Connect with us
Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

Tak Berkategori

51 Cara Mengatasi Radang Tenggorokan dengan Bahan Alami dan Obat

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan – Memiliki masalah pada tenggorokan memang mengganggu. Selain susah untuk berbicara, juga terasa sakit saat menelan. Keluhan seperti ini biasanya disebabkan karena radang tenggorokan. Berbagai cara mengatasi radang tenggorokan bisa dilakukan. Baik dengan bahan alami maupun dengan obat-obatan.

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan atau faringitis merupakan sakit yang ditimbulkan akibat peradangan pada bagian belakang tenggorokan. Rasa yang ditimbulkan biasanya sakit dan terasa panas pada tenggorokan. Penyebabnya pun bermacam-macam. Secara umum sakit tenggorokan dapat disebabkan karena makanan. Namun sebenarnya radang tenggorokan juga dapat disebabkan beberapa hal berikut:

Penyebab Radang Tenggorokan

Penyebab Umum:

1. Alergi

Radang tengorokkan dapat disesbabkan karena alergi pada bulu binatang, serbuk sari, jamur, dan debu. Pada kasus ini penyebab utamanya dapat disebabkan oleh postnasal drip atau keluarnya cairan ingus dari hidung ke tenggorokan. Dengan begitu rasa yang ditimbulkan pada tenggorokan seperti tergelitik dan gatal.

2. Udara

Udara juga dapat menjadi penyebab sakit tenggorokan. Keadaan di dalam ruanganan dengan udara yang pengap dan panas menyebabkan tenggorokan terasa panas dan gatal. Biasanya kondisi ini terjadi pada pagi hari. Maka tak heran jika ketika bangun tidur tenggorokan terasa kering dan lebih merasa haus. Selain itu, terlalu sering bernapas melalui mulut ketika pilek juga dapat membuat tenggorokan kering dan sakit tenggorokan.

3. Otot Tegang pada Tenggorokan

Tidak hanya pada bagian otot tubuh lain yang bisa menegang. Otot tenggorokan juga dapat menegang dan menimbulkan sakit. Ini biasa terjadi katika seseorang sering berteriak, berbicara keras atau berbicara dalam waktu yang lama.

4. Penyakit Gastroesophageal Reflux (GERD)

Bagi yang memiliki penyakit asam lambung, mungkin mengalami hal ini. Dimana terasa nyeri pada ulu hati dan disertai sensasi terbakar. Ini terjadi akibat naiknya asam lambung ke esofagus atau kerongkongan. Esophagus sendiri merupakan kerongkongan yang menghubungkan mulut dan lambung.

5. Infeksi HIV

Dalam kasus yang serius penyebab radang tenggorokan dapat menjadi tanda seseorang terkena HIV. Sebab seseorang yang positif mengalami HIV akan mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh. Hal ini juga berlaku pada tenggorokan yang mulai terasa sakit.

6. Paparan Asap Rokok

Seseorang yang terlalu sering terpapar asap rokok meskipun bukan perokok aktif justru lebih rentan mengalami sakit tenggorokan. Paparan asap rokok merupakan polusi yang merugikan tubuh. Zat kimia hasil pembakaran dari rokok dapat menyebabkan radang pada tenggorokan.

7. Virus dan Bakteri

Virus yang menyerang ketika pilek sebagian besar juga mempengaruhi tenggorokan. Akibatnya tenggorokan mengalami peradangan. Tak hanya pada pilek dan flu, virus penyakit lain yang dapat mempengaruhi tenggorokan yaitu mononucleosis atau radang kelenjar getah bening, campak, cacar air dan croup yaitu infeksi virus pada anak (biasanya ditandai batuk keras yang menggonggong).

Makanan Penyebab Radang Tenggorokan

1. Makanan Berminyak

Makanan berminyak seperti gorengan merupakan makanan paling utama yang dapat menyebabkan radang tenggorokan. Selain karena sifat makanan ini yang kering, gorengan juga banyak mengandung lemak jenuh yang akan membuat tenggorokan lebih rentan mengalami peradangan.

2. Makanan Kering

Salah satu jenis makanan kering yang biasa dikonsumsi kebanyakan orang yaitu kacang kulit. Cemilan ringan satu ini ternyata dapat menyebabkan radang pada tenggorokan. Meskipun tidak mengandung lemak jenuh seperti gorengan, namun kacang memiliki sifat kering dan teksturnya kasar. Sehingga makanan ini tidak sehat bagi tenggorokan jika dikonsumsi berlebihan.

3. Makanan Pedas

Bagi yang menyukai makanan pedas, perlu waspada karena makanan jenis ini dapat memicu radang pada tenggorokan. Ketika radang tenggorokan menyerang, artinya terdapat luka pada tenggorokan. Hal ini akan bertambah parah jika kita mengonsumsi makanan pedas.

4. Makanan Asam

Makanan penyebab radang tenggorokan selanjutnya yaitu makanan asam. Selain makanan pedas, keseringan makan makanan yang masam dapat mengiritasi dan menimbulkan rasa sakit pada tenggorokan. Makanan yang mengandung banyak vitamin C ini sebaiknya dihindari ketika tenggorokan mulai terasa sakit.

5. Makanan Bersantan

Santan mengandung banyak lemak dan berminyak. Makanan ini dapat meningkatkan produksi lendir. Banyaknya lendir yang ada pada tenggorokan menyebabkan rasa gatal dan menimbulkan sakit pada tenggorokan.

6. Makanan Keras

Makanan yang keras biasanya bertekstur kasar. Makanan yang bertekstur kasar ketika dimakan dan masuk tenggorokan akan bergesekkan dan dapat menimbulkan luka. Luka tersebut yang memicu peradangan pada tenggorokan. Makanan keras seperti sayuran mentah, roti kering dan berbagai makanan dengan tekstur yang kasar sebaiknya jangan terlalu sering dikonsumsi.

Gejala Radang Tenggorokan

Gejala radang tenggorokan dapat dibedakan ke dalam dua bagian, yaitu ringan dan berat. Meskipun sama-sama sakit tenggorokan, namun pada gejala yang berat dapat menyebabkan penyakit serius.

Gejala Radang Tenggorokan yang Ringan

Pada gejala radang tenggorokan yang ringan gejala yang dialami penderita masih umum. Biasanya gejala ini bisa dialami siapa saja, baik anak-anak maupun dewasa. Beberapa gejala diantaranya yaitu:

  1. Terasa sakit pada tenggorokan
  2. Sakit kepala
  3. Demam
  4. Terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening di leher
  5. Muncul ruam
  6. Terasa nyeri pada sendi dan otot

Gejala Radang Tenggorokan yang Berat

Seperti yang telah dinyatakan sebelumnya bahwa gejala radang tenggorokan yang berat dapat menyebabkan atau merupakan tanda penyebab sakit yang serius. Gejala yang dialami anak-anak dan dewasa pun berbeda.

Gejala Radang Tenggorokan Berat pada anak

  1. Mengalami kesulitan ketika bernapas
  2. Mengalami kesulitan ketika menelan makanan
  3. Terdapat darah pada air liur

Gejala Radang Tenggorokan Berat pada Dewasa

  1. Mengalami sakit tenggorokan parah yang berlangsung selama 7 hari
  2. Kesulitan menelan makanan
  3. Kesulitan untuk bernapas
  4. Sulit untuk membuka mulut
  5. Sakit pada telinga
  6. Mengalami demam yang lebih dari 38o C
  7. Ada darah dalam air liur
  8. Suara serak hingga 2 minggu
  9. Terdapat benjolan di leher

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan dengan Bahan Alami

1. Garam

Cara mengatasiradang tenggorokan menggunakan yang paling sederhana dan ampuh yaitu menggunakan garam. Bahan alami ini dipercaya ampuh mengobati masalah pada saluran pencernaan. Kandungan yodium dalam garam terbukti dapat membunuh bakteri dalam mulut dan tenggorokan. Mengatasi sakit tenggorokan menggunakan garam dilakukan dengan cara membuat larutan air garam dengan mencampurkan ½ sendok teh garam ke dalam segelas air minum. Kemudian gunakan untuk berkumur.

2. Pisang

Pisang baik untuk penderita radang tenggorokan. Teksturnya yang lembut sehingga tidak menimbulkan efek sakit pada tenggorokan. Selain itu kandungan kalium dan zat lainnya baik untuk membantu proses penyembuhan. Pisang juga dapat digunakan untuk memasok kebutuhan vitamin C ketika sedang terkena radang tenggorokan. Karena meskipun mengandung vitamin C rasanya tetap tidak asam.

3. Sup ayam

Sup ayam selain sebagai menu makan yang enak ternyata juga menyehatkan. Kaldu pada sup ayam dipercaya sebagai anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan. Disamping itu sup ayam juga dapat membantu system imun mencegah virus masuk ke dalam tubuh.

4. Madu dan Lemon

Lemon memiliki kandungan vitamin C yang tiingi, dimana ini baik sebagai anti-inflamasi. Namun lemon memiliki rasa yang masam, sehingga harus mencampurnya dengan madu. Madu sendiri memiliki tekstur yang lembut dan cocok untuk sakit tenggorokan. Sifat antimikrobanya juga mampu menyembuhkan sakit tenggorokan.

5. Delima

Obat herbal untuk mengatasi rafang tenggorokan yaitu buah delima. Meskipun kecil, buah delima banyak mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan. Salah satunya dapat membantu menyembuhkan radang tenggorokan. Untuk mendapatkan manfaat dari buah delima konsumsi buah ini secara teratur 3 kali sehari, pagi sore dan malam. Maka secara berangsur tenggorokan kering dan suara serak akan sembuh.

6. Jahe

Jahe sudah terkenal sebagai ramuan asli untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Dalam mengatasi sakit tenggorokan, jahe bekerja sebagai antoksidan dan anti-inflamasi. Dimana ini berkhasiat untuk membantuk menyembuhkan serta mengurangi pembengkakan. Sehingga rasa sakit pada tenggorokan perlahan sembuh. Untuk mendapatkan manfaat ini, minumlah wedang jahe yang sebelumnya diolah menjadi bubuk.

7. Peppermint

Obat rdang tenggorokan di apoteek pada umumnya memang mengandung mint atau menthol. Khasiat dari mint dan menthol ini secara alami bisa didapatkan dari peppermint. Kandungan menthol pada peppermint terbukti melegakan pernapaan serta mampu meredakan sakit tenggorokan dan batuk. Anda dapat mencampurkan daun peppermint ke dalam teh untuk diminum.

8. Teh Chamomile

Selain peppermint, minum teh hangat juga terbukti melegakan pernapasan. Apalagi dengan meminum teh chamomile, kandungan anti-oksidan dan anti-inflamasinya sangat baik untuk membantu meredakan flu dan radang pada tenggorokan. Minum teh chamomile selagi hangat pada pagi hari. Ini akan membantu tenggorokan terasa nyaman.

9. Bawang Putih

Bawang putih memang mempunyai aroma menyengat yang tidak disukai banyak orang. Namun meskipun memiliki bau tak sedap, bawang putih kaya manfaat. Seorang pakar holistik bernama Michael Finkelstein menyatakan bahwa bawang putih mampu merangsang sistem imun untuk melawan virus. Untuk menyembuhkan radang tenggorokan dengan bawang putih caranya yaitu dengan memarkan bawang putih kemudian makan secara langsung.

10. Licorice

Licorice atau biasa dikenal dengan akar manis, dapat membantu menyembuhkan sakit tenggorokan. Akar manis ini bekerja mengencerkan lendir dalam tenggorokan. Licorice juga dipercaya dapat membantu meredakan peradangan. Untuk mendapatkan manfaat ini, campurkan akar manis ke dalam teh hangat untuk diminum.

11. Baking Soda

Baking soda selain untuk membuat kue ternyata dapat menyembuhkan radang tenggorokan. Cara mengatasi radang tenggorokan menggunakan baking soda dapat dilakukan dengan mencampurnya menggunakan air garam. Siapkan satu gelas air hangat, ¼ sendok baking soda, dan 1/8 sendok garam. Kemudian gunakan untuk berkumur tiga kali dalam satu jam.

12. Cuka Apel

Cuka apel telah terbukti dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan dan kecantikan. Cuka apel memiliki kadar pH yang rendah, yang berarti bahan alami ini bersifat asam sehingga mampu membunuh bakteri dalam tenggorokan. Zar ekspektorannya mampu membantu mengeluarkan dahak. Untuk meredakan tenggorokan dengan cuka apel dapat diaplikasikan dengan madu sebagai minuman atau gunakan sebagai obat kumur.

13. Madu

Madu memang dipercaya memiliki sejuta manfaat bagi tubuh. Termasuk dapat menyembuhkan peradangan. Dalam sebuah penelitian pada anak-anak yang terkena ISPA (infeksi saluran pernapasan bagian atas) menemukan efektifitas madu dalam meredakan batuk, terutama pada malam hari. Madu untuk mengatasi radang tenggorokan dapat diminum secara langsung atau dapat dicampur dengan teh.

15. Kunyit

Selain jahe, kunyit juga ramuan jamu tradisional yang kaya khasiat. Kunyit terkenal sebagai antioksidan yang mempu membantu penyembuhan berbagai penyakit. Untuk meredakan radang tenggorokan dengan kunyit bisa diaplikasikan dengan cara mencampurkan ½ sendok kunyit bubuk dan ½ sendok teh garam pada secangkir air hangat. Kemudian gunakan untuk berkumur hingga tiga kali dalam sehari.

15. Kayu Manis dan Madu

Kayu manis memiliki aroma khas yang sedap. Ternyata dibalik aroma sedap ini menyimpan manfaat untuk sakit tenggorokan. Sifatnya yang antimikroba efektif menghambat pertumbuhan bakteri, mengurangi pembengkakan serta meminimalisir peradangan. Cara mengatasi radang tenggorokan dengan kayu manis bisa dilakukan dengan mencampur satu sendok teh bubuk kayu manis dan dua sendok madu ke dalam satu gelas air hangat. Hirup uap minuman ini sebelum diminum. Minumlah hingga 2-3 kali dalam satu minggu.

16. Daun Ki Tolod

Daun ki tolod selain dapat membantu mengatasi masalah pada mata, juga mampu menyembuhkan radang tenggorokan. Ini karena daun ki tolod memiliki sifat anti radang. Cara mengatasi radang tenggorokan dengan bahan alami daun ki tolod dilakukan dengan cara merebusnya menjadi minuman. Ambil 3 lembar daun ki tolod kemudian cuci dengan air mengalir. Rebus daun dengan air sebanyak 2 gelas. Tunggu hingga mendidih dan menyisakan 1 gelas. Jika sudah dingin minum air rebusan sebanyak dua kali dalam sehari.

17. Daun Baru Cina

Tanaman herbal selanjutnya untuk menyembuhkan radang tenggorokan yaitu daun baru cina. Ambil tanaman baru cina secukupnya. Cuci hingga bersih kemudian tumbuk hingga halus. Peras tanaman baru cina hingga menghasilkan air ½ gelas berukuran sedang. Minum air perasan untuk menyembuhkan sakit tenggorokan.

18. Belimbing

Mengatasi radang tenggorokan ternyata bisa dengan cara yang menyegarkan, yaitu dengan jus buah belimbing. Mencegah radang tenggorokan dengan belimbing dapat dilakukan dengan cara ambil 100-120 gram belimbing manis dan masih segar. Buat belimbing tersebut menjadi jus. Saring jus belimbing dengan menggunakan kain. Gunakan airnya sebagai minuman untuk meredakan radang tenggorokan.

19. Daun Ciplukan

Daun ciplukan dipercaya dapat mengatasi berbagai penyakit. Tidak terkecuali radang tenggorokan. Untuk menyembuhkan radang tenggorokan dengan tanaman ini caranya ambil sekitar 10-15 gram daun ciplukan. Cuci hingga bersih lalu rebus dengan 4 gelas air. Tunggu hingga mendidih dan menyisakan 2 gelas air rebusan. Jika sudah dingin minum air rebusan sebanyak 2 kali dalam sehari.

20. Jeruk Nipis dan Kecap

Jeruk nipis dan kecap adalah bahan alami untuk mengobati batuk. Meskipun begitu sebelum batuk bertambah para memang sebaiknya dicegah dengan obat tradisional ini. Tuangkan kecap ke dalam sendok makan. Peraskan jeruk nipis 3-5 tetes. Aduk pelan-pelan agar tercampur kemudian minum.

21. Alang-alang

Cara alami mengatasi radang tenggorokan dengan cepat yaitu memanfaatkan rempah-rempah tanaman ilalang. Alang-alang adalah tanaman untuk menyembuhkan radang tenggorokan yang terbukti bekerja. Selain meredakan sakit tenggorokan, alang-alang juga dapat mengobati penyakit lainnya. Agar sakit tenggorokan sembuh gunakan air rebusan tanaman ini sebagai minuman. Ambil 1 genggam batang alang-alang kemudian bersihkan. Rebus alang-alang ke dalam 2 gelas air. Tunggu hingga mendidih. Jika sudah dingin saring air rebusan agar terpisah dengan ampas alang-alang. Kemudian minum satu kali dlaam sehari.

22. Permen Pereda Sakit Tenggorokan

Cara mengatasi sakit tenggorokan dengan permen pereda tenggorokan adalah salah satu cara yang enak. Namun pastikan permen pereda tenggorokan yang dipilih harus mengandung mint atau jahe. Agar tenggorokan terasa lega dan hangat.

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan dengan Terapi di Rumah

1. Buat Larutan untuk Berkumur

Larutan untuk berkumur dapat menggunakan larutan garam seperti yang terdapat pada pembahasan cara mengatasi radang tenggorokan dengan bahan alami di atas.. Berkumurlah dengan larutan garam agar bakteri dalam mulut dan tenggorokan mati.

2. Gunakan Tablet Isap

Berbagai tablet isap untuk sakit tenggorokan tersedia di apoteek. Gunakan tablet tersbut untuk mengurangi rasa tidak nyaman dan membantu melegakan tenggorokan. Bebearapa jenis tablet isap dapat dilihat pada bab cara mengatasi  radang tenggorokan dengan obat di bawah.

3. Gunakan Kompres Hangat

Terapi selanjutnya yaitu menggunakan kompres hangat pada leher. Siapkan air hangat dan handuk, kemudian celupkan handuk dan peras. Tempelkan handuk pada leher. Ini akan membuat tenggorokan terasa nyaman dan dapat mencairkan dahak. Anda juga dapat mencampurkannya dengan teh kamomil agar menimbulkan efek menyegarkan dari teh.

4. Gunakan Humidifier atau Terapi Uap

Terapi uap selain dapat meredakan radang tenggorokan juga dapat menyembuhkan gejala flu dan pilek. Siapkan wadah berisi air hangat, kemudian teteskan minyak kayu putih 10-15 tetes. Selai masih hangat dan menguap hirup uap dari campuran air tersebut. Terapi ini akan membantu mengeluarkan lendir dari hidung dan tenggorokan.

5. Istirahat

Setelah melakukan keempat terapi di atsa kemudian istirahatkan tubuh. Ini penting agar daya tahan tubuh kembali normal. Sebab menurunnya daya tahan tubuh akan membuat sakit menjadi tambah parah.

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan pada Anak

1. Berikan Terapi Menghirup Uap Panas

Cara mengobati radang tenggorokan pada anak yang pertama yaitu dengan memberikan uap hangat untuk dihirup. Uap hangat yang dihirup akan memberikan efek hangat dan melegakan tenggorokan. Caranya tuangkan air hangat ke dalam baskom. Mintalah anak untuk menundukkan kepada di atas baskom tersebut dan suruh untuk menghirup uapnya. Hirup uap melalui mulut selama 5-10 menit.

2. Kumur Air Garam

Setlah melakukan terapi sederhana di atas, kemudian buat larutan air garam untuk berkumur anak. Larutan air garam ini sangat efektif untuk menyembuhkan radang.  Sebab larutan air garam dapat bekerja untuk mengencerkan dahak dan mencegah amandel yang sering terjadi pada anak. Namun tentu saja anak harus cukup umur untuk diberikan obat radang tenggorokan ini. Sebaiknya berikan larutan garam pada anak yang sudah bisa berkumur atau sekitar umur 4 tahun ke atas, sehingga larutan garam tidak tertelan.

3. Berikan Jus Lemon dan Madu

Masalah pada saluran pncernaan biasanya memang disebabkan karena vitamin C. Oleh karena itu pemberian makanan ataupun minuman yang mengandung vitamin C pada radang tenggorokan dianjurkan. Dengan catatan jangan terlalu didominasi dengan rasa masam. Jadi sebaiknya berikan juslemon yang dicampur dengan madu. Selain memebrikan rasa manis dan enak, madu juga bermanfaat untuk membantu penyembuhan radang tenggorokan.

4. Makan Sup Hangat

Ketika anak mengalami radang tenggorokan, berikan sup hangat sebagai sayuran ketika makan. Kuah pada sup dapat membantu melegakan tenggorokan. Selain itu, anak juga tetap mendapatkan asupan nutrisi dari sayuran yang ada pada sup.

5. Hindari Makanan Manis dan Dingin

Makanan dingin dan manis adlaah makanan yang banyak disukai anak-anak. Namun ternyata jenis makanan ini dapat membuat radang tenggorokan semakin parah. Makanan manis dan dingin dapat menyebabkan produksi lendir pada tenggorokan semakin banyak. Alhasil proses penyembuhan akan menjadi lama jika anak terus mengonsumsi makanan ini.

6. Konsultasi dengan Dokter

Jika berbagai cara di atas telah dilakukan namun radang tak kunjung sembuh sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Apalagi jika anak yang masih berusia kurang dari 3 tahun dan mengalami demam selama dua hari-hari. Bisa jadi ini anak mengalami dehidrasi atau gejala radang tenggorokan. Oleh sebab itu penangan dengan cepat dan tepat sangat dibutuhkan saat dalam kondisi tersebut.

Baca Juga: Cara Mengobati Batuk dengan Bahan Alami, Olahraga, Terapi dan Obat Serta Efek Samping

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan dengan Obat

1. Naproxen

Gejala awal radang tenggorokan basanya ditandai sakit ketika menelan. Cara mengatasi sakit tenggorokan saat menelan dapat menggunakan naproxen. Naproxen berfungsi untuk mengurangi sakit ketika menelan. Selain itu, obat ini juga berfungsi menekan zat yang menyebabkan peeradangan dalam tubuh. Obat ini berbentuk tablet dan dijual dengan harga Rp.20.000/strip.

2. Ibuprofen

Ibuprofen biasanya direkomendasikan dokter untuk mengatasi sakit akibat nyeri dan peradangan. Obat ini dapat juga digunakan untuk mengobati gejala awal radang tenggorokan sepeerti sakit ketika menelan. Obat ini banyak dijual di apoteek. Obat yang berbentuk tablet ini biasa dijual dalam box. Tiap satu box terdapat 10 strip dan satu strip terdapat 10 tablet yang dijual dengan harga Rp. 600/tablet.

3. Enkasari

Obat radang tenggorokan di apoteek yang pertama yaitu enkasari. Obat ini dapat menyembuhkan sariawan dan sakit tenggorokan ringan. Cara menggunakan obat radang enkasari yaitu dengan berkumur-kumur kemudian ditelan. Obat ini dijual dengan harga sekitar Rp. 25.000 per botol.

4. Degirol

Selain enkasarai, degirol juga dapat menyembuhkan sariawan dan radang tenggorokan. Degirol juga tersedia di apoteek-apoteek. Obat ini berbentuk tablet yang dikemas dalam strip. Tiap strip dijual dengan harga sekitar Rp. 4.000.

5. Adem Sari

Obat radang satu ini tentu tidak asing bagi kita. Tidak hanya di apoteek, di warung-warung perumahan juga banyak dijual adem sari. Adem sari merupakan obat sariawan, bibir pecah-pecah dan tenggorokan kering. Obat ini biasa dijual dengan harga sekitar Rp. 3.000.

6. Hexadol Mint Gargel

Hexadol Mint Gargel tidak hanya mengatasi radang tenggorokan. Manfaat lain dari obat ini yaitu dapat mengobati berbagai peradangan dan masalah mulut.misalnya radang gusi, radang pada sekitar gigi, radang selaput lendir dan sariawan. Bahkan obat ini biasa digunakan sebagai obat pembilas untuk sesudah dan sebelum mencabut gigi. Obat ini biasanya dijual dengan harga sekitar Rp. 27.000 per botol.

7. Fg Troches Meiji

Untuk mengobati radang tenggorokan akibat infeksi bakteri dapat menggunakan Fg Troches Meiji. Obat ini merupakan obat hisap yang mengandung antibiotik. Obat ini berbentuk tablet dan dikemas dalam strip. Dalam satu strip terdapat 10 tablet dan dijual dengan harga sekitar Rp. 1.500/tablet. Obat ini termasuk obat keras, lebh baik digunakan sesuai dengan resep dokter.

8. Sp Troches Strawberry

Selain Fg Troches Meiji, obat radang tenggorokan akibat infeksi bakteri dan jamur yaitu Sp Troches Strawberry. Obat ini efektif untuk mengatasi masalah radang tenggorokan dan radang amandel. Obat ini berbentuk tablet dan dikemas dalam strip. Harga obat ini yaitu sekitar Rp. 10.000/strip.

9. Sp Troches Melon

Sama seperti Sp Troches Strawberry, obat satu ini juga sebagai antiseptik radang tenggorokan akibat bakteri. Bedanya, Sp Troches Melon ini rasa melon. Obat ini dijual dengan harga sekitar Rp. 10.000/pcs.

10. Mabruuk Madu Pahit

Jika biasanya madu manis, maka madu pada obat satu ini berbeda. Madu pahit mabruuk memiiki rasa yang pahit karena alkaloid di dalamnya. Dimana alkaloid tersebut berfungsi sebagai antiinfeksi. Tak hanya radang tenggorokan, obat ini juga mampu mengatasi reumatik, masalah gula darah, lemah syahwat serta meningkatkan daya tahan tubuh. Bahkan mabruuk madu pahit dapat digunakan sebagai obat luar seperti panu dan luka bakar. Obat ini dijual di apoteek dengan harga Rp. 50.000/botol.

11. Bactidol

Bactidol adalah obat sakit radang tenggorokan yang digunakan untuk berkumur. Obat yang berbentuk cair ini mengandung heksetidin. Obat ini bekerja sebagai antiseptik lokal untuk mengobati radang tenggorokan dan mulut, sariawan, radang gusi, dan amandel. Obat ini dijual dengan harga Rp. 4.300/botol 60 ml.

12.  Habbasyi Black Seed

Obat radang tenggorokan Habbasyi Black Seed merupakan obat radang tnggorokan herbal yang dapat dibeli di apoteek. Obat ini juga berfungsi sebagai obat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengobati pilek danbatuk serta menurunkan demam. Habbasyi Black Seed dijual dalam bentuk kapsul. Untuk harga satu botol kemasan 500 mg dan 90 kapsul dijual sekitar Rp. 50.000.

13. Osmycin

Osmycin atau yang biasa disebut osmycin 500 mg selain dapat menyembuhkan radang tenggorokan juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit saluran pernpasan lain. Misalnya sinusitis, amandel dan infeksi saluran napas. Obat ini berbentuk tablet dan termasuk jenis obat keras. Dalam satu strip terdapat 10 tablet, dan dijual dengan harga Rp. 7.000/tablet.

14. Sanorine Hijau

Seperti namanya, obat radang tenggorokan ini berwarna hijau dan berbentuk cair. Sanorine hijau dapat menyembuhkan sariawan, pertumbuhan plak serta radang gusi. Disamping itu, sanorine hijau mengandung mentol yang memberikan efek segar ketika digunakan. Jenis obat kumur antiseptik ini dijual dengan harga Rp. 32.000/botol 200 ml.

15. Tantum Lozenges

Tantum lozenges merupakan obat radang tenggorokan yang berbentuk tablet hisap. Sifatnya sebagai antiseptik membantu membunuh kuman da bakteri penyebab radang tenggorokan. Obat ini dijual di apoteek dengan harga Rp. 21.000/strip.

16. Strepsils Cool

Obat radang tenggorokan satu ini tentu tidak asing lagi di telinga. Strepsils cool merupakan obat radang tenggorokan jenis tabet hisap. Kandungan mentolnya memberikan efek dingin dan segar pada tenggorokan. Obat ini dijual dengan harga Rp. 9.000/pcs.

17. Hau Fang Sang

Hau Fang Sang adalah obat herbal yang dapat menyembuhkan radang tenggorokan, sariawan bahkan sakit gigi. Obat ini berbentuk serbuk dengan cara pemakaian ditaburkan pada mulut atau tenggorokan. Harga obat ini yaitu Rp. 6.500/pcs.

18. Cooling 5 Spray Cherry 15ml

Cooling 5 Spray Cherry adalah obat sakit radang tenggorokan berbentuk spray. Obat radang yang bersifat antiseptik ini meredakan radang akibat kuman. Obat ini juga dapat meredakan sakit tenggorokan akibat rokok, gejala flu dan sekaligus pelega tenggorokan. Harga Cooling 5 Spray Cherry per botol dijual sekitar Rp. 33.500.

19. Efisol

Efisol merupakan obat radang tablet dengan rasa coklat. Obat ini dapat menyembuhkan sariawan, radang tenggorokan serta bau mulut. Terdapat 10 tablet dalam satu strip. Harga satu strip efisol sekitar Rp. 14.000.

Efek Samping Mengobati Radang Tenggorokan dengan Obat

Secara umum efek samping penggunaan obat radang tenggorokan tidak ada. Namun perlu diperhatikan bahwa pada obat yang mengandung antibiotik tidak boleh sembarangan dikonsumsi. Berarti bahwa obat jenis ini harus dikonsumsi sesuai dengan dosisnya. Meskipun gejala-gejala radang tenggorokan sudah tidak ada, namun pemakaian obat harus tetap berjalan sesuai dosis yang dianjurkan.

Jika tidak sesuai dosisnya dapat menyebabkan resistensi bakteri. Gejala dapat hilang karena bakteri mengalami pingsan bukan mati total. Jika pemakaian antibiotik dihentikan bakteri dapat hidup kembali dan lebih kebal terhadap obat. Oleh karena itu pemakaian obat terutama yang mengandung antibiotik sangat dianjurkan harus dengan resep dokter agar dapat meminimalisir efek sampingnya.

Tips Mencegah Radang Tenggorokan

1. Berkumur dengan bahan alami seperti garam atau cuka apel

Seperti yang telah dijelaskan di atas, garam terbukti efketif untuk membunuh kuman dan bakteri dalam saluran pencernaan. Untuk mendapatkan khasiat yang sama selain dari garam, juga dapat menggunakan cuka apel. Berkumurlah dengan salah satu bahan tersebut agar radang tenggorokan cepat teratasi.

2. Perbanyak minum air putih

Air putih dapat berfungsi menetralkan racun dalam tubuh. Selain itu, saat mengalami radang tenggorokan air putih juga dapat membantu melembabkan tenggorokan. Maka tenggorokan tidak akan kering. Jika tenggorokan kering proses penyembuhan menjadi lama atau bahkan dapat memperparah radang itu sendiri.

3. Istirahat yang cukup

Ketika seseorang sakit, ini adalah reaksi tubuh yang menandakan bahwa daya tahan tubuh mulai menurun. Akibatnya beberapa bagian tubuh akan mudah terinfeksi virus sehingga menyebabkan sakit. Begitu pula yang terjadi ketika radang tenggorokan menyerang. Oleh sebab itu istirahat yang cukup juga diperlukan sambil melakukan pengobatan. Dengan istirahat maka sistem imun akan mulai membaik sehingga tubuh akan cepat pulih.

4. Hindari makanan panas, pedas dan gorengan

Makanan yang bersifat kering, pedas, panas dan gorengan memang banyak disukai orang. Kebiasaan makan makanan cemilan tersebut terkadang membuat ketagihan jika tidak memakannya. Namun jika Anda sedang mengalami radang tnggorokan harus diusahakan untuk menghindari makanan tersebut. Jika tetap dipaksakan, tenggorokan akan lebih terluka hingga tak jarang mengeluarkan lendir yang berdarah.

5. Hindari asap rokok

Paparan asap rokok memang tidak menyehatkan. Baik bagi perokok aktif maupun orang yang hanya menghirup asapnya (pasif). Bau dari asap rokok tak jarang membuat orang batuk. Jika terjadi hal tersebut sebaiknya segera hindari sumber asap rokok. Meskipun hanya menghirup, namun paparan asap rokok yang terhirup menimbulkan radang tenggorokan bahkan kerusakan pada organ tenggorokan yang lebih parah lagi.

6. Selalu Menjaga Kebersihan Ruangan

Ketika berbicara saluran pencernaan dan pernapasan, maka erat kaitannya dengan kebersihan ruangan. Ruangan yang terjaga kebersihannya tidak akan menyebabkan penyakit. Perhatikan kebersihan ruangan seperti ventilasi pada jendela. Jika dalam suatu ruangan ventilasi tidak terbuka dengan baik akan mempengaruhi udara yang masuk. Ini akan mengahalangi pertukaran udara. Sehingga udara yang terhirup tidak dapat diterima secara maksimal. Tentu saja jika sedang mengalami radang tenggorokan perlu menghirup udara yang segar agar tenggorokan terasa lega.

7. Jika sakit tenggorokan sudah berlangsung selama 3 hari segera hubungi dokter

Radang bisa saja terjadi karena infeksi, bisa juga sebagai gejala awal penyakit lain. Radang yang ringan akan sembuh dalam beberapa hari jika diobati di rumah dengan bahan-bahan alami. Namun radang dengan kategori radang tenggorokan berat dapat berlangsung lama bahkan semakin parah. Oleh sebab itu sebelum menjadi parah dan serius sebaiknya konsultasikan dengan dokter jika radang tenggorokan sudah berlangsung lebih dari 3 hari.

Radang tenggorokan dapat menyerang siapa saja. Baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Umumnya pengobatan radang tenggorokan pada anak-anak dan orang dewasa sama, meskipun terdapat sedikit perbedaan. Mengobati radang tenggorokan pada orang dewasa dapat menggunakan berbagai bahan dan obat yang tersedia. Jika pada anak bahan yang digunakan harus disesuaikan dan diperhatikan dengan baik. Terdapat berbagai cara mengatasi radang tenggorokan. Mulai dari bahan alami, terapi, serta obat. Mengetahui penyebab dan gejala awal radang tenggorokkan memang penting. Sebab radang tenggorokan dapat menjadi penyebab utama penyakit kronis lainnya.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Sariawan dengan Bahan Alami, Obat, Gaya Hidup dan Efek Samping

Ketika mengalami gejala-gejala radang tenggorokan, sebaiknya segera lakukan penyembuhan dengan terapi dan bahan alami di rumah. Dengan cara ini akan lebih meminimalisir efek samping bagi tubuh. Namun jika dirasa gejala semakin parah bahkan radang sudah berlangsung tiga hari bahkan satu minggu sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Continue Reading

More in Tak Berkategori

To Top