Connect with us
Cara Menaikkan Trombosit

Kesehatan

30 Cara Menaikan Trombosit dengan Bahan Alami, Obat, Tindakan Medis Serta Efek Sampingnya

Cara Menaikan Trombosit – Darah menjadi komponen penting dalam tubuh manusia. Darah terbagi menjadi dua bagian jika ditinjau dari bentuknya, yakni cair dan padat. Bagian padatnya terbagi lagi menjadi tiga golongan, yakni sel darah merah, sel darah putih dan trombosit yang masing-masing dari komponen darah ini memiliki fungsi tersendiri.

Cara Menaikkan Trombosit

Sel darah putih merupakan komponen yang bertugas melindungi tubuh dari infeksi, sedangkan sel darah merah memiliki peran untuk penyaluran oksigen. Lantas, apa itu trombosit dan seberapa penting perannya untuk tubuh manusia?

Trombosit adalah sel darah  berbentuk keping atau padat yang dibentuk pada sum-sum tulang. Sering diabaikan, fungsi trombosit sangat penting bagi tubuh, terutama dalam proses pembekuan darah. Trombosit bekerja dengan cara menutup pembuluh darah yang terluka. Tanpa adanya trombosit, luka kecil bisa menjadi perdarahan serta tubuh lebih mudah memar. Oleh karenanya, kekurangan trombosit harus segera diatasi dengan benar agar tak menimbulkan masalah yang lebih parah.

Namun sayangnya, berbeda halnya dengan kekurangan sel darah merah atau sel darah putih yang menunjukkan gejala, kekurangan trombosit biasanya lebih sulit dideteksi. Oleh karena itu, orang yang memiliki trombosit rendah jarang sekali menyadarinya sehingga tak melakukan cara menaikan trombosit secara tradisional maupun medis sama sekali. Parahnya, penderita kekurangan trombosit bisa saja baru menyadari kondisi tubuhnya ketika kesehatan sudah benar-benar drop.

Jumlah trombosit normal adalah 150.000 hingga 400.000 per mikroliter (mcL). Seseorang bisa memiliki kadar trombosit lebih rendah atau lebih tinggi dibanding nilai normal trombosit karena pengaruh kondisi fisiknya.

Normalnya, trombosit dalam darah hanya memiliki siklus hidup selama 10 hari. Trombosit yang mati kemudian akan diganti dengan trombosit baru yang dibentuk dalam sum-sum tulang.

Gejala Trombosit Rendah

Penurunan trombosit umumnya tak disadari sehingga seringkali cara menaikkan trombosit terlambat dilakukan. Akibatnya, orang yang memiliki trombosit rendah dapat mengalami pendarahan melalui telinga dan hidung. Hal ini menunjukkan kondisi tubuh sudah sangat riskan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui gejala trombosit turun berikut ini.

1. Muncul Bintik Merah atau Keunguan

Bintik merah atau keunguan yang menjadi tanda trombosit rendah berbeda dengan bintik yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Bintik merah yang dimaksud tak timbul ketika diraba. Umumnya, bintik merah akibat trombosit turun atau disebut dengan istilah petechiae biasa muncul pada kaki bagian bawah.

2. Ruam di Kulit Tanpa Penyebab Pasti

Ketika tromboist turun, maka tubuh akan sulit mencegah perdarahan internal. Selain itu, pecahnya pembuluh darah juga sangat sulit diatasi hingga menimbulkan peradangan. Hal inilah yang kemudian nampak sebagai rumah di kulit. Ruam seperti memar atau biasa disebut sebagai purpura ini bisa berwarna merah, ungu atau bahkan coklat.

3. Mudah Lelah

Trombosit yang turun bisa menyebabkan tubuh syok sehingga membuat tubuh kehilangan fungsi normal, salah satu diantaranya adalah mudah lelah, terlihat lemas dan berkeringat dingin. Selain itu, trombosit rendah juga rentan akan dehidrasi sehingga tubuh akan mudah payah.

4. Ada Darah di Tinja atau Urine

Dalam kondisi yang parah, trombosit turun dapat menyebabkan perdarahan internal dan darah akan dikeluarkan bersama urine atau tinja. Inilah mengapa penderita trombosit rendah dalam kondisi parah bisa saja mengalami tinja atau urine bercampur darah.

5. Limpa Berukuran Lebih Besar

Tanda kekurangan trombosit yang satu ini biasa muncul jika trombosit turun akibat terjebak dalam limpa. Trombosit yang terjebak akan membuat limpa membengkak dan dapat menyebabkan limpa diangkat melalui prosedur operasi jika terus dibiarkan.

6. Gusi Mudah Berdarah

Gusi memiliki banyak pembuluh darah halus. Pembuluh darah pada gusi ini rentan pecah ketika trombosit menurun. Pendarahan gusi mungkin juga susah dihentikan akibat rendahnya kadar trombosit.

7. Mimisan

Gejala trombosit rendah lainnya adalah mimisan atau keluar darah melalui hidung. Hal ini menjadi pertanda jika pembuluh halus mengalami kebocoran. Selain itu, perdarahan melalui hidung dan telinga juga mungkin saja muncul pada penderita demam berdarah akut.

8. Kulit dan Mata Pucat

Penderita trombosit rendah sangat rentan degan dehidrasi. Salah satu tanda jika penurunan trombosit disertai dengan kurangnya cairan tubuh adalah kulit dan mata terlihat pucat. Dalam kondisi parah, bibir mungkin akan terasa kering dan mata terlihat cekung. Oleh karenanya, petugas medis akan mengambil tindakan pemasangan infus untuk memenuhi cairan tubuh. Jika tubuh tehidrasi dengan baik, maka trombosit akan berangsur normal dengan sendirinya (hal ini hanya berlaku bagi  trombosit turun dalam katagori ringan).

Jika Anda menemui ciri tubuh kekurangan trombosit di atas, segera kunjungi dokter untuk melakukan skrining melalui cek darah lengkap. Jika benar kadar trombosit di bawah ambang batas normal, dokter akan menemukan penyebab pastinya sebelum melakukan pengobatan.

Penyebab Trombosit Rendah

Kadar trombosit rendah terjadi bukan tanpa alasan. Kekurangan trombosit atau trombositopenia menjadi tanda adanya kelainan dalam tubuh. Adapun beberapa penyebab trombosit turun antara lain :

1. Kanker Darah

Kanker darah tak hanya membuat sel darah putih rendah, melainkan pula sel darah merah dan trombosit. Inilah mengapa penderita kanker darah seringkali tak menyadari penyakitnya karena gejala yang timbul hampir serupa dengan demam berdarah.

2. Anemia Aplastik

Anemia aplastik merupakan penyakit yang disebabkan oleh kelainan sum-sum tulang belakang. Dalam kasus ini, sum-sum tulang belakang berhenti memproduksi sel darah, baik sel darah merah, sel darah putih maupun trombosit. Akibatnya, penderita anemia aplastik pasti memiliki trombosit di bawah angka normal.

3. Sirosis

Sirosis merupakan penyakit pada organ hati dimana jaringan yang sudah rusak gagal diregenarasi dan digantikan oleh jaringan parut. Kondisi sirosis hati atau pengerasan hati ini tak bisa diobati namun bisa dicegah perkembangannya. Jika dibiarkan menahun, sirosis hati inilah yang emudian menyebabkan gagal hati

Seiring dengan bertambah parahnya sirosis hati, tekanan dara pada vena porta akan meningkat. Akibatnya, aliran darah dari limpa akan terhambat dan membuat trombosit banyak terjebak dalam limpa. Efek kelanjutannya adalah limpa membengkak dan jumlah trombosit dalam darah menurun.

4. Kekurangan Zat Besi dan Asam Folat

Zat besi dan asam folat merupakan dua elemen penting yang baik untuk pembentukan sel darah termasuk juga trombosit. Oleh karenanya, makanan yang kaya asam folat dan zat besi dapat menjadi cara menaikan trombosit.

5. Gangguan Sistem Imun

Gangguan sistem imun atau yang disebut dengan autoimun merupakan kelainan yang berbahaya. Autoimun menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang sel yang masih sehat. Jika sistem kekebalan menyerang sel trombosit, maka akibatnya jumlah trombosit dalam darah akan berada di bawah ambang batas normal.

6. Kehamilan

Saat hamil wanita bisa saja mengalami penurunan trombosit. Meski begitu, penelitian menunjukkan hanya 5% wanita saja yang mengalami trombositopenia selama hamil dan belum bisa dipastikan apa penyebabnya.

7. Kemoterapi

Kemoteapi seringkali menimbulkan efek samping mual dan rambut rontok. Selain itu, kemoterapi juga memiliki efek terhadap kadar trombosit dalam darah karena target kemoterapi adalah mematikan sel yang berkembang dengan sangat cepat.

8. Radiasi

Menghindari radiasi dapat menjadi cara menaikan trombosit jika Anda termasuk orang yang sering terpapar radiasi. Radiasi akan mengganggu kinerja tubuh dalam memproduksi sel darah, terutama jika radiasi didapat melalui perlakuan x-ray di area panggul.

9. Obat-Obatan Tertentu

Beberapa jenis obat yang mengandung quinine atau antibiotik yang mengandung sulfa berpotensi membuat tubuh ‘bingung’ sehingga menghancurkan sel yang seharusnya masih diperlukan tubuh, termasuk juga berpotensi menghancurkan trombosit. Oleh karenanya, jangan pernah mengkonsumsi obat sembarangan, teutama obat jenis antibiotik tanpa arahan dokter.

10. Infeksi

Bakteri dan virus yang berkembang dalam tubuh bisa menjadi penyebab trombosit terlalu rendah. Beberapa jenis penyakit akibat virus tersebut misalnya saja demam berdarah dan tipus. Jika ha ini yang terjadi, maka cara menaikan trombosit yang paling benar adalah dengan mematikan virus dan bakteri penyebab penyakit sembari menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Bahaya Kadar Trombosit Rendah

Trombosit memegang peranan penting dalam pembekuan darah. Namun bukan berarti kekurangan trombosit hanya akan menyebabkan perdarahan ketika terjadi luka. Masih ada bahaya kekurangan trombosit lain yang perlu diperhatikan. Jika tak segera dilakukan cara menaikan trombosit, maka dapat menimbulkan masalah yang lebih parah, yakni kematian. Adapun akibat trombosit turun yang harus diwaspadai antara lain.

1. Pendarahan Melalui Sistem Pencernaan

Bukan hanya pendarahan luar karena luka, kekurangan trombosit menyebabkan pendarahan internal yang berdampak lebih parah. Pendarahan internal akan menyebabkan Anda mengalami pendarahan yang keluar melalui saluran pencernaan. Jika ini terjadi pada Anda, maka tanda yang paling umum ditemui adalah adanya darah pada tinja atau urine.

2. Pembengkakan Limpa

Trombosit yang kurang bisa disebabkan oleh trombosit yang terjebak dalam limpa. Jika ini yang Anda alami, maka imbasnya limpa akan membengkak, mengalami kerusakan.

3. Anemia

Penurunan jumlah trombosit biasanya juga dibarengi dengan penurunan sel darah merah. Akibatnya, tubuh lebih rentan terkena anemia. Selain itu, kekurangan sel darah merah juga membuat suplai oksigen ke tubuh terhambat. Oleh karena itu, anemia menjadi salah satu penyakit kekurangan trombosit yang harus diwaspadai.

4. Gangguan Sistem Kekebalan Tubuh

Penurunan jumlah trombosit bisa pula disebabkan oleh kelainan pada sum-sum tulang belakang. Jika ini yang terjadi, kondisi lain yang mungkin timbul sebagai komplikasi adalah penurunan sel darah putih yang juga berimbas pada penurunan kekebalan tubuh.

5. Mielofibrosis

Bahaya kekurangan trombosit lain yang perlu diwaspadai adalah mielofibrosis. Kondisi ini menunjukkan adanya jaringan parut di sum-sum tulang belakang. Mulanya, keberadaan zat parut mungkin tak akan disadari. Namun, dalam jangka panjang penyakit ini hanya bis disembuhkan melalui kemoterapi, analgesik atau transfusi darah.

6. Pendarahan Otak

Meski tergolong dalam kasus yang jarang terjadi, kekurangan trombosit juga dapat menyebabkan pendarahan di otak. Parahnya lagi, jika tak mendapat penanganan intensif dengan segera hal ini dapat mengancam nyawa.

Cara Menaikan Trombosit Secara Alami

Melihat pentingnya peranan trombosit dan bahaya jika tubuh kekurangan trombosit, maka trombositopenia atau kekurangan trombosit harus segera ditangani. Beberapa cara menaikan trombosit yang mungkin bisa Anda coba antara lain ;

1. Bayam

Cara menaikan trombosit yang pertama adalah dengan menggunakan bayam. Bayam kaya akan zat besi yang baik untuk pembentukan sel darah merah. Selain itu, bayam juga mengandung vitamin K yang baik untuk mempercepat menghentikan perdarahan.

Caranya :

  • Cuci bersih 5 lembar daun bayam.
  • Rebus bersama satu gelas air hingga mendidih.
  • Minum air rebusan bayam ini setiap hari hingga trombosit mencapai kadar normal.

2. Jambu Biji

Cara menaikan trombosit dengan jambu biji adalah cara yang paling umum digunakan oleh masyarakat. Manfaat jambu biji untuk menaikan trombosit bahkan sudah dipercaya di dunia medis. Selain itu, ambu biji juga mengandung vitamin C yang baik untuk mempercepat pemulihan tubuh dari penyakit. Namun sayangnya, jambu biji tak disarankan bagi Anda yang mengalami penurunan trombosit yang dibarengi dengan penyakit lambung.

Caranya :

  • Konsumsi jambu biji berdaging merah secara langsung.
  • Cara lainnya adalah dengan menghaluskan jambu biji menggunakan blender lalu saring.

3. Biji-Bijian

Segala macam biji-bijian memiliki kandungan B29 yang mampu meningkatkan trombosit dalam tubuh. Karena itulah, biji-bijian kerap kali menjadi alternatif cara menaikan trombosit dengan mudah dan enak.

Caranya :

  • Konsmumsi camilan yang diolah dari biji-bijian seperti biji labu, biji chia, biji wijen, biji bunga matahari atau jenis biji-bijian lainnya.

4. Kacang-kacangan

Cara menaikan trombosit lainnya adalah dengan menggunakan aneka jenis kacang-kacangan seperti kacang tanah, almond, mede dan lain sebagainya. Beragam jenis kacang-kacangan mengandung vitamin D, K dan juga fibronogen yang mampu mempercepat penyerapan vitamin K sehingga trombosit dalam tubuh bisa ditingkatkan. Namun, perlu diingat jika kacang-kacangan memiliki kandungan lemak yang sulit dicerna oleh tubuh. Hal ini menyebabkan cara menaikan trombosit dengan kacang-kacangan tak cocok bagi penderita tipes atau gangguan lambung,

Caranya :

  • Konsumsilah kacang-kacangan dalam jumlah cukup atau daam artian tak berlebihan.

5. Kurma

Salah satu bahan alami yang sudah terbukti beragam khasiatnya adalah kurma. Jenis buah yang sering dijadikan oleh-oleh ibadah haji ini tak hanya dapat memulihkan energi dengan cepat, akan tetapi juga dapat meningkatkan trombosit dengan cepat. Hal ini dikarenakan kurma mengandung zat besi yang baik untuk menambah trombosit dalam darah. Inilah mengapa, kurma dapat pula dijadikan buah untuk meningkatkan trombosit dalam darah.

Caranya :

  • Makan beberapa biji kurma ketika tubuh mengalami kekurangan trombosit.
  • Saat trombosit sudah mencapai angka normal, konsumsi kurma tetap bisa dilanjutkan untuk menambah stamina.

6. Angkak

Cara menaikan trombosit dengan angkak tidak bisa dianggap remeh. Khasiat angkak untuk mengobati demam berdarah dengan cara menaikan trombosit sudah terbukti secara ilmiah. Sebuah penelitian yang mengunakan tikus putih sebagai objeknya membuktikan jika buah angkak mampu menaikan trombosit dengan sangat cepat.

Cara menaikan kadar trombosit dengan angkak ini seringkali dipilih karena kinerja cepatnya. Bahkan, untuk menambah kadar trombosit angkak hanya butuh waktu beberapa jam saja. selain itu, angkak juga dapat menurunkan kadar kolestrol jahat dalam darah.

Caranya :

  • Rebus satu sendok makan angkak dengan dua gelas air lalu minum setiap hari.
  • Anda juga bisa menambahkan ½ sendok angkak pada sup ayam agar rasanya lebih enak.
  • Jika menginginkan cara yang lebih praktis, Anda juga bisa membeli kapsul angkak yang dijual di apotek.

7. Sayuran Hijau

Tak hanya bayam saja, segala jenis sayuran hijau juga bisa dijadikan cara menaikan trombosit. Sayuran hijau mengandung vitamin K yang mampu meningkatkan pembentukan trombosit dalam tubuh.

Caranya :

  • Konsumsi sayuran hijau seperti kangkung, brokoli hijau, slada atau sayuran hijau lainnya.

8. Gandum

Cara menaikan trombosit lainnya adalah dengan menggunakan gandum utuh. Gandum utuh mengandung seta pangan, vitamin dan mineral penting yang mampu mengembalikan trombosit dalam kadar normal.

Caranya :

  • Konsumsi gandum sebagai pengganti nasi atau bisa juga mengkonsumsi roti gandum.

9. Jeruk

Cara menaikan trombsit yang masih jarang diketahui adalah dengan menggunakan buah jeruk. Buah yang kaya akan vitamin C ini memang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Namun, selain vitamin C jeruk juga mengandung asam folat yang baik untuk pembentukan trombosit.

Caranya :

  • Konsumsi buah jeruk usai makan. Namun, perlu diingat jika konsumsi buah jeruk tak disarankan bagi Nada yang mengalami masalah lambung.

10. Susu Putih

Susu putih atau susu sapi murni tak hanya menyehatkan. Namun, dapat pula digunakan untuk menaikan trombosit dalam darah. Khasiat susu untuk menaikan trombosit juga sudah diakui di dunia medis. Namun, Anda tak perlu mencoba  cara menaikan trombosit satu ini jika memiliki alergi terhadap protein susu sapi.

Caranya :

  • Minum susu putih hangat setiap selesai makan.

11. Keju

Diolah dari susu yang difermentasi, keju juga memiliki kandungan asam folat seperti halnya susu. Selain itu, keju juga mengandung B12 yang baik untuk mendukung pembentukan trombosit dalam darah.

Caranya :

  • Konsumsi keju sebagai bahan tambahan masakan atau bisa juga mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung keju.

12. Telur

Telur tak hanya kaya akan protein, namun juga Omega 3 dan B12 sehingga dikenal sebagai makanan penambah trombosit. Sayangnya, kuning telur mengandung lemak tinggi yang tak baik bagi penderita kolestrol. Selain itu, lemak kuning telur juga su;it dicerna lambung sehingga tak cocok bagi penderita penyakit asam lambung.

Caranya :

  • Rebus telur lalu konsumsi sebagai camilan atau sebagai lauk.

13. Hati Ayam

Hati ayam menjadi sumber B12 alai yang baik untuk menaikan trombosit. Jika Anda ingin mencoba  cara menaikan trombosit yang satu ini, ada baiknya jika Anda memilih hati ayam kampung dibanding ayam pedaging atau petelur.

Caranya :

  • Olah hati ayam menjadi aneka menu makanan untuk menaikan trombosit. Namun, jangan terlalu berlebihan karena hati ayam mengandung lemak dan kolesterol jahat.

14. Daging

Alternatif cara menaikan trombosit melalui makanan lainnya adalah dengan menggunakan daging. Daging tinggi protein dan B12 yang sangat mendukung pembentukan trombosit darah.

Caranya :

  • Olah daging menjadi lauk. Lebih disarankan jika Nada memasaknya dalam bentuk sup.

15. Minyak Biji Rami

Biji rami merupakan jenis biji yang sudah lama dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Salah satu penyakit yang terbukti bisa disembuhkan dengan biji rami adalah batuk kering. Selain itu, Biji rami juga ampuh menghilangkan bekas jerawat dan luka. Jika dikonsumsi dalam bentuk minyak, biji rami rupanya juga dapat dijadikan cara menaikan trombosit karena tinggi asam lemak omega 3.

Caranya :

  • Konsumsi setengah sendok makan minyak biji rami lalu minum air hangat sesudahnya.

Cara Menaikan Trombosit dengan Pola Hidup Sehat

Tak hanya melalui makanan, trombosit juga bisa dinaikan dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Memiliki pola hidup sehat akan mendorong kinerja alami tubuh dalam memproduksi trombosit. Selain itu, pola hidup sehat juga membuat Anda terhindar dari penyakit. Adapun beberapa pola hidup sehat yang bisa Anda terapkan untuk menaikan trombosit antara lain :

1. Konsumsi Makanan Sehat

Tubuh ibarat mesin dan makanan ibarat bahan bakar. Jika makanan yang dikonsumsi adalah makanan sehat, maka kinerja tubuh juga kan lebih baik dan optimal. Oleh karena itu, mengkonsumsi makanan sehat juga dapat mengoptimalkan sum-sum tulang belakang dalam memproduksi trombosit.

Caranya :

  • Konsumsi makanan sehat dan tingkatkan konsumsi sayur dan buah-buahan yang bebas pestisida.

2. Batasi Junk Food

Junk Food memang memiliki ras ayang memanjakan lidah. Selain itu, junk food dapat meningkatkan selera makan karena rasa dan tampilannya yang menarik. Namun, junk fod juga menyimpan bahaya seperti kolestrol tinggi hingga merusak metabolisme tubuh. Oleh karena itu, konsumsi junk food harus dibatasi agar tubuh tetap bisa bekerja optimal.

Caranya :

  • Batasi konsumsi makanan cepat saji dan junk food seperti mie instan, burger, hot dog dal lain sebagainya.

3. Minum Air Putih

Sel darah terbuat dari kombinasi air dan protein. Oleh karena itu, mengkonsumsi air lebih banyak akan memicu pembentukan trombosit lebih banyak pula. Namun, imbangi juga konsumsi air putih dengan makanan tinggi protein.

Caranya :

  • Konsumsi air putih lebih banyak dari biasanya. Namun, batasi konsumsi air agar tidak berlebihan karena terlalu banyak air juga berbahaya bagi kesehatan ginjal.

4. Minum Air Hangat

Tahukah Anda jika air hangat dapat mempercepat penyerapan nutrisi yang berasal dari makanan? Air hangat membuat makanan dalam lambung lebih mudah terserap nutrisinya sehingga pembentukan sel darah, termasuk juga trombosit dapat lebih optimal.

Caranya :

  • Minum air hangat selesai makan.

Cara Menaikan Trombosit dengan Obat

Tak hanya menggunakan cara alami, trombosit dalam darah juga bisa dinaikan dengan bantuan obat medis. Adapun beberapa merk obat yang biasa digunakan sebagai cara menaikan trombosit antara lain :

1. Sari Kurma

Sari kurma tak hanya menjadi sumber energi yang baik, melainkan pula dapat membantu menaikan trombosit darah dengan cepat. Sari kurma mengandung mineral penting yang mampu menaikan produksi trombosit serta volume plasma darah. Untuk hasil lebih cepat, Anda juga bisa memilih produk sari kurma dengan tambahan ekstrak jambu biji, yakni buah untuk menaikan trombosit yang telah lama dipercaya khasiatnya.

2. Susu Kolostrum Power Mix

Obat penambah trombosit darah di apotik lainnya adalah susu kolostrum power mix. Produk yang satu ini mengandung vitamin serta sitokin yang mampu meminimalkan resiko perdarahan akibat kekurangan trombosit Sitokin bekerja dengan meningkatkan elastisitas pembuluh darah dan mencegah kebocoran plasma.

3. Fufang Ejiao Jiang

Obat herbal penambah trombosit yang satu ini dapat digunakan sebagai cara menaikan trombosit yang cepat. Kandungan protein, kalsium dan antioksidan di dalamnya mampu menyembuhkan demam berdarah dengan cara menaikan trombosit. Selain itu, obat yang satu ini juga dapat digunakan untuk melancaran serta mengurangi nyeri haid dan mengatasi masalah anemia.

4. Trombufit

Cara menaikan trombosit lainnya adalah dengan mengonsumsi Trombufit. Obat tambah trombosit yang satu ini memiliki kandungan utama Angkak yang sudah lama dikenal sebagai bahan alami untuk meningkatkan trombosit darah.

5. Remufit

Cara menaikan trombosit dengan obat yang sudah dipercaya khasiatnya adalah dengan menggunakan Remufit. Obat yang satu ini terbuat dari ekstrak jambu biji. Selain itu, Remufit diperkaya dengan ekstrak daun jambu biji yang berguna untuk menghambat pertumbuhan virus demam berdarah, mengurangi rasa mual seta mengobati diare.

Cara Menaikan Trombosit dengan Tindakan Medis

1. Menjaga Tubuh Agar Tak Kekurangan Cairan

Tindakan medis yang paling awal dilakukan adalah dengan memastikan pasien tak kekurangan cairan. Ketika tubuh dipastikan tak mengalami kekurangan cairan dan mendapat istirahat cukup, maka trombosit dapat meningkat dengan sendirinya dalam kurun waktu 7 hari. Oleh karenanya, dokter biasanya akan melakukan pemasangan infus dan memantau kadar trombosit secara rutin.

2. Transfusi Darah

Dalam kondisi tertentu dokter akan mengambil tindakan transfusi darah. Tindakan ini biasanya diambil ketika pasien memiliki trombosit benar-benar rendah, pasien mengalami perdarahan atau tubuh mengalami kegagaan funsgi untuk membentuk trombosit.

3. Operasi Pengangkatan Limpa

Tindakan operasi pengangkatan limpa atau biasa disebut splenektomi sebenarnya bukanlah cara melainkan trombosit, merupakan tindakan untuk mengatasi komplikasi parah akibat tromboist rendah. Limpa merupakan organ tubuh yang berguna menyaring trombosit. Namun, adakalanya trombosit justru terjebak dalam limpa. Dalam kasus parah, limpa bisa saja mengalami kerusakan hingga diperlukan tindakan pengangkatan.

Efek samping yang mungkin timbul dari pengangkatan limpa adalah gangguan kekebalan tubuh. Setelah limpa diangkat, beberapa orang mungkin akan mengalami kerentanan infeksi. Namun, tak perlu khawatir karena ha ini merupakan efek pada sebagian kecil orang saja. Anda mungkin harus waspada jika sel darah putih meningkat setelah dilakukan operasi pengankatan limpa.

Tips Menaikan Trombosit Lebih Cepat

Selain cara menaikan trombosit, Anda juga perlu mengetahui tips sehat agar trombosit cepat naik. Adapun tips agar trombosit dalam darah cepat berada di angka normal antara lain:

1. Menghindari Obat Tertentu

Tahukah Anda jika mengkonsumsi obat anti nyeri seperti ibuprofen dan aspirin dapat menyebabkan penurunan kadar trombosit? Obat pereda nyeri dapat mengganggu aktivitas produksi trombosit. Oleh karenanya, batasi mengkonsumsi obat-obat jenis ini kecuali dengan arahan dokter.

2. Makanan yang Mengandung Omega 3

Makanan yang mengandung omega 3 memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Mengonsumsi makanan yang kaya omega 3 dapat meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus kandungan trombosit dalam darah. Makanan yang baik untuk menaikan trombosit karena kandungan omega 3 antara lain, ikan salmon, minyak biji rami dan minyak ikan.

3. Makanan yang Mengandung Asam Folat dan B12

Asam folat dan vitamin B12 bukan hanya gizi yang baik untuk ibu hamil, melainkan pula penting bagi setiap orang karena dapat menunjang pembentukan elemen dalam darah, termasuk juga pembentukan trombosit. Makanan yang kaya asam folat dan B12 antara lain, telur, daging, kacang-kacangan dan bayam.

4. Menghindari Aktivitas yang Memicu Luka

Ketika tubuh kekurangan trombosit, maka perdarahan akan lebih rentan terjadi. Selain itu, luka juga kan sulit sembuh sehingga kadar trombosit dalam darah lebih terfokus pada penyembuhan luka. Akibatnya, trombosit menurun lebih cepat.

5. Istirahat Cukup

Istirahat dengan cukup membantu fungsi organ tubuh bekerja lebih optimal, termasuk juga aktivitas pembentukan trombosit. Oleh karenanya, selalu usahakan tubuh mendapat jam istirahat sesuai porsinya, yakni 7 hingga 8 jam setiap harinya.

Efek Samping Menaikan Trombosit

Cara menaikan trombosit secara alami tergolong aman. Namun, beberapa cara mungkin memiliki efek samping bagi penderita tifus atau masalah lambung. Sedangkan cara menaikan trombosit dengan obat ada baiknya tak dilakukan tanpa arahan dokter. Pasalnya, mengkonsumsi obat penambah trombosit yang tak diketahui dengan jelas komposisinya dapat mengarah pada penyakit yang lebih serius.

Jika Anda mengalami kekurangan trombosit, maka baiknya Anda mengunjungi dokter. Skrining atau pemantauan nilai trombosit normal secara berkala diperlukan pada masa pengobatan karena trombosit tinggi dalam darah juga memiliki efek samping bagi tubuh.

 

Dari sekian banyak cara menaikan trombosit, penting bagi Anda untuk mengetahui jika pemilik trombosit rendah harus menjaga asupan cairan tubuh. Selain itu jangan sembarangan mengambil inisiatif cara menaikan trombosit tanpa pantauan langsung dari dokter. Cara alami boleh saja Anda lakukan asal mendapat persetujuan dari dokter karena penambahan jumlah trombosit tetap harus dikontrol agar berada dalam ambang batas normal.

Continue Reading

More in Kesehatan

To Top