Connect with us
Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Kesehatan

91 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Bahan Alami, Terapi dan Obat Serta Efek Samping

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat – Hidung tersumbat atau mampet adalah kondisi gangguan kesehatan yang membuat badan seseorang terasa tidak nyaman. Saat hidung tersumbat maka seseorang tidak dapat bernapas dengan lega karena adanya sumbatan lendir. Itulah sebabnya banyak yang berkunjung ke bidan atau dokter dan meminta solusi atau obat agar hidung dapat bernapas seperti biasanya.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Saat hidung tersumbat biasanya seseorang juga akan mengalami kesulitan untuk tidur nyenyak. Bernapas pun hanya bisa dilakukan melalui mulut. Padahal sebagaimana yang kita ketahui, mulut tidak dibekali dengan penyaring layaknya bulu hidung. Hal ini yang akhirnya menyebabkan flu dapat bertahan lama. Selain meminta obat dari dokter atau bidan kita juga bisa melakukan cara menyembuhkan hidung tersumbat dengan bahan alami yang mudah dan aman digunakan.

Penyebab Hidung Tersumbat

1. Batuk pilek

Keluhan pilek atau batuk pilek sering terjadi akibat masuknya benda asing seperti infeksi atau kotoran pada saluran napas bagian atas, yakni tenggorokan dan hidung. Ketika pilek, hidung mungkin akan tersumbat. Dalam kasus umum, pilek biasanya akan segera sembuh dengan sendirinya setelah 7-10 hari.

2. Flu

Influenza terjadi akibat serangan virus pada sistem pernapasan seperti tenggorokan, hidung dan paru-paru. Kondisi juga dapat memicu terjadinya hidung tersumbat. Pada dasarnya flu juga bisa sembuh dengan sendirinya, namun saat flu sudah mengalami kasus komplikasi maka komplikasi tersebut dapat membahayakan kesehatan penderita.

3. Sinusitis akut

Sinusitis akut umumnya dapat berkembang akibat batuk pilek. Kondisi ini biasanya dapat sembuh dengan sendirinya maksimal dalam waktu 10 hari. Namun jika terjadi sinusitis maka jaringan yang ada di dalam hidung dapat membengkak dan meradang hingga rongga hidung menjadi lebih sempit. Hal ini juga memicu meningkatnya produksi lendir dan akhirnya mengakibatkan hidung tersumbat.

4. Alergi

Saat penderita alergi terkena zat penyebab alergi maka badan mereka akan bereaksi. Banyak reaksi yang mungkin terjadi akibat alergi. Pada kasus rinitis alergi, terjadi resiko gangguan sistem pernapasan, dimana  jumlah produksi lendir di dalam rongga hidung menjadi bertambah. Hal ini akhirnya mengakibatkan reaksi pilek dan bersin-bersin. Pada kondisi ini, juga dapat terjadi kemungkinan hidung menjadi tersumbat.

5. Reaksi dari sistem imun dalam tubuh yang kewalahan untuk melawan serangan jamur di udara

Sistem imun dalam tubuh yang lemah memudahkan jamur, virus maupun bakteri masuk dan menyerang kondisi kesehatan tubuh dan menjadi jatuh sakit.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat secara Alami

1. Terapi Uap

Terapi uap adalah salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat dengan mudah. Cara ini bisa anda lakukan secara mandiri di rumah. Uap yang masuk menuju saluran pernapasan dapat membantu melegakan masalah hidung tersumbat. Terapi uap ini juga dianggap cukup aman ketika bayi mengalami hidung tersumbat.

Caranya :

  • Sediakan air panas lalu masukkan dalam wadah besar atau baskom
  • Untuk mendapatkan hasil maksimal, anda bisa menggunakan minyak esensial dengan aroma favorit dan diteteskan pada air mendidih tersebut. Bagi anda yang tidak memiliki persediaan minyak esensial maka anda bisa menggantinya dengan minyak kayu putih. Teteskan pada air hingga tercium aroma dari minyak tersebut.
  • Kemudian hirup uap yang muncul dari air panas. Anda bisa mendekatkan wajah anda ke arah baskom, namun berhati-hatilah dan pastikan wajah aman dari efek panas yang dikeluarkan oleh air tersebut
  • Tunggu dalam posisi dekat dengan air hingga beberapa menit. Untuk mendapatkan hasil optimal, anda bisa menutupi bagian kepala dengan menggunakan handuk agar uap air panas tidak hilang secara sia-sia
  • Usahakan untuk melakukan terapi ini di ruang tertutup misalnya di kamar mandi untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Mandi menggunakan air hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat selanjutnya adalah dengan mandi menggunakan air hangat. Cara ini memiliki fungsi yang sama seperti cara menyumbat hidung dengan terapi uap. Mandi menggunakan air hangat dapat memberikan efek relaksasi bagi tubuh. Selain itu, air hangat juga mengeluarkan uap yang dapat menjadi terapi uap sederhana untuk mengatasi hidung tersumbat dengan mudah dan cepat.

Untuk mendapatkan hasil maksimal maka anda bisa menambahkan tetesan minyak kayu putih di dalam air mandi. Hal ini berkhasiat untuk mempercepat penyembuhan hidung tersumbat.

Caranya :

  • Sediakan bak mandi berisi air hangat
  • Teteskan minyak kayu putih secukupnya sampai air beraroma wangi
  • Gunakan air tersebut untuk mandi atau bisa berendam untuk mendapatkan efek relaksasi yang menenangkan

3. Memanfaatkan magic com/ rice cooker

Meredakan gejala hidung tersumbat juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan alat masak magic com/ rice cooker. Mekanismenya hampir sama dengan terapi uap. Dalam upaya mengatasi hidung tersumbat ini dilakukan dengan menggunakan alat masak agar lebih cepat dan praktis.

Caranya :

  • Sediakan rice cooker/magic com dan isi dengan air
  • Teteskan minyak kayu putih ke dalam magic com yang sudah diisi air
  • Masak air tersebut dengan menyalakan magic com seperti saat anda sedang memasak nasi
  • Uap yang dihasilkan dari proses pemasakan ini dapat menciptakan ruangan menjadi berbau minyak kayu putih. Aroma ini dapat membantu melegakan hidung tersumbat.
  • Lakukan cara mengobati hidung tersumbat ini kurang lebih selama 30 menit. Apabila sudah lebih dari 30 menit maka anda bisa mematikan magic com anda
  • Ulangi cara ini hingga 3 kali dalam sehari untuk mempercepat proses penyembuhan hidung tersumbat

4. Konsumsi air putih yang banyak

Saat hidung sedang tersumbat akibat flu atau pilek, tentunya ada banyak lendir yang akan keluar dari tubuh. Hal ini dapat mengakibatkan tubuh mengalami gejala dehidrasi. Meskipun terkadang kita tidak menyadarinya. Oleh sebab itu, saat anda mengalami hidung tersumbat usahakan untuk meminum air putih yang cukup.

Cukup minum air putih dapat membantu mencegah hidung tersumbat dan juga sinus. Untuk mendapatkan hasil terbaik, anda bisa mengkonsumsi air hangat agar lebih mudah untuk beradaptasi dnegan sistem metabolisme serta suhu dalam tubuh.

Caranya :

  • Konsumsi air putih disarankan setidaknya 8 gelas sehari
  • Selain air dingin anda juga bisa menyelingi konsumsi air hangat untuk membantu meredakan hidung tersumbat

5. Posisikan kepala lebih tinggi

Hidung tersumbat bisa terjadi karena adanya tumpukan lendir yang banyak dan mengganggu jalannya sistem pernapasan. Biasanya posisi yang salah juga berpengaruh pada meningkatnya tumpukan lendir pada rongga hidung. Oleh sebab itu, bagi anda yang mengalami hidung tersumbat usahakan untuk selalu memposisikan kepala agar lebih tinggi saat anda sedang tidur.

Cara ini berkhasiat untuk melancarkan sirkulasi udara pada hidung. Selain itu, lendir juga dapat hilang lebih cepat karena tidak terjebak dalam rongga hidung.

Caranya :

  • Ambil bantal yang lebih tebal atau bisa dengan menumpuk dua bantal sekaligus
  • Posisikan kepala di atas bantal agar lebih tinggi dan hirup udara secara perlahan agar lendir tidak terjebak dalam rongga hidung

6. Menggunakan humidifier atau pelembab udara

Alat pelembab udara atau humidifier pada umumnya bekerja layaknya terapi uap. Namun cara kerja dari alat ini lebih simple dan praktis. Humidifier bermanfaat untuk melembabkan udara yang kering. Apabila udara lembab maka hidung akan sangat terbantu dan tidak perlu mengeluarkan cairan agar rongga hidung menjadi lembab. Selain itu, alat ini juga bermanfaat untuk membunuh virus atau bakteri yang berkeliaran melalui udara sehingga ampuh untuk mencegah flu yang parah.

Caranya :

  • Sediakan humidifier dan anda tinggal mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera di dalam kemasan/ label

7. Mengkonsumsi sup hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat berikutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat. Salah satu contoh dari makanan sehat yang sangat direkomedasikan untuk mereka yang mengalami hidung tersumbat adalah kaldu hangat atau sup hangat. Kaldu hangat bisa diisi dengan ayam serta bahan sayuran sehat yang lainnya.

Selain memiliki suhu hangat yang akan membantu melegakan rongga hidung, bahan sayuran sehat dalam sup hangat tersebut juga bermanfaat untuk menutrisi tubuh agar sistem kekebalan tubuh dapat meningkat. Dengan demikian proses penyembuhan hidung tersumbat pun akan lebih cepat.

Caranya :

  • Sediakan beberapa sayuran sehat yang anda sukai seperti kol, wortel, kubis, buncis, daging ayam, bakso dan sayuran sehat lainnya
  • Masak semua bahan dengan bumbu sup yang lezat
  • Konsumsi sup selagi hangat untuk membantu melegakan pernafasan

8. Mengoleskan minyak kayu putih

Minyak kayu putih sudah diketahui dapat digunakan untuk bahan terapi uap. Selain itu, minyak kayu putih juga bisa digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat dengan cara mengoleskannya secara langsung. Minyak kayu putih ini dapat memberikan efek hangat di dalam tubuh. Selain itu, minyak kayu putih ini juga berkhasiat untuk melegakan tenggorokan secara bertahap.

Caranya :

  • Sediakan minyak kayu putih yang bisa anda dapatkan dari toko atau apotek terdekat
  • Oleskan minyak kayu putih pada bagian tenggorokan, dada serta bagian di bawah hidung
  • Minyak kayu putih juga bisa anda oleskan pada bagian punggung
  • Untuk hasil yang efektif, anda bisa mengoleskan minyak kayu putih sebelum tidur agar kualitas tidur anda menjadi nyenyak

9. Bawang merah

Cara mengatasi hidung tersumbat tanpa obat bisa menggunakan racikan bawang merah. Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa bawang merah merupakan bumbu dapur yang memiliki banyak manfaat. Bawang merah sudah populer digunakan sebagai obat penurun demam dengan cara mengompreskannya. Selain itu, bawang merah juga bisa digunakan untuk membantu mengatasi hidung tersumbat. Cara ini juga dianggap cukup aman untuk diaplikasikan pada anak-anak bahkan pada bayi sekalipun.

Caranya :

  • Sediakan bawang merah 1 siung dan kupas sampai bersih
  • Haluskan bawang merah dengan cara ditumbuk atau diparut
  • Setelah itu, tambahkan minyak kayu putih sebanyak 2-3 tetes atau bisa diganti dengan minyak telon
  • Aduk rata sampai semua bahan tercampur semua
  • Kemudian, balurkan ramuan bawang merah pada ubun-ubun sebelum jam tidur
  • Cara ini dapat melancarkan saluran pernapasan saat tidur sehingga masalah hidung tersumbat dapat segera diatasi
  • Usahakan untuk menghindari pengaplikasian pada bagian wajah karena dikhawatirkan dapat merambah ke bagian lain dan menimbulkan efek panas

10. Menggunakan cabai

Cabai merupakan contoh bahan makanan yang mengandung rasa pedas. Seringkali bagi mereka yang mengalami masalah hidung tersumbat merasakan sedikit lega setelah mengkonsumsi makanan yang pedas. Namun hal ini memang benar karena kandungan capsium yang terdapat pada cabai sangat bagus untuk tubuh.

Kandungan capsium dalam cabai tersebut juga mampu merangsang lendir agar mencair sehingga hidung tersumbat pun akan menjadi lebih lega. Hal ini sangat bagus untuk membantu mengeluarkan ingus yang menyebabkan hidung terasa tersumbat. Namun anda juga harus membatasi konsumsi cabai ini terlebih bagi yang memiliki riwayat penyakit lambung karena konsumsi cabai dapat memicu akibat buruk bagi lambung serta sistem cerna yang memiliki masalah.

Caranya :

  • Konsumsi makanan yang pedas bisa sambal atau lauk yang dimasak dengan bumbu cabe yang banyak

11. Meminum jeruk hangat

Selain kaldu atau sup hangat, cara mengatasi hidung tersumbat juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi minuman jeruk hangat. Minuman ini merupakan minuman yang bagus untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh dengan kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya. Kandungan vitamin C tersebut sangat berperan aktif untuk melawan bakteri dan virus.

Sementara suhu hangat dari minuman jeruk tersebut dapat menyehatkan tubuh karena bersifat lebih adaftif dengan suhu tubuh. Cara mengatasi hidung tersumbat dengan minuman jeruk hangat ini cukup efektif untuk melegakan hidung dalam waktu singkat. Untuk mendapatkan hasil yang efektif maka anda bisa menambahkan sedikit madu yang juga berperan untuk menambah sistem imun dalam tubuh.

Caranya :

  • Sediakan buah jeruk, cuci bersih dan belah menjadi dua bagian
  • Setelah itu peras air jeruk tersebut dan masukkan dalam gelas
  • Seduh dengan air panas dengan tambahan sedikit madu murni
  • Minum air jeruk segar tersebut selagi masih hangat sebagai cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat

12. Mengkonsumsi teh herbal

Selain jeruk hangat kita juga bisa menggunakan minuman lain sebagai cara menyembuhkan hidung tersumbat. Minuman tersebut adalah teh herbal yang dipercaya berkhasiat untuk melegakan tenggorokan yang tersumbat. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa teh herbal sudah sejak lama digunakan sebagai ramuan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Salah satu khasiatnya adalah untuk mengencerkan lendir pada saluran pernapasan sehingga hidung terasa lebih lega.

Caranya :

  • Sediakan teh herbal dan juga madu murni
  • Seduh teh herbal dengan air panas dan tambahkan sedikit madu
  • Minum teh herbal tersebut selagi masih hangat

13. Berkumur dengan air garam

Garam merupakan bumbu dapur yang sangat berkhasiat sebagai antiseptik alami. Garam bisa digunakan untuk membunuh bakteri. Disamping itu, garam juga memiliki khasiat penting untuk membantu melegakan hidung tersumbat serta mengatasi pilek atau flu. Cara ini efektif untuk menghilangkan lendir yang terdapat di dalam rongga hidung

Caranya :

  • Berkumurlah dengan menggunakan air garam
  • Usahakan untuk menggunakan air hangat agar hasil lebih efektif
  • Berkumurlah pada pangkal tenggorokan yakni dengan mengongak ke arah atas untuk membunuh bakteri yang bersarang pada tenggorokan. Bakteri pada tenggorokan tersebut berhubungan dengan sistem pernapasan

14. Tetap aktif

Saat anda sedang mengalami flu atau pilek, mungkin anda akan lebih suka untuk berdiam diri duduk atau tidur di tempat tidur. Namun faktanya cara ini tidak baik karena dapat menambah resiko hidung tersumbat menjadi lebih lama. Disarankan untuk tetap aktif. Meskipun tidak dengan melakukan kegiatan yang ekstreem ataupun melakukan suatu pekerjaan berat, namun setidaknya anda tetap berjalan-jalan atau berolahraga ringan.

Caranya :

  • Luangkan waktu sekitar 10-15 menit setiap pagi dan sore untuk berolahraga ringan
  • Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas yang bermanfaat seperti menyelesaikan pekerjaan rumah

15. Bawang putih

Selain menggunakan bawang merah, cara mengatasi hidung tersumbat juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan bawang putih. Hal ini karena di dalam bawang putih terdapat kandungan senyawa alicin yang berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa gangguan kesehatan pada tubuh, termasuk pilek atau flu. Selain itu, bawang putih juga efektif membantu mengatasi hidung tersumbat.

Caranya :

  • Sediakan bawang putih, kupas sampai bersih
  • Haluskan bawang dengan cara di tumbuk atau di blender
  • Hirup aroma dari bawang putih tersebut
  • Anda juga bisa menggunakan bawang putih sebagai terapi uap untuk menggantikan minyak kayu putih

16. Membuang ingus sesering mungkin

Salah satu penyebab terjadinya hidung tersumbat adalah adanya lendir atau ingus yang menumpuk pada hidung dan tidak bisa dikeluarkan. Disamping itu, seringkali orang yang menderita flu enggan untuk mengeluarkan ingusnya entah karena malas atau malu. Hal tersebut membuat lendir menumpuk di dalam lendir.

Disarankan untuk lebih sering membuang ingus di dalam hidung. Karena jika ingus tersebut menumpuk pada hidung maka sistem pernapasan pun akan terganggu. Namun jangan pernah membuang ingus dengan dipaksa karena dapat berdampak buruk pada sinus. Keluarkan ingus yang memang bisa dibuang dan biarkan jika memang ingus tersebut tidak bisa dikeluarkan.

17. Melakukan pemijatan

Cara mengatasi hidung tersumbat secara alami berikutnya adalah dengan melakukan pemijatan. Cara ini sudah banyak dilakukan bagi masyarakat Jepang. Pemijatan ini dapat memberikan efek relaksasi pada saluran nafas dan hidung tersumbat pun dapat menjadi lebih lega.

Caranya :

  • Lakukan pemijatan secara perlahan mulai dari ujung atas hidung yang dekat dengan daerah mata
  • Anda bisa melakukan pemijatan selama beberapa menit sampai lendir keluar sedikit demi sedikit

18. Hindari konsumsi susu

Susu memang dianggap sebagai salah satu jenis minuman sehat yang bisa dikonsumsi siapa saja. Namun bagi anda yang mungkin sedang mengalami hidung tersumbat usahakan untuk tidak mengkonsumsi susu karena kandungan dalam susu dapat merangsang produksi lendir. Ada baiknya untuk mengkonsumsi air dengan jumlah yang lebih banyak dari biasanya seperti yang sudah dijelaskan pada penjelasan diatas.

19. Teh hangat dan madu

Bahan alami yang juga berkhasiat sebagai cara mengatasi hidung tersumbat adalah madu dan teh hangat. Madu yang dimasukkan dalam teh hangat dapat membuat tubuh tercukupi kebutuhan cairannya. Kombinasi kedua bahan alami tersebut dapat melembabkan bagian tenggorokan dan mampu mengatasi radang tenggorokan yang disertai hidung tersumbat. Kedua bahan ini dapat memberikan hasil lebih efektif dengan menambahkan perasan air jeruk nipis.

Caranya :

  • Buatlah secangkir teh hangat
  • Tambahkan 1 sdm madu murni
  • Kemudian tambahkan 1 sdt air perasan jeruk nipis
  • Aduk sampai merata dan konsumsi selagi masih hangat untuk melegakan masalah hidung tersumbat

20. Buncis

Sayuran yang efektif digunakan sebagai cara mengatasi hidung tersumbat adalah buncis. Kita bisa memanfaatkan sarung buncis yang ampuh untuk melegakan saluran nafas.

Caranya :

  • Masukkan kacang buncis dalam sarung
  • Setelah itu, jahit sarung tersebut
  • Masukkan sarung buncis ke dalam oven dan tunggu kurang lebih selama 2 menit
  • Setelah itu, tempelkan sarung buncis pada bagian batang hidung kurang lebih selama 25 menit
  • Dalam sekali waktu anda bisa mengangkat sarung tersebut selama 5-10 detik. Jeda tersebut bertujuan untuk menghindari efek terlalu panas pada batang hidung anda.

21. Cuka apel

Cuka apel merupakan cairan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi hidung tersumbat. Kandungan di dalam cuka yaitu asam asetat dan potasium berkhasiat untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan menghilangkan lendir.

Caranya :

  • Sediakan cuka apel dan larutkan dalam sedikit air
  • Oleskan pada kulit hidung sambil melakukan pemijatan ringan

22. Jus tomat

Selain segar, jus buah tomat juga berkhasiat untuk membantu mengatasi hidung tersumbat. Jus buah segar ini juga bermanfaat untuk mengurangi resiko peradangan yang mungkin terjadi bersamaan dengan masalah flu atau pilek yang di derita.

Caranya :

  • Sediakan beberapa buah tomat matang, cuci sampai bersih
  • Potong-potong buah tomat dan masukkan dalam blender
  • Blender buah tomat sampai halus dengan ditambahkan air mineral
  • Konsumsi jus tomat segar untuk membantu mengatasi hidung tersumbat dengan cepat

23. Basil

Bukan hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur, namun basil juga berkhasiat untuk membantu mengatasi hidung tersumbat. Basil mengandung sifat anti inflamasi, anti bakteri dan anti mikroba yang bagus untuk melawan masalah hidung tersumbat.

24. Jahe

Sifat anti inflamasi yang terdapat pada jahe berkhasiat untuk melegakan hidung tersumbat akibat lendir yang menumpuk. Mengkonsumsi jahe juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh sehingga tubuh dapat menjadi lebih kebal terhadap serangan berbagai macam penyakit ringan.

Caranya :

  • Sediakan jahe, cuci sampai bersih
  • Geprek jahe dan seduh dalam segelas air hangat
  • Minum wedang jahe selagi masih hangat untuk membantu mengatasi hidung tersumbat

25. Daun mint

Kandungan mentol di dalam daun mint berkhasiat untuk mengendurkan saraf pad lubang hidung agar saluran pernapasan menjadi lancar. Kandungan dari daun mint juga bermanfaat untuk meluruhkan lendir dan membersihkan saluran hidung agar anda dapat bernafas dengan lebih mudah.

Caranya :

  • Sediakan beberapa lembar daun mint, cuci sampai bersih
  • Potong daun mint menjadi bagian kecil lalu keringkan di bawah terik matahari
  • Seduh daun mint yang sudah kering bersama air panas seperti saat anda menyeduh teh
  • Minum selagi masih hangat untuk mempercepat penyembuhan hidung tersumbat

26. Wedang jeruk nipis

Wedang jeruk nipis hangat juga dianggap sebagai cara mengatasi hidung tersumbat yang cukup ampuh. Selain itu, minuman sehat ini juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh akan menjadi lebih kebal. Anda juga bisa menambahkan madu pada wedang ini untuk menambah khasiatnya.

Caranya :

  • Sediakan buah jeruk nipis, belah menjadi dua bagian
  • Peras sari jeruk nipis dan masukkan dalam segelas air hangat
  • Tambahkan sedikit madu dan aduk sampai merata
  • Konsumsi wedang jeruk nipis selagi masih hangat agar masalah hidung tersumbat segera teratasi.

27. Mengompres hidung / dahi menggunakan air hangat

Mengompres dahi dengan menggunakan air hangat merupakan salah satu cara mengatasi hidung tersumbat yang bisa anda jadikan alternatif pilihan yang tepat. Selain mengompres dahi anda juga bisa mengompres bagian hidung. Efek hangat ketika mengompres dapat membuat sistem pernafasan penderita flu menjadi lebih lega. Anda bisa melakukan cara ini beberapa kali secara berulang untuk mendapatkan hasil maksimal. Namun hindari penggunaan air yang terlalu panas karena dapat berdampak buruk pada kulit.

Caranya :

  • Sediakan sapu tangan atau handuk kecil halus
  • Celupkan handuk atau sapu tangan di dalam baskom yang sudah berisi air hangat
  • Letakkan handuk tersebut pada bagian hidung

28. Menghangatkan badan

Cara mengatasi hidung tersumbat yang mudah lainnya adalah dengan menghangatkan badan. Saat kipas angin atau AC anda menyala usahakan untuk mematikannya terlebih dahulu. Setelah itu gunakan selimut untuk menutupi seluruh badan. Selain itu, anda juga bisa mengatasi hidung tersumbat dengan mandi air hangat.

Caranya :

  • Matikan AC atau kipas angin yang menyala
  • Sediakan selimut dan gunakan selimut untuk menutupi seluruh tubuh
  • Setelah tubuh menjadi hangat maka hidung tersumbat dapat hilang secara perlahan

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Obat

1. Balsem

Balsem adalah salah satu contoh resep oles yang berkhasiat untuk membantu menghangatkan badan. Biasanya balsem digunakan untuk membantu mengatasi masalah nyeri otot. Namun faktanya balsem juga sangat ampuh untuk meredakan gejala hidung tersumbat.

Balsem yang dioleskan pada kulit tubuh dapat memberikan efek menghangatkan tubuh. Dengan demikian, sistem pernafasan dalam tubuh menjadi lebih lancar karena lendir atau ingus bisa mengencer dan mudah untuk dikeluarkan. Anda bisa mengoleskan balsem pada bagian dada, hidung dan juga tenggorokan.

2. Menyemprotkan saline

Larutan saline dapat digunakan untuk membantu meredakan hidung tersumbat dan mengencerkan lendir dengan disemprotkan pada hidunga. Semprotan saline tersedia di beberapa apotek terdekat dengan harga cukup terjangkau.

3. Memakai obat hirup kortikosteroid

Obat kortikosteroid adalah salah satu contoh dekongestan yang kuat. Biasanya dokter memberikan resep obat hirup ini jika penderita mengalami hidung tersumbat yang cukup serius. Namun dalam penggunaannnya harus diiringi dengan saran dari dokter agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Memakai neti pot

Neti pot adalah salah satu alat yang bisa digunakan untuk membanu mengenceran lendir pada saluran pernafasan. Dengan demikian lendir dapat lebih mudah untuk dikeluarkan. Neti pot memiliki bentuk yang mirip seperti teko air minum dengan ukuran yang lebih kecil.

Cara untuk menggunakan alat ini yakni dengan menyediakan larutan pembersih terlebih dahulu dari air hangat dan juga garam. Setelah itu anda bisa memasukkan larutan tersebut pada neti pot. Alat ini bisa anda gunakan sesuai dengan petunjuk yang sudah tertera dalam kemasan. Neti pot cocok bagi anda yang memiliki riwayat alergi karena alat ini mampu membersihkan rongga hidung agar bebas dari sumbatan lendir.

5. Meneteskan minyak eucalyptus pada bantal

Cara mengatasi hidung tersumbat berikutnya adalah dengan meneteskan larutan eucalyptus  pada bantal. Anda bisa meneteskan minyak tersebut saat sebelum tidur. Aroma bantal yang wangi dapat memberikan efek terapi saat anda tidur. Dengan demikian, anda bisa tidur lebih nyenyak tanpa gangguan hidung tersumbat. Anda juga bisa membalurkan minyak pada guling untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

6. Mengkonsumsi antihistamin

Bagi anda yang sering mengalami flu atau pilek anda bisa menggunakan cara ini. Flu atau pilek seringkali terjadi akibat adanya alergi akibat zat alergen di sekitar lingkungan. Oleh sebab itu, agar alergi tersebut dapat hilang maka anda bisa menggunakan obat antihistamin atau anti alergi. Dengan mengkonsumsi obat tersebut maka pilek anda akan segera hilang dan anda tidak akan merasakan hidung tersumbat.

Selain itu, anda juga harus berusaha menghindari lingkungan yang terdapat zat alergen agar anda tidak mengalami alergi kembali. Usahakan untuk menggunakan masker pelindung agar gejala alergi tidak kembali lagi.

7. Humidifier

Menggunakan humidifier juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi hidung tersumbat yang bisa anda coba. Humidifier bisa anda letakan di dalam kamar untuk melancarkan saluran pernafasan yang tersumbat.

Humidifier sendiri merupakan sebuah alat yang bermanfaat untuk melembabkan udara di sekitar ruangan. Udara kering yang terdapat di dalam ruangan dapat mengakibatkan saluran pernafasan menjadi tersumbat.

Para ahli kesehatan mengungkapkan bahwa tingkat kelembaban di dalam rumah harus berada di antara 30 – 50 persen. Humidifier yang dipasang di dalam ruangan dapat membantu melembabkan udara di dalam ruangan. Dengan demikian udara menjadi sejuk dan hidung tersumbat pun tidak menjadi semakin parah.

8. Vapor Rub

Cara mengatasi hidung tersumbat berikutnya adalah dengan memakai vapor rub. Anda bisa menggunakan vapor rub untuk diletakkan pada dada agar terasa lebih hangat. Jika tubuh terasa hangat maka hidung tersumbat pun dapat berangsur hilang.

9. Akupresur

Akupresur juga bisa anda gunakan sebagai alternatif untuk membantu menghilangkan masalah hidung tersumbat. Meskipun cara ini sedikit kuno namun cara ini dianggap ampuh untuk mengatasi hidung tersumbat dengan cepat.

Caranya :

  • Letakkan kedua jari telunjuk pada kedua mata, letakkan tepat di atas hidung dan di bawah alis
  • Lakukan gerakan memutar ke arah luar wajah dan lakukan pemijatan pada bagian sinus dan mata. Gunakan bantuan jari tangan untuk memijat bagian sinus dengan benar
  • Tempatkan kedua jari telunjuk di luar mata. Lakukan gerakan memutar dengan arah keluar wajah dan iringi dengan pemijatan menggunakan jari tangan
  • Letakkan kedua ibu jari pada kedua tulang pipi. Setelah itu lakukan pemijatan tulang pipi dengan gerakan keluar pipi atau keluar wajah.
  • Lakukan cara ini sekitar 30 detik
  • Ulangi pemijatan hingga bagian sinus cukup terasa lega
  • Cara ini bisa anda lakukan 3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal

10. Nasal Spray

Cara mengatasi hidung mampet berkepanjangan dapat mencoba menggunakan Nasal Spray. Nasal spray atau lebih dikenal dengan obat semprot hidung merupakan salah satu alternatif tepat untuk mengatasi hidung tersumbat. Cairan yang disemprotkan pada hidung ini dapat menjadikan hidung terasa lebih lembab dan lendir menjadi lebih encer.

Cairan yang digunakan dapat berupa larutan garam. Anda bisa berkonsultasi pada dokter atau bidan terlebih dahulu untuk mengetahui dosis atau takaran yang tepat.

11. Nasal dekongestan : Oxymetazoline

Obat ini memiliki kandungan penting yang bermanfaat untuk mengurangi resiko pelebaran pada pembuluh darah hidung. Dengan demikian, penyumbatan pada hidung dapat dihilangkan dengan cepat. Obat ini bekerja pada hidung tersumbat yang diakibatkan oleh berbagai penyebab, misalnya seperti flu, batuk pilek, sinusitis dan alergi. Cara menggunakan produk ini juga cukup mudah dibandingkan dengan mengkonsumsi obat.

Caranya :

  • Anda cukup menyemprotkan pada salah satu lubang hidung dan menutup lubang hidung yang satunya.
  • Kepala harap diposisikan dengan tegak.
  • Tariklah nafas saat anda menyemprotkan oxymetazoline.
  • Usahakan untuk berhati-hati saat menyemprotkan agar tidak mengenai mata. S
  • Setelah itu anda bisa melakukan pada lubang hidung yang satunya.
  • Bersihkan ujung botol setelah selesai menyemprotkan dengan menggunakan air hangat lalu dikeringkan
  • Jangan menggunakan oxymetazoline terlalu sering untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan
  • Anda bisa menggunakannya 10-12 jam sekali dengan batasan 2 kali pemakaian dalam sehari. Obat ini juga tidak boleh digunakan selama lebih dari tiga hari berturut-turut

12. Intunal F TAB 4’S

Produk obat yang bisa anda gunakan untuk mengatasi hidung tersumbat dan tersedia di apotek adalah Intunal F TAB 4’S. Produk ini mengandung dekstrometorpan hbr 15 miIigram, parasetamoI 500mg, dekskIorpeniramin maIeat 2 miIigram, peniIeprin hcI 10 miIigram,  gIiseriI guaiakoIat 50 mg yang berfungsi untuk mengatasi batuk dan pilek.

Khasiat lain dari obat Intunal F TAB 4’S yaitu meringankan gejala flu seperti hidung tersumbat, nyeri kepala, demam dan juga bersin-bersin yang disertai batuk.

Obat ini bisa dipakai sesuai dosis yang sudah tertera dalam kemasan. Dosis minum untuk dewasa adalah 3-4 kali sehari @ 1-2 tablet. Dan untuk anak-anak 3-4 kali sehari @ ½ tablet. Obat ini bisa dikonsumsi setelah makan.

Bagi anda yang memiliki riwayat penyakit hipertensi, hipertiroid, terapi maoi, penyakit jantung dilarang untuk mengkonsumsi obat ini karena dapat memberikan efek negatif seperti mengantuk, gangguan gastro intestinaI, mulut kering, pusing, menurunnya nafsu makan, berkeringan dan serangan epilepsi.

Tiap kemasan dari obat Intunai P TAB 4’S ini berisi 4 tablet/ strip dan biasanya dibanderol dengan harga sekirar Rp 3.792/ strip.

13. Decolgen TAB STR 4’s

Obat hidung tersumbat dan flu selanjutnya adalah Decolgen TAB STR 4’s. Obat ini juga tersedia di apotek-apotek terdekat dengan kandungan peniIpropanoIamin 12.5 miIigram, parasetamoI 400 miIigram, ctm 1 mg yang berfungsi untuk mengatasi batuk dan penyakit pilek.

Obat ini memiliki khasiat penting untuk meredakan gejala penyakit flu seperti demam, hidung tersumbat, bersin-bersin dan juga nyeri kepala.

Untuk pemakaian produk obat ini bisa disesuaikan dengan dosis yang tertera dalam kemasan yaitu 3 x 1 tabler dan bisa dikonsumsi sesudah makan.

Sebaiknya anda menjauhi konsumsi obat ini jika anda memiliki penyakit hipertensi, hipersensitipitas komponen, penyakit diabetes melitus, gangguan jantung dan gangguan fungsi hati berat. Penggunaan obat ini dalam dosis tinggi dapat memberikan efek negatif seperti gangguan pencernaan, menagantuk, gelisah, aritmia, eksitasi, insomnia, mulut kering, takikardi, sulit berkemih serta kerusakan hati jika penggunaan dalam jangka panjang.

Tiap kemasan produk obat ini berisi 1 strip yang umumnya dibanderol dengan harga sekitar Rp 1.961/ strip.

14. Decolgen Cap STR 4’S

Obat untuk mengatasi hidung tersumbat selanjutnya adalah Decolgen Cap STR 4’S. Obat ini mengandung parasetamoI 400 miIigram, guapenesin 50 mg, ctm 1 miIigram, pseudoepedrin 30 miIigram, dekstromethorphan 10 miIigram yang berfungsi sebagai obat pilek dan batuk.

Produk obat Decolgen Cap STR 4’S berkhasiat untuk meredakan penyakit batuk yang disertai dengan flu. Pemakaian obat ini bisa disesuaikan dengan dosis dalam kemasan yaitu 3 x sehari @1 tablet dan dikonsumsi sesudah makan.

Sebaiknya menghindari konsumsi obat ini jika memiliki riwayat penyakit jantung, hipertensi, hipersensitipitas komponen, gangguan fungsi hati berat. Obat ini dapat memberikan efek samping negatif jika dikonsumsi dalam dosis tinggi seperti mengantuk, gangguan psikomotor, gangguan pencernaan, aritmia dan takikardi.

Tiap kemasan obat ini berisi 1 strip dan biasanya dibanderol dengan harga sekitar Rp 2.840/ strip

15. Procold Tab STR 6S

Obat hidung tersumbat yang juga tersedia di apotek yaitu Procold Tab STR 6S. Obat ini mengandung peniIpropanoIamin 15 miIigram, paracetamoI 500 miIigram, kIorpeniramin maIeat 2 mg yang bermanfaat sebagai obat pilek dan batuk.

Procold Tab STR 6S juga dapat mengatasi gejala flu, penyakit pilek, rhinitis alergi dan hidung tersumbat. Untuk pemakaian obat ini bisa disesuaikan dengan dosis yang tertera dalam kemasan yaitu 1 tablet untuk dewasa dan ½ tablet untuk anak-anak usia 6-12 tahun. Obat ini bisa diminum sesudah makan.

Obat Procold Tab STR 6S memiliki efek samping seperti pusing, mengantuk, gemetar, nyeri kepala dan insomnia.

Tiap kemasan obat ini berisi 1 stri dan biasanya dibandrol dengan harga sekitar Rp 3.217/ strip.

16. Hinos Neo Drop

Cara mengatasi hidung tersumbat karena pilek dengan minum obat Hinos Neo Drop. Obat untuk mengatasi hidung tersumbat selanjutnya adalah Hinos Neo Drop. Obat ini mengandung pseudoephedrin HCI 7,5 mg/ 0,8 mI yang berkhasiat untuk mengatasi penyakit pilek dan batuk. Obat ini dapat meredakan gejala flu seperti hidung tersumbat.

Dosis dari obat Hinos Neo Drop ini adalah 3 x sehari dan dikonsumsi sesudah makan.

Obat ini dapat memberikan efek samping jika dikonsumsi dalam dosis tinggi. Beberapa efek samping tersebut diantaranya nyeri kepala, insomnia, eksitasi, takikardi, tremor, palpitasi, aritmia, kesulitan berkemih.

Tiap kemasan dari obat Hinos Neo Drop ini berisi 1 botol dan umumnya dibanderol dengan harga sekitar Rp 53. 123/ botol.

17. Afrin Nasal Spray

Obat lain yang juga ampuh untuk mengatasi hidung tersumbat adalah Afrin Nasal Spray 15 ml. Obat ini mengandung oksy metajoIine hydrochIoride 0.5 mg dan bermanfaat untuk mengatasi kesembaban hidung, alergi pada saluran nafas, penyakit sinusitis.

Dosis dari obat Afrin Nasal Spray 15 ml ini adalah 2-3 semprot untuk anak-anak usia 6 th. Semprotkan pada setiap lubang hidung 2 kali semprot per hari setiap pagi dan sore.

Usahakan untuk menjauhi obat ini jika memiliki riwayat hipersensitipitas karena dapat menyebabkan efek samping negatif seperti rasa terbakar, rasa tersengat, bersin dan ingus bertambah.

Obat ini tersedia dalam kemasan botol dan umumnya dibanderol dengan harga sekitar Rp 64.212/ botol.

18. Panadol Cold

Obat untuk mengatasi hidung tersumbat yang juga tersedia di apotek adalah Panadol Cold penyakit flu Reg Tab 10S. Produk obat ini mengandung ParacetamoI 500 miIigram, dekstromethorphan HBr 15 mg, pseudoephedrine HCI 30 miIigram yang bermanfaat sebagai obat pilek dan batuk.

Obat ini berkhasiat untuk meringankan gejala penyakit flu seperti nyeri kepala, demam, bersin-bersin yang diiringi batuk dan juga hidung tersumbat.

Pemakaian obat Panadol Cold ini adalah 4-6 jam sekali @ 1 kaplet maksimal 8 kaplet sehari. Obat ini bisa dikonsumsi sesudah makan.

Sebaiknya jauhi produk obat ini jika memiliki riwayat hipersensitipitas pada komponen obat. Produk obat ini juga memberikan efek samping negatif seperti gangguan pencernaan, mengantuk, gelisah, insomnia, sulit berkemih, mulut kering, eksitasi, takikardi, tremor jika dikonsumsi dalam dosis tinggi dan jangka panjang.

Tiap kemasan obat Panadol Cold berisi 10 tablet/ blister dan umumnya dibanderol dengan harga sekitar Rp 11.053/ blister.

19. HP PRO 120 CAP

HP PRO 120 CAP juga menjadi obat yang bisa anda gunakan untuk mengatasi hidung tersumbat. Obat ini mengandung pructus schijandrae 7,5 mg yang berkhasiay untuk menghentikan nekroinplamasi hepar, meningkatkan kemampuan detoksifikasi sel hepar, mencegah kerusakan sel hepar akibat radikal bebas dan lipid peroksida.

Untuk dosis pemakaian obat ini adalah 3 x sehari @ 1 kapsul. Obat ini bisa diminum sesudah makan.

Tiap kemasan obat HP PRO berisi 10 tablet/ strip dan biasanya dibanderol dengan harga sekitar Rp 58.773/ strip.

20. VICX INHALER

Obat untuk mengatasi masalah hidung tersumbat di apotek berikutnya adalah VICX Inhaler. Obat ini mengandung Camphor 197 mg, menthoI 197 miIigram yang berfungsi sebagai obat pilek.

Untuk pemakaian obat ini harus digunakan dalam posisi kepala tegak. Hirup inhaler dalam-dalam melalui setiap obat hidung. Dengan menghirup inhaler ini maka anda dapat bernafas dengan lega dan terasa sejuk.

Setiap kemasan produk VICX inhaler berisi 1 pcs dan biasanya dibanderol dengan harga sekitar Rp 14.570/ pcs.

21. Sanaflu

Cara mengatasi hidung tersumbat yang tak kunjung sembuh dengan menggunakan obat Sanaflu. Sanaflu merupakan obat yang bisa digunakan untuk membantu mengatasi gejala flu seperti sakit kepala, demam, bersin-bersin dan hidung tersumbat. Sanaflu memiliki kandungan paracetamol yang bekerja sebagai antipyretic, phenylpropanolamine, sekaligus analgetic, obat nasal decongestan yang menjadi stereoisomer dari norephedrine.

Beberapa efek samping yang mungkin terjadi setelah mengkonsumsi obat ini antara lain kulit memerah, perasaan sakit, sesak napas, kerusakan hati, fitur wajah menjadi bengkak. Namun beberapa efek samping tersebut sangat jarang terjadi. Segera hubungi dokter apabila gejala efek samping terus berlanjut dan tak kunjung berhenti.

Obat ini sebaiknya dihindari bagi anda yang memiliki gangguan fungsi hati, gangguan ginjal, hipertiroid, glaukoma, hipertrofi prostat, retensi urin, diabetes mellitus serta gangguan jantung. Obat ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi anak-anak dengan usia di bawah 6 tahun, wanita hamil dan ibu menyusui kecuali atas saran dari dokter. Bagi penderita yang juga mengkonsumsi alkohol saat meminum obat ini dapat beresiko pada kerusakan fungsi hati.

Obat Sanaflu untuk mengatasi hidung tersumbat ini dapat anda dapatkan di apotek terdekat dengan harga cukup terjangkau yakni Rp 2.000.

22. Ultraflu

Ultraflu merupakan salah satu obat yang dapat dimanfaatkan untuk membantu meredakan gejala flu seperti sakit kepala, demam, bersin-bersin dan hidung tersumbat. Obat ini memiliki kandungan Fenilpropanolamin HCL, Asetaminofen, Klorpenilamin maleat. Sanaflu bermanfaat untuk mengobati gejala sementara akibat pilek, alergi, flu atau penyakit pernafasan lain seperti bronkitis dan sinusitis.

Penggunaan ultraflu juga dapat memberikan efek samping langka namun serius. Beberapa efek samping tersebut diantaranya reaksi pada kulit, kerusakan hati, masalah pencernaan, asma, sesak di dada dan merasa gugup. Jika gejala tidak kunjung hilang maka segera hubungi dokter terdekat.

Dosis minum obat ini adalah sehari 3×1 tablet untuk anda dengan usia lebih dari 12 tahun. Sedangkan untuk anak usia 6-12 tahun dosis minumnya adalah 3x ½ tablet.

Obat ultraflu bisa anda beli di apotek atau toko obat terdekat dengan harga terjangkau yaitu Rp 3.000.

23. Coparcetin

Coparcetin merupakan obat batuk dan flu kombinasi yang diformulasikan untuk membantu mengurangi gejala sakit kepala, demam, bersin-bersin, hidung gatal, batuk, hidung tersumbat, pegal-pegal akibat influenza atau common cold.

Obat ini tersedia bebas di apotek dan bisa dibeli tanpa menggunakan resep dokter. Namun dalam penggunaannya harus sesuai dengan petunjuk yang sudah tertera dalam kemasan agar tidak menimbulkan efek samping negatif.

Efek samping dari penggunaan coparcetin yang mungkin terjadi antara lain mual, gugup, kurang atau kehilangan nafsu makan, sakit kepala, dehidrasi, tekanan darah rendah abnormal, insomnia.

Harga untuk obat ini cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 7.000.

24. Intunal – F

Intunal – F merupakan obat flu kombinasi yang bermanfaat untuk meringankan keluhan serta gejala akibat influenza atau common cold. Beberapa gejala yang dimaksud yaitu sakit kepala, demam, bersin-bersin, hidung tersumbat dan batuk.

Penggunaan obat ini dapat memberikan efek samping negatif seperti pusing, mulut kering, mengantuk, gangguan pada saluran pencernaan, kesulitan berkemih, kurangnya nafsu makan, berkeringat, kejang seperti epilepsi jika pemakaian diatas dosis normal.

Obat ini dijual bebas di apotek maupun toko obat tanpa harus menggunakan resep dokter. Namun dalam penggunaannya harus tetap sesuai aturan yang sudah tertera dalam kemasan. Dosis minum obat Intunal – F ini adalah 3 kali sehari @ 1 tablet untuk dewasa. Sedangkan untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun adalah 3 kali sehari @ ½ tablet.

Harga untuk obat hidung tersumbat ini cukup mahal namun sebanding dengan khasiat yang diberikan. Obat ini biasanya dibanderol dengan harga sekitar Rp 56.925/ kemasan.

25. Paramex Flu & Batuk

Paramex Flu & Batuk merupakan obat hidung tersumbat di apotik yang diformulasikan untuk menurunkan gejala flu seperti sakit kepala, demam, bersin-bersin disertai dahak, dan juga hidung tersumbat. Obat ini memiliki kandungan paracetamol yang bekerja sebagai anti inflamasi, antipyretic, analgetic seklaigus bertindak sebagai nasal dekongestan.

Penggunaan obat ini dapat memberikan efek samping negatif jika dikonsumsi dalam dosis tinggi. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi antara lain mual, tubuh ruam, muntah, mengantuk, sembelit dan pusing.

Sebelum menggunakan obat ini ada baiknya berkonsultasi pada dokter atau bidan terdekat untuk mengetahui dosis yang tepat dengan kondisi anda. Obat ini juga tidak disarankan untuk dikonsumsi wanita hamil dan menyusui dan anda yang alergi terhadap paracetamol.

Harga yang dipatok untuk obat ini yaitu Rp 2.373/ strip.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Sebelah dan Menyeluruh

  1. Perbanyaklah cairan.
  2. Hiduplah uap yang berasal dari air hangat. Dengan menghirup uap tersebut dapat meredakan pernafasan ketika hidung tersumbat.
  3. Cucilah hidung menggunakan air garam, fungsinya yaitu melegakan hidung tersumbat sebelah.
  4. Usahakan buang semua ingus yang terdapat pada hidung.
  5. Tidurlah memakai 2 bantal, tujuannya agar menjaga kepala tetap miring dan dapat mempermudah pernafasan.
  6. Minumlah obat.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Dengan Bahan Alami

1. Memijat badan bayi menggunakan bawang merah

Saat pilek biasanya hidung menjadi tersumbat dan susah untuk bernafas dengan baik. Selain itu, kondisi tubuh juga terasa tidak nyaman bahkan terkadang juga disertai demam. Saat bayi sedang pilek anda bisa menggunakan bawang untuk dioleskan pada badannya agar badan si bayi lebih hangat. Kandungan senyawa sulfur dan alisin pada bawang merah dapat membuat tubuh bayi terasa hangat.

Caranya :

  • Sediakan bawang merah, kupas dan haluskan dengan cara ditumbuk atau diblender.
  • Setelah itu, pijat tubuh di kecil mulai dari bagian perut menuju ke arah leher secara perlahan
  • Bersihkan dengan handuk sampai bersih
  • Cara ini juga bisa anda aplikasikan saat si kecil sedang demam tinggi

2. Memberikan ASI

ASI sebenarnya merupakan salah satu obat mujarab untuk bayi yang mengalami masalah hidung tersumbat. Berikan ASI secara rutin pada si kecil meskipun bayi yang sedang mengalami hidung tersumbat kadang tidak bisa menyusu dengan baik. Kandungan antibiotik yang terdapat di dalam ASI sangat bagus untuk menambah sistem imun dalam tubuh bayi.

Caranya :

  • Berilah ASI secara rutin pada si kecil
  • Jika bayi tidak mau meminum ASI secara langsung, anda bisa menawarkan ASI perah
  • Cara ini sangat efektif untuk mencegah resiko dehidrasi pada bayi sehingga pilek pun tidak semakin buruk

3. Memberikan susu formula

Jika bayi tidak diberi ASI maka bayi bisa diberikan susu formula secara rutin.Namun usahakan untuk tidak memberikan susu formula yang kental pada bayi agar cairan lendir tidak semakin kental. Jika lendir menjadi semakin kental maka bayi dapat mengalami sembelit. Anda bisa memberikan susu dengan komposisi ringan dan hangat agar si kecil merasa nyaman dan mau meminumnya.

Susu formula bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada bayi. Namun berhati-hatilah dalam memberikan susu formula pada si kecil, jika anda menjumpai gejala alergi susu sapi maka anda bisa segera menghentikannya agar si kecil tidak terkena diare.

Caranya :

  • Pilih susu formula yang kandungan gizinya baik
  • Seduh dengan air hangat dan jangan terlalu kental
  • Bantulah si kecil untuk berada dalam posisi yang nyaman saat meminum susu

4. Berikan sup segar (jika bayi sudah berusia lebih dari 6 bulan)

Bagi bayi yang sudah menerima MPASI atau makanan pendaping ASI maka ibu bisa mencoba untuk memberikan sup untuk mengatasi hidung tersumbat. Sup dari kaldu ayam maupun sapi dapat membantu meringankan saluran pernafasan pada si kecil. Sup juga bermanfaat untuk menambah sistem imun dalam tubuh sehingga flu pun dapat segera pergi dari tubuh si kecil.

Caranya :

  • Buatlah sup kaldu ayam maupun sapi
  • Apabila si kecil sudah menerima makanan padat misalnya bubur nasi, maka anda bisa menambahkan sup pada bubur yang lembut.
  • Sup juga dapat membantu si kecil terhindar dari bahaya dehidrasi.

5. Meneteskan air garam pada hidung si kecil

Garam memiliki sifat alkali yang mampu membuat semua cairan kental menjadi cair. Air garam bisa digunakan untuk mengeluarkan lendir yang menumpuk di dalam saluran pernafasan.

Caranya :

  • Campurkan garam secukupnya di dalam air hangat
  • Setelah larut, masukkan beberapa tetes air garam ke dalam hidung bayi. Lakukan secara perlahan bisa menggunakan suntik steril atau pipet.
  • Usahakan untuk tidak memasukkan cairan terlalu dalam pada bagian hidung bayi
  • Tunggu beberaoa saat sampai cairan lendir dapat keluar dari hidung. Beberapa bayi mungkin akan mengalami bersin-bersin
  • Bersihkan area hidung dengan menggunakan handuk lembut saat lendir keluar

6. Madu hangat ( bagi bayi yang sudah berusia lebih dari 6 bulan)

Saat bayi sudah berusia 6 bulan lebih maka anda bisa menggunakan madu hangat untuk membantu mengatasi hidung tersumbat. Kandungan antibiotik pada madu dapat membantu menyembuhkan pilek dengan lebih cepat.

Caranya :

  • Larutkan beberapa sendok teh madu dalam air hangat
  • Setelah itu, berikan pada bayi dengan bantuan botol susu atau dot

7. Sari kurma hangat ( bagi bayi di atas 6 bulan )

Sari kurma adalah minuman khusus yang berbahan dasar kurma. Bagi bayi yang berusia 6 bulan ke atas maka anda bisa memberikan sari kurma untuk membantu mengatasi hidung tersumbat.

Kurma memiliki kandungan mineral yang bagus untuk melawan pilek serta mengatasi hidung tersumbat. Mineral tersebut antara lain kalsium, tembaga dan seng. Selain itu, kurma juga memiliki kandungan vitamin yang cukup lengkap yang dapat membantu menambah sistem imun dalam tubuh si kecil.

Caranya :

  • Larutkan sari kurma di dalam air hangat, aduk sampai merata
  • Berikan pada bayi dengan bantuan dot atau botol susu

8. Bawang putih

Bawang putih juga menjadi bahan alami untuk mengatasi hidung tersumbat secara efektif. Dengan memanfaatkan bawang putih ini maka pernafasan bayi dapat menjadi lebih baik. Bawang putih mengandung sifat antioksidan yang dapat membuat lendir kental mencair.

Caranya :

  • Sediakan bawang putih, kupas dan haluskan
  • Setelah itu gosokkan pada dada bayi secara perlahan
  • Setelah itu, bersihkan dengan menggunakan handuk halus

9. Daun salam

Daun salam merupakan herbal dapur yang juga bisa dimanfaatkan untuk melancarkan sistem pernafasan bayi saat ia mengalami hidung tersumbat.

Caranya :

  • Sediakan 2-5 lembar daun salam yang masih segar
  • Cuci dan rebus daun salam di dalam air dan tunggu sampai benar-benar mendidih
  • Setelah itu, masukkan handuk lembut dan bersih ke dalam rebusan daun salah yang sudah diangkat dari kompor
  • Peras handuk sampai semua air keluar
  • Kemudian kompreskan handuk pada bagian dada si kecil atau bisa juga pada bagian dahi bayi
  • Ulangi pengompresan selama beberapa kali sampai si kecil dapat bersin dan mengeluarkan lendir dari hidung mereka
  • Bersihkan lendir yang keluar dari hidung agar bayi tidak merasa risih atau tidak nyaman.

Baca Juga: Cara Mengeluarkan Dahak dengan Bahan Alami dan Obat Serta Efek Samping

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Secara Alami

1. Letakkan kepala bayi pada posisi yang lebih tinggi

Saat bayi sedang tidur anda bisa mencoba meletakkan kepala bayi tersebut pada posisi yang lebih tinggi dari pada posisi badan. Cara ini dapat membuat lendir pada saluran pernafasan turun dan bayi pun dapat bernafas dengan lega. Posisi ini akan membuat lendir keluar secara alami.

Caranya :

  • Letakkan posisi kepala bayi lebih tegak dari badannya
  • Apabila kepala bayi masih belum bisa tegak, anda bisa menggunakan selimut lembut dan letakkan di belakang kepala bayi.
  • Usahakan untuk selalu berada disisi bayi dan menjaganya saat bayi dalam posisi kepala lebih tegak untuk berjaga-jaga supaya bayi tidak jatuh dari tempatnya.

2. Berjemur pada pagi hari

Hidung tersumbat umumnya terjadi akibat lendir yang kental dan menumpuk pada saluran pernafasan. Lendir tersebut tidak keluar dan akhirnya mengakibatkan infeksi buruk pada sistem pernafasan. Saat bayi sedang pilek anda bisa mencoba untuk menjemur si kecil di bawah sinar matahari yang masih hangat di pagi hari.

Caranya :

  • Hadapkan wajah bayi dan bagian dada ke arah sinar matahari namun jangan lupa untuk memberikan penutup mata pada bayi.
  • Lalu tepuk sebentar bagian punggung si kecil secara perlahan dan lembut.
  • Mungkin beberapa bayi akan menangis saat proses penjemuran ini, namun proses ini sangat baik karena dapat membantu mengeluarkan banyak lendir yang menyebabkan hidung tersumbat.

3. Menguap hidung si kecil menggunakan air hangat

Apakah hidung tersumbat membuat bayi anda rewel dan susah tidur? Anda bisa menghangatkan tubuh si kecil serta bagian hidung bayi dengan cara menguap hidungnya.

Caranya :

  • Pertama anda bisa meletakkan air panas dalam wadah atau ember di kamar mandi
  • Setelah itu, tutup pintu  kamar mandi agar uap dari air panas dapat keluar di dalam ruangan
  • Kemudian ajak si kecil masuk ke dalam kamar mandi
  • Metode ini mirip seperti manfaat baby spa sehingga bayi mendapatkan uap hangat di dalam ruangan kamar mandi
  • Tunggu beberapa saat sampai semua lendir yang menumpuk di dalam hidung si kecil dapat keluar

4. Oleskan Vicks VapoRub

Saat bayi anda sudah berumur enam bulan lebih atau bahkan sudah lebih tua dan tidak memiliki riwayat alergi dan penyakit asma maka anda bisa mengoleskan Vicks VapoRub untuk meredakan hidung tersumbat. Bahan olesan ini aman digunakan bagi anak-anak namun hanya boleh diberikan pada bayi tanpa riwayat penyakit asma.

Caranya :

  • Oleskan Vicks VapoRub sedikit saja pada bagian dada dan punggung lalu usap menggunakan handuk bersih
  • Lakukan pengolesan ini dengan hati-hati agar tidak mengenai mata atau wajah bayi
  • Lakukan perawatan untuk mengatasi hidung tersumbat ini saat bayi akan tidur agar si kecil dapat bernafas dengan lega

5. Membersihkan hidung bayi menggunakan handuk kecil

Beberapa bayi dengan kasus hidung tersumbat terjadi karena si kecil memang belum bisa mengeluarkan lendir sendiri. Dengan demikian, ibu harus membantu si kecil untuk mengeluarkan lendir yang menumpuk dalam saluran pernafasan tersebut. Salah satu cara yang bisa anda lakukan agar lendir bisa keluar adalah dengan membersihkan bagian hidung dengan menggunakan handuk halus.

Caranya :

  • Sediakan handuk kecil yang terbuat dari bahan halus dan pilin sampai kecil
  • Gunakan handuk tipis tersebut untuk menarik lendir yang ada di dalam hidung secara perlahan
  • Mungkin beberapa bayi akan merasa tidak nyaman dan menangis saat hidungnya dibersihkan sehingga anda harus berhati-hati dan melakukannya secara lembut
  • Cara ini dapat mengurangi pilek dan membuat si kecil dapat bernafas dengan lega

6. Menggunakan Humidifier

Sama seperti cara mengatasi hidung tersumbat pada orang dewasa, humidifier juga bermanfaat untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Anda bisa menggunakan humidifier di dalam kamar bayi agar udara tidak lembab. Dengan demikian, pilek pada bayi tidak semakin parah.

7. Hindarkan bayi pada udara di luar untuk sementara waktu

Saat bayi mengalami masalah hidung tersumbat usahakan untuk tidak mengajaknya keluar rumah. Untuk mendapatkan udara segar anda bisa membuka pintu atau jendela. Cara ini bertujuan untuk mencegah si kecil agar si kecil dalam kondisi yang steril dan pilek pun segera sembuh.

8. Lap hidung bayi menggunakan handuk hangat

Saat hidung bayi tersumbat tentunya mereka merasa tidak nyaman. Anda bisa membuat mereka lebih nyaman dengan mengelpa hidung menggunakan handuk hangat.

Caranya :

  • Sediakan handuk halus dan rendam di dalam air hangat
  • Peras hingga airnya keluar lalu gunakan untuk mengelap hidung si kecil secara perlahan
  • Letakkan handuk dalam waktu yang singkat di atas hidung si kecil
  • Cara ini dapat membuat lendir yang kental dan menumpuk di dalam saluran pernafasan menjadi cair dan keluar dengan sendirinya.

9. Lakukan pemijatan pada bayi secara rutin

Melakukan pemijatan pada bayi dengan cara yang benar dapat membuat sistem imun dalam tubuh bayi meningkat. Seperti yang kita tahu bahwasanya penyakit pilek disebabkan oleh virus atau kuman yang menginfeksi saluran pernafasan. Hidung bayi yang tersumbat dapat lebih parah dan beresiko pada sinusitis jika tidak segera disembuhkan. Pemijatan yang benar dapat menjadi alternatif cara untuk mengatasi hidung tersumbat.

Pemijatan pada bayi ini dapat merangsang titik di dalam tubuh si kecil agar ia merasa lebih nyaman. Bagi anda yang tidak bisa memijat sendiri maka anda bisa berkunjung ke pusat spa bayi atau tempat terapis khusus bayi.

10. Menepuk punggung bayi dengan ringan

Jika bayi sudah berusia 6 bulan ke atas maka anda bisa mencoba alternatif mengatasi hidung tersumbat dengan menepuk ringan bagian punggung si kecil. Cara ini cukup efektif untuk membantu mengeluarkan lendir yang menumpuk di dalam hidung bayi.

Caranya :

  • Anda bisa menempatkan si kecildi pangkuan anda dengan posisi tengkurap
  • Posisikan bagian kepala si kecil menghadap ke arah bawah lalu gunakan tangan anda yang satunya untuk menopang bagian dada si kecil
  • Setelah itu, tepuk bagian punggug bayi dengan lembut dan pelan. Beberapa bayi mungkin akan menangis atau mengalami batuk-batul namun caraini dapat membuat cairan di dalam hidung maupun di dada bisa keluar. Dengan demikian bayi tidak lagi merasakan hidung tersumbat

11. Melakukan uap hidung bayi menggunakan minyak telon atau minyak kayu putih

Menguap hidung pada bayi umumnya dilakukan dengan alat inhalasi yang tersedia di rumah sakit. Cara ini hanya bisa dilakukan di rumah sakit namun terkadang malah membuat bayi merasa tidak nyaman. Jika bayi anda yang mengalami masalah hidung tersumbat jangan terburu-buru membawanya ke rumah sakit karena anda bisa mencoba mengatasinya dengan melakukan uap hidung bayi secara mandiri.

Caranya :

  • Teteskan beberapa minyak telon atau minyak kayu putih pada air mendidih yang ada di dalam ember atau panci
  • Setelah itu, hadapkan hidung atau bagian wajah si kecil ke arah uap yang keluar dari air hangat tersebut
  • Anda bisa menutup kepala si kecil dengan menggunakan handuk tipis agar semua uap dapat mengarah ke dalam hidung si kecil
  • Cara ini cukup efektif untuk membantu mengeluarkan cairan lendir yang terdapat pada hidung bayi dengan cepat

12. Memperhatikan suhu ruangan di dalam kamar tidur

Saat bayi mengalami pilek maka bayi tidak disarankan untuk diletakkan dalam kamar atau ruangan yang bersuhu terlalu dingin. Usahakan untuk mengatur suhu ruangan di dalam kamar tidur si kecil dengan suhu yang hangat. Cara ini dapat membantu bayi anda untuk bernafas dengan lega. Jika anda menggunakan AC di dalam kamar tidur si kecil usahakan untuk mematikan AC terlebih dahulu sampai bayi anda sembuh.

AC sendiri memiliki bahaya yang dapat mengakibatkan penyakit infeksi pada si kecil seperti pilek bayi yang berkepanjangan. Saat bayi tidur dengan suhu yang hangat maka kualitas tidur mereka pun akan lebih nyenyak.

13. Menjauhkan sumber alergi pada bayi

Saat bayi pilek anda juga harus berusaha menjauhkan semua sumber alergi yang mungkin dapat mengenai si kecil. Beberapa sumber alergi tersebut misalnya alergi dingin, alergi bulu binatang, alergi debu, susu sapi atau jenis alergi yang lain.

Salah satu penyebab terjadinya hidung tersumbat pada bayi adalah akibat alergi. Bagi bayi anda yang sering mengalami pilek akibat alergi maka cobalah untuk menjauhkannya dari semua jenis sumber alergi. Bayi seharusnya juga selalu dihindarkan dari orang yang sedang merokok. Asap rokok memiliki kandungan yang sangat berbahaya bagi kesehatan paru-paru bayi hingga beresiko terkena sesak nafas.

14. Menggunakan saline

Saline merupakan obat semprot hidung yang bisa digunakan pada bayi, balita maupun anak-anak. Obat ini efektif bekerja dengan cara menurunkan produksi lendir kental yang mengakibatkan hidung tersumbat.

Caranya :

  • Agar bayi anda merasa nyaman, anda bisa menggunakan obat ini dengan posisi si kecil berbaring.
  • Setelah itu, dongakkan sedikit posisi kepala si kecil dan semprotkan saline sebanyak 2-3 kali melalui lubang hidung

Selain menggunakan obat semprot saline, anda juga bisa menggunakan prosuk saline yang tersedia dalam bentuk obat tetes untuk mengatasi hidung tersumbat.

Caranya :

  • Baringkan bayi lalu dongakkan posisi kepalanya
  • Setelah itu, teteskan obat saline pada masing-masing lubang hidung sebanyak 2-3 tetes
  • Tunggu kurang lebih selama 60 menit dan biasanya setelah jangka waktu tersebut lendir dapat keluar dengan sendirinya disertai batuk atau bersin pada si kecil

15. Menyedot ingus si kecil menggunakan bulb syringe

Bulb syringe merupakan alat penyedot ingus bayi yang bisa dimanfaatkan saat lendir menyumbat pada hidung dan tidak mau keluar meskipun sudah diberikan obat tetes atau semprot. Cara untuk menghilangkan hidung tersumbat ini cocok diaplikasikan pada bayi yang berusia 6 tahun ke bawah. Jadi jika sudah menggunakan obat tetes, anda bisa menggunakan alat penyedot lendir ini agar lendir segera keluar dengan cepat.

Caranya :

  • Pertama, pencet bagian alat yang menggembung
  • Setelah itu, masukkan pipet ke dalam bagian lubang hidung si kecil lalu lepaskan bagian yang menggembung tadi
  • Dengan demikian, ingus akan mudah tersedot ke dalam alat dan si kecil pun akan terbebas dari masalah hidung tersumbat yang menyiksa

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Dengan Obat

1. Alco Oral Drop

Produk obat ini tersedia dalam bentuk sirup dengan kemasan 15 ml/ botol. Obat ini bermanfaat untuk meredakan hidung tersumbat pada si kecil. Penggunaan obat ini dapat memberikan efek samping seperti gangguan insomnia, palpitasi, susah BAB dan sakit kepala ringan.

Dosis yang dianjurkan untuk konsumsi obat ini yaitu untuk anak yang usianya kurang dari 2 tahun harus menggunakan resep dokter. Obat Alco Oral Drop ini dibandrol dengan harga sekitar Rp 85.000.

2. Madu Herbal Syifakids Fluba

Madu yang satu ini bermanfaat untuk membantu meringankan gejala flu seperti sakit kepala, demam, batuk, pilek dan masuk angin. Madu ini juga berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil. Madu Herbal Syifakids Fluba diproduksi dengan bahan alami sehingga aman untuk dikonsumsi tanpa efek samping. Harga yang dibandrol untuk madu herbal ini adalah sekitar Rp 40.000.

3. Rhinos Neo

Obat ini bermanfaat untuk menghentikan anak yang rewel akibat gejala flu seperti hidung tersumbat. Penggunaan obat ini harus dengan resep dokter. Obat ini mengandung bahan aktif Pseudoephedrine HCl yang berkhasiat untuk meredakan hidung tersumbat tanpa efek samping. Harga dari obat Rhinos Neo ini adalah sekitar Rp 55.000.

4. Triaminic Syrup

Obat pilek untuk bayi ini memiliki kandungan bahan akti yaitu Chlorpheniramine meleate 1 mg dan Pseudoephedrine HCl 15 mg. Obat ini berkhasiat untuk meringankan gejala pilek pada bayi seperti hidung tersumbat dan bersin-bersin. Kisaran harga untuk obat Triaminic syrup ini yaitu sekitar Rp 50.000.

5. Hufagrip syrup 60 ml

Obat untuk mengatasi hidung tersumbat berikutnya adalah Hufagrip syrup.Obat ini memiliki efek samping sehingga bagi anak yang berusia di bawah 2 taun dan ingin meminum obat pilek ini maka harus dengan resep dokter. Kisaran harga yang dibandrol untuk obat ini yaitu Rp 13.000.

6. Natrabio Children Cold & Flu

Obat untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi lainnya adalah Natrabio Children Cold & Flu. Obat ini memang memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan dengan obat hidung tersumbat yang lain. Anda pun hanya bisa mendapatkan produk obat ini melalui toko online. Namun khasiat dari obat ini tidak perlu dipertanyakan lagi.

Obat ini diindikasikan unyuk mengatasi masalah pada pada penderita demam dan flu dengan gejala sakit tenggorokan, pilek, mual, muntah dan sakit kepala. Obat ini dibandrol dengan kisaran harga Rp 260.000.

7. Inza Syrup

Obat inza syrup merupakan salah satu jenis obat pilek yang ampuh untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Selain itu, obat ini juga bisa digunakan untuk mengatasi gejala batuk. Inza syrup tersedia dalam rasa strawberry yang manis dan pastinya sangat disukai anak-anak.

Selain mengandung Chlorpheniramine meleate dan Pseudonephrine yang berkhasiat untuk meringankan flu, obat ini juga memiliki kandungan Paracetamol yang berkhasiat untuk menurunkan demam. Harga untuk obat Inza Syrup ini sekitar Rp 5.800 dan bisa anda dapatkan di apotek atau toko obat terdekat.

8. Anakonidin OBH Syrup

Obat Anakonidin diproduksi dengan kombinasi sebagai obat demam, pilek dan juga batuk pada anak. Penggunaan obat ini dapat memberikan efek mengantuk. Obat ini sebaiknya juga dikonsumsi sesudah makan. Anakonidin memiliki kandungan Chlorpheniramine meleate 1 mg dan Pseudonephrine HCl 7,5 mg. Harga yang dibandrol untuk obat ini sekitar Rp 14.500.

9. Vicks Formula 44 Anak

Produk obat ini bermanfaat untuk mengatasi pilek yang berkaitan dengan gejala flu. Selain itu, obat ini juga bisa digunakan untuk menyembuhkan gejala batuk. Kisaran harga Vicks Formula 44 ini adalah Rp 13.000- dalam kemasan 60 ml.

10. Nosefrida Nasal Aspirator

Produk ini juga dikenal sebagai nosefrida snotsucker. Sama seperti namanya, produk ini bisa dijadikan sebagai alat untuk menyedot lendir atau ingus dalam hidung dengan aman. Harga yang dibandrol untuk alat ini adalah sekitar Rp 150.000.

11. Sterimar Baby Nasal Spray 50 ml

Sterimar Baby Nasal Spray merupakan produk obat yang sangat aman dan aman untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Obat ini juga tidak memberikan efek samping sehingga bunda tidak perlu merasa khawatir. Harga yang dibandrol untuk obat semprot ini sekitar Rp 150.000.

12. Olbas for Children 10ml

Obat ini dapat digunakan untuk menghilangkan pilek pada bayi yang sudah berumur lebih dari 3 bulan. Saat bayi mengalami hidung tersumbat maaka anda bisa menggunakan obat ini sebagai cara yang tepat untuk mengatasinya. Kisaran harga produk obat hidung tersumbat ini adalah Rp 95.000.

13. Obat pilek Nipe Drop

Produk obat untuk mengatasi hidung tersumbat berikutnya adalah Nipe Drop 15 ml. Obat ini dapat membantu meredakan pilek yang disertai dengan batuk atau demam. Obat ini bisa digunakan untuk anak-anak bahkan bagi anak yang masih berusia kurang dari 2 tahun dengan menggunakan resep dokter. Kisaran harga untuk obat Nipe Drop ini adalah Rp 82.000.

14. Anaciten Syrup

Anak-anak biasanya lebih suka meminum syrup untuk meredakan rasa sakitnya dari pada harus meminum obat yang berbentuk pil atau tablet. Obat pilek Anacetin hadir dalam bentuk syrup yang umumnya lebih disukai anak-anak. Obat ini memiliki kandungan guaiafenesin, acetaminophen, chlorpheniramine maleate dan phenylpropanolamine. Kisaran harga untuk obat pereda hidung tersumbat ini adalah Rp 12.000.

Tips Mencegah Hidung Tersumbat pada Bayi

  • Saat anda ingin merawat si kecil biasakan untuk selalu membersihkan tangan dengan mencuci atau menggunakan antiseptik.
  • Saat orang dewasa mengalami pilek atau flu maka usahakan untuk tidak bersin di dekat si kecil. Anda bisa meminta mereka untuk menutup hidung dan mulut ketika batuk atau bersin.
  • Jagalah kondisi kamar si kecil agar sirkulasi darah selalu segar dan bersih.
  • Usahakan untuk memberikan ASI maupun susu formula dengan rutin pada bayi. Sesuaikan takaran susu formula atau ASI sesuai dengan pola makan si kecil.
  • Cobalah untuk mengajari jam tidur yang tepat bagi si kecil.
  • Buatlah bayi anda bergerak sesuai pada umurnya agar pola perkembangannya menjadi baik.

Tips Meredakan Hidung Tersumbat

  • Konsumsi lebih banyak cairan yang berguna untuk mengurangi keketalan ledir dalam hidung.
  • Mandi memakai air hangat.
  • Menghirup uap air yang berasal dari air hangat.
  • Hindari dan jauhi aktivitas berenang pada kolam renang yang airnya mengandung klorin.
  • Minum lebih banyak cairan, sehingga kekentalan lendir di hidung akan berkurang.
  • Rutin membasuh wajah dengan air hangat.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Cegukan Bahan Alami, Aktivitas dan Obat Serta Efek Samping

Hidung tersumbat merupakan masalah yang kerap dialami baik bagi anak-anak maupun orang dewasa terlebih saat cuaca sedang dingin. Saat hidung tersumbat melanda, kita bisa menggunakan cara alami, bahan alami atau produk obat yang aman untuk mengatasinya agar tidak semakin parah dan beresiko pada penyakit yang lebih berbahaya.

Continue Reading

More in Kesehatan

To Top