor Lingkungan

Adanya perubahan yang ada di lingkungan juga menjadi sebagai salah satu pemicu produksi minyak yang berlebih. Pada saat cuaca sedang lembap, akan menjadikan kulit menjadi gampang berkeringat sehingga ini akan banyak yang keluar. Maka dari itu Anda juga harus rutin membersihkan bagian wajah, untuk mengatasinya bisa menggunakan produk minyak yang berlebih.

3. Penggunaan produk kosmetik yang berlebihan

Kalau Anda terlalu sering melakukan eksfoliasi, kemudian mencuci wajah dan scrubing ini juga bisa merusak kulit Anda. Penggunaan produk kosmetik atau make up yang berlebihan ini tentunya juga dapat menyebabkan kulit menjadi lebih gampang serta  berminyak.

4. Stres

Pada saat stress ini tidak hanya kondisi tubuh saja, namun yang terganggu yaitu kulit juga akan mengalami permasalah. Ketika seseorang itu sedang stres, maka ini akan menjadikan kulit melakukan produksi berlebihan hormon androgen yang bisa menyebabkan kulit berminyak. Jadi dalam menjaga kesehatan mental dan pikiran tentunya juga akan sangat penting bagi kesehatan dan kecantikan kulitmu.

5. Pola Makan

Anda bisa mengurangi konsumsi makanan yang berminyak dan pedas, kemudian makanan cepat saji, produk olahan, serta berbagai produk yang menggunakan pemanis supaya kulit tidak gampang berminyak. Dalam hal ini sebagai gantinya, maka Anda bisa memperbanyak konsumsi buah-buahan yaitu seperti mentimun, jeruk, dan alpukat dan berbagai aneka sayur serta ikan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan pada kulit.

Nah, sekiranya dengan penyebab tersebut tentunya Anda yang memiliki wajah berminyak tau mengenai bagaimana cara mengatasi wajah berminyak, bagaimana caranya?

Cara Mengatasi Wajah Berminyak dengan Masker Bahan Alami

1. Masker Buah tomat

Tomat merupakan salah satu buah yang kaya akan manfaat, selain bisa dikonsumsi tomat ini juga bisa digunakan untuk perawatan kulit. Untuk Anda yang memiliki wajah berminyak bisa menggunakan tomat ini sebagai masker. Jika Anda menggunakan buah tomat ini sebagai masker, maka akan menjadikan kulit wajah yang berminyak bisa menjadi lebih bersinar. karena mempunyai dalam pengelupasan sel kulit mati secara alami.

Bahan :

  • Siapkan Bahan 3 buah tomat segar

Cara pembuatan :

  • Hancurkan tomat bisa menggunakan blender, pokoknya bisa halus / teksturenya menjadi lembut.
  • Jika sudah halus tuangkan dalam wadah, pastikan kalau wadah tersebut bersih.

Cara penggunaan :

  • Pertama oleskan pada bagian wajah secara merata,
  • Diamkan 1 jam dan setelah itu bilas dengan air hangat sampai bersih

2. Kombinasi Masker dengan tomat, lemon dan oatmeal

Tomat yang digunakan untuk masker ini akan lebih manjur lagi kalau di kombinasikan dengan beberapa bahan, seperti lemon dan oatmeal. Selain bisa menghilangkan minyak ini juga bisa mengatasi adanya jerawat dan bintik hitam pada wajah. Selain itu jika Anda menggunakannya  secara rutin dengan kombinasi dari ketiga bahan ini tentunya bisa menghaluskan kulit, karena terdapat agen mikrobiologis yang bisa mengangkat sel kulit mati di wajah.

Bahan  :

  • Pertama Anda siapkan bahan yaitu berupa 1 tomat yang masak dipotong-potong seperti dadu kecil.
  • Siapkan 1 sendok makan oatmeal dan perasan jeruk lemon.

Cara pembuatan :

  • Jika bahan tersebut sudah terkumpul, selanjutnya hancurkan seluruh bahan dengan memakai blender sampai semuanya tercampur rata menjadi satu dan kental.
  • Tuangkan ke dalam wadah yang bersih.

Cara penggunaan :

Cara penggunaanya yaitu dengan kita mengoleskan pada wajah, supaya bisa merata Anda bisa menggunakan alat bantu kuas yang bersih. Hindari area mata, dan jika sudah maka selanjutnya Anda diamkan selama kurang lebih 15-20 menit lalu bilas memakai air hangat sampai bersih.

3. Masker wajah putih telur

Kita tahu bahwa putih telur ini mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi, serta bisa memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Selain itu, putih telur sangat efektif jika digunakan untuk memperkecil memori, menyerap minyak pada wajah dsb.

Bahan  :

  • Siapkan bahan sebanyak 2-5 buah telur,
  • Siapkan 1 sendok makan air perasan jeruk nipis.

Cara pembuatan  :

  • Jika bahan tersebut sudah Anda siapkan, selanjutnya yaitu baru pecahkan telur dan pisahkan antara putih telur dengan kuning telur. Lalu Anda ambil putih telurnya saja.
  • Jika putih telur sudah Anda ambil, baru selanjutnya Anda masukan putih telur ke dalam wadah, selanjutnyaa tambahkan jeruk nipis.
  • Kocok bahan yang sudah Anda campur sampai merata dan membentuk sedikit busa.
  • Diamkan kurang lebih selama 1 menit sampai adonan sedikit kaku.

Cara penggunaan  :

Oleskan pada bagian wajah, supaya olesannya lebih merata Anda bisa menggunakan kuas dan hindari mengoleskan pada area mata. Anda bisa mengaplikasikan sampai 3 atau 4 lapisan. Kalau sudah di oleskan maka berikutnya diamkan selama 10-15 menit sampai masker pada wajah mengering. Selanjutnya bilas wajah dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

4. Masker wajah dari papaya

Papaya buah ini memang enak untuk dimakan, selain itu papaya ternyata juga bermanfaat untuk menghilangkan kulit wajah yang berminyak. Mungkin Anda kaget dengan hal ini? Ya, papaya ini bisa menghilangkan sel kulit mati dan antioksidan, selain itu juga bisa menghambat proses penuaan.

Bahan  :

  • Siapkan bahan sebanyak 250 gram buah pepaya

Cara membuat  :

  • Pertama kupas kulitn pepaya dan dibuang bijinya.
  • Setelah itu baru Anda hancurkan pepaya dengan memakai blender sampai teksturnya sangat lembut.

Cara penggunaan  :      

Cara penggunaan sama dengan cara yang sebelumnya yaitu dengan cara mengoleskannya pada wajah dengan memakai kuas supaya lebih merata. Sebaiknya hindari area mata, jika sudah merata kemudian diamkan kurang lebih selama 15-20 menit. Bilas wajah dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

5. Masker wajah dari pisang dan madu

Masker wajah selanjutnya yaitu dari pisang dan madu, bahan ini bisa mengatasi wajah yang berminyak dan sekaligus wajah yang berjerawat. Selain itu, dari penggunaan dua bahan ini pada masker tidak akan meninggalkan bekas hitam yang ada pada titik jerawat sesudah  pemakaiannya.

Bahan  :

  • 1 buah pisang yang sudah dikupas kulitnya dan siapkan
  • 1 sendok makan madu.

Cara membuat  :

  • Jika bahan sudah terkumpul maka bisa Anda hancurkan pisang dengan memakai blender sampai teksturnya menjadi lembut. Kalau sudah halus baru Anda tuangkan ke dalam wadah.
  • Selanjutnya tambah dengan madu dan aduk kembali sampai merata.

Cara menggunakan :

Oleskan pada wajah dengan memakai kuas supaya hasilnya merata, jangan lupa hindari area mata. Diamkan kurang lebih selama 20 menit, berikutnya bilas wajah dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

6. Masker wajah dari apel

Buah apel ini memiliki kandungan aktioksidan yang juga cukup tinggi, sehingga ini bisa mencegah terjadinya kerusakan pada sel kulit wajah. Selain itu itu juga memiliki kegunaan untuk mengatasi serta merawat kulit dengan tipikal berminyak. Dalam hal ini Anda bisa mengkombinasikan apel dan madu sehingga mampu untuk mengangkat sel-sel mati dan bisa  mendorong pengelupasan kulit sehingga ini akan menjadikan kulit menjadi lebih lembut.

Bahan :

  • Siapkan bahan terlebih dahulu dengan 1 buah apel yang dibuang bijinya.
  • 10 ml air tawar
  • 1 sendok makan madu.

Cara membuat :

  • Cara membuatnya dengan hancurkan terlebih dahulu buah apel menggunakan blender.
  • Kalau sudah hancur baru Anda tuang ke dalam wadah yang sudah Anda bersihkan terlebih dahulu.
  • Langkah selanjutnya Anda tambahkan air dan madu, lalu aduk seluruh bahan secara merata memakai sendok atau spatula.

Cara penggunaan :

Anda bisa mengoleskan pada wajah dengan menggunakan kuas yang bersih secara merata. Anda bisa menghindari area mata. Selanjutnya diamkan kurang lebih selama 10-15 menit. Anda bisa membilas wajah dengan memakai air hangat sampai bersih.

7. Masker wajah dengan lidah buaya

Aloevera dalam bahasa latinnya, yang kita kenal dengan nama lidah buaya ini juga bisa digunakan untuk perawatan rambut namun tak di sangka ternyata bisa digunakan untuk mengatasi wajah berminyak. Selain itu juga bisa menghilangkan jerawat dan untuk menghilangkan bintik hitam pada wajah.

Bahan :

  • Sediakan bahan lidah buaya kurang lebih sebanyak 250 gram.

Cara membuat  :

  • Selanjutnya lidah buaya di cuci sampai bersih, lebih baik gunakan air yang mengalir.
  • Kupas kulit lidah buaya, dan potong-potong lidah buaya membentuk seperti dadu.
  • Ekstrak lidah buaya menggunakan blender, sampai membentuk sepetu gel.
  • Pisahkan ampas dan gel.
  • Langkah yang terakhir tuangkan gel lidah buaya ke wadah, dan pastikan wadah tersebut bersih.

Cara Penggunaan  :

Langkah penggunaannya yaitu dengan membersihkan wajah dan tangan terlebih dahulu dengan memakai air, selanjutnya tepuk-tepukkan sisa air pada wajah sampai mongering. Anda bisa menggunakan jari tangan untuk mengolesnya. Jangan lupa oleskan secara merata, dan hindari mengoleskan pada area mata. Jika sudah Anda oleh maka selanjutnya diamkan selama 10-15 menit. Langkah yang terakhir bilas wajah dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

8. Masker wajah kombinasi susu dan madu

Selanjutnya yaitu menggunakan susu dan madu, yang bisa menutrisi kulit berminyak dengan sangat baik. Hal ini dikarenakan kandungan lemak yang terdapat di dalamnya bisa  melembabkan kulit wajah.

Bahan  :

  • Siapkan terlebih dahulu 3 sendok makan susu rendah lemak atau bisa Anda menggunakan susu fermentasi yang tawar (yoghurt).
  • Siapkan 3 sendok makan madu.

Cara membuat  :

  • Pertama Anda biarkan susu atau yoghurt tersebut mendekati suhu ruangan, untuk membuat masker ini Anda lebih baik jangan gunakan susu yang dingin karena biasanya akan membuat shock kulit wajah.
  • Berikutnya Anda campurkan susu dan madu. Kemudian aduk hingga merata sampai terbentuk seperti pasta yang sangat lembut.

Cara penggunaan :

Untuk penggunaan masker ini yaitu caranya dengan mengoleskan bahan yang sudah kita buat tadi pada wajah secara merata. Untuk meratakan pengolesan Anda bisa menggunakan kuas. Selanjutnya diamkan kurang lebih selama 10-15 menit. Untuk proses finishingnya Anda bersihkan wajah dengan memakai gerakan yang memutar untuk mengangkat sel kulit mati tersebut.

9. Masker wajah dari jeruk

Jeruk salah satu buah yang cukup lezat untuk di konsumsi, masker jeruk sangat bagus untuk Anda gunakan untuk proses peremajaan kulit dan menghilangkan minyak berlebih pada wajah. Jeruk yang memiliki kandungan vitamin C yang merupakan asa sitrat dan astringen, yang dimana bahan itu sebagai salah satu bahan berguna untuk terjadinya pertumbuhan sel kulit baru. Sehingga ini tentunya bisa membuat kulit yang asalnya berminyak dan berjerawat menjadi lebih bersih.

Bahan  :

  • Siapkan 2 buah jeruk yang dikupas kulitnya.
  • Siapkan 25-50 ml air tawar.

Cara membuat  :

  • Selanjutnya hancurkan terlebih dahulu jeruk dengan memakai blender. Berikutya anda bisa menambahkan sedikit demi sedikit air sampai memperoleh komposisi yang pas, yaitu akan berbetuk seperti pasta.
  • Perlu Anda ingat untuk hati-hati dalam menambahkan air, karena jika terlalu banyak air akan membuat masker menjadi terlalu tipis dan terlalu cair.

Cara penggunaan :

Cara penggunaanya yaitu dengan mengoleskan pada wajah dengan memakai kuas, sehingga bisa  merata dan dalam hal ini Anda hindari area mata. Berikutnya jika sudah selesai maka bisa diamkan kurang lebih selama 20-25 menit. Lalu Ada bilas wajah dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

10. Masker wajah dari baking soda

Baking soda, ya tentunya ini sudah sangat kita kenal. Ternyata baking soda ini mampu untuk membuat kulit berminyak reda. Kenapa demikian? Ya karena baking soda ini mampu untuk  membantu menyeimbangkan pH yang ada pada kulit wajah. Sehingga dengan adanya keseimbangan tersebut menjadikan pengaruh positif pada jenis kulit yang berminyak dan berjerawat. Dengan menggunakan masker ini tentunya juga bisa mengangkat sel kulit mati, sehingga adanya produksi kelenjar minyak dalam wajah bisa berlangsung dengan sangat baik.

Bahan  :

  • Siapkan terlebih dahulu 250 gram baking soda
  • 250 ml air.

Cara membuat  :

  • Pertama Anda campurkan baking soda dan air ke dalam satu wadah.
  • Jika sudah di letakkan dalam satu wadah Anda aduk semua bahan secara merata sampai konsistensi sempurna dan membentuk seperti pasta yang kental.

Cara penggunaan :

Untuk cara penggunaannya yaitu Anda bersihkan wajah terlebih dahulu dengan menggunakan air. Jika wajah sudah bersih, berikutnya Anda olehsakan masker dengan memakai tangan, ketika mengoleskan sambil Anda pijat dengan menggunakan gerakan memutar kurang lebih selama 2 menit, lalu diamkan selama 15-20 menit. Yang terakhir Anda bilas dengan menggunakan air hangat.

11. Masker wajah Menggunakan bawang putih

Bawang putih, yang kita kenal memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selainitu ternyata bawang putih ini juga bisa digunakan untuk mengurangi kadar minyak pada wajah, jika penggunaannya benar. Anda bisa menggunakannya sebagai masker wajah.

Bahan  :

  • Siapkan bahan 6-8 bawang putih yang dikupas kulitnya.
  • Siapkan air atau gel dari lidah buaya.

Cara membuat  :

  • Ekstrak bawang putih dengan memakai blender sehingga berbentuk seperti jus.
  • Setelah halus Anda tuangkan dalam wadah dan ambil 1 sendok makan jus bawang putih, lalu tuangkan pada wadah yang terpisah.
  • Berikutnya tambahkan 1 sendok air atau gel aloe vera, dan Aduk sampai merata.

Cara penggunaan  :

  • Pertama Anda bersihkan wajah dengan menggunakan air dan tepuk-tepuk bilasan air yang tersisa terdapat pada wajah dengan memakai tangan yang sudah dicuci bersih.
  • Selanjutnya Anda oleskan masker dengan memakai kuas, ini supaya bisa merata pada wajah.
  • Jika sudah Anda oleskan, baru diamkan selama 5-10 menit. Lalu bilas dengan menggunakan air hangat.
  • Langkah yang terakhir keringkan wajah dengan cara menepuk-nepukkan air yang tersisa pada wajah.

12. Masker wajah menggunakan teh hijau (green tea)

The hijau selain memiliki rasa yang segar juga bisa digunakan untuk mengatasi wajah yang berminyak, hal ini karena enzim dan kandungan vitamin B6 dan asam azelaic yang membantu proses tersebut peremajaan kulit dengan sangat baik.

Bahan  :

  • 200 gram green tea cincang halus,
  • Siapkan air secukupnya.

Cara membuat  :

  • Pertama Anda ekstrak green tea dengan food processor sampai lembut.
  • Beri tambahan sedikit air sedikit kalau terlalu padat. Haluskan sampai bentuknya menyerupai pasta yang sangat lembut.
  • Kalau sudah baru tuang ke dalam wadah yang bersih.

Cara penggunaan  :

  • Bersihkan terlebih dahulu wajah dengan air hangat
  • Oleskan masker yang sudah Anda buat tadi dengan kuas supaya bisa merata di wajah.
  • Diamkan kurang lebih selama 20-30 menit.
  • Bilas dengan air dingin dan keringkan wajah.

13. Masker wajah dengan daun mint

Daun mint ini memiliki kandungan mentol yang dimana daun mint ini berkerja sebagai anti inflamasi alami, daun mint ini tentunya membuat kulit wajah lebih segar. Dengan menggunakan masker dari bahan daun mint ini akan dapat menghilangkan minyak yang berlebih pada wajah dengan sangat cepat.

Bahan  :

  • 200 gram daun mint yang cincang halus.
  • Air hangat dan dingin secukupnya.

Cara membuat :

  • Ekstrak daun mint dengan blender atau haluskan dengan mortar sampai lembut
  • Berikan tambahan air sebanyak 2-3 sendok, kalau masih terlalu padat Anda haluskan sampai menyerupai pasta yang lembut.
  • Tuangkan dalam wadah yang bersih.

Cara penggunaan  :

  • Pertama Anda bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat.
  • Oleskan masker yang sudah Anda buat tadi dengan memakai kuas supaya bisa merata hasil olesannya.
  • Diamkan selama 20-30 menit.
  • Bilas menggunakan air dingin.
  • Yang terakhir keringkan wajah dengan cara menepuk-nepukan air yang tersisa pada wajah.

14. Masker wajah kombinasi alpukat dan madu

Avokad dan madu kali ini bisa Anda padukan untuk pembuatan masker, kandungan vitamin dan nutrisi yang terdapat pada buah avokad ini bisa membantu untuk menghilangkan minyak pada wajah. Selain itu kulit juga akan terasa lebih lembut.

Bahan  :

  • 1 buah avokad
  • 1 sendok makan madu.

Cara membuat  :

  • campurkan dua bahan diatas avokad dan madu.
  • Haluskan kedua bahan tersebut sampai terbentuk menyerupai pasta yang lembut.
  • Tuangkan ke wadah yang bersih.

Cara penggunaan  :

  • Bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat.
  • Oleskan masker dengan memakai kuas supaya merata pada wajah.
  • Diamkan 15-20 menit sampai mengering.
  • Jika sudah Anda bisa membilasnya dengan air dingin.
  • Keringkan wajah dengan cara menepuk-nepukan air yang tersisa.

15. Masker wajah dengan kombinasi stroberi dan madu

Stroberi ini merupakan sebagai salah satu buah alami yang memiliki banyak kandungan salisat yang sangat direkomendasikan oleh peneliti dunia kalau buah tersebut bisa digunakan untuk perawatan kulit wajah. Dengan manjadikan buah ini sebagai masker tentunya akan dapat  mengurangi adanya kelebihan minyak yang ada di wajah. Kalau hal tersebut Anda lakukan secara rutin dan telaten akan ini tentu saja akan dapat membuat kulit menjadi lebih cerah dalam waktu sekaligus.

Bahan  :

  • 2-3 butir stroberi
  • 2 sendok makan madu.

Cara membuat  :

  • Pertama Anda hancurkan buah stroberi sampai halus dengan memakai blender
  • Jika sudah halus tuang kedalam wadah.
  • Lalu tambahkan madu, kemudian haluskan kembali dengan memakai blender sampai tercampur merata.

Cara penggunaan  :

  • Straberi dan campurannya yang sudah halus tadi bisa Anda oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya, bisa memakai kuas supaya lebih merata.
  • Jika sudah di oleskan baru diamkan selama 15 menit.
  • Selanjutnya bilas dengan menggunakan air hangat pada bilasan pertama.
  • Setelah itu baru yang terakhir bilas dengan air dingin.

16. Masker wajah kombinasi stroberi dan yoghurt

Ini adalah salah satu resep yang dianjurkan oleh Janice Cox yang merupakan sebagai seorang penulis buku Natural Beauty at Home, dia mengatakan bahwa kombinasi dari stroberi dan yoghurt ini bisa mengatasi kulit berminyak.

Bahan :

  • 250 gram stroberi segar (ingat jangan menggunakan stroberi yang sudah dibekukan/ harus stroberi yang segar).
  • 50 ml yoghurt tawar yang tidak memiliki rasa.

Cara membuat  :

  • Biarkan terlebih dahulu stroberi dan yoghurt tersebut mendekati suhu kamar, jangan menggunakannya jika salah satu bahan terlalu dingin.
  • Blender kedua bahan tersebut sampai lembut.
  • Jika sudah lembut baru kemudian tuang ke dalam wadah yang bersih.

Cara penggunaan :

  • Seperti masker yang lainnya yaitu dengan mengoleskan pada wajah dengan merata menggunakan kuas yang bersih.
  • Diamkan selama kurang lebih dalam waktu 10-15 menit.
  • Baru langkah yang terakhir yaitu bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

17. Masker wajah kombinasi stroberi, lemon, dan bubur tanah liat

Kalau tadi hanya menggunakan strawberi, kemudian dipadukan dengan yoghurt sekarang straberi dipadukan dengan lemon dan bubur tanah liat. Pastinya Anda penasaran, perlu Anda ketahui bahwa masker yang menggunakan bahan ini sangatlah baik digunakkan untuk membersihkan serta dapat membantu pengelupasan sel kulit mati dan menghilangkan minyak pada wajah.

Bahan :

  • 8 buah stroberi segar.
  • 2-3 tetes perasan air jeruk lemon.
  • 1 sendok teh bubuk green clay.

Cara membuat  :

  • Campurkan semua bahan dalam satu wadah.
  • Aduk seluruh bahan sampai merata dengan di blender.
  • Tuangkan hasil yang sudah halus, yaitu hasilnya seperti pasta.

Cara penggunaan :

  • Oleskan hasil racikan tadi ke wajah dan leher dengan menggunakan kuas dengan merata.
  • Hindari pengolesan tesebut, jangan sampai mengenai area mata.
  • Tunggu kurang lebih selama dalam waktu 15-20 menit.
  • Bersihkan dengan menggunakan air dingin.

18. Masker wajah kombinasi stroberi, yoghurt, putih telur, dan lemon

Masker yang dibuat dengan empat kombinasi bahan alami ini sangatlah baik untuk membersihkan serta menutupi pori-pori. Dengan racikan tersebut maka akan dapat mengeksfoliasi dan menutrisi kulit wajah. Selain itu masker ini juga bisa membantu menghilangkan kadar minyak yang berlebihan dengan sangat baik.

Bahan :

Anda bisa menyiapkan beberapa bahan yang akan di campur dan di jadikan masker, diantaranya yaitu:

  • 8 buah stroberi yang masih segar.
  • 1 sdt yoghurt tawar.
  • 1 butir telur, dan ambil putih telurnya saja.
  • Lemon ambil 3-4 tetesan perasan saja.

Cara pembuatan :

  • Pertama hancurkan stroberi dengan memakai garpu pada satu wadah yang bersih.
  • Pada wadah yang terpisah kocok putih telur sampai berbusa.
  • Kemudian tuangkan buah stroberi ke dalam kocokan telur tadi.
  • Tambah dengan yoghurt dan perasan jeruk lemon.
  • Aduk secara merata sampai terbentuk seperti pasta lembut.

Cara penggunaan :

  • Langkah yang pertama untuk pemakaiannya yaitu dengan mengoleskan pada wajah dengan kuas ini supaya olesan bisa merata.
  • Hindari mengoleskan pada area mata.
  • Diamkan dalam waktu kurang lebih selama 15 menit
  • Setelah itu Anda bilas dengan memakai air hangat sampai bersih.

19. Masker wajah kombinasi buah kiwi, putih telur, dan lemon

Berikutnya ini juga kombinasi beberapa bahan alami diantaranya yaitu ada buah kiwi, putih telur dan lemon. Bahan alami ini memiliki kandungan vitamin yang dibutuhkan oleh kulit, selain itu juga bisa menghilangkan minyak berlebih pada wajah.

Bahan :

  • 1 buah kiwi jangan lupa kupas kulitnya.
  • 1 butir telur ambil putihnya.
  • 1 sdt perasan jeruk lemon.

Cara pembuatan :

  • Blender buah kiwi yang sudah di kupas tadi.
  • Lalu tambahkan putih telur yang sudah di pisahkan dari kuingnya dan perasan air lemon.
  • Baru kemudian campurkan semua bahan ke blender sampai terbentuk seperti saus pasta yang sangat lembut.

Cara penggunaan :

  • Kalau sudah jadi baru kemudian oleskan pada wajah dengan kuas supaya merata.
  • Hindari penggunaan masker alami tersebut pada area mata.
  • Diamkan kurang lebih selama 10 menit
  • Bilas dengan air hangat sampai bersih.

20. Masker wajah kombinasi timun, putih telur, madu, lemon, dan daun mint

Kombinasi selanjutnya yaitu dengan menggunakan lebih banyak bahan yaitu timun, putih telur, madu, lemon, dan daun mint. Kombinasi bahan alami ini dapat membersihkan kotoran yang terdapat pada pori-pori wajah serta bisa mengangkat kelebihan minyak, kemudian juga bisa menyegarkan dan menutrisi kulit wajah.

Bahan :

  • 3 sdm parutan timun.
  • 1 butir telur (ambil putihnya).
  • 1 sdm madu.
  • 2-3 lembar daun mint.

Cara pembuatan :

  • campurkan parutan timun dan putih telur dengan blender hingga membentuk busa.
  • Tuangkan ke dalam wadah yang bersih. Iris daun mint hingga halus.
  • Tambahkan ke dalam wadah yang berisi timun dan putih telur.
  • Tambahkan perasan jeruk lemon.
  • Aduk secara merata dengan menggunakan sendok atau spatula.

Cara penggunaan :

  • Pertama oleskan pada wajah dengan memakai kuas supaya bisa merata
  • Hindari pengolesan di area mata.
  • Diamkan kurang lebih selama 15 menit
  • Jika sudah Anda bilas dengan memakai air hangat sampai bersih.

21. Masker wajah kombinasi timun, royal jelly, dan green clay

Masker dengan bahan kombinasi selanjutnya yaitu menggunakan 3 bahan yaitu ada timun, royal jelly, dan green clay. Masker ini bisa menghidrasi dan melembutkan kulit wajah. Selain itu, masker tersebut bisa menghilangkan kelebihan minyak pada wajah, selain itu juga bisa menjadikan bakteri alami pada kulit wajah.

Bahan :

Beberapa bahan yang harus Anda siapkan, diantaranya yaitu:

  • 4 sdm jus mentimun. Cara membuatnya dengan memakai 1 buah timun segar, cuci bersih, hancurkan dengan blender, dan kemudian pisahkan ampas dan ekstrak timun tersebut.
  • ½ sdt royal jelly.
  • 2 sdm bubuk green clay.

Cara pembuatan :

  • Bahan yang sudah tersedia tersebut selanjutnya di capur semuanya dalam satu wadah yang bersih.
  • Aduk sampai merata, dan terbentuk seperti pasta yang lembut.

Cara penggunaan :

  • Pasta yang sudah tersedia tersebut oleskan pada bagian wajah dengan memakai kuas yang bersih dengan merata.
  • Hindari pemakaian pada area mata.
  • Diamkan kurang lebih selama 20 menit.
  • Bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

22. Masker wajah masker wajah kombinasi mentimun, putih telur, lemon, dan tanah liat

Nah kombinasi yang juga cukup menarik untuk dijadikan sebagai masker selanjutnya yaitu mentimun, putih telur, lemon, dan tanah liat. Dari keempat bahan tersebut tentunya akan sangat mempengaruhi proses terjadinya regenerasi sel dan jaringan yang rusak yang diakibatkan oleh adanya minyak berlebih.

Bahan :

  • 1 buah mentimun yang masih segar di cuci bersih.
  • 1 butir telur yang diambil putih telurnya saja.
  • 1 buah lemon dan peras airnya.
  • ½ sdt bubuk tanah liat.

Cara membuat :

  • Pertama Anda hancurkan mentimun dengan menggunakan blender, untuk memperoleh hasil yang maksimal sebaiknya Anda gunakan kecepatan rendah.
  • Jika sudah halus Anda masukkan jus mentimun ke dalam wadah.
  • Campurkan semua hasil jus mentimun dengan beberapa bahan yang sudah Anda siapkan tadi yaitu putih telur, perasan jeruk lemon, dan tanah liat. Dari kesemuanya Aduk secara merata.

Cara penggunaan :

  • Pertama oleskan ka bagian wajah dengan hati-hati memakai kuas yang bersih secara merata.
  • Hindari penggunaan pada area mata.
  • Tunggu kurang lebih selama 10-20 menit.
  • Bersihkan dengan memakai air hangat dan selanjutnya bilas hingga bersih.

23. Masker wajah kombinasi oatmeal, wortel, madu, dan lemon

Selanjutnya yaitu masker yang menggunakan kombinasi bahan oatmeal, wortel, madu, dan lemon. Dari keempat bahan tersebut mampu untuk membersihkan kotoran yang tersumbat pada pori-pori wajah, kemudian bisa memberika nutrisi kulit wajah serta bisa meningkatkan warna dan kecerahan kulit wajah.

Bahan :

  • 3 sdm bubuk oatmeal.
  • 2 sdm ekstrak jus wortel, pembuatannya dengan dijus, dengan menggunakan1 buah wortel cuci bersih. Hancurkan dengan blender lalu pisahkan ampas dengan ekstrak jus wortel.
  • 1 sdm madu.
  • 1 sdm perasan air jeruk lemon.

Cara pembuatan :

  • Pertama dengan cara mencampurkan seluruh bahan kedalam satu wadah yang bersih.
  • Aduk secara merata sampai bahan-bahan tersebut terbentuk seperti pasta yang lembut.

Cara penggunaan :

  • Langkah yang pertama Anda oleskan pada wajah dengan hati-hati memakai kuas yang bersih dengan merata.
  • Hindari mengoleskan pada area mata.
  • Tunggu kurang lebih selama 15 menit.
  • Bersihkan dengan memakai air hangat dan bilas sampai bersih.

24. Masker wajah kombinasi oatmeal, madu, dan cuka apel

Kombinasi menggunakan ketiga bahan madu, oatmeal, dan cuka apel ini bisa membersihkan kotoran yang terdapat pada pori-pori kulit wajah. Selain itu tentu saja bisa menyerap kelebihan minyak yang terdapat pada bagian wajah.

Bahan :

  • 2 sdm bubuk oatmeal.
  • 1 sdm madu.
  • 3 sdm cuka apel.

Cara membuat :

  • Bahan yang sudah tersedia Anda campurkan ke dalam satu wadah yang bersih.
  • Aduk dengan merata sampai terbentuk seperti pasta sehingga bisa lembut.

Cara penggunaan :

  • Pengguaannya yang pertama tentu saja seperti biasanya dengan dioleskan pada wajah secara hati-hati dengan memakai kuas yang bersih dengan merata.
  • Hindari pengolesan pada area mata.
  • Tunggu kurang lebih selama 20-30 menit.
  • Bersihkan dengan menggunakan air hangat dan bilas hingga bersih.

25. Masker wajah kombinasi oatmeal, yoghurt, dan madu

Masker ini menggunakan 3 komposisi, yaitu ada oatmeal, yoghurt dan madu. Dari ketiga bahan tersebut sangat penting sekali untuk bisa meningkatkan kelembapan kulit. Selain itu tentunya  masker ini juga bisa mengurangi jerawat dan juga sekaligus untuk menghilangkan bekas jerawat tersebut dengan Anda menggunakannya secara teratur.

Bahan :

  • 3 sdt bubuk oatmeal.
  • 2 sdt yoghurt tawar.
  • ½ sdt madu.

Cara membuat :

  • Bahan yang sudah tersedia dicampurkan ke seluruh bahan dengn menggunakan satu wadah yang bersih.
  • Aduk dengan merata sampai bentuknya seperti pasta yang lembut.

Cara penggunaan :

  • Langkah yang pertama Anda oleskan pada wajah dengan memakai kuas yang bersih secara merata.
  • Hindari penggunaan masker pada area mata.
  • Diamkan kurang lebih selama 15 menit lalu bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

26. Masker wajah kombinasi lemon, ragi, minyak daun mint, minyak asiri, dan yoghurt

Kombinasi alami pada bahan-bahan alami ini dapat membersihkan kotoran pada pori-pori dan menutup kembali pori-pori tersebut. Selain itu, masker ini dapat mengatur kadar minyak pada wajah, mencegah dan merawat kulit yang berjerawat.

Bahan :

  • 3-4 tetes air perasan dari jeruk lemon
  • 2 tetes minyak ekstrak dari daun mint
  • 2 tetes minyak asiri.
  • 2 sdt ragi
  • 1 sdt yoghurt tawar

Cara membuat :

  • Pertama Anda campurkan seluruh bahan kedalam satu wadah yang bersih.
  • Aduk sampai merata sehingga berbentuk seperti pasta yang lembut.

Cara penggunaan:

  • Langkah yang pertama Anda oleskan pada wajah dengan memakai kuas yang bersih secara merata.
  • Hindari penggunaan di area mata.
  • Diamkan kurang lebih selama 15 menit
  • Selanjutnya Anda bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

27. Masker wajah kombinasi tomat, tanah liat, dan lemon

Bahan dengan kombinasi tomat, tanah liat serta lemon ini sangat baik dalam menghidrasi kulit wajah, kemudian menyerap kelebihan minyak serta bisa mencerahkan kulit. Kemudian Anda bisa membuatnya dan menemukan bahan dengan sangat mudah.

Bahan:

  • Tomat segar 1buah
  • 2 sdt tanah liat
  • 1 sdm perasan air jeruk.

Cara membuat masker:

  • Langkah yang pertama Anda campurkan terlebih dahulu seluruh bahan dalam satu wadah yang bersih.
  • Aduk merata sampai memiliki bentuk seperti pasta yang lembut.

Cara penggunaan:

  • Pertama Anda oleskan pada wajah dengan menggunakan kuas yang bersih secara merata.
  • Hindari pemakaian pada area mata.
  • Diamkan kurang lebih selama 15 menit
  • kemudian bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

28. Masker wajah kombinasi jeruk, bubuk green clay, dan tepung jagung

Penggunaan masker dengan kombinasi ketiga bahan ini berfungsi untuk menghidrasi kulit wajah, menyerap kelebihan minyak serta menghilangkan kotoran yang menempel pada wajah.

Bahan:

  • 3 sdt perasan air jeruk
  • 1 sdt bubuk green clay
  • 1 sdt tepung jagung.

Cara buat:

  • Pertama campurkan seluruh bahan kedalam satu wadah yang bersih
  • Selanjutnya aduk sampai merata sehingga terbentuk seperti pasta yang lembut.

Cara penggunaan:

  • Langkah yang pertama Anda oleskan pada wajah dengan memakai kuas yang bersih supaya bisa merata dengan.
  • Hindari penggunaan pada area sekitar mata.
  • Diamkan kurang lebih selama 15 menit
  • Jika sudah maka Anda bilas dengan dengan air hangat sampai bersih.

29. Masker wajah kombinasi jeruk dan ekstrak lidah buaya

Masker dengan menggunakan kombinasi dua bahan alami ini tentunya bisa menghidrasi serta bisa menyerap kelebihan minyak yang terdapat pada kulit wajah, selain itu juga bisa  menghilangkan kotoran yang menempel terdapat pada bagian wajah.

Bahan:

  • 4 sdt jus jeruk segar.
  • 4 sdt gel lidah buaya

Cara pembuatan:

  • Pertama Anda campurkan seluruh bahan kedalam satu wadah yang bersih.
  • Aduk sampai merata sehingga terbentuk seperti pasta yang lembut.

Cara penggunaan:

  • Langkah yang pertama Anda oleskan pada wajah dengan menggunakan kuas yang bersih secara merata.
  • Hindari mengoleskan pada area mata.
  • Diamkan kurang lebih selama 15 menit
  • Kalau sudah maka Anda bisa membilas dengan air hangat sampai bersih.

30. Masker wajah kombinasi olive oil, yoghurt, bubuk tanah liat, dan minyak eucalyptus

Masker dengan kombinasi bahan ini mampu menghidrasi dan menyerap kelebihan minyak pada kulit wajah dan menghilangkan kotoran yang menempel pada wajah.

Bahan:

  • 1 sendok teh olive oil
  • 1 sendok the yoghurt tawar
  • 1 sendok teh bubuk tanah liat
  • 2 tetes minyak daun eucalyptus.

Cara membuat masker wajah:

  • campurkan seluruh bahan dalam satu wadah yang bersih.
  • Aduk secara merata hingga terbentuk seperti pasta yang lembut.

Cara penggunaan:

  • oleskan pada wajah dan leher dengan kuas yang bersih secara merata.
  • Hindari penggunaan pada area mata.
  • Tunggu selama 20 menit
  • kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih.

31. Masker wajah kombinasi apel, lemon, sage, dan buah rosemary

Masker selanjutnya yaitu yang memiliki kombinasi bahan apel, lemon, sage, dan buah rosemary. Dengan beberapa komposisi bahan tersebut tentunya sangat baik untuk menutrisi dan mencerahkan kulit wajah serta menghilanglan minyak pada kulit wajah.

Bahan:

  • 1 buah apel merah yang masih segar.
  • 2-4 tetes perasan air jeruk lemon.
  • ½ sdt ekstrak sage.
  • ½ sdt ekstrak rosemary.

Cara pembuatan:

  • Langkah yang pertama didihkan buah apel sampai buah apel menjadi sedikit lembut.
  • Selanjutnya buang bijinya
  • Hancurkan buahnya dengan menggunakan blender.
  • Selanjutnya Anda tambahkan perasan air jeruk lemon, ekstrak sage, dan rosemary ke blender.
  • Yang terakhir Anda hancurkan kembali semua bahan sampai memiliki bentuk seperti pasta yang lembut.

Cara penggunaan:

  • Pertama Anda oleskan pada wajah dan leher dengan kuas yang bersih supaya bisa merata dengan baik.
  • Hindari penggunaan di area mata.
  • Tunggu dan diamkan selama 20 menit
  • Terakhir Anda bilas dengan meggunakan air hangat sampai bersih.

32. Masker wajah kombinasi buah bit, minyak daun mint, dan bubuk tanah liat

Masker dengan menggunakan bahan kombinasi bahan buah bit, minyak daun mint, dan bubuk tanah liat ini sangat baik dalam menyerap kelebihan produksi jaringan minyak selain itu dengan masker ini juga bisa menghilangkan sisa-sisa bahan yang kurang bersih.

Bahan:

  • 1 ½ sdt jus buah bit.
  • 1 sdt bubuk tanah liat.
  • 5 tetes ekstrak minyak daun mint.

Cara pembuatan:

  • Pertama Anda camburkan jus buah bit dengan menggunakan bubuk tanah liat.
  • Langkah kedua Anda tambahkan sedikit demi sedikit tetesan ekstrak minyak daun mint.
  • Aduk terus sampai merata.

Cara penggunaan:

  • Langkah awal Anda bisa mengoleskan pada wajah dan leher dengan menggunakan kuas supaya merata.
  • Hindari penggunaan di bagian area mata.
  • Tunggu dan diamkan selama 20 menit
  • Terakhir Anda bilas dengan air hangat hingga bersih.

33. Masker wajah kombinasi teh hijau, madu, bubuk tanah liat, dan lidah buaya

Masker dengan kombinasi bahan teh hijau, madu, bubuk tanah liat, dan lidah buaya ini sangat mantab kalau Anda gunakan, karena bisa menghidrasi, melembapkan dan melembutkan kulit wajah. sehingga dengan menggunakan masker ini bisa membuat kulit wajah menjadi lebih  elastisitas serta bisa menyerap kelebihan minyak dan menghilangkan jerawat yang terdapat pada kulit wajah.

Bahan :

  • 2 sdt bubuk teh hijau.
  • 1 Sdt madu.
  • 2 sdt bubuk tanah liat.
  • 1 buah daun lidah buaya dan bersihkan.
  • Ambil buahnya dan kemudian haluskan dengan blender sampai terbentuk gel lalu tuangkan ke dalam wadah dan ambil 1 sdt gel lidah buaya tersebut.

Cara pembuatan:

  • Langkah yang pertama Anda campurkan teh hijau, madu, bubuk tanah liat dan gel dari lidah buaya ke dalam satu wadah yang bersih.
  • Anda aduk seluruh bahan sampai bisa merata dan memiliki bentuk seperti pasta yang lembut.

Cara penggunaan:

  • Oleskan pada bagian wajah dan leher dengan menggunakan kuas yang bersih supaya bisa merata.
  • Hindari pemakaian pada area mata.
  • Tunggu sebentar kurang lebih selama 15-20 menit
  • Yang terakhir bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

34. Masker wajah kombinasi pisang, yoghurt, minyak daun mint, dan bubuk tanah liat

Masker yang terdiri dari kombinasi bahan pisang, yoghurt, minyak daun mint, dan bubuk tanah liat ini sangat baik untuk menutrisi dan menghidrasi kulit wajah. Sehingga masker ini memiliki fungsi utama untuk membantu untuk mengatur kadar minyak wajah.

Bahan:

  • 1 sdt pisang yang telah dihaluskan.
  • 1 sdt yoghurt.
  • 5 tetes minyak daun mint.
  • ½ sdt bubuk tanah liat.

Cara pembuatan:

  • Pertama Anda campurkan seluruh bahan ke dalam satu wadah yang bersih.
  • Aduk dengan merata sampai memiliki bentuk seperti pasta yang lembut.

Cara penggunaan:

  • Oleskan ke bagian wajah serta leher dengan menggunakan kuas yang bersih supaya
  • Hindari mengoleskan pada area mata.
  • Tunggu kurang lebih selama 20 menit
  • Terakhir Anda bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

35. Masker wajah kombinasi pisang, madu, dan lemon

Masker dengan memakai kombinasi pisang, madu, dan lemon ini bisa menjaga kelembapan kulit serta menghilangkan minyak pada wajah. Selain itu juga bisa mengeksfoliasi sel kulit mati pada wajah.

Bahan:

  • 3 sdt pisang yang telah dihaluskan.
  • 1 sdt madu,
  • 2-3 tetes jus lemon.

Cara pembuatan:

  • Pertama campurkan seluruh bahan kedalam satu wadah.
  • Aduk merata sampai terbentuk seperti pasta yang lembut.

Cara penggunaan:

  • oleskan ke bagian wajah dan leher dengan menggunakan kuas yang bersih dengan
  • Hindari pemakaian pada area mata.
  • Tunggu kurang lebih selama 20 menit selanjutnya Anda bilas dengan menggunakan air hangat hingga bersih.

36. Masker wajah kombinasi lemon dan madu

Lemon memiliki kandungan zat asam yang bisa dikatakan cukup tinggi, dan ini secara alami bisa mencerahkan kulit. Dengan adanya kombinasi lemon dan madu maka tentu saja bisa membantu dalam membuat kulit menjadi cerah dan bersinar serta bisa meminimalisir dan bahkan menghilanghkan minyak pada wajah.

Bahan:

  • lemon segar 1 buah Anda peras airnya,
  • 1 sdm madu.

Cara pembuatan:

  • Pertama Anda campurkan air perasan jeruk lemon dengan madu kedalam satu wadah,
  • Aduk pelan terus-menerus dengan memakai sendok sampai komposisi lemon dan madu tersebut merata.

Cara penggunaan:

  • Langkah pertama Anda oleskan pada wajah dengan memakai kuas yang bersih pada bagian wajah secara merata,
  • Hindari mengoleskan pada area mata.
  • Diamkan kurang lebih selama 30 menit
  • Jika sudah maka bilas dengan menggunakan air hangat hingga bersih.

Selain dengan menggunakan bahan-bahan alami, juga ada cara mengatasi wajah berminyak alami tanpa menggunakan berbagai macam bahan.

Tips Menghilangkan Minyak Berlebih Pada Wajah dengan Cara Alami

1. Membersihkan Dengan Wajah Rutin

Mencuci wajah dengan rutin tentunya akan dapat membersihkan wajah yang berminyak, selain itu cara ini menjaga wajah supaya tidak timbulnya berbagai permasalahan kulit. Biasanya kulit yang berminyak ini memiliki kesempatan tertutupnya pori-pori dari kotoran. Selain itu bakteri juga mempunyai kesempatan besar untuk tumbuh serta berkembang biak di sana. Maka dari itu membersihkan secara rutin solusi menhaga kulit wajah yang berminyak ini.

2. Memakai Pembersih Wajah yang Tepat

Untuk Anda yang memiliki wajah berminyak ini selanjutnya bisa mengurangi kadar minyak berlebih dengan cara menggunakan pembersih wajah. Ada banyak pembersih wajah ini, namun tentunya Anda bisa memilih yang khusus untuk kulit berminyak.

3. Memilih Produk Makeup secara Bijaksana

Tahukah Anda, kalau produk make up tertentu ternyata bisa mempengaruhi produksi minyak yang berlebih pada wajah serta bisa saja akan menyumbat pori-pori. Memang kebanyakan produk kosmetik selalu demikian, maka dari itu dalam pemilihan produk make up ini perlu untuk Anda perhatikan dengan bijak dan lebih baik konsultasikan ke dklinik atau dokter kecantikan mengenai make up yang pas untuk kulit Anda.

4. Membersihkan Makeup sebelum Tidur

Jangan menunda-nunda untuk membersihkan make up dari wajah Anda sebelum tidur, dengan Anda membersihkan make up sebelum tidur tidak akan menyumbat minya yang keluar. Sehingga ini tidak menyebabkan masalah yang lainnya. Anda bisa menggunakan produk pembersih wajah yang tepat.

5. Menggunakan Air Hangat untuk Mencuci Wajah

Memang seperti yang kita tahu kebanyakan orang akan lebih memilih memakai air dingin pada saat membersihkan wajah karena memang ini dianggap lebih menyegarkan. Akan tetapi untuk type kulit yang berminyak, maka air hangat ini dapat membuat minyak semakin berkurag menjadi lebih efektif dibandingkan dengan air dingin. Jadi, setiap Anda mencuci wajah sebaiknya memakai air hangat mulai dari sekarang.

Namun untuk Anda yang ingin menggunakan cara yang lebih cepat dan praktis maka bisa menggunakan berbagai produk tersebut.

Cara Menghilangkan Wajah Berminyak dengan Produk

Merk Masker untuk Menghilangkan Kulit berminyak

1. The Body Shop Himalayan Charcoal Purifying Glow Mask

Masker ini memiliki bahan dasar dari vegan yang memiliki kandungan charcoal atau arang bambu, minyak daun teh dan teh hijau. Bahan-bahan ini memiliki sifat yang eksfoliasi, yaitu yang bisa membersihkan kulit secara mendalam. Masker ini bisa mengangkat sel kulit mati, racun serta kotoran yang bisa saja menyumbat pori-pori. Selain bisa mengurangi kadar minyak berlebih, masker yang satu ini bisa membuat wajah lebih sehat berkilau.

Masker ini diformulasikan tanpa menggunakan parabens, paraffin, silikonserta mineral berbahaya lainnya. maka dari itu kalau ditanya apakah masker ini aman? Tentu saja ini sangatlah aman digunakan untuk berbagai jenis kulit. Masker ini bisa Anda dapatkan dengan harga yang cukup murah yaitu Rp. 299.000.

2. Mustika Ratu Masker Bengkoang

Masker yang ini memiliki 2 kemasan, yaitu dalam bentuk bubuk dan tube, selain memiliki bentuk yang berbeda cara pemakainnya juga berbeda. Untuk yang jenis bubuk ini lebih memberikan rasa tarikan pada wajah, namun untuk yang varian tube lebih praktis tanpa perlu di cairkan terlebih dahulu. Akan tetapi dari kedua masker tersebut sama-sama memberikan kelembutan pada wajah sesudah dibilas.

Karena memang masker wajah berminyak memiliki kandungan ekstrak umbi bengkoang, akar manis serta vitamin C. tidak hanya untuk menghilangkan wajah berminyak namun juga memiliki khasiat yang bisa membantu kulit wajah menjadi terasa lebih kencang, lebih cerah dan tentu saja bisa menyamarkan noda hitam. Mengenai masalah penggunaan, bisa digunakan dengan sesering mungkin. Harganya juga cukup murah yaitu mulai dari Rp. 13.000

3. Hanasui Naturgo Black Mask

Ini merupakan salah satu produk kecantika yang bisa membuat maksimal penampilanmu, yang jelas ini merupakan masker yang bisa mengurangi kadar minyak yang ada pada wajah. Hanasui Naturgo Black Mask ini merupakan masker lumpur yang dibuat dari Collagen dan dicampur dengan menggunakan mineral laut lain yang pastinya memiliki manfaat lebih untuk kulit wajah. Pastinya kandungan yang ada di dalamnya, akan membantu wajahmu terlihat lebih cantik dan sehat.

Selain memiliki fungsi untuk mengurangi minyak yang ada pada wajah, masker ini juga bisa mempercepat meregenerasi sel kulit dan meningkatkan produksi ceramide sehingga tentu saja akan mampu memproteksi kulit dari bakteri. Masker yang satu ini sangat cocok untuk semua jenis kulit, dan mudah digunakan karena memiliki sifat peel-off. Harganya sangat ekonomis hanya dengan Rp. 3.000/Pcs

4. The Face Shop Real Nature Mask

Masker ini memiliki banyak varian yang tentunya bisa Anda pilih sesuai dengan selera. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan selera, seperti dari minyak zaitune, mentimun, alpukat, lemot maupun herbal. Dengan adanya kandungan bahan alami tentu saja aman digunakan untuk wajah yang terdapat didalamnya, dan pastinya membuat aman untuk kulit wajah kamu. Selain bisa menghilangkan minyak yang terdapat pada wajah, masker ini juga bisa membantu untuk mempercepat proses pelembapan. Mengenai haranya juga cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp. 13.000/pcs.

5. Papa Recipe Bombee Honey Mask

Masker ini memiliki kandungan madu, kemudian propolis yang bersifat sebagai antibiotik alami, dan sari buah pepaya yang memiliki kandungan vitamin A, C dan E. Madu yang kita ketahui banyak sekali manfaat yang dimiliki, begitupun ketika terkandung dalam masker tersebut. Dengan adanya campuran bahan diatas pastinya membuat kulit memiliki kelembapan yang cukup tinggi. Dengan cara Anda menggunakannya selama sekitar 20 -30 menit, maka bisa merasakan manfaat dari masker madu ini. Harganyapun juga tidak terlalu mahal, tentunya setara dengan hasil yang akan Anda peroleh. Yaitu mulai dari Rp. 30.000/pcs.

6. Etude House Therapy Air Face Mask – Aloe Vera

Masker ini juga mempunyai beberapa varian yang cukup lengkap, diantaranya yaitu ada Aloe (lidah buaya), Zucchini, dll. Tentunya beberapa varian itu bisa  memberikan nutrisi kulit wajah yang sedang Anda butuhkan. Harga dari masker ini juga sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp. 12.500

7. Himalaya Purifying Neem Mask

Ini merupakan sebagai salah satu produk herbal yang berasal dari India. Tidak hanya mengusung konsep kecantikan saja, akan tetapi juga kesehatan. Masker ini memiliki bahan dasar dari tanaman herbal seperti seperti Nimba, Kunyit, dan Fullers Earth. Manfaat dari masker tentu saja yang utama yaitu mengontrol kadar minyak wajah. Selain fungsi utamanya masih banyak lagi yaitu seperti  mengangkat kotoran, mengecilkan pori-pori, mencegah terjadinya jerawat dst.

Saat Anda gunakan maka akan mendapatkan sensadi yang dingin serta bisa menenangkan kulit wajah. Mengenai teksturnya yaitu memiliki warna hijau dan tidak terlalu kental me, sehingga ini sangat mudah untuk diaplikasikan. Harganya yaitu mulai dari Rp. 40.000-an

8. Vienna Face Mask Melted Chocolate

Sekarang yang terkahir, ini merupakan salah satu masker dari brand local. Namun tidak bisa dipandang sebelah mata. Masker ini bisa memberikan nutrisi pada kulit, sehingga bisa menghasilkan kelembapan yang ekstra tentu saja bisa menghilangkan minyak berlebih dari kulit wajah. Selain itu masker tersebut juga bisa mengangkat komedo dengan cukup baik, terutama pada sekitar hidung kamu. Masker ini memiliki tekstur yang sedikit lebih kental yaitu seperti whipping cream, dan memiliki aroma yang nyaman. Harga yang ditawarkan yaitu sangat bersahabat mulai dari Rp. 8.000.

Menggunakan bahan yang praktis bisa kita temukan di berbagai klinik kecantikan atau tempat yang lainnya, maka Anda juga harus tahu mengenai beberapa hal yang cukup penting sebagai catatan sebelum Anda benar-benar menggunakan masker wajah tersebut.

Tips Penting Sebelum Menggunakan Masker Wajah

  1. Sebaiknya masker wajah ini digunakan 1 sampai dengan 2 kali dalam waktu satu minggu selama 20 menit. Hal tersebut tentunya bermanfaat untuk memberikan kesempatan bagi kulit wajah supaya bisa bernafas serta untuk menjaga keseimbangan minyak supaya tidak berlebih atau terlalu kering.
  2. Sebelum Anda menggunakan masker wajah, maka pastikan terlebih dahulu mengenai daftar kandungan yang terdapat pada label produk. Jika Anda menemukan kandungan Alkohol pada masker wajah yang Anda pilih maka segeralah untuk beralih dan pilih produk yang lainnya saja. Karena alkohol dapat membuat kulit wajah Anda menjadi terasa kering.
  3. Tidak perlu menggunakan masker wajah setiap hari, tapi ingatlah kalau jenis kulit dan rutinitas Anda tersebut berbeda. Artinya, efek dari Anda mengunakan masker wajah setiap hari pastinya tidak menjamin terjadi juga ada pada diri Anda.
  4. Jadi, dalam hal ini Anda cukup dengan menggunakan masker wajah satu sampai dengan dua kali seminggu dan kemudian jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih dan tidur yang cukup. Karena dengan minum air putih yang cukup maka Anda bisa memperoleh kulit wajah yang cerah bersinar sepanjang hari.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bopeng dengan Bahan Alami, Krim dan Obat Serta Efek Samping

Merk Pelembab Wajah Paling Sesuai Untuk Kulit Wajah Yang Berminyak

Memang ada banyak bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk melembabkan kulit wajah yang berminyak, namun jika Anda lebih memilih cara yang praktis dan tidak membuang banyak waktu Anda juga bisa menggunakan beberapa pelembab wajah yang praktis untuk Anda gunakan, berikut ini beberapa pelembab yang bisa Anda gunakan.

1. Wardah Nature Daily Witch Hazel Purifying Moisturizer Gel

Pertama yaitu dari wardah yang dimana untuk pelembab yangsatu ini memiliki teksture gel dan memang diformulasikan khusus untuk kulit wajah yang berminyak.

Pelembab yang satu ini memiliki kombinasi bahan aktif naturalnya yang memiliki kandungan ekstrak witch Hazel yang bisa membantu dalam melembabkan kulit berminyak serta memperkecil pori-pori wajah. Untuk teksturnya juga sangat  ringan dan juga sangat cocok untuk kulit remajamu dan tentunya juga akan membuat kulit wajahmu menjadi mudah meresapnya. Harganya juga sangat terjangkau yaitu Rp. 20.000,00

2. Inez Anti Acne Moisturizing Lotion

Pelembab yang satu ini memiliki kandungan asam salisilat yang bisa bekerja untuk melawan jerawat serta bisa membantu untuk proses pengelupasan sel kulit matu. Selain itu Inez Anti Acne Moisturizing Lotion ini memiliki kandungan  Allantoin yang bisa merangsang proses regenerasi sel kulit baru dan Extract Cinnamon dan Glycine yang didalamnya juga bisa digunakan untuk mencegah jerawat serta bakteri yang dalam hal ini dapat mengganggu kulit wajahmu. Mengenai harganya sangat murah yaitu hanya dengan harga Rp. 36.500 Anda sudah bisa memperolehnya.

3. Erha21 Acne Clear Lab Clarifying Gel

Erha ini memang untuk saat ini sudah menjadi sebagai salah satu klinik kecantikan. Selain sebagai klinik kecantikan, Erha pun kini juga meluncurkan produk-produk skin care yang salah satunya yaitu sebagai Acne Clear Lab Clarifying Gel.

Pelembab yang satu ini tentunya sangat cocok digunakan untuk kamu yang memiliki kulit wajah berminyak. Ini karena pelembab yang satu ini ia dapat mengontrol produksi minyak berlebih. Selain itu juga bisa mengurangi adanya produksi jerawat. Pasti saja produk ini sangat aman untuk Anda gunakan kalau wajah yang Anda miliki tersebut sensitive. Mengenai masalah harganya sangatlah terjangkau yaitu mulai dari harga Rp. 97.500.

4. Olay Total Effect 7 in One Day Cream Gentle

Olay ini memang sudah terkenal sebagai salah satu cream pelembab kulit wajah. Cream ini sengaja di formulasikan khusus untuk menentang adanya 7 efek penuaan dan tidak hanya itu saja, ternyata pelembab yang satu ini bisa mengatasi kulit yang kusam, kemudian juga dengan adanya garis halus serta keriput.

Cream untuk wajah berminyak yang satu ini memang sengaja diciptakan bagi semua jenis kulit, sehingga hal tersebut tentunya membuat kulit berminyak yang Anda miliki bisa  tetap menggunakannya. Selain itu, mengenai masalah pelembab ini juga sangat  cocok untuk kulit sensitive. Soal harganya Anda bisa mulai dari harga Rp. 86.000.

5. Cetaphil Daily Facial Moisturizer SPF 15 PA++

Cetaphil ini merupakan sebagai salah satu cream pelembab yang memiliki kandungan alami. Nah produk ini juga aman digunakan oleh ibu hamil, Selain itu, pelembab ini juga mempunyai SPF dan PA++. Selain bisa mengatasi minyak yang berlebih pelembab kulit wajah ini juga akan menjaga dari sinar ultraviolet.

sehingga dapat menjaga kulit kamu dari jahatnya sinar ultraviolet. Produk ini tidak memiliki kandungan fragrance sehingga tidak akan mengganggu penciuman Anda.

6. Nature Republic Soothing & Moisture Aloe Vera Gel

Ini merupakan sebagai salah satu pelembab wajah terbaik dari negeri Korea dengan oil control. Pelembab ini sangat tepat kalau digunakan untuk kulit yang berminyak, karena sangat mudah untuk diserap. Bahan dasar yang digunakan oleh produk ini yaitu dari ekstrak lidah buaya. Harga dari produk ini mulai dari harga Rp. 79.000.

7. Sariayu Putih Langsat Moisturizer

Siapa yang tidak mengenal pelembab yang satu ini, pastinya kebanyakan orang terlebih para kaum wanita sudah mengenalnya. Sari ayu yang terbuat dari bahan-bahan alami, sehingga sari ayu Putih Langsat ini selain untuk mengurangi kadar minyak pada wajah juga bisa digunakan untuk memutihkan wajahmu. Hal ini karena produk tersebut memiliki kandungan micronized titanium dioksida yang bisa melindungi kulit dari adanya sinar UV serta bisa untuk menghindari kulitmu dari adanya warna tampak gelap. Anda akan memperoleh hasilya kalau sudah memakai selama 1 4 minggu. Harganya sangat terjangkau yaitu mulai dari harga Rp. 16.200,

8. Laneige Water Bank Gel Cream

Pelembab ini dikenal memiliki bahan dasar yang terbuat dari air, pelembab yang satu ini bisa menjaga kelembaban kulit hingga pada lapisan ke 20. Kalau Anda menggunakan produk ini maka tidak perlu takut kulit berminyak yang Anda miliki semakin berminyak. Cream ini juga memiliki teksturnya yang cukup ringan dan memiliki bentuk gel yang tentunya ini akan sangat mudah diserap oleh kulit wajahmu. Harganya mulai dari Rp. 365.000

Setelah pelembab, maka sabun juga menjadi salah satu langkah efektif dalam menghilangkan minyak berlebih pada wajah. Dengan sabun yang tepat maka akan mendapatkan hasil seperti yang kita inginkan. Nah untuk masalah sabun pembersih wajah berminyak tersebut bisa Anda gunakan beberapa di bawah ini.

Baca Juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Bahan Alami, Cream dan Produk Serta Efek Samping

Merk Sabun Muka Khusus Kulit Wajah Berminyak yang Terbukti Bagus

1. Sari Ayu Acne Care Facial Foam

Sari ayu memang sudah sangat kita kenal, sabun ini dikhususkan untuk wajah yang berminyak dan berjerawat. Tidak dipungkiri bahwa Kulit yang berminyak ini  memang sangat rentan sekali berjerawat, terlebih kalau sering kali terkena paparan debu. Dengan keberadaan busa yang lembut tersebut bisa membuat Sari Ayu Acne Care Facial Foam ini tidak terlalu menyebabkan kulit menjadi kering walaupun mampu untuk membersihkan minyak secara keseluruhan

2. Bioré Deep Pore Charcoal Cleanser

Produk yang satu ini dikenal sangat ampuh dalam membersihkan kotoran secara mendalam dan menyeluruh ke dalam pori-pori. Pembuatan produk ini menggunakan teknologi dari jepang, Anda bisa melihat hasil yang maksimal mulai sejak awal pemakaian. Kulit akan terbebas dari minyak dan kemudian juga akan terasa seketika, dan pori-pori Anda juga akan terasa lebih ringan karena komedo yang terangkat dari penggunaan Bioré Deep Pore Charcoal Cleanser tersebut.

3. Clean & Clear Essential Foaming Facial Wash

Sabun ini menjanjikan kulit bisa terbebas dari adanya minyak selama dalam waktu 8 jam tanpa membuat kulit kering. Kalau Anda mempunyai rutinitas yang padat dimana Anda harus terkena debu dan kotoran, maka tentu saja sabun muka ini menjadi salah satu sabun yang bisa menjadi solusi untuk menghindari minyak pada wajah. Selain itu sabun wajah yang satu ini juga bekerja untuk mengangkat komedo pada kulit.

4. Garnier Pure Active Matcha Foam

Sabun ini juga bisa mencegah jerawat dan bisa membebaskan kulit wajah dari adanya minyak yang berlebih. Sabun muka yang khusus untuk wajah berminyak ini juga dirancang bag wajah yang terkena paparan debu serta polusi di setiap harinya. Dalam hal ini Aroma matcha nya yang memberikan ketenangan serta bisa membantu memberi kesan yang sejuk pada wajah.

5. NIVEA Make Up Clear White Oil Control Foam

Ini merupakan sabun dengan perpaduan 2in1 dari pembersih make up erta juga bisa digunakan sebagai penghilang minyak yang berlebih pada wajah. Kalau Anda dalam hal ini sering memakai makeup di dalam aktifitas Anda sehari-hari dan memiliki kulit wajah berminyak, maka tentu saja dalam hal ini Anda perlu untuk mencoba produk yang satu ini. Kegunaan dari sabun ini selain bisa membersihkan make up, minyak serta kilap sabun ini juga bisa mencerahkan kulit serta bisa memudarkan noda hitam.

6. Olay Oil Minimizing Clean Foaming Face Cleanser

Wajah yang berminyak dari olay tersebut bisa membersihkan minyak dengan lembut tanpa kering. Busa lembut yang dihasilkannya bisa membuat wajah menjadi lebih segar setelah Anda memakainya. Memang sabun wajah ini sedikit mahal, namun soal hasilnya juga tidak mengecewakan.

7. Pond’s Oil Control

Untuk kandungan mineral clay yang terdapat pada sabun wajah pond’s oil control tersebut menyerap lebih banyak minyak jika dibandingkan dengan sabun wajah lain. Sabun tersebut memanh sebgaja dikhususkan bagi kulit wajah yang  berminyak sehingga ini bisa membersihkan kulit wajah sampai tuntas tanpa membuat kulit Anda kering. Pada sabun ini juga memiliki kandungan yang terdapat pada sabun pembersih wajah, selain itu sabun tersebut juga menyegarkan kulit sehingga tidak akan terasa kesat.

8. Citra Pearly White

Citra juga sebagai salah satu merk yang cukup terkenal, sabun ini sangat bagus digunakan untuk kulit yang berminyak. Untuk Anda yang ingin mempunyai kulit cerah maka bisa menggunakan sabun citra ini. Bahan dasar yang digunakan pada sabun citra ini yaitu kandungan ekstrak mutiara, sehingga membuat wajah Anda terkesan lebih putih dan bersinar. Kandungan yang dimiliki oleh sabun ini tentunya bisa membersihkan minyak dari kulit wajah serta juga bisa menghindari dari munculnya jerawat.

9. Acnes Natural Care Oil Control Facewash

Memang bisa dikatakan untuk sabun yang satu ini tidaklah sepopuler sabun yang lainnya. akan tetapi soal kemampuan yang dimilikinya dalam membersihkan minyak tersebut sudah terbukti dalam membersihkan kelebihan minyak yang tedapat pada wajah secara keseluruhan. Acnes Natural Care Oil Control Facewash juga dikhususkan dalam mengatasi jerawat akibat adanya wajah berminyak.

10. L’Oreal Pure Clay Wash

Pembersih wajah yang satu ini memiliki kandungan ekstrak lumpur dan  eucalyptus yang tentunya dalam hal ini berfungsi untuk menghilangkan minyak berlebih yang ada pada wajah. Kandungan mineral dan eucalyptus tersebut pada produk ini tentunya sangat berguna untuk membeningkan serta bisa  memurnikan wajah dalam menghilangkan noda hitam. Busanya yang ringan tentu saja bisa membuat kulit wajah menjadi tidak kering.

Baca Juga: Cara Menghaluskan Wajah dengan Bahan Alami, Cream dan Obat Serta Efek Samping

Nah, pastinya mengenai masalah cara untuk mengatasi wajah berminyak ini tentunya tidak boleh sembarangan juga dilakukan, penting untuk Anda selalu konsultasi ke dokter terhadap perawatan apapun yang Anda lakukan supaya bisa memperoleh hasil yang maksimal.

Continue Reading

More in Kecantikan

To Top