Connect with us
Cara Mengatasi Perut Kembung

Kesehatan

35 Cara Mengatasi Perut Kembung dengan Bahan Alami, Olahraga dan Obat Serta Efek Samping

Cara Mengatasi Perut Kembung – Hampir semua orang pernah mengalami masalah perut kembung. Perut kembung terjadi akibat penumpukan gas yang berlebihan di dalam lambung. Penyakit yang biasa orang kenal dengan masuk angin ini merupakan gangguan pencernaan yang biasanya ditandai dengan perut kencang dan bergas sehingga membuat perut tidak nyaman. Cara mengatasi perut kembung dapat dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari bahan alami hingga obat yang bisa dibeli.

Cara Mengatasi Perut Kembung

Namun tahukah Anda bahwa perut kembung dapat menyebabkan penyakit lain yang lebih serius? Ya, wanita yang sering merasa kembung bisa berakibat pada kanker ovarium. Lebih parah lagi, berdasarkan hasil penelitian hanya 20% wanita yang mengetahui hal ini. Perut kembung yang merupakan gejala awal berbagai penyakit biasanya ditandai dengan rasa sakit ketika kembung, perubahan nafsu makan, dan kembung yang tak kunjung sembuh. Untuk menghindari hal ini ada baiknya perhatikan penyebab, gejala serta cara mengobati perut kembung pada ulasan berikut agar Anda dapat mencegahnya.

Penyebab Perut Kembung

1. Terdapat Banyak Bakteri dalam Usus

Tidak semua makanan dapat dicerna dengan baik oleh usus. Bahkan ada beberapa makanan yang tidak dapat dicerna. Sisa makanan yang tertinggal ini akan menjadi sarang bagi bakteri untuk melakukan fermentasi pada makanan. Alhasil jumlah gas di dalam perut akan bertambah.

2. Kekurangan Laktase

Laktase merupakan enzim dalam saluran pencernaan yang berfungsi mengubah laktosa menjadi glukosa. Proses ini terjadi di dalam usus kecil. Jika kekurangan laktase maka tubuh tidak dapat memecah laktosa. Jika laktosa tidak dapat dipecah maka bakteri akan melakukan fermentasi pada gula. Akibatnya tubuh akan memproduksi gas dan perut menjadi kembung.

3. Minum Susu

Kembung juga bisa disebabkan karena susu. Tidak semua orang memiliki tubuh yang dapat mencerna susu dengan baik. Orang yang tubuhnya tidak dapat mencerna susu dengan baik berarti memiliki laktosa intoleran. Ini merupakan masalah pencernaan yang biasa terjadi. Ketika usus halus tidak dapat mencerna susu maka akan memproduksi gas. Hal inilah yang menyebabkam perut menjadi kembung.

4. Terlalu Banyak Mengonsumsi Gula Alami

Gula alami dihasilkan dari beraneka sayuran dan buah. Kebutuhan nutrisi dalam tubuh bisa tercukupi dengan mengonsumsi gula alami. Namun ternyata gula alami pada tubuh bisa menyebabkan kembung. Ini terjadi karena organ tubuh memang tidak dapat mencerna makanan tersebut.

Beberapa jenis sayuran yang memiliki gula alami dengan kadar yang tinggi yaitu kubis, kembang kol, asparagus, seledri, wortel dan jagung. Sedangkan buah-buahan dengan kadar gula alami yang tinggi yaitu melon, pir, apel dan persik. Bahkan makanan dari tepung dan minuman berkarbonasi juga turut menyumbang penyebab masalah perut kembung.

5. Mengonsumsi Minuman Bersoda

Jika kamu salah satu remaja yang sering mengalami perut kembung, bisa jadi penyebabnya adalah minuman bersoda. Minuman bersoda memang menjadi favorit bagi kalangan remaja. Namun terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda juga tidak baik bagi tubuh. Sebab minuman ini dapat meningkatkan produksi karbondioksida. Akibatnya Anda akan sering bersendawa. Bersendawa secara berlebihan akan menyebabkan gas bertambah banyak dan membuat perut kembung.

6. Menelan Banyak Udara

Mungkin semua orang setuju dengan penyebab perut kembung satu ini. Menelan banyak udara memang jelas menyebabkan perut menjadi kembung. Meskipun begitu masih banyak orang yang tidak tahu atau tidak menyadari tubuhnya menelan banyak udara.

Pada umumnya kondisi ini disebabkan karena makan dan minum dalam waktu cepat. Ketika makan dengan buru-buru, udara dan makanan tercampur kemudian masuk ke dalam perut. Akibatnya organ pencernaan menjadi sesak dan tak jarang perut terasa sakit. Begitu pula ketika merasa haus kemudian meminum air putih dalam jumlah banyak dan terburu-buru, maka perut akan terasa sesak dan penuh.

7. Efek Samping Obat

Seperti yang kita tahu obat memiliki efek samping penggunaan. Salah satu efek samping yang ditimbulkan ketika mengkonsumsi obat yaitu perut kembung. Kasus ini bisa terjadi jika Anda mengkonsumsi obat maag, obat anti sembelit dan obat untuk jamur pada pencernaan. Maka sebelum mengkonsumsi obat sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu efek sampingnya dengan dokter.

8. Akibat Stress

Ada yang heran mengapa stress bisa menyebabkan perut kembung? Memang apa sih hubungannya? Stress biasanya diawali karena rasa cemas. Gangguan kecemasan berlebihan dapat mempengaruhi hormon dan berdampak pada reaksi otak dengan perut.

Tak jarang stress dan cemas ini juga menyebabkan diare secara tiba-tiba. Sebenarnya tidak hanya stress dan cemas saja yang menyebabkan perut kembung. Perasaan senang atau sedih yang berlebihan juga menyebabkan ketidakstabilan hormon yang memicu kembung atau diare.

9. Masalah Kesehatan Serius

Jika perut kembung Anda tidak disebabkan karena factor-faktor di atas, maka Anda harus waspada. Karena bisa jadi perut kembung Anda merupakan tanda masalah kesehatan yang lebih serius. Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf awal artikel ini, perut kembung dapat menjadi sinyal masalah kesehatan yang serius.

Dikutip dari health.com beberapa masalah kesehatan seperti alergi pencernaan, kurang nutrisi, gangguan lambung, kanker ovarium, penyumbatan perut bahkan kanker payudara bisa ditandai dengan perut kembung sebagai gejala awal. Oleh karena itu sebaiknya konsultasikan dengan dokter jika perut mulai terasa kembung.

Gejala Perut Kembung

  1. Terasa sesak atau seperti terjadi pembengkakan pada perut
  2. Perut terasa nyeri dan penuh gas
  3. Pada kasus yang parah, rasa sakit dan nyeri pada perut bisa menyebabkan kram perut
  4. Frekuensi cegukan dan sendawa menjadi sering
  5. Buang angin berlebihan

Cara Mengatasi Perut Kembung dengan Bahan Alami

1. Jahe

Cara mengatasi perut kembung dan mual dengan minum ramuan jahe. Jahe memang dipercaya mampu mengatasi masalah pencernaan. Kandungan jahe seperti gingerol dan shogaols dapat mengobati radang usus dan masalah saluran pencernaan lain seperti perut kembung. Jahe juga dapat dijadikan sebagai ramuan untuk menyembuhkan nyeri datang bulan pada wanita. Tak heran jika jahe menjadi bahan obat tradisional untuk mengatasi masalah pencernaan. Untuk membuat obat kembung dengan jahe, Anda dapat menjadikannya wedang jahe. Caranya:

  1. Ambil jahe secukupnya
  2. Bersihkan lalu bakar hingga harum
  3. Geprek atau memarkan jahe hingga pipih
  4. Rebus jahe dengan gula merah hingga mendidih
  5. Wedang jahe siap diminum

2. Teh Kamomil

Selain sebagai ramuan relaksasi mengatasi stress, teh kamomil juga bisa mengatasi perut kembung. Kandungan teh ini memiliki sifat antispasmodik dan aniflamasi yang dapat mengatasi masalah pencernaan. Dengan teh kamomil, sakit kembung Anda dapat diatasi dengan meminumnya. Caranya:

  1. Seduh teh bunga kamomil
  2. Tambahkan dengan madu
  3. Sebelum meminum, hirup uap panas agar perut menjadi hangat
  4. Minum perlahan ketika masih hangat
  5. Peppermint

3. Peppermint

Cara menghilangkan perut kembung karena maag secara alami dengan minum ramuan berbahan peppermint. Peppermint terkenal sebagai tanaman herbal aromatik. Tanaman yang memiliki nama latin menthe piperita ini kaya akan manfaat untuk mengatasi masalah pencernaan. Mulai dari meringankan rasa mual hingga dapat menyembuhkan perut kembung. Ini disebabkan karena peppermint mengandung bahan aktif minyak mentol. Sebagai obat untuk perut kembung, peppermint diolah menjadi teh untuk diminum. Caranya:

  1. Ambil daun peppermint secukupnya
  2. Keringkan hingga tidak mengandung kadar air
  3. Kemudian tumbuk hingga halus
  4. Campurkan satu sendok teh daun peppermint halus dengan satu cangkir air
  5. Masak hingga mendidih
  6. Minum dalam keadaan hangat
  7. Anda dapat mencampurnya dengan sedikit madu

4. Teh Dandelion

Selain peppermint, dandelion juga bisa dimanfaatkan sebagai minuman teh untuk menyembuhkan kembung. Teh dandelion dapat berperan sebagai diutrik alami dan stimulant pencernaan agar fungsi pencernaan berjalan sebagaimana mestinya. Untuk mengatasi perut kembung, bagian dandelion yang digunakan yaitu akarnya. Caranya:

  1. Ambil bagian akar tanaman dandelion
  2. Cuci dengan air mengalir hingga bersih
  3. Masak air sekitar 1 liter di dalam panci hingga mendidih
  4. Potong kecil-kecil akar dandelion kemudian masukkan ke dalam panci
  5. Rebus akar di dalam air mendidih kurang lebih 1 menit
  6. Matikan kompor dan biarkan air rebusan berada di dalam panci selama 40 menit
  7. Saring air rebusan hingga terpisah dengan akar dandelion
  8. Gunakan ir tersebut sebagai minuman

5. Bawang Merah

Bagi Anda pengguna obat tradisional dalam mengatasi penyakit, pasti sudah tidak asing lagi manfaat dari bawang merah. Jenis sayuran ini terbukti dapat menyembuhkan perut kembung akibat masuk angin. Biasanya ini diaplikasikan pada bayi. Meskipun begitu, dalam pemakaiannya pun harus diperhatikan. Sebab pemakaian yang berlebihan akan menimbulkan iritasi. Jika ingin menggunakan bahan alami ini sebagai obat kembung, Anda dapat mencampurnya dengan minyak telon, dengan cara:

  1. Ambil dan kupas bawang merah sebanyak 2 siung
  2. Tumbuk kasar bawang merah
  3. Campur bawang dengan minyak telon
  4. Balurkan pada perut yang kembung

6. Kayu Manis

Salah satu obat tradisional perut kembung orang dewasa yaitu dengan ramuan herbal kayu manis. Seperti jahe, kayu manis merupakan bahan alami yang dapat dijadikan ramuan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Untuk mengatasi masalah perut kembung dan begah Anda dapat mermaunya menjadi bubuk dan diminum bersama dengan teh. Caranya:

  1. Ambil kayu manis secukupnya kemudian bersihkan dari kulit luar
  2. Potong hingga 3-5 cm
  3. Jemur hingga 2-3 hari di bawah sinar matahari
  4. Haluskan atau giling katu manis yang sudah kering
  5. Gunakan bubuk tersebut sebagai campuran pada teh
  6. Minum selagi masih hangaT

7. Daun Jarak

Daun jarak biasa digunakan untuk mengatasi perut kembung pada bayi. Penggunaannya pun hanya ditempelkan pada perut. Tanaman ini efektif mengatasi berbagai penyakit seperti bengkak akibat pukulan, gatal-gatal, lepra, rematik, obat pencahar dan mengatasi kembung. Hal ini disebabkan karena daun jarak memiliki sifat melancarkan darah (stagnant blood dispelling), menghilangkan bengkak (anti-sweeling) dan menghilangkan gatal (anti-pruritic). Untuk menggunakan tanama ini sebagai obat kembung bayi Anda caranya:

  1. Ambil 3 helai daun jarak
  2. Cuci dengan air lalu keringkan dengan cara diangin-anginkan
  3. Garang di atas kompor hingga timbul lembab pada daun
  4. Beri sedikit minyak kelapa pada permukaan daun lalu ratakan hingga semua terlapisi minyak
  5. Tempelkan pada perut kemudian pasang bedong agar daun tetap menempel
  6. Jika sudah 30 menit bedong bisa dilepas. Biasanya daun jarak yang ditempelkan menjadi kering

8. Labu

Buah hallowen ini ternyata memiliki manfaat untuk mengatasi masalah pencernaan. Labu merupakan salah satu buah yang mengandung serat tinggi. Kandungan serat pada labu mampu mengatasi masalah pencernaan baik sembelit maupun kembung. Selain itu labu juga dapat mengatasi tekanan darah tinggi, mempertahankan kekebalan tubuh, mengatasi insomnia, menjaga suhu tubuh serta menyehatkan mata. Anda dapat mengonsumsi labu sebagai minuman, dengan cara:

  1. Ambil buah labu sebanyak 200 gram kemudian kupas dan bersihkan
  2. Potong kecil-kecil lalu kukus hingga empuk
  3. Campurkan air sebanyak 250 ml dan madu sebanyak 10 sendok teh
  4. Blender campuran bahan tersebut
  5. Tunggu hingga benar-benar halus dan semua bahan tercampur lalu sajikan ke dalam gelas
  6. Jus labu siap diminum

9. Seledri

Sebagai bahan alami untuk mengatasi perut kembung, seledri dapat membantu sistem pencernaan dan efektif membuang cairan berlebih. Seledri juga berperan sebagai diutrik alami yang dapat mengeluarkan cairan pada ginjal. Meskipun kecil dan ringan sayuran ini kaya akan nutrisi, seperti C, K, B6, kalium, asam folat, metanol, ethanol dan kandungan antioksidan yang tinggi. Untuk mengambil manfaat dari sayuran ini, Anda dapat mengolahnya menjadi jus dengan cara:

  1. Ambil seledri yang segar dan renyah
  2. Cuci bersih seledri pada air yang mengalir
  3. Siapkan air minum dan gula secukupnya
  4. Masukkan gula, seledri dan air minum kemudian blender
  5. Seledri siap disajikan

10. Cuka Sari Apel

Makan secara berlebihan dapat menyebabkan organ pencernaan tidak maksimal dalam mencerna makanan. Akibatnya terdapat sisa-sisa makanan yang tidak dapat dicerna dan memicu produksi gas di dalam perut. Inilah salah satu yang membuat perut menjadi kembung. Untuk mengatasi hal ini Anda dapat mengambil manfaat dari pectin yang terkandung dalam cuka sari apel. Caranya:

  1. Larutkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam air ataupun teh hangat
  2. Minum ketika masih hangat sebelum makan sebanyak 3 kali sehari

11. Air Lemon Hangat

Cara mengatasi perut kembung masuk angin dengan rutin minum air lemon hangat. Seperti yang kita tahu buah ini memang memiliki rasa masam karena kaya akan vitamin C-nya. Namun dibalik rasa masam tersebut terdapat kandungan HCL (asam hidroklorat) yang berperan merusak sisa-sisa makanan. Dengan mengonsumsi air lemon hangat saluran pencernaan menjadi lancar. Anda dapat membuat air lemon hangat di rumah dengan cara:

  1. Masukkan 3 irisan buah lemon ke dalam secangkir air atau teh hangat
  2. Minum ketika bangun pagi sebelum minum atau makan apapun

12. Nanas

Tak hanya kaya akan vitamin C yang menyegarkan. Buah nanas mengandung bromelain yang dipercaya dapat mengatasi sistem pencernaan termasuk perut kembung. Kandungan air dan potassium yang tinggi juga efektif mengeluarkan kelebihan garam dalam tubuh.  Untuk menggunakannya sebagai obat perut kembung, Anda dapat memakannya secara langsung atau membuatnya emnajdi jus.

13. Timun

Sebagai sayuran yang kaya akan mineral, timun ternyata efektif mengatasi masalah pada tubuh. Kandungan silica, asam kafeat dan vitamin C dapat berperan untuk mencegah retensi cairan tubuh. Lebih dari itu, kandungan quercetin sebagai antioksidan mampu mengatasi perut begah dan kembung. Sebagai obat perut kembung Anda dapat memanfaatkna timun dengan cara dimakan langsung. Bisa juga disajikan sebagai campuran buah pada infused water Anda.

14. Pisang

Mungkin sebagian dari kita ada yang menyadari bahwa buah satu ini kerap dijadikan hidangan pencuci mulut. Namun apakah Anda tahu alasannya? Pisang sebagai makanan pencuci mulut tidak hanya sekedar sajian belaka. Pisang kaya akan kandungan kalium yang dapat menetralkan kadar sodium sehingga mencegah retensi cairan. Serat larut pada pisang akan melancarkan pencernaan, alhasil makanan yang tertumpuk akan cepat terurai. Untuk mendapatkan manfaat ini Anda dapat memakannya secara langsung.

15. Semangka

Salah satu cara agar perut kembung dapat diatasi yaitu dengan mengeluarkan cairan ataupun gas yang menyebabkan perut menjadi kembung. Dengan memakan buah semangka masalah perut Anda bisa diatasi. Semangka memiliki sifat diutrik yang dapat memicu ginjal untuk mengeluarkan air seni. Apalagi sebanyak 92% air yang terkandungan pada buah ini dapat berfungsi mengeluarkan cairan pada perut. Anda dapat memakan buah ini secara langsung sebagai obat perut kembung.

16. Yogurt

Yogurt merupakan makanan berbahan susu fermentasi dan mengandung mikroorganisme yang dapat membantu menjaga ketahanan sistem pencernaan. Yogurt mengandung bakteri baik yang dapat mengurai sisa makanan dalam usus. Kandungan lactobacillus dan bifidobacterium pada yogurt dapat berperan mengatasi penyebab masalah perut kembung. Anda dapat meminum yogurt secara langsung dengan memilih yogurt tanpa rasa.

Cara Mengatasi Perut Kembung dengan Olahraga

1. Kardio

Cara mengatasi perut kembung terus menerus dengan olahraga kardio. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi perut kembung melalui olahraga dapat dilakukan dengan olahraga kardio. Dengan melakukan olahraga ini sistem pernapasan, detak jantung, serta otot akan bekerja secara optimal. Hal ini yang akan merangsang kontraksi alamiah dalam tubuh, sehingga gas berlebih pada perut akan keluar. Beberapa olahraga kardio yang dapat dilakukan yaitu berenang, berlari dan bersepeda.

2. Yoga

Selain untuk menguatkan fisik dan mental, ternyata yoga merupakan solusi untuk masalah perut kembung. Menurut Dr. Partha Nandi, seorang gastroenterology mengatakan bahwa seseorang yang memiliki masalah pencernaan atau perut kembung dapat mengambil manfaat dengan melakukan yoga. Beberapa pose yoga terbaik untuk mengatasi perut kembung adalah:

1. Cat caw

Gerakan ini dipercaya mampu mendorong gerakan usus sehingga dapat mengeluarkan gas yang menyebabkan sakit. Anda dapat melakukannya dengan cara:

  1. Ambil posisi tubuh merangkak di atas matras
  2. Dorong tulang belakang ke atas sembari tarik napas perlahan
  3. Tundukkan kepala dan tahan hingga 10 detik
  4. Lalu lengkukan punggung ke arah bawah
  5. Angkat kepala menghadap ke atas
  6. Tahan hingga 10 detik
  7. Lakukan gerakan yang sama sebanyak 3 kali
2. Torso twist

Gerakan yoga yang kedua yaitu torso twist. Gerakan ini mampu mengatasi masalah perut kembung karena salah satu fungsinya yaitu meningkatkan aliran dan sirkulasi darah. Caranya:

  1. Ambil matras dan duduk dengan posisi menekuk lutut
  2. Angkat kaki perlahan ke arah dada dengan menyeimbangkan tulang ekor
  3. Tekuk siku hingga kedua telapak tangan saling bersentuhan di depan dada
  4. Rotasikan tubuh ke arah kiri hingga siku kanan menyentuh lutut kiri
  5. Putar kembali tubuh ke tengah, dan lakukan pada sisi kanan
  6. Ulangi gerakan hingga 3 set
3. Extended triangle pose

Pose yoga untuk mengatasi perut kembung selanjutnya yaitu Extended triangle. Meskipun terbilang sederhana, namun pose ini juga efektif mengatasi maslah perut kembung. Caranya:

  1. Posisikan tubuh berdiri tegak dengan kaki sedikit terbuka
  2. Posisikan kaki kanan menghadap kedepan dan lebih maju 3 langkah dari kaki kiri
  3. Arahkan kaki kiri menghadap samping, hingga kedua kaki membentuk sudut 90 derajat
  4. Berikan tumpuan pada pinggang kemudian arahkan tangan kiri ke bagian bawah kaki kiri hingga lurus dengan tangan kanan yang ke arah atas
  5. Tahan posisi hingga 10 detik
  6. Ulangi gerakan yang sama dengan bergantian posisi
4. Spinx pose

Salah satu gerakan mengatasi perut kembung yaitu dengan spinx pose. Seperti namanya, gerakan ini dilakukan layaknya patung spinx. Selain meregangkan tubuh, manfaat lain dari gerakan ini yaitu dapat meregangkan organ pencernaan. Sehingga dapat mengatasi kelebihan gas dalam perut. Caranya:

  1. Posisikan tubuh tengkurap di atas matras
  2. Tekukkan siku di sebelah dada
  3. Tekan matras dan dorong tubuh ke atas hingga mengangkat tulang belakang
  4. Tahan posisi hingga 10 detik dan kembali pada posisi awal
  5. Ulangi hingga 5 kali
5. Extended puppy pose

Ini merupakan pose yang dapat merilekskan otot-otot perut. Gerakan ini cocok untuk mengeluarkan gas dan mengatasi perut kembung. Anda dapat melakukannya dengan cara:

  1. Posisikan tubuh merangkak di atas matras
  2. Arahkan tangan lurus ke depan
  3. Tarik bagian tulang punggung ke belakang atas dan biarkan wajah sedikit mencium matras
  4. Tahan hingga 30 detik
  5. Kembali ke posisi awal dengan menarik napas secara perlahan

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Anak

  1. Ambil posisi nyaman yaitu dengan duduk bersandar.
  2. Untuk melakukan pengobatan pada perut kembung anak Anda dapat melakukan beberapa hal diantaranya pijatan dan tepukan pada bagian perut, dada dan punggung kemudian oleskan balsam atau minyak kayu putih. Selain itu Anda dapat menggunakan bantal pemanas yang diletakkan pada perut dengan rutin memberikan air putih 29 hingga 59 mililiter setiap 15 menit sekali.
  3. Beri tahu anak untuk mengunyah makanan secara perlahan.
  4. Beri minuman hangat.
  5. Meskipun sedang sakit, hindari makan dengan keadaan berbaring.
  6. Gunakan obat penghilang gas

Cara Mengatasi Perut Kembung dengan Obat

1. Suplemen Beano

Beano merupakan salah satu suplemen enzim pencernaan. Makan makanan yang tinggi serat, lemak dan kacang-kacangan biasanya memicu gas pada tubuh. Oleh karenanya tubuh membutuhkan nutrisi untuk membantu mencerna jenis komponen makanan tersebut. Anda dapat mengonsumsi beano sebelum makan. Kandungan enzim pada suplemen ini mampu mencerna oligosakarida.

2. Zaitop dan Moringa

Zaitop dan moringa adalah jenis obat untuk mengatasi masalah perut seperti maag, mual, panas serta kembung. Kedua obat ini berfungsi untuk membersihkan darah kotor dari dalam. Dengan mengonsumsi obat perut kembung di apotik ini kuman dan bakteri penyebab sakit pada perut akan terbuang dan dibersihkan dari dalam tubuh.

3. Tolak Angin

Obat satu ini merupakan sejenis jamu herbal asli Indonesia yang kini telah menembus pasar global. Khas rasa mentol dan aneka tanaman obat sebagai bahan dasarnya dipercaya ampuh mengatasi berbagai gejala penyakit seperti masuk angin, kelelahan, mabuk perjalanan, hingga perut kembung. Bahkan tolak angin cocok untuk dijadikan minuman peningkat daya tahan tubuh.

4. Disflatyl

Obat sakit perut kembung lainnya yaitu disflatyl. Obat ini bekerja mengurangi penimbunan gas di dalam saluran pencernaan. Komponen aktif polisiloksan dalam disflatyl tidak diserap lambung jadi tidak menimbulkan bahaya apapun.

5. Metoclopramide

Seperti yang telah disebutkan di atas kembung dapat disebabkan karena adanya penimbunan sisa makanan di dalam saluran pencernaan. Sisa makanan ini dapat didorong dengan cepat dari lambung ke usus jika mengonsumsi metoclopramide. Selain itu obat ini juga dapat meredakan mual dan muntah.

6. Domperidone

Sama seperti metoclopramide, obat ini juga bekerja mempercepat proses pencernaan dari lambung ke usus. Obat ini sebaiknya dikonsumsi 30 menit sebelum makan. Penggunaannya pun tidak boleh berlebihan, sebab domperidone merupakan jenis obat yang berlangsung dalam jangka pendek. Efek samping akibat penggunaan obat ini seperti denyut jantung meningkat, sakit kepala dan diare. Oleh sebab itu jika tidak ada perubahan yang baik ketika mengonsumsi obat ini segera lakukan pemeriksaan dengan dokter.

7. Dimethicone

Cara mengatasi perut kembung karena maag dengan minum obat Dimethicone. Dimethicone atau dimethylpolysiloxane efektif untuk menyembuhkan kembung pada perut. Obat yang merupakan antifoaming ini dapat mengurangi kembung pada perut serta ketidaknyamanan akibat gas berlebih pada perut. Cara kerja obat ini yaitu dengan menurunkan tegangan permukaan gas, dengan begitu buih pada pencernaan membentuk gelembung yang besar sehingga dapat lebih mudah dikeluarkan.

8. Cisapride

Cara kerja obat ini yaitu meningkatkan kontraksi pada lambung dan usus. Pada usus halus obat ini bekerja membantu mencerna makanan. Sehingga tidak terjadi penumpukan makanan dalam sistem pencernaan yang menimbulkan gas. Sebaiknya obat ini dikonsumsi 15 menit sebelum makan atau lambung dalam keadaan kosong.

Efek Samping Mengatasi Perut Kembung dengan Obat

Secara umum mengobati perut kembung dengan menggunakan obat tidak memiliki efek samping khusus. Sebab sebagian besar obat yang digunakan untuk megatasi perut kembung berbahan dasar obat-obatan alami. Namun untuk mengatasi perut kembung dnegan obat-oatan kimia, perlu diperhatikan intensitas penggunaannya. Terlalu banyak mengonsumsi obat juga tidak baik bagi tubuh dan mengganggu sistem kerja organ tubuh lainnya.

Beberapa informasi di atas merupakan referensi yang dapat Anda gunakan untuk masalah perut Anda. Disarankan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter jika Anda mengalami masalah perut kembung yang cukup parah. Ada baiknya jika sekarang kondisi kesehatan sedang baik perlu kenali tips mengatasi perut kembung agar Anda terhindar dari masalah pencernaan tersebut. Sebab lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?

Tips Mencegah Perut Kembung

  1. Kurangi makanan yang mengandung serat terlalu tinggi.
  2. Hindarilah makanan yang memiliki kadar lemak tinggi.
  3. Biasakan makan tidak rakus atau makanlah secara perlahan.
  4. Jangan biasakan minum yang mengandung karbonasi.
  5. Jangan suka mengunyah perman karet secara rutin.
  6. Olahraga lah ringan sesudah anda makan.
  7. Jangan bicara ketika sedang makan.

Tips Mengatasi Perut Kembung

1. Kurangi Makanan Berlemak

Makan makanan yang mengandung banyak lemak menyebabkan pencernaan lambat untuk memproses makanan. Akibatnya sisa makanan mengalami fermentasi sehingga menimbulkan banyak gas. Beberapa makanan berlemak seperti gorengan dan makanan cepat saji sebaiknya dihindari agar perut Anda terhindar dari kembung.

2. Kurangi Asupan Garam

Mengonsumsi makanan asin dan gurih memang menjadi kegemaran banyak orang. Namun perlu diketahui bahwa terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung sodium dapat menyebabkan perut sesak. Kandungan sodium yang tinggi mengakibatkan retensi cairan dalam tubuh. Keadaan ini menyebabkan air tidak dapat keluar. Dampaknya, air akan menumpuk dan menyebabkan perut terasa penuh.

3. Minum Air Putih yang Cukup

Untuk mengatasi sakit kembung pada perut Anda dapat menggunakan air putih sebagai solusinya. Air putih dapat berfungsi untuk membuang racun, mencegah konstipasi, serta dapat membantu tubuh dalam mencerna serat. Meskipun begitu, perlu diperhatikan pula jumlah air putih yang kita minum. Jika terlalu berlebihan juga malah akan menambah kembung pada perut Anda.

4. Bergerak Setelah Makan

Setelah makan dan perut terasa kenyang memang membuat orang malas untuk bergerak atau melakukan aktivitas. Inilah yang dapat menyebabkan perut kembung. Sebaiknya untuk menghindari perut kembung, lebih baik bergeraklah setelah makan. Bergerak disini bukan berarti melakukan aktivitas berat atau olahraga. Anda dapat melakukan aktivitas kecil seperti jalan kaki santai 5-10 menit di sekitar lingkungan Anda. Dengan cara ini tumpukan gas pada saluran pencernaan akan berkurang sehingga tidak menimbulkan perut kembung.

5. Makan Secara Teratur

Kebiasaan buruk seperti pola makan yang tidak teratur dan sering menunda waktu makan juga dapat menyebabkan perut kembung. Kondisi perut dalam keadaan kosong akan rentan mengalami masuk angin. Ketika tubuh mengalami masuk angin udara akan menempati ruang pada saluran pencernaan yang kosong tersebut. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya mulailah makan secara teratur atau sehari tiga kali pada waktu-waktu yang sudah Anda tentukan. Kebiasaan makan tepat waktu juga menjadi solusi untuk mencegah perut kembung.

6. Menggunakan Jaket Saat Keluar Malam

Tanpa kita sadari perut kembung dapat terjadi akibat kondisi lingkungan yang dingin. Berada di luar ketika malam hari, mendaki gunung dan berbagai kondisi yang membuat tubuh Anda dingin perlu diperhatikan. Dalam keadaan ini upayakan tubuh Anda selalu hangat. Sebaiknya selalu sedia dan gunakan pelindung seperti jaket, sarung tangan dan sepatu jika Anda berada dalam lingkungan yang dingin. Hal ini akan menjaga suhu tubuh Anda tetap hangat.

7. Hindari Makanan dan Minuman Dingin

Makanan dan minuman dingin dapat menyebabkan perut kembung bukanlah mitos. Seorang dokter kesehatan olahraga bernama dr. Michael Triangto, SpKO menyebutkan bahwa makanan atau minuman dingin susah dicerna oleh usus. Jika hal ini terjadi maka makanan dan minuman tersebut menumpuk dan menyebabkan perut terasa penuh. Oleh sebab itu hindari makanan dan minuman dingin. Lebih baik mengonsumsi minuman sejuk, yaitu yang memiliki suhu antara 4 hingga 12 derajat celcius. Minuman dengan suhu tersebut justru mudah diserap oleh usus.

8. Hindari Makanan yang Mengandung Pemanis Buatan

Beberapa makanan yang mengandung pemanis buatan seperti minuman bersoda dan permen karet turut menyumbang terjadinya perut kembung. Makanan yang mengandung sarbitol dan fruktosa ini mengandung gula kompleks sehingga sulit dipecah dan dicerna. Akibatnya menimbulkan gas berlebih dan menyebabkan kembung.

9. Tidak Merokok

Rokok selain sebagai penyebab berbagai penyakit serius juga merupakan penyumbang gas pada perut. Ketika merokok hisapan pada rokok menimbulkan udara turut masuk ke dalam pencernaan. Adanya gas ini menyebabkan perut menjadi kembung. Oleh karena itu lebih baik untuk menghindari aktivitas yang tidak sehat ini.

Apapun penyebabnya, perut kembung memang membuat tubuh menjadi tidak nyaman. Misalnya makan dan minum yang terlalu cepat, meskipun sederhana terkadang penyebab tersebut sering tidak kita sadari. Oleh karenanya membiasakan diri mencari tahu tentang penyebab serta cara mengatasi suatu masalah penyakit menjadi hal yang penting.

Baca Juga: Cara Mengobati Asam Lambung dengan Bahan Alami dan Obat Serta Efek Samping

Meskipun begitu, tidak semua perut kembung dapat diatasi dengan pengobatan yang dilakukan sendiri. Bahkan perut kembung dapat menjadi gejala awal suatu penyakit kronis. Konsultasi dengan dokter dan ahlinya merupakan salah satu hal yang tidak boleh diremehkan. Untuk mengatasi perut kembung yang tidak dapat ditangani sendiri lebih baik segera hubungi dokter.

Continue Reading

More in Kesehatan

To Top