Connect with us
Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Kesehatan

50 Cara Mengatasi Gusi Bengkak dengan Bahan Alami dan Obat Serta Efek Samping

Cara Mengatasi Gusi Bengkak – Gusi bengkak pada orang dewasa maupun anak merupakan kondisi kesehatan dalam mulut yang terjadi akibat adanya infeksi. Penyakit ini menyerang langsung bagian gusi dalam mulut dengan gejala utama adalah pembengkakan yang bisa di lihat secara kasat mata. Tidak jarang juga, ada beberapa efek samping yang mengenai bagian tubuh lain sekitar pembengkakan sehingga membuat pas yang kesakitan. Namun penyakit ini bukanlah penyakit yang serius pada umumnya, ada banyak sekali cara mengatasi gusi bengkak yang bisa anda coba.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Gusi yang sehat adalah gusi yang memiliki ciri-ciri sehat juga. Beberapa ciri tersebut adalah gusi berwarna merah muda, mampu menahan gigi, kencang, dan tidak akan berdarah ketika anda menggosok gigi atau menyentuh dengan bahan lunak. Kesehatan gusi sendiri tidak hanya dijaga dari luar saja, tetapi juga harus memperhatikan nutrisi yang diperlukan gusi dari dalam tubuh.

Penyebab Gusi Bengkak :

Gusi bengkak merupakan penyakit yang bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa disebabkan karena faktor luar seperti benturan atau serangan bakteri, bisa juga dari dalam karena menjadi gejala dari suatu penyakit seperti peradangan. Beberapa hal yang bisa memicu timbulnya gusi bengkak adalah sebagai berikut:

1. Obat-Obatan

Ada beberapa jenis obat yang bisa menyebabkan gusi menjadi bengkak. Biasanya hal itu terjadi karena obat tersebut memang memiliki efek samping seperti membuat gusi bengkak. Menurut penelitian, resiko terjadinya gusi bengkak bisa diperparah ketika anda mengkonsumsi obat-obatan seperti kortikosteroid, antiepilepsi, obat yang menghambat saluran kalsium, dan kontrasepsi hormonal.

2. Gusi Sensitif

Ada beberapa jenis orang yang memiliki gusi yang sangat sensitif. Hanya terkena sedikit sentuhan saja bisa membuatnya menjadi berdarah dan bengkak. Biasanya terjadi karena sistem ketahanan atau nutrisi untuk gusi berkurang. Sensitifitas gusi bisa juga terjadi karena penggunaan pasta gigi atau cairan kumur yang kurang cocok dengan anda.

3. Gigi Palsu

Jika tidak ditangani oleh ahlinya, pemasangan gigi palsu atau perlengkapan gigi jenis lainnya yang salah bisa membuat gusi menjadi bengkak dan sakit. Karena itulah ketika anda ingin beralih ke gigi palsu atau memasang behel gigi, pastikan anda sudah memenuhi prosedur yang berlaku dan ditangani oleh dokter ahli.

4. Kekurangan Nutrisi

Beberapa gizi yang harus anda perhatikan untuk meningkatkan kesehatan gusi adalah vitamin C, Vitamin C sangat penting untuk tetap menjaga kesehatan gusi agar lebih kuat lagi. Seseorang yang tubuhnya kekurangan vitamin C yang banyak bisa menyebabkan gusi mudah berdarah dan sakit. Istilah ini sering disebut sebagai skorbut atau kekurangan vitamin C pada tubuh.

5. Kehamilan

Kesehatan gusi berkurang ketika anda sedang mengalami kehamilan sebenarnya wajar-wajar saja. Banyak orang yang mengalami hal ini tetapi penurunannya tidak terlalu signifikan. Untuk membantu agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, anda tetap bisa mengkonsumsi nutrisi yang baik untuk janin dan kesehatan tubuh anda.

6. Merokok

Seperti yang diketahui, kandungan buruk yang terdapat dalam rokok bisa menyebabkan gusi menjadi rusak. Karena hal itulah bisa menyebabkan pembengkakan pada gusi. Tidak hanya menyebabkan kesehatan gusi terganggu, merokok yang terlalu berlebihan juga bisa menyebabkan gusi dan gigi menjadi hitam serta kesehatan paru-paru berkurang.

7. Virus atau Jamur

Infeksi yang terjadi akibat virus atau jamur bisa terjadi ketika anda kurang memperhatikan kebersihan gusi anda. Anda menjadi enggan untuk membersihkan gigi setiap hari, sehingga menyebabkan aktivitas virus, bakteri, kuman, atau jamur membuat kesehatan gusi anda terganggu dan ujung-ujungnya menyebabkan gusi bengkak.

8. Gingivitis

Atau juga bisa disebut sebagai peradangan gusi. Dengan kata lain, pendarahan akan terjadi pada gusi dan membuat pasien menderita sakit. Selain beradah, radang gusi juga bisa menyebabkan pengbengkakan pada gusi. Ada banyak cara alternatif yang bisa anda coba untuk membantu menyembuhkan radang gusi ini. Salah satunya adalah tetap menjaga asupan vitamin C yang sehat untuk gusi.

9. Plak Gigi

Plak gigi tidak hanya membuat gigi menjadi hitam dan merusak gigi, tetapi juga bisa membuat gusi menjadi bengkak. Hal ini karena plak gigi mengandung yang namanya kuman atau bakteri. Bakteri ini tidak hanya merusak gigi, tetapi juga bisa menurunkan kesehatan gusi dan bisa menyebabkan gusi bengkak atau radang gusi. Untuk mengetasi plak agar tidak tumbuh di cela-cela gigi, sebaiknya anda rutin membersihkan mulut anda.

Gejala Gusi Bengkak :

Gejala atau ciri gusi bengkak yang terjadi bisa menjadi pertanda bahwa gusi anda akan bengkak. Biasanya bengkak terjadi setelah terjadi setidaknya satu sampai dua gejala gusi bengkak. Gejala-gejala tersebut juga bisa dijadikan sebagai bahan diagnosa dan mencari jalan keluar terbaik. Misalnya, jika gejalanya adalah bengkak dan pendarahaan, maka obat peradangan lah yang paling cocok untuk mengatasi hal tersebut. Berikut adalah gejala yang bisa terjadi ketika gusi anda akan bengkak:

1. Pendarahan

Pendarahan pada gusi atau radang gusi bisa terjadi karena adanya serangan bakteri yang menyebabkan gusi menjadi rusak. Selain itu, peradangan biasanya juga disebabkan karena benturan dari luar yang keras atau kekurangan nutrisi untuk gusi. Salah satu akibat dari pendarahan atau peradangan ini adalah menyebabkan gusi menjadi bengkak.

2. Sakit

Gusi yang bengkak biasanya menyebabkan rasa sakit pada gusi. Biasa juga terjadi seiring dengan pendarahan atau peradangan. Namun ada juga kasus yang terjadi gusi bengkak namun tidak sakit, biasanya hal tersebut terjadi karena pengaruh obat pereda sakit atau bengkak yang terjadi bukan karena benturan fisik.

3. Membesar

Ciri utamanya adalah gusi terlihat membesar dari biasanya. Anda bisa menyebutnya dengan kata bengkak. Jika dipandang dari luar, pipi pasien akan membesar, bahkan dalam beberapa kasus, bengkak yang terjadi pada gusi bisa sebesar kepalan tangan atau lebih besar lagi. Meski gusi bisa bengkak sampai besar, tetapi pengobatan bisa dilakukan sehingga ukuran gusi menjadi normal kembali.

4. Perubahan Warna Gusi

Gejala selanjutnya adalah terjadinya perubahan warna pada gusi. Warna normal gusi sendiri adalah merah muda, namun ketika terjadi pembengkakan bisa berubah menjadi warna merah.

5. Bau Mulut

Salah satu penyebab dari gusi bengkak adalah bakteri atau virus. Keduanya bisa menyebabkan bau mulut yang menjadi salah satu gejala dari gusi yang bengkak. Tetapi tidak semua bau mulut pertanda bahwa gusi anda akan bengkak. Anda perlu memastikan gejala-gejala yang lain untuk mendiagnosa penyakit tersebut adalah gusi bengkak.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak Secara Alami :

Jika anda ragu untuk menggunakan obat medis karena khawatir dengan efek samping yang bisa terjadi, maka cobalah untuk menggunakan cara tradisional dan alami terlebih dahulu. Karena diambil dari pengetahuan orang dulu dan dari alam itu sendiri, efek samping yang bisa terjadi sangat kecil. Ada banyak tanaman herbal yang bisa anda gunakan, contohnya adalah buah atau sayuran dengan kandungan vitamin C, zat besi, atau vitamin E yang tinggi karena kandungan tersebut sangat efektif untuk mengobati gusi bengkak. Berikut adalah cara alami yang bisa anda terapkan:

1. Bawang Putih

Bawang putih memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Orang dulu percaya bahwa bawang putih yang biasanya berada di dapur mampu menjaga kesehatan tubuh manusia sebaik-baiknya. Bawang juga dikenal sebagai obat sakit gigi yang sangat ampuh karena didalamnya terkandung yang namanya antiseptik. Kandungan antiseptik ini mampu membantu mengatasi gusi bengkak karena manfaat antiseptik adalah meredakan peradangan dan mencegah bakteri atau virus yang bisa menyebabkan gusi bengkak.

Caranya:

  • Siapkan cukup satu siung bawang putih.
  • Kupas kulitnya kemudian haluskan.
  • Setelah berbentuk pasta kemudian tambahkan sedikit garam.
  • Setelah itu masukkan dan oleskan pada gusi.
  • Diamkan kurang lebih 5 menit sampai khasiatnya benar-benar meresap.

2. Garam

Garam biasanya hanya dijadikan sebagai penambah citarasa untuk masakan. Tetapi manfaat lain dari garam adalah membantu dalam mengatasi berbagai macam penyakit. Salah satu manfaatnya adalah mampu mengatasi gatal-gatal, garam juga bisa dijadikan sebagai obat perut kembung. Penggunaan garam untuk mengatasi gusi bengkak sama dengan sariawan.

Caranya:

  • Siapkan garam secukupnya.
  • Campuran garam dan air sehingga menjadi satu.
  • Aduk sampai merata.
  • Gunakan air tersebut sebagai obat kumur.
  • Lakukan sebanyak 3 kali sehari.

3. Minyak Cengkeh

Cengkeh memiliki kandungan minyak yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Biasa digunakan untuk mengobati radang tenggorokan. Minyak cengkeh ternyata juga bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk gusi bengkak. Tetapi berhati-hatilah ketika anda ingin membeli minyak cengkeh karena sekarang ini banyak sekali minyak cengkeh yang palsu.

Caranya:

  • Siapkan minyak cengkeh secukupnya.
  • Oleskan pada bagian gusi bengkak yang terasa sakit.
  • Sebelum mengolesi pastikan tangan anda bebas dari kuman.
  • Lakukan cara ini minimal dua kali dalam sehari.
  • Lakukan secara rutin agar gusi yang bengkak bisa mengempes.

4. Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Gusi adalah bagian tubuh yang sangat memerlukan vitamin C untuk membantu kesehatan dan ketahanannya. Tentu saja tidak hanya jeruk nipis, anda bisa mengkonsumsi buah apapun itu yang memiliki vitamin C tinggi. Selain itu, jeruk nipis juga dipercaya mampu mengecilkan perut buncit. Untuk memanfaatkan vitamin C yang ada pada jeruk nipis sangatlah muda.

Caranya:

  • Siapkan air hangat secukupnya.
  • Cukup satu buah jeruk nipis yang masih segar.
  • Belah menjadi dua bagian.
  • Aduk kedua bahan tersebut sampai benar-benar tercampur merata.
  • Campuran tersebut kemudian dijadikan obat kumur-kumur.
  • Lakukan metode ini saat sebelum tidur dan juga ketika anda bangun pagi.

5. Madu

Madu selama ini dikenal sebagai bahan tradisional untuk tetap menjaga kecantikan dan kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin E yang sangat tinggi sehingga membantu dalam melembabkan kulit. Madu yang anda perlukan untuk tetap menjaga performa kesehatan adalah madu asli. Anda harus berhati-hati karena sekarang ini orang yang menjual madu banyak bersikap curang dengan mencampur. Bahan lain yang bukan madu madu bisa dijadikan sebagai cara mengatasi gusi bengkak yang sangat ampuh.

Caranya:

  • Siapkan madu secukupnya kemudian tuangkan ke sendok teh.
  • Oleskan pada bagian gusi bengkak.
  • Lakukan metode ini minimal tiga kali dalam sehari.
  • Pastikan tangan dan mulut anda benar-benar bersih agar pengobatannya lebih maksimal.
  • Lakukan metode ini di waktu anda akan tidur, ketika bangun tidur, atau setelah menggosok gigi.

6. Bawang Merah

Bawang merah bisa dijadikan sebagai obat gusi bengkak, tidak hanya sebagai bahan masakan. Manfaat lain dari bawang merah adalah membantu dalam menghilangkan kutil secara efektif. Manfaatnya sebagai cara mengatasi gusi bengkak bisa anda dapatkan dengan mudah karena caranya pun cukup mudah. Bawang merah juga cocok untuk dijadikan obat dalam mengatasi gusi sakit yang disertai dengan bengkak atau pendarahan (Peradangan).

Caranya:

  • Siapkan secukupnya bawang merah.
  • Haluskan minimal 1 siung bawang merah yang masih segar. Anda bisa menggunakan blender atau mulutnya secara manual.
  • Setelah halus, langsung oleh sekan bahwa merah tersebut pada gusi anda bengkak.
  • Lakukan minimal tiga kali dalam sehari.
  • Jika anda tidak tahan dengan aroma bawang merah yang menyengat, anda bisa menggantinya dengan bawang putih yang memiliki aroma tidak menyengat seperti bawang merah.

7. Lemon

Lemon dan jeruk nipis sebenarnya memiliki kandungan vitamin c yang sangat tinggi. Banyak digunakan sebagai bahan untuk obat kecantikan dan tetap menjaga kesehatan tubuh anda. Manfaatnya bisa membantu dalam melembabkan kulit serta mencerahkan kulit anda. Tetapi karena memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, lemon juga menjadi pilihan yang paling tepat untuk membantu dalam mengobati gusi bengkak anda. Selain itu, kandungan lain dari lemon adalah acid yang membantu dalam mengatasi bakteri yang menyerang gusi dan mulut anda.

Caranya:

  • Siapkan lemon segar kemudian ambil seperempatnya saja.
  • Beras lemon tersebut hingga sari lemon nya keluar, dan bijinya dibuang.
  • Cari tersebut kemudian dicampur dengan air hangat secukupnya.
  • Setelah merata, gunakan campuran tersebut sebagai obat kumur.
  • Anda bisa menggunakan cara ini sebanyak 2 kali sehari.

8. Air Putih

Sejak dulu air dikenal sebagai obat yang paling manjur dalam mengatasi berbagai masalah dalam tubuh. Air liur sendiri sebenarnya ada dalam alat mulut manusia yang bisa juga digunakan sebagai obat alami untuk gusi dan juga mulut. Untuk membantu dalam meningkatkan produksi air liur, anda bisa memperbanyak minum air putih. Air putih bisa dijadikan sebagai cara mengobati gusi bengkak secara alami yang sangat mujarab.

9. Baking Soda

Sejak dulu baking soda memang dikenal memiliki manfaat luas dalam mengobati berbagai macam penyakit. Beberapa manfaatnya adalah membantu dalam menghilangkan panu, memutihkan gigi, dan bisa membantu dalam mengatasi gusi yang bengkak. Cara ini bisa anda jadikan sebagai salah satu cara menyembuhkan gusi bengkak yang alami dan sangat efektif.

Caranya:

  • Siapkan baking soda sebanyak- banyaknya.
  • Kemudian campur kan sedikit dengan air hangat.
  • Gunakan campuran tersebut sebagai obat kumur-kumur.
  • Lakukan sebanyak dua kali sehari.

10. Kulit Andong

Kulit kandung merupakan kulit yang diambil dari tanaman andong. Kulit kandung sendiri banyak dipergunakan oleh orang-orang dalam mengatasi gusi bengkak. Cara mengatasi gusi bengkak menggunakan kulit kandung sangatlah efektif, dan akan tambah efektif jika dicampur dengan garam. Selain itu, fungsi lain dari obat kulit andong ini adalah membantu dalam mengobati gusi belakang bengkak karena efeknya bisa menyebar secara menyeluruh.

Caranya:

  • Siapkan kulit andong secukupnya.
  • Bahan garam secukupnya.
  • Haluskan kulit andong bersamaan dengan garam yang dicampur kan ke dalam mulut anda.
  • Proses mengunyah akan menjadi obat yang ampuh untuk menghilangkan gusi bengkak anda.

11. Bayam

Cara menyembuhkan gusi bengkak yang selanjutnya adalah bayam karena bayam memiliki yang namanya kandungan zat besi. Selain diperlukan untuk gigi atau tulang, zat besi juga diperlukan untuk tetap menjaga kesehatan gusi. Kandungan tersebut sangat penting untuk mencegah gusi berdarah atau peradangan gusi. Bayam sendiri sudah lama dikenal sebagai salah satu obat tradisional yang mampu mengatasi gusi bengkak secara efektif.

Caranya:

  • Siapkan beberapa lembar daun bayam secukupnya, dan pastikan masih segar.
  • Bakar daun bayam tersebut di atas genteng.
  • Setelah sedikit berwarna coklat, tumbuk daun bayam tersebut sampai lembut.
  • Setelah halus, oleskan pada bagian gusi yang bengkak.

12. Daun Krokot

Biasanya daun krokot dikenal sebagai bahan sayuran, namun salah satu fungsi dari daun ini adalah membantu dalam mengatasi gusi bengkak. Daun krokot bisa menjadi salah satu cara mengatasi gusi bengkak secara alami yang sangat efektif dengan cara yang mudah.

Caranya:

  • Siapkan daun krokot secukupnya kemudian dicuci bersih.
  • Rebus daun tersebut dengan takaran 3 gelas air.
  • Biarkan sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas air saja.
  • Setelah itu biarkan air mendingin kemudian diminum.
  • Cara ini efektif dilakukan cukup satu kali sehari.

13. Asam Jawa

Asam jawa dikenal memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Seperti yang diketahui, kandungan vitamin C sangat bermanfaat untuk mengatasi gusi yang bengkak. Vitamin ini juga membantu dalam meningkatkan sistem imun tubuh sehingga bakteri yang masuk ke dalam mulut bisa dibasmi segera. Namun tentu saja disertai dengan perawatan mulut seperti menyikat gigi atau berkumur-kumur.

Caranya:

  • Siapkan biji asam jawa.
  • Biji asam tersebut kemudian disangrai dan ditumbuk hingga halus.
  • Biji asam jawa yang halus tersebut kemudian dioleskan pada gusi yang bengkak, bisa menggunakan sedikit bantuan dari sikat gigi secara halus.

14. Buah Gambir

Buah gambir dikenal sebagai salah satu bahan herbal yang mampu meningkatkan kesehatan tubuh. Salah satu manfaatnya adalah membantu dalam mengobati gusi yang bengkak. Selain itu, kandungan yang terdapat dalam buah gambir juga membantu dalam tetap menjaga kebersihan mulut karena dipergunakan sebagai obat kumur.

Caranya:

  • Cukup siapkan 3 buah gambir kemudian dipotong kecil.
  • Siapkan juga setidaknya dua gelas air bersih.
  • Sediakan juga kunyit dengan takaran setengah jari saja.
  • Ketiga bahan tersebut kemudian dicuci sampai bersih.
  • Setelah itu kemudian direbus dengan panci.
  • Biarkan air rebusan tersebut menyusut hingga tersisa 1 gelas saja.
  • Gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur-kumur selagi hangat.
  • Metode ini cukup dilakukan satu kali dalam satu hari.

15. Kantung Teh

Ternyata tidak hanya teh yang bisa membantu dalam menyehatkan tubuh, namun kantungnya juga bisa bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya dalam memanfaatkannya untuk mengatasi gusi yang bengkak. Kantung teh diketahui memiliki kandungan yang bernama asam tanic, manfaat asam ini adalah membantu mengatasi bengkak yang terjadi pada gusi. Caranya sendiri sangat mudah, setelah dicelupkan dalam air hangat, langsung tempelkan saja pada gusi bengkak dan diamkan sejenak.

16. Sikat Gigi

Tujuan utama seseorang ketika menyikat gigi adalah untuk membersihkan mulut. Tidak hanya fokus pada bagian gigi saja, sebenarnya ketika anda melakukan sikat gigi, anda juga harus menyikat lidah anda. Lidah yang jarang digosok bisa berkemungkinan ditumbuhi kotoran dan menjadi salah satu penyebab lidah berbulu. Kebiasaan orang indonesia, sikat gigi dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari, yaitu mandi di pagi hari dan ketika hendak tidur.

17. Obat Kumur

Di luar sana sudah cukup banyak obat kumur yang bisa anda coba di berbagai merk. Fungsi utama dari obat kumur ini adalah membantu membersihkan mulut dari bakteri atau virus. Obat kumur ditelan memiliki manfaat yang lebih baik daripada sikat gigi, karena dengan berkumur-kumur bisa mencakup seluruh area mulut. Tetapi banyak orang yang berpendapat bahwa memadukan keduanya lebih efektif lagi.

18. Vitamin

Ada beberapa vitamin yang sebaiknya anda lirik untuk tetap menjaga gusi anda sehat. Vitamin tersebut adalah vitamin C dan vitamin D. Tubuh yang memiliki vitamin C dan D yang sangat kurang bisa menyebabkan gangguan kesehatan, efeknya bisa merambat ke gusi dan terjadi pembengkakan. Ada banyak sekali buah atau sayur yang memiliki kandungan vitamin C dan D di dalamnya. Jika tidak mau repot mencari-cari, anda bisa membeli suplemen vitamin C dan D yang banyak dijual di luar sana.

19. Hindari Stress

Stres bukanlah kondisi yang bisa menyebabkan gusi bengkak dengan persentase tinggi, tetapi hal itu bisa terjadi. Stres merupakan kondisi tubuh yang banyak pikiran sehingga membuat pasien terganggu pikirannya. Hal ini bisa menyebabkan sistem imun tubuh kendor secara drastis. Bakteri atau virus akan mudah menyerang dan salah satu yang sangat mudah diserang adalah gusi. Karena itulah sangat penting untuk tetap menjaga tingkat stres agar tidak berlebihan.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak Dengan Obat/Produk :

Umumnya untuk gusi bengkak, perlu penanganan dari dokter, meskipun bengkaknya tergolong ringan dan kecil. Hal tersebut karena jika tidak ditangani secara langsung bisa menyebabkan bengkak makin membesar dan sakit. Beberapa dokter punya pilihan pemberian obat sesuai dengan keluhan atau gejala yang pasien derita. Namun untuk gusi bengkak, beberapa obat ini biasanya paling dianjurkan oleh dokter atau orang lain:

1. Asam Mafenamat

Asam mafenamat juga dikenal sebagai salah satu obat medis yang khusus digunakan untuk mengatasi gusi yang bengkak. Biasanya dokter akan memberikan dosis standar sebanyak 500 mg ketika anda mengkonsumsinya. Waktu konsumsi sendiri cukup tiga kali dalam sehari. Fungsi utama dari asam mafenamat ini adalah membantu dalam meredakan rasa sakit yang terjadi ketika gusi anda mengalami bengkak atau peradangan.

2. Clindamycin

Takaran yang dianjurkan untuk obat ini adalah 150 mg, dengan waktu konsumsi sebanyak 3 kali dalam sehari. Obat yang dianjurkan oleh dokter ini memiliki fungsi utama sebagai peningkat antibodi tubuh yang mampu membunuh segala jenis bakteri atau kuman yang menjadi salah satu penyebab gusi bisa bengkak. Selain itu, tentu saja obat ini juga sangat ampuh untuk tetap menjaga kesehatan mulut dari bakteri.

3. Dexamethasone

Waktu konsumsi yang disarankan oleh dokter adalah 3 kali sehari. Batas takaran yang dianjurkan dokter adalah 0,5 mg sekali konsumsi. Cukup sedikit ketimbang obat-obat medis lainnya, tetapi dalam beberapa kasus, manfaatnya bisa sangat efektif. Fungsi utama dari obat medis ini adalah membantu dalam mencegah sel-sel tubuh yang terlepas dan menyebabkan bengkak nya gusi.

4. Ibuprofen

Obat yang cukup terkenal di kalangan masyarakat, karena tidak hanya membantu dalam mencegah gusi bengkak, obat ini juga banyak dipergunakan dalam mengatasi masalah kesehatan lainnya. Fungsi utama dari obat ini adalah mencegah atau mengobati peradangan. Karena peradangan merupakan salah satu penyebab terjadinya bengkak pada gusi, maka dokter akan menganjurkan untuk mengkonsumsi obat ini jika penyebabnya adalah peradangan.

5. Metampiron

Meski termasuk obat medis yang sangat jarang disebut oleh dokter atau ahli kesehatan lainnya, tetapi fungsi dari obat ini sangat efektif untuk membantu dalam mengempeskan gusi bengkak. Fungsi utamanya adalah meredakan rasa sakit kemudian meringankan bengkak yang terjadi pada gusi anda.

6. Mefinal

Mefinal merupakan obat medis yang memiliki kandungan enzim siklooksigenase. Manfaat utama dari enzim ini adalah mengaktifkan rasa sakit akibat gusi yang bengkak. Cara kerja dari mefinal adalah dengan menghambat produksi pembuatan enzim ini agar rasa sakit yang dialami oleh gusi anda bisa berkurang. Selain membantu dalam mengatasi rasa sakit yang timbul, mefinal juga bisa membantu dalam mengempeskan pembengkakan yang terjadi pada gusi anda.

7. Ponstan

Fungsi utama obat ini adalah sebagai antiinflamasi, fungsi utamanya bisa membantu dalam meredakan bengkak pada gusi karena adanya peradangan. Obat medis ini tergolong dalam analgesik, yang dikhususkan untuk meredakan bengkak yang terjadi. Fungsi lain dari ponstan ini adalah membantu dalam mengurangi rasa sakit yang diderita karena didalamnya juga terdapat asam mefenamat.

8. Cataflam

Kandungan diclofenat yang terdapat pada obat medis ini membantu dalam meredakan rasa sakit dikarenakan gusi bengkak. Obat ini juga cukup ampuh untuk membantu dalam meredakan peradangan yang terjadi pada gusi anda. Senyawa diklofenat ini juga efektif untuk meredakan rasa sakit.

9. Antalgin

Obat ini dikenal sebagai obat pereda rasa sakit. Biasanya dipergunakan untuk bagian tubuh yang merasakan sakit atau nyeri. Obat medis yang satu ini diklaim memiliki manfaat yang lebih baik daripada asam mefenamat, khususnya untuk mengatasi gusi bengkak yang anda derita. Dengan menggunakan antalgin, bengkak dan rasa sakit yang terjadi pada gusi bisa lebih cepat penyembuhannya daripada obat lain.

10. Efisol

Episode sendiri memang khususon untuk obat sakit gusi yang bengkak, obat ini lebih efektif jika yang dihadapinya adalah infeksi gusi akibat bakteri atau virus. Fungsi utama dari efisol adalah meredakan peradangan dan juga sebagai obat pereda rasa sakit. Tidak hanya mampu membasmi bakteri dan virus yang menyebabkan sakit gusi, efisol juga dikenal sebagai obat medis yang mampu mengusir jamur.

11. Profenid

Artritis biasanya salah satu penyebab dari peradangan gusi yang umum terjadi. Hal itu juga bisa menyebabkan sakit gigi yang sangat parah, dan salah satu metode pengobatan yang bisa anda coba adalah menggunakan obat medis bernama profenid. Kandungan yang bernama ketoprofen yang terdapat pada obat ini memiliki manfaat dalam menyembuhkan peradangan yang terjadi pada gusi. Namun karena efeknya yang sangat manjur, penggunaan obat yang satu ini harus melalui resep dokter.

12. Albothyl

Masyarakat luas mengenal albothyl sebagai obat medis yang mampu mengatasi sariawan, tetapi faktanya obat ini juga bisa dijadikan sebagai obat gusi yang bengkak. Policresulen merupakan zat aktif yang dimiliki oleh obat albothyl dengan fungsi utama memperbaiki jaringan rusak akibat bengkak. Cara penggunaannya hampir sama dengan mengatasi sariawan, anda bisa mengoleskan cairannya sedikit pada gusi bengkak atau sekaligus menggunakannya sebagai obat kumur-kumur.

13. Voltadex

Kandungan natrium diklofenak yang terdapat pada voltadex berfungsi sebagai anti inflamasi. Hal ini akan sangat membantu untuk meredakan gusi bengkak yang terjadi karena peradangan. Nama lain dari obat ini adalah diclofenac sodium, obat ini juga menjadi turunan dari asam asetat dengan manfaat yang banyak dipergunakan adalah meredakan peradangan gusi.

14. Folavit

Obat yang satu ini memiliki asam folat yang sangat tinggi. Biasanya asam folat direkomendasikan untuk orang tua yang memiliki rencana untuk memiliki momongan bagi ibu hamil. Tetapi manfaat lain dari kandungan tersebut adalah membantu dalam mengatasi gusi bengkak. Cara kerja kandungan ini adalah membantu dalam memperbaiki jaringan gusi yang rusak karena terjadi pembengkakan.

15. Eritromisin

Obat ini termasuk obat antibiotik yang artinya obat ini membantu dalam menangkal bakteri, virus, jamur, atau semacamnya. Oleh karena itulah obat ini sangat efektif untuk anda yang memiliki gusi bengkak yang dikarenakan infeksi bakteri atau jamur. Namun untuk menggunakan obat yang satu ini pastikan melalui resep dokter karena obat jenis antibiotik biasanya dianjurkan langsung oleh dokter.

16. Amoxcilin

Obat ini juga cocok untuk anda yang memiliki gusi bengkak akibat bakteri atau jamur. Namun satu-satunya fungsi dari obat ini hanya membantu dalam mengatasi infeksi pada gusi, sedangkan untuk masalah peradangan, bengkak, atau rasa sakit harus memerlukan kombinasi dengan obat lainnya.

17. Metrodinazol

Obat jenis antibiotik yang satu ini dipasarkan secara bebas, dan anda bisa mendapatkannya untuk membantu dalam mengatasi gusi bengkak yang terjadi karena bakteri atau jamur. Obat ini berinteraksi negatif dengan alkohol, jadi pastikan ketika anda mengkonsumsi obat metrodinazol, pastikan untuk tidak mengkonsumsi alkohol sedikit pun. Meskipun dijual secara bebas, sangat disarankan untuk mendapatkan obat ini melalui resep dokter sekaligus melakukan pemeriksaan.

18. Gratheos

Obat ini dikhususkan untuk meredakan rasa sakit, bahkan diklaim mampu meredakan gusi yang bengkak dalam waktu satu malam saja. Ketika rasa nyeri akibat gusi bengkak mulai menghilang, maka pembengkakan bisa diatasi secepatnya. Obat ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setelah anda makan karena salah satu efek samping dari obat ini adalah membuat lambung anda bisa terluka.

19. Aspirin

Fungsi aspirin adalah sebagai anti analgetik, atau obat yang mampu mengurangi rasa nyeri. Karena itulah aspirin juga menjadi obat yang sangat cocok untuk membantu dalam mengatasi gusi bengkak, khususnya gusi bengkak yang terjadi karena peradangan.

20. Moxigra

Merk obat yang satu ini memiliki kandungan yang bernama amoxcilin. Fungsi utamanya adalah membantu meredakan infeksi bakteri yang menyebabkan gusi menjadi bengkak. Karena merupakan obat antibiotik, pastikan anda mendapatkan nya melalui resep dokter dan lakukan juga pemeriksaan tubuh anda.

21. Meloxicam

Bisa juga disebut sebagai obat anti radang yang artinya mengatasi gusi bengkak yang terjadi karena peradangan. Ketika sakit atau pembengkakan sudah mulai menghilang, sebaiknya mengkonsumsi obat ini tidak lagi diperlukan. Anda sangat memerlukan resep khusus dari dokter terkait dengan obat ini karena efek sampingnya bisa disebabkan sangat banyak.

Cara Atasi Gusi Bengkak pada Bayi dan Anak :

Ketika si kecil berusia 6 bulan sampai 2,5 tahun, maka waktu tersebut adalah waktu dimana gigi sedang tumbuh. Ciri-cirinya bisa dilihat pada gusi yang sedikit bengkak, kemerahan, wajahnya terlihat merah, malas untuk makan, air liur banyak, suka menggigit, rewel, demam, dan lainnya. Hal ini sebenarnya wajar, tetapi tetap saja gigi yang memaksa untuk keluar dari dalam gusi bisa menyebabkan rasa sakit dan tidak jarang membuat gusi si kecil menjadi bengkak. Berikut ini adalah bagaimana cara mengatasinya:

1. Menekan Gusi

Untuk kasus gusi bengkak akibat gigi yang tumbuh, anda bisa mencoba untuk menekan nekan bagian gusi secara halus. Pastikan tangan anda sudah bersih, namun bisa juga menggunakan kain kasa yang sudah dibersihkan menggunakan air dingin. Fungsinya adalah untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi ketika gigi tumbuh. Dengan menekan-nekan gusi si kecil, bisa mengurangi rasa sakit tersebut.

2. Kompres

Kompres menggunakan kain kasa yang sudah di baluri air dingin. Bisa juga menggunakan sendok atau mainan gigitan bayi yang telah didinginkan terlebih dahulu. Cara ini juga bisa membantu dalam mengurangi rasa sakit yang terjadi ketika gusi bengkak.

3. Makanan Lembek

Jangan memberikan anak anda makanan yang bersifat keras, pastikan untuk memberikan makanan pisang, wortel, ketimun, atau makanan sehat lainnya yang mudah digerogoti dan dikunyah oleh si kecil. Tetapi pastikan si kecil tidak tersedak. Sangat berbahaya ketika anda memberikannya makanan bertekstur kasar atau keras karena memperparah sakit gigi yang dialaminya dan mendorong gigi kembali ke dalam gusi.

4. Teething Gel

Anda bisa memberikan oleh teething gel yang langsung dioleskan pada gusi bengkak menggunakan jari bersih. Sambil diolesi, bisa juga sedikit ditekan untuk mengurangi rasa sakitnya. Kandungan yang terdapat pada obat ini adalah lidocaine dengan fungsi utama yaitu meredakan rasa nyeri yang terjadi pada gusi.

5. Paracetamol atau Ibuprofen

Bayi anda sangat rewel bahkan sampai terjadi demam, maka anda bisa memberikan obat ibuprofen atau paracetamol. Tetapi tahap ini diberikan ketika gusi bengkak yang terjadi benar-benar terlihat parah, dan pastikan untuk cara ini harus melalui persetujuan dokter dan resep langsung oleh dokter itu sendiri.

Baca Juga: Cara Mengatasi Gigi Berlubang dengan Bahan Alami, Obat dan Tindakan Medis Serta Efek Sampingnya

Efek Samping Obat/Produk Gusi Bengkak :

Setiap obat medis memiliki yang namanya efek samping, baik itu efek samping yang ringan atau efek samping yang cukup memberi pengaruh besar untuk tubuh anda. Tetapi efek samping itu sendiri tidak harus terjadi, efek samping bisa terjadi ketika anda mengkonsumsi obat secara berlebihan, kesalahan dalam prosedur penggunaan, atau ketidakcocokan untuk tubuh anda.

Obat yang dikhususkan untuk gusi bengkak sendiri masih jarang ditemukan, tetapi pemberian obat seperti obat untuk peradangan, obat untuk bakteri atau virus, dan obat yang berhubungan dengan gusi bengkak atau sejenisnya, bisa menjadi obat yang bagus dalam menyembuhkan gusi bengkak.

Karena itulah efek samping yang berpotensi terjadi kadang berbeda tergantung obat jenis apa yang anda gunakan. Karena itulah anda perlu mengenali efek samping obat yang diberikan dokter untuk anda, misalnya clindamycin yang bisa menyebabkan efek samping seperti diare dan iritasi pada tenggorokan. Info seperti ini bisa anda dapatkan dari dokter langsung atau mencari sumber lainnya.

Tetapi secara umum dan sering terjadi, berikut adalah beberapa efek samping yang bisa terjadi ketika anda mengkonsumsi obat pereda gusi bengkak:

  • Iritasi tenggorokan.
  • Ruam dan kulit gatal.
  • Nyeri pada perut.
  • Diare.
  • Pusing.
  • Mual dan muntah.
  • Kembung.
  • Susah bernafas.
  • Bengkak yang terjadi pada bagian wajah, kaki dan tangan.
  • Berat badan meningkat.
  • Kelelahan.
  • Keram yang terjadi pada perut.

Tips Mengobati Gusi Bengkak :

  1. Melakukan kompres dengan air dingin atau air hangat.
  2. Menggunakan air garam sebagai bahan kumur-kumur.
  3. Memanfaatkan kandungan vitamin C pada buah atau sayuran.
  4. Tidak menekan gusi yang sedang bengkak.
  5. Kurangi mengkonsumsi makanan keras saat masa pemulihan.
  6. Rutin membersihkan mulut.
  7. Mengkonsumsi daun jambu biji.
  8. Memanfaatkan manfaat dari belimbing wuluh.
  9. Jangan terlalu sering menggerakkan gusi bengkak.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Sariawan dengan Bahan Alami, Obat, Gaya Hidup dan Efek Samping

Untuk memaksimalkan manfaat dari cara mengatasi gusi bengkak yang anda terapkan, pastikan untuk tetap mengikuti prosedur penggunaan obat yang baik dan benar. Gusi bengkak merupakan penyakit yang tidak langsung sembuh, karena itulah anda diharuskan tetap memaksimalkan pemulihan sampai bengkak pada gusi anda bisa mengempes.

Continue Reading

More in Kesehatan

To Top