Connect with us
Cara Mengatasi Masuk Angin

Kesehatan

41 Cara Mengatasi Masuk Angin dengan Bahan Alami, Teknik, Obat Serta Efek Sampingnya

Cara Mengatasi Masuk Angin – Masuk angin merupakan keluhan umum yang sering dirasakan oleh masyarakat Indonesia. istilah masuk angin sangat lekat di kalangan masyarakat sehingga ketika ada yang mengeluhkan masuk angin pasti akan mengarah pada perut kembung, begah, sering kentut atau bersendawa dan beberapa gejala lain yang menunjukkan ada kelebihan angin dalam perut.

Cara Mengatasi Masuk Angin

Meski istilah masuk angin sangat akrab di telinga masyarakat, di kamus kedokteran tak ada istilah untuk penyakit tersebut. Dunia medis menyebut gejala yang muncul menyerupai ciri masuk angin sebagai indikasi sindroma dispepsi atau dispepsia yang lazim pula disebut sebagai gangguan pencernaan.

Meski tak ada istilah masuk angin dalam dunia medis, tenaga kesehatan biasanya akan tetap menggunakan istilah ini. Tenaga medis akan tetap menggunakan istilah masuk angin kepada pasien yang mencoba cara mengatasi masuk angin dengan bantuan medis agar lebih mudah dipahami oleh orang awam.

Penyebab Masuk Angin

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara mengatasi masuk angin, ada baiknya jika Anda mengetahui penyebab nya. Hal ini dimaksudkan agar Anda lebih hati-hati lagi agar tak terserang masuk angin kembali. Beberapa penyebab angina yang seringkali terjadi antara lain :

1. Telat Makan

Tahukah Anda jika setiap organ tubuh manusia memiliki jam kerjanya sendiri? Siklus kerja organ tubuh manusia ini disebut sebagai siklus sikardian. Telat makan akan membuat siklus ini menjadi kacau sehingga kesehatan tubuh menurun. Telat makan dalam waktu cukup lama juga akan membuat perut terasa kram, kembung dan begah. Gejala-gejala ini merupakan gejala yang sering muncul ketika masuk angin.

2. Kelelahan

Tubuh terlalu paya menyebabkan kekebalan tubuh menurun. Telau lelah hingga mengundur waktu makan juga membuat perut kosong sehingga gas lebih mudah masuk pada lambung. Hal inilah yang kemudian membuat perut begah, kembung dan hilang selera makan.

3. Begadang

Dunia medis menggambarkan masuk angin adalah campuran gejala flu dan maag. Ketika begadang, kekebalan tubuh akan menurun dan rentan terserang flu. Selain itu, angin malam juga membuat perut kembung yang menjadi salah satu ciri masuk angin.

4. Cuaca

Pada saat cuaca pancaroba, siang hari akan terasa terik sedangkan malam hari biasanya cenderung dingin. Suhu yang tak menentu ini membuat tubuh drop sehingga rentan berbagai penyakit, termasuk juga masuk angin. Selain itu, ketika suhu dingin tubuh juga akan menurunkan suhunya dengan cara menyempitkan pembuluh darah. Hal inilah yang kemudian membuat tubuh rentan masuk angin.

5. Makanan

Banyak yang belum mengetahui jika makanan juga menjadi pencetus masuk angin, Beberapa jenis makanan dapat menyebabkan perut kembung yang menjadi salah satu ciri masuk angin. Makanan yang menyebabkan kembung antara lain : sayuran yang mengandung raffinose (kol ,kubis dan brokoli), kacang polong, apel dan makanan asin. Beberapa orang mungkin juga bisa mengalami kembung setelah mengkonsumsi susu sapi akibat alergi tehadap kandungan laktosa.

Gejala Masuk Angin

Menjadi penyakit yang sering dikeluhkan, gejala masuk angin juga tergolong gejala umum yang sering ditimbulkan oleh penyakit lainnya. Gejala paling umum yang muncul karena angin duduk adalah sering bersendawa dan buang gas dengan bau menyengat. Hal ini menandakan tubuh sedang berusaha mengeluarkan kelebihan gas di lambung untuk mengurangi kembung. Sedangkan ciri masuk angin lainnya antara lain :

  • Perut kembung.
  • Dalam kasus parah, diare juga menjadi tanda tanda masuk angin.
  • Pusing.
  • Mual.
  • Selera makan hilang.
  • Nyeri otot.
  • Badan terasa pegal.

Selain menunjukkan gejala di atas, masuk angin juga dapat menimbulkan nyeri di bagian dada dan nafas sesak. Jika Anda mengalami masuk angin yang dibarengi dengan dua gejala ini, maka segera hubungi dokter karena bisa jadi Anda terserang angin duduk yang mengancam nyawa.

Gejala masuk angin lain yang menunjukkan kondisi Anda harus segera mendapat pertolongan medis adalah badan terasa lemas, mata cekung dan kulit kering. Tanda ini menunjukkan jika tubuh kekurangan cairan akibat muntah atau diare yang dibarengi dengan hilangnya selera makan.

Bahaya Masuk Angin

Masuk angin memang sudah menjadi penyakit merakyat. Meski begitu, bukan berarti masuk angin bisa dibiarkan begitu saja. Angin duduk bisa menjadi awal bagi penyakit lain sehingga bisa menimbulkan bahaya serius jika tak segera diatasi. Beberapa bahaya masuk angin jika tak langsung diobati antara lain :

1. Sesak Napas

Ketika masuk angin kondisi tubuh akan melemah sehingga rentan akan infeksi bakteri dan virus. Bagi pemilik riwayat sesak nafas, masuk angin juga bisa menimbulkan trauma tersendiri, apalagi jika terpapar debu. Trauma ini dapat memicu tubuh terserang sesak nafas ulangan dan dapat berdampak fatal.

2. Maag

Kamu perlu hati-hati jika memiliki riwayat penyakit maag dan sedang mengalami masuk angin. Angin dapat menekan syaraf lambung sehingga membuat kondisi pencernaan lebih parah. Oleh karena itu, segera cari cara mengatasi masuk angin dengan cepat sebelum penyakit bertambah parah.

3. Sakit Punggung

Pernah sakit punggung secara tiba-tiba? Bisa jadi hal tersebut adalah imbas masuk angin yang menekan syaraf punggung. Jika hal ini terjadi pada Anda usahakan tetap rilex dan segera cari cara mengatasi masuk angin. Panik justru akan membuat sakit punggung lebih parah.

4. Masalah Pencernaan

Ketika masuk angin bakteri akan mudah masuk ke sistem pencernaan, terutama usus besar. Ha ini bisa membuat Anda terserang diare hebat dan beragam masalah lainnya.

5. Vertigo

Pusing adalah salah satu gejala awal masuk angin. Mulanya, pusing karena masuk angin mungkin tak terlalu parah. Namun, bagi pemilik riwayat vertigo hal ini bisa menjadi sebuah ancaman. Jika vertigo sudah telanjur kambuh, maka pusing hebat dan benda disekitar terasa bergerak tak lagi bisa dihindarkan.

6. Jantung Koroner

Pernah mendengar istilah angin duduk? Istilah ini merupakan sebutan untuk masuk angin yang mengarah ke jantung koroner. Gejala awalnya seperti masuk angin biasa. Namun, jika dibiarkan dada akan terasa sesak seta nyeri, mual dan sulit bernafas. Karena rasa sakit yang tak kunjung hilang, jantung akan bereaksi dan terjadilah jantung koroner. Penyakit ini dapat menimbulkan kematian dengan waktu cepat, yakni 15 hingga 30 menit.

7. Stroke

Bahaya masuk angin yang dibiarkan begitu saja lainnya adalah stroke. Gejala awalnya adalah pusing ringan, vertigo dan kemudian dilanjutkan dengan mual. Hal ini merupakan pertanda jika tekanan gas menekan syaraf otak. Jika dibiarkan berlanjut, hal ini akan menyebabkan stroke.

Cara Mengatasi Masuk Angin dengan Bahan Alami

Cara menghilangkan masuk angin tak harus menggunakan obat. Masuk angin juga bisa diatasi dengan mudah menggunakan bahan di sekitar kita. Beberapa bahan alami yang mampu mengobati angin duduk antara lain :

1. Bawang Merah

Bawang merah sering dijadikan sebagai obat masuk angin tradisional untuk anak. Bawang merah mampu menghangatkan tubuh, mempercepat pengeluaran gas di lambung seta memperlancar peredaran darah. Namun, cara mengatasi masuk angin dengan bawang merah haru sangat hati-hati karena bawang merah dapat menimbulkan ruam merah atau bahkan iritasi pada beberapa orang yang memiliki kulit sensitif.

Caranya :

  • Haluskan bawang merah.
  • Tambahkan sedikit minyak kayu putih atau minyak telon.
  • Balurkan pada perut dan punggung.

2. Jahe

Jahe sering dimanfaatkan sebagai penghangat tubuh. Karena khasiatnya inilah, Jahe juga sering dijadikan cara mengatasi masuk angin sendiri di rumah. Selain it, jahe juga memiliki rasa enak sekaligus aroma menenangkan.

Caranya :

  • Parut jahe secukupnya.
  • Rebus bersama satu gelas air hingga mendidih.
  • Untuk mengurangi rasa pedas, tambahkan madu atau gua batu.
  • Cara mengobati masuk angin dengan jahe lainnya adalah dengan mengupas jahe lalu mememarkannya. Seduh dengan air mendidih lalu minum dalam kondisi hangat.

3. Air Daun Pepaya

Cara mengatasi masuk angin lainnya adalah dengan menggunakan air daun pepaya. Cara ini terbilang sangat ampuh namun sering dihindari karena memiliki rasa pahit. Selain itu, daun pepaya juga memiliki efek samping menurunkan tekanan darah sehingga tak dianjurkan bagi penderita hipotensi.

Caranya :

  • Cuci bersih 4 lembar daun pepaya.
  • Rebus daun pepaya bersama satu liter air hingga tersisa setengahnya.
  • Minum air rebusan daun pepaya selagi hangat.

4. Teh Herbal

Kunci utama dari cara mengatasi masuk angin adalah menjaga suhu tubuh agar tetap hangat. Oleh karena itu, teh herbal seperti chamomile, licorice atau teh hijau dapat menjadi cara alami menyembuhkan angina. Sebaliknya, teh yang mengandung kafein justru beresiko menyempitkan pembuluh darah sehingga tubuh akan merasa hangat dalam waktu singkat namun sangat mudah kedinginan setelahnya.

Caranya :

  • Minum teh herbal ketika tubuh merasa dingin.
  • Minum pula satu cangkir teh herbal di malam hari sehingga tubuh akan terasa lebih segar keesokan harinya.

5. Madu

Madu mengandung nutrisi lengkap sehingga tak heran madu menjadi obat alami aneka penyakit, termasuk juga madu untuk mengatasi masuk angin.  Madu bersifat menghangatkan tubuh, melindungi lambung dari kerusakan, memperbaiki sistem cerna serta menguatkan daya tahan tubuh sehingga mampu mengatasi masuk angin secara alami.

Caranya :

  • Konsumsi satu sendok makan madu murni secara langsung.
  • Cara lainnya adalah dengan mencampurkan madu sebagai pemanis minuman hangat yang Anda konsumsi.

6. Berkumur dengan Air Garam dan Baking Soda

Cara mengatasi masuk angin lainnya adalah dengan berkumur menggunakan air garam dan baking soda. Cara ini akan memicu tubuh mengeluarkan kelebihan gas. Selain itu, campuran air aram dan baking soda juga ampuh membunuh bakteri di mulut dan tenggorokan sehingga dapat pula menjadi cara mengobati sakit gigi akibat gigi berlubang, peradangan gusi dan sakit tenggorokan.

Caranya :

  • Campur sedikit garam, baking soda dan air hangat.
  • Gunakan campuran ini untuk berkumur terutama setelah beraktivitas di luar ruangan.

7. Ubi Merah

Sering dipandang sebelah mata, siapa menyangka jika ubi merah dapat menjadi cara mengatasi masuk angin. Ubi merah mampu mempercepat kinerja tubuh untuk melepaskan kelebihan gas di lambung. Agar manfaat ubi merah untuk mengatasi masuk angin lebih optimal, Anda juga menambahkan dengan bahan lain seperti cengkeh, kapulaga, jahe atau kayu manis.

Caranya :

  • Cuci bersih ubi merah.
  • Rebus ubi bersama dengan rempah seperti jahe, kapulaga, cengkeh atau kayu manis.
  • Minum air rebusan ubi dan konsumsi ubi dalam kondisi hangat.

8. Sup Ayam

Tak hanya enak dikonsumsi, sup ayam rupanya kaya akan protein yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, sup ayam hangat juga dapat menjadi cara mengobati flu secara alami serta menghangatkan tubuh sehingga cocok pula menjadi obat alami masuk angin.

Caranya :

  • Konsumsi sup ayam setengah panas sedikit demi sedikit, terutama jika Anda usai beraktifitas di suhu dingin.

9. Vitamin C

Vitamin C merupakan senyawa penting yang digunakan tubuh untuk memperkuat sistem imun. Hal ini sangat berguna agar tubuh dapat mengobati masuk angin dengan sendirinya. Namun, perlu diketahui jika vitamin C memiliki resiko menaikkan asam lambung, terutama jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong.

Caranya :

  • Konsumsi makanan yang tinggi vitamin C seperti jeruk dan jambu biji.

10. Salmon

Ikan salmon dipercaya sebagai agen omega 3 alami sehingga sering dijadikan sebagai bahan alami yang meningkatkan kecerdasan otak. Tak hanya itu, ikan salmon rupanya juga berfungsi untuk mencegah kelelahan, flu serta mengatasi masuk angin.

Caranya :

  • Olah ikan salmon menjadi sup.
  • Konsumsi selagi hangat.

11. Jus Strawberry

Salah satu penyebab masuk angin adalah kepayahan. Sementara itu, strawberry memiliki kandungan seng dan mineral yang mampu memulihkan tenaga tubuh. Selain itu, strawberry juga mengandung banyak vitamin C yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Caranya :

  • Cuci bersih strawberry lalu olah menjadi jus.
  • Disarankan untuk tidak menambahkan banyak air atau gula. Sebagai gantinya, Anda bisa menambahkan madu sebagai penambah rasa.

12. Pisang

Pisang merupakan salah satu sumber energi yang bisa diserap tubuh dengan mudah, Selain itu pisang juga mengandung tinggi vitamin C yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Pisang juga dipercaya sebagai cara mengatasi masuk angin karena kemampuannya sebagai anti peradangan,meningkatkan selera makan dan mengurangi rasa lapar.

Caranya :

  • Konsumsi pisang ketika Anda merasa kurang selera makan karena masuk angin. Namun, jangan konsumsi pisang dalam keadaan perut benar-benar kosong karena beberapa jenis pisang dapat meningkatkan asam lambung.

13. Tiram

Bagi Anda yang tak memiliki alergi ikan laut, tiram menjadi cara mengatasi masuk angin yang enak. Tiram memiliki kandungan mineral yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh serta membantu tubuh mengatasi aneka masalah kesehatan dengan sendirinya.

Caranya :

  • Olah tiram sesuai selera.
  • Nikmati selagi hangat.
  • Jika Anda tak memiliki masalah lambung, mengolah tiram menjadi menjadi masakan pedas juga akan sedikit membantu.

14. Sup Wortel dan Lobak

Sup wortel dan lobak yang disantap dalam keadaan hangat mampu meningkatkan suhu tubuh sehingga membuat masuk angin mudah disembuhkan. Selain itu, wortel juga kaya akan beta karoten yang mampu melawan infeksi. Sedangkan penderita masuk angin umumnya memiliki kekebalan tubuh rendah sehingga rentan infeksi.

Caranya :

  • Olah lobak putih dan wortel menjadi sup.
  • Santap selagi hangat.

15. Susu Jahe

Kombinasi susu dan jahe adalah minuman yang pas sebagai cara mengatasi masuk angin. Susu jahe akan menghangatkan tubuh dan mengurangi gejala masuk angin lain seperti pusing dan mual. Selain itu, jahe juga mengandung antioksidan jenis kaemferol yang berguna meningkatkan kekebalan tubuh.

Caranya :

  • Rebus susu murni hingga mendidih.
  • Tambahkan satu ruas jahe yang sudah dimemarkan.
  • minum dalam kondisi hangat.

16. Air Hangat

Tak hanya baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh, air hangat juga mampu menaikkan suhu dalam lambung. Dengan demikian, gas akan terdorong keluar dengan sendirinya. Tak heran jika setelah meminum air hangat penderita masuk angin akan lebih mudah bersendawa atau kentut. Karena hal inilah meminum air hangat dijadikan cara buang angin dalam badan secara tradisional.

Caranya :

  • Minum satu gelas air hangat ketika tubuh mulai merasakan gejala masuk angin.

17. Sup Bawang Putih

Senyawa glikosinates dan allicin dalam bawang putih sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, sup bawang putih juga mampu menghangatkan tubuh. Tambahkan pula sayuran hijau agar tubuh kembali degar dengan cepat. Namun, perlu diingat untuk tidak menambahkan bawang putih terlalu banyak karena meski bermanfaat, efek samping bawang putih dapat menurunkan tekanan darah, mual hingga menghilangkan nafsu makan.

Caranya :

  • Konsumsilah sup yang menggunakan bumbu bawang putih.
  • Menambahkan merica atau cabai dalam sup juga bisa mempercepat penyembuhan masuk angin asalkan Anda tak memiliki penyakit lambung sebelumnya.

18. Minyak Zaitun

Cara mengatasi masuk angin lainnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Kaya akan antioksidan, minyak zaitun mampu meningkatkan kekebalan tubuh secara alami sehingga dapat melawan masuk angin dengan cepat.

Caranya :

  • Campur satu sendok minyak zaitun pada satu cangkir air mendidih.
  • Hirup uap minyak zaitun.

19. Yogurt

Yogurt menjadi salah satu cara mengatasi masuk angin karena kandungan probiotiknya yang mampu menekan pertumbuhan bakteri jahat. Selain itu, yogurt juga dapat menguatkan tubuh agar tak mudah terserang penyakit lain karena kondisi tubuh yang drop akibat masuk angin. Yogurt plain juga akan mengurangi keluhan amsuk angin seperti pusing, mual dan tak nafsu makan.

Caranya :

  • Konsumsi yogurt plain ketika tubuh terserang masuk angin atau merasa kurang sehat.

20. Teh Herbal

Saat masuk angin dan nafsu makan hilang, mengkonsumsi teh biasa atau minuman lain yang mengandung kafein memang tak diperbolehkan karena dapat menimbulkan masalah lambung. Sebagai gantinya, konsumsilah teh herbal sebagai cara mengatasi masuk angin yang mudah dan enak. Beberapa jenis teh yang dapat mengatasi masuk angin adalah teh camomile atau licorice.

Caranya :

  • Konsumsilah teh herbal layaknya teh pada umumnya.
  • Disarankan untuk mengkonsumsi teh dalam kondisi panas layaknya minum kopi agar lebih mudah bersendawa dan tubuh segera hangat.

21. Lemon dan Madu

Lemon tinggi antioksidan dan vitamin C yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sementara itu, madu merupakan bahan alami yang mampu mengusir aneka penyakit, termasuk juga angin duduk. Campuran lemon dan madu juga akan menekan rasa mual serta mencegah flu yang sering muncul bersama masuk angin.

Caranya :

  • Sediakan satu sendok makan madu.
  • Tambahkan beberapa tetes air perasan lemon.
  • Aduk rata lalu konsumsi 3 kali sehari.

22. Jahe dan Garam

Jika jahe biasa diolah menjadi wedang jahe untuk mengatasi masuk angin atau dikuonsumsi dalam bentuk sus jahe, maka khasiat jahe untuk mengatasi masuk angin juga bisa dinikmati dnegan jalan yang lebih mudah. Yakni dengan mengkombinasikan jahe dan garam.

Caranya :

  • Kupas jahe lalu cuci bersih.
  • Iris jahe tipis dan campurkan sedikit garam.
  • Konsumsi irisan jahe yang sudah dicampur garam secara langsung.
  • Cara ini mungkin akan meninggalkan rasa pedas yang cukup lama di mulut sehingga tak cocok bagi Anda yang tak doyan pedas.

23. Hindari Berkendara

Hembusan angin saat berkendara seringkali menjadi penyebab masuk angin, terutama jika berkendara di malam hari. Oleh karena itu, sebaiknya hindari berkendara agar angina cepat sembuh dan tak makin parah.

Caranya :

  • Kurangi berkendara di malam hari atau ketika cuaca dingin.
  • Jika terpaksa, makan gunakanlah jaket dan masker.

24. Pakaian Hangat

Masuk angin identik dengan cuaca dingin, Jika Anda meraba punggung, perut atau lengan dan merasakan dingin, bisa dipastikan Anda mengalami angina. Jika sudah demikian, cara mengatasi masuk angin yang paling tepat adalah dengan mengenakan pakaian nyaman dan hangat.

Caranya :

  • Pakai pakaian yang hangat.
  • Jangan lupa perhatikan kenyamanan karena ketika masuk angin mulai sembuh, tubuh biasanya akan mengeluarkan banyak keringat sehingga Anda harus mengenakan pakaian hangat yang menyerap keringat.

25. Mandi Air Hangat

Cara mengatasi masuk angin yang seringkali tak diduga adalah dengan mandi air hangat. Saat mengalami demam tubuh akan merasa sangat lelah, otot dan sendi terasa linu. Oleh karena itu mandi air hangat dapat menjadi solusi untuk meringankan gejala angina.

Caranya :

  • Mandi air hangat usai beraktivitas.
  • Keringkan badan hingga benar-benar kering karena sisa air yang menempel pada baju justru dapat memperparah masuk angin.
  • kenakan pakaian hangat.

26. Biji Rami

Biji rami telah lama digunakan sebagai bahan ramuan herbal, salah satunya adalah sebagai cara menyembuhkan masuk angin dengan cepat. Selain itu, biji rami juga mampu meringankan batuk yang sering menyertai masuk angin.

Caranya :

  • Rebus satu sendok makan biji rami bersama dua gelas air hingga biji rami nampak menebal.
  • Tunggu hingga hangat lalu saring.
  • Tambahkan air perasan lemon dan madu pada air rebusan biji rami.
  • konsumsi 2 hingga 3 kali sehari hingga masuk angin sembuh.

27. Mentimun

Tak hanya menyegarkan dan dapat mengatasi jerawat, mentimun rupanya dapat menjadi cara mengatasi masuk angin yang mudah. Mentimun mengandung quercetin yang mampu dijadikan cara mengatasi perut kembung dan begah. Selain itu, mentimun juga mengandung silika, asam kafeat dan vitamin C yang mampu mencegah retensi ion tubuh.

Caranya :

  • Iris tipis mentimun lalu konsumsi secara langsung.
  • Anda juga bisa mencampur irisan mentimun dalam minuman atau menjadikannya infused water.

28. Seledri

Cara mengatasi masuk angin yang tak diduga lainnya adalah dengan menggunakan seledri. Seledri mampu menjadi cara membuang angin dalam badan. Menariknya lagi, seledri juga dapat digunakan untuk membersihkan racun dalam tubuh.

Caranya :

  • Konsumsi sup hangat dengan campuran seledri.
  • Jika tak memiliki penyakit tekanan darah rendah, bisa juga merebus seledri lalu meminum airnya dalam kondisi hangat.

29. Kunyit

Manfaat kunyit untuk kesehatan memang sudah tak diragukan lagi. Selain sebagai antibiotik alami, kunyit juga mampu menenangkan sistem pencernaan serta membantu membuang gas berlebih dengan cepat. Inilah mengapa Anda tak boleh menyepelekan manfaat kunyit untuk mengobati asuk angin.

  • Caranya :
  • Kupas satu ras jari kunyit lalu cuci bersih.
  • Parut dan ambil sarinya saja.
  • Tambahkan air hangat dan madu.
  • Minum jamu kunyit ini ketika perut terasa begah.

30. Pepaya

Pepaya memiliki kandungan enzim papain yang mampu mengurangi protein dalam sistem pencernaan. Selain itu, pepaya juga memiliki kandungan serat yang baik untuk melegakan perut begah. Namun, cara mengatasi masuk angin dengan pepaya ini harus dihindari jika Anda terserang angin duduk yang dibarengi dengan diare.

Caranya :

  • Konsumsi pepaya secukupnya setelah makan.

Teknik Mengatasi Masuk Angin

Selain menggunakan cara alami, masuk angin juga dapat diobati dengan teknik khusus. Beberapa teknik yang menjadi andalan masyarakat ketika terkena penyakit angin duduk adalah kerokan atau dengan teknik pijat. Cara melakukan dua teknik tersebut antara lain.

1. Kerokan

Cara mengatasi masuk angin andalan masyarakat Indonesia adalah dengan melakukan kerokan. Disebut sebagai kerokan karena teknik pengobatannya memang mengerok arau menggesek kulit dengan benda tumpul seperti batu, koin atau alak kerokan khusus. Namun, sebelum melakukan kerokan, tubuh akan dilumuri minyak atau balsem untuk membantu menghangatkan tubuh dan mencegah iritasi.

Meski terbukti efektif mengobati masuk angin, kerokan harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Tekanan atau kerokan yang terlalu kuat dapat menyebabkan pembuluh halus pecah. Jika sudah demikian, infeksi sangat mudah terjadi. Hal inilah yang kemudian menjadi bahaya kerokan yang harus sangat diwaspadai.

Caranya :

  • Olesi punggung dengan minyak atau balsem.
  • Kerok perlahan satu arah ke bawah menyerupai alur tulang ikan.

2. Air Hangat

Cara mengatasi masuk angin yang cukup populer lainnya adalah dengan menggunakan air hangat. Air hangat bisa digunakan untuk mengompres area perut dan punggung sehingga memicu pembuangan gas berlebih. Inilah mengapa air hangat sering dijadikan cara buang angin dalam perut.

Caranya :

  • Masukkan air hangat setengah panas dalam botol kaca.
  • Gulingkan botol pada perut dan punggung tanpa menekannya kencang.

3. Atur Bantal untuk Tidur

Angin duduk seringkali diiringi dengan keluhan sakit kepala. Untuk meredakannya, cobalah tidur tanpa menggunakan bantal. Namun, lakukan sebaliknya jika masuk angin disertai flu. Memakai bantal lebih tinggi atau tidur dengan posisi setengah duduk dapat melegakan hidung yang tersumbat.

Caranya :

  • Tidur tanpa menggunakan bantal jika masuk angin tak disertai hidung tersumbat.
  • Jika mengalami angin duduk dan hidung tersumbat, maka meninggikan bantal menjadi solusi terbaik.

4. Pijat Kaki

Kaki memiliki banyak sekali titi refleksi yang berhubungan langsung dengan kesehatan tubuh, Salah satu titik refleksi yang ada di kaki merupakan cara pintas mengobati masuk angin. Ketika titik refleksi lambung dan syaraf ambung ditekan lembut, maka tubuh akan lebih mudah mengeluarkan gas.

Caranya :

  • Pijat cekungan kaki dekat pangkal ibu jari.
  • Lanjutkan pemijatan pada cekungan kaki pertemuan antara jari tengah dan jari manis.
  • Lakukan pemijatan secara bergantian, kiri dan kanan.

5. Pijat Tangan

Selain pijat kaki, pijat tangan juga berguna sebagai cara mengatasi masuk angin. Cekungan antara ibu jari dan telunjuk bagian luar terdapat titik Feng Fu. Titik refleksi ini membuat Anda lebih mudah bersendawa.

Caranya :

  • Pijat Titik Feng Fu. Jika Anda memang menderita masuk angin, titik ini akan terasa sakit ketika di pijat. Namun, hal ini merupakan hal yang wajar.

6. Teknik Akupresur

Cara mengatasi angin duduk paling cepat selanjutnya adalah dengan menggunakan teknik akupresur, yakni memijat titik-titik tertentu pada tubuh. Titik akupresur masuk angin terletak di bagian leher dan punggung.

Caranya :

  • Tundukkan kepala dan rasakan ada cekungan di leher, tepatnya di bagian bawah batas rambut.
  • Jika sudah menemukan titiknya, posisikan kepala kembali tegak.
  • Pijat titik cekungan tersebut secara lembut.
  • Pijat pula titik di bagian kanan dan kirinya.
  • Jika 3 titik di cekungan tuang tengkorak bagian belakang sudah selesai, lanjutkan pemijatan pada bagian dekat tulang belikat.
  • Pijat bagian samping kanan dan kiri tulang belikat dekat tulang punggung.

7. Teknik Akupresur Perut Kembung

Masuk angin sering dibarengi dengan gejala perut kembung. Cara mengatasi masuk angin dengan cepat seperti ini adalah dengan melakukan teknis akupresur atau pemijatan di dua titik perut yang dapat memicu pembuangan gas.

Caranya :

  • Pijat titik yang terletak 3 jari di atas pusar selama 2 menit secara perlahan.
  • Lanjutkan pemijatan pada titik yang terletak 2 jari di bawah pusar selama 2 menit.
  • Usai pijat, minum air hangat sebanyak dua gelas.

Cara Mengatasi Masuk Angin dengan Obat

Tak hanya bisa diatasi dengan obat tradisional, cara menyembuhkan masuk angin juga bisa dilakukan melalui obat-obatan medis. Umumnya, obat masuk angin disesuaikan dengan gejala yang muncul. Beberapa jenis obat angin duduk antara lain :

1. Obat Anti Nyeri

Angina sering disertai dengan demam, sakit pada persendian, nyeri otot hingga pusing. Untuk mengatasi gejala angin duduk seperti ini, maka obat anti nyeri menjadi pilihan tepat. Namun penggunaan obat anti nyeri harus sangat hati-hati jika digunakan sebagai cara mengatasi masuk angin anak. Beberapa jenis obat nyeri seperti aspirin dapat menimbulkan kerusakan otak dan hati jika digunakan pada anak atau remaja. Beberapa merk obat pereda nyeri yang bisa digunakan untuk meringankan gejala masuk angin antara lain :

  • Paracetamol.
  • Ibuprofen.
  • Aspirin.
  • Naproxen.

2. Dekongestan

Hidung tersumbat menjadi masalah yang sering muncul ketika masuk angin. Untuk mengatasinya, cobalah menggunakan obat tipe dekongestan. Obat jenis ini bekerja dengan mengecilkan pembuluh dara di hidung serta memberikan sensasi menenangkan. Namun, perlu diingat jika obat tipe dekongestan hanya boleh dipakai orang dewasa dan tak lebih dari 5 hari penggunaan. Beberapa merk obat dekongestan antara lain :

  • Oxymetazoline Nasal.
  • Phenylephrine Nasal.
  • Phenylephrine Oral.

3. Antihistamin

Saat terserang masuk angin, tubuh lebih rentan terhadap alergi. Gejala yang timbul akibat alergi ini umumnya batuk hingga flu. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba mengkonsumsi obat tipe antihistami. Beberapa diantaranya antara lain :

  • Clemastine.
  • Doxylamine.
  • Brompheniramine.

4. Obat Masuk Angin Lainnya

Selain obat di atas, ada pula beberapa jenis obat angin duduk yang bisa ditemukan dengan mudah. Beberapa diantaranya merupakan obat masuk angin yang bisa dibeli di warung, namun ada pula obat masuk angin di apotek yang sudah terbukti manjur. Merk obat angin duduk tersebut antara lain :

  • Promagh.
  • Antangin.
  • Tolak Angin.
  • Minyak Kayu Putih (untuk pemakaian luar).

Tips Agar Masuk Angin Cepat Sembuh

Selain mengetahui cara mengatasi masuk angin, Anda juga perlu mengetahui tips agar masuk angin sembuh dengan cepat. Beberapa tips agar angina cepat sembuh antara lain.

1. Hindari Alkohol

Alkohol merupakan salah satu minuman yang merusak tubuh. Alkohol memang dapat menghangatkan tubuh dan memicu sendawa, namun ini buka berarti alkohol dapat mengobati masuk angin. Ketika suhu tubuh baik karena konsumsi alkohol, mungkin Anda akan merasa lebih nyaman. Namun, setelahnya tubuh akan lebih cepat mengalami penurunan suhu sehingga kondisi tubuh akan makin parah.

2. Stop Konsumsi Kafein

Minum kopi saat cuaca dingin memang sangat mengasyikkan. Namun jangan pernah melakukannya jika Anda sedang terserang angin duduk. Hal ini dikarenakan masuk angin merupakan gabungan gejala maag dan flu. Sedangkan kafein yang terkandung dalam kopi justru dapat memperparah kondisi lambung Anda, Selain kopi, makanan dan minuman lain yang mengandung kafein seperti teh dan coklat juga harus dihindari.

3. Selalu Minum Minuman Hangat

Minuman hangat akan mendorong udara yang terjebak dalam sistem pencernaan untuk segera keluar dari tubuh. Inilah mengapa meminum minuman hangat seperti wedang jahe, teh herbal atau sekedar air hangat dapat membantu meringankan gejala masuk angin seperti perut kembung dan begah. Namun ingat, Anda tetap harus menghindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh meski diminum dalam bentuk hangat.

4. Istirahat Cukup

Istirahat cukup akan membuat sistem kekebalan tubuh lebih kuat sehingga mampu menyembuhkan masuk angin dengan segera. Selain itu, istirahat cukup juga membuat tubuh lebih telindung dari penyakit yang mudah menyerang ketika masuk angin seperti dulu, batuk dan vertigo.

5. Paksakan Diri untuk Makan

Saat masuk angin biasanya perut akan merasa begah dan mual sehingga Anda mungkin akan kehilangan selera makan. Di saat seperti ini, ada baiknya Anda memaksakan diri untuk makan karena telat makan justru membuat kondisi lambung lebih parah. Solusi terbaik ketika kehilangan selera makan akibat masuk angin adalah makan dalam porsi kecil namun sering.

Cara Mencegah Masuk Angin

Masuk angin memang termasuk penyakit yang menyerang secara tiba-tiba. Namun, bukan berarti angin duduk tak bisa dicegah. Anda bisa mencegah tubuh terserang angina dengan cara berikut.

1. Vitamin C

Vitamin C merupakan vitamin andalan untuk menjaga tubuh tetap vit. Mengkonsumsi vitamin C menjadikan kekebalan tubuh lebih kuat sehingga dapat menghindari aneka penyakit, termasuk juga masuk angin.

2. Selalu Sedia Jaket

Sedia jaket kapanpun dan dimanapun juga menjadi cara mencegah masuk angin. Selalu membawa jaket menjadi persiapan bagi Anda untuk melindungi tubuh ketika hawa dingin atau hujan.

3. Minyak Kayu Putih

Tak hanya mampu melegakan pernafasan, minyak kayu putih juga dapat menghangatkan badan ketika hawa terasa dingin. Hal ini menghindarkan Anda terserang masuk angin karena pengaruh cuaca. Selain itu, aroma minyak kayu putih juga tergolong memenangkan dan mampu dijadikan cara menghilangkan rasa mual karena terkena angin duduk.

Efek Samping Obat Masuk Angin

Setiap pengobatan penyakit pasti punya efek samping. Pun demikian dengan cara mengatasi masuk angin. Obat angin duduk jenis antihistamin misalnya. Obat jenis ini memiliki efek kantuk sehingga disarankan mengkonsumsinya menjelang tidur malam.

Selain itu, beberapa obat masuk angin seperti promagh bekerja dengan cara buang angin dalam badan sehingga mungkin membuat Anda lebih sering kentut dan bersendawa. Hal ini tentu saja akan membuat aktivitas Anda kurang nyaman terlebih lagi jika kentut bau, tentu saja akan mengganggu orang di sekitar. Efek yang sama juga didapatkan jika Anda menggunakan cara mengatasi angin duduk dengan menggunakan minuman hangat, minyak kayu putih atau sup hangat.

Efek samping pengobatan masuk angin lainnya adalah rasa sakit yang mungkin timbul akibat pijat dan kerokan. Namun, efek samping ini hanya sementara dan dapat hilang dengan segera.

Baca Juga: Cara Mengobati Radang Tenggorokan dengan Bahan Alami, Medis dan Obat Serta Efek Samping

Dari beberapa cara mengatasi masuk angin di atas, sudah tentukan cara mana yang akan Anda coba? Ingat untuk selalu berkonsultasi ke dokter jika angin duduk menunjukkan gejala yang parah seperti gejala dehidrasi, muntah terus menerus atau diare. Selain itu, Anda juga harus mengunjungi dokter jika angin duduk tak kunjung sembuh setelah 3 hari pengobatan.

Continue Reading

More in Kesehatan

To Top