Connect with us
Cara Memutihkan Tangan

Kecantikan

68 Cara Memutihkan Tangan dengan Bahan Alami dan Obat Serta Efek Samping

Cara Memutihkan Tangan – Memiliki kulit tangan yang sehat dan putih dianggap sebagai salah satu indikator kecantikan perempuan. Sama halnya dengan bagian tubuh lainnya, tangan juga menjadi salah satu perhatian bagi perempuan. Tangan adalah bagian tubuh yang biasanya bersinggungan langsung dengan paparan sinar matahari, terutama mereka yang mengenakan baju berlengan pendek. Hal ini tentunya menjadikan kulit tangan berwarna berbeda dengan warna kulit lain yang tertutup.

Cara Memutihkan Tangan

Keadaan tangan yang gelap dapat menimbulkan ketidak nyaman pada diri seseorang karena merasa tidak sedap dipandang. Apalagi jika bagian kulit yang lain tidak segelap kulit tangan, jika diperhatikan akan nampak belang. Kondisi ini membuat para wanita yang sangat memperhatikan penampilan akan mencoba segala cara untuk memutihkan kulit tangan dengan cepat.

Penyebab Kulit Tangan Hitam dan Gelap :

1. Stres

Stres adalah kondisi yang erat kaitannya dengan kejiwaan seseorang. Dalam sebuah riset ditunjukkan bahwa pria dikatakan lebih rentan terkena stress terlebih bagi mereka yang masih single. Penyebab terjadinya stres pun juga memberikan dampak bagi kesehatan kulit maupun fisik yang lain.

Seseorang yang mengalami stres dapat menjadikan warna kulit mereka lebih hitam dibandingkan dengan sebelumnya. Oleh sebab itu, penting kiranya untuk melakukan pengelolaan stress dengan benar agar tidak terjadi berlarut-larut.

2. Diet

Memiliki tubuh yang ramping dan ideal memang dianggap sangat penting bagi sebagian orang. Mereka yang memiliki berat badan berlebih akan berusaha untuk menjalani diet agar berat badannya menjadi seimbang. Selain untuk menunjang penampilan, tubuh yang proporsional juga dibutuhkan untuk kepentingan profesi.

Jika diet dilakukan dengan metode yang benar maka tidak akan menimbulkan masalah, namun jika metode yang dilakukan salah maka hal ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan kandungan nutrisi di dalam tubuh. Hal ini dapat berpengaruh pada warna kulit yang akan nampak lebih hitam.

Solusi tepat yang harus diterapkan adalah memilih cara diet yang sehat sehingga nutrisi dalam tubuh tetap seimbang. Anda dapat berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu untuk mengetahui cara diet yang tepat bagi anda.

3. Sinar matahari

Sinar matahari terutama pada siang hari mengandung ultraviolet. Paparan sinar matahari pada siang hari dapat menjadikan masalah hiperpigmentasi kulit. Hiperpigmentasi ini merupakan kondisi munculnya bintik-bintik hitam pada kulit. Bagi anda yang banyak melakukan aktivitas diluar ruangan maka sebaiknya anda menggunakan pelindung kulit agar tidak terkena bahaya sinar UV.

4. Kurangnya waktu istirahat

Kulit hitam juga bisa disebabkan oleh kurangnya waktu istirahat. Tubuh kita membutuhkan waktu untuk beristirahat setiap hari minimal selama 8 jam. Dengan istirahat yang cukup maka tubuh mampu memperbaiki diri sendiri dengan baik. Waktu tidur yang cukup dapat mencegah berubahnya warna kulit menjadi hitam.

5. Penggunaan produk yang salah

Setelah selasai beraktivitas biasanya kita mencuci muka dengan produk khusus. Produk ini biasanya dimanfaatkan untuk mempercantik penampilan. Namun jika kita salah dalam memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit kita maka hal ini bisa menyebabkan kulit menjadi gelap.

6. Hormonal

Perubahan hormonal pasti terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Akibat dari perubahan hormonal ini salah satunya adalah membuat kulit menjadi gelap. Namun biasanya perubahan ini hanya bersifat semenara, kulit akan kembali cerah secara bertahap apabila kadar hormonal lebih stabil.

7. Kurang minum

Para ahli bidang kesehatan menyarankan untuk memenuhi kebutuhan cairan minimal 8 gelas per hari. Apabila tubuh kekurangan cairan maka konsentrasi pun dapat hilang dalam hitungan detik. Bukan hanya itu saja, kurang minum air putih juga dapat memicu kulit hitam.

8. Faktor genetik

Faktor genetik adalah warna kulit yang diturunkan dari keturunan orang tua. Hal inilah yang menyebabkan seseorang dapat memiliki kulit gelap sejak lahir karena gen bawaan dari orang tua mengalir dalam tubuhnya.

9. Merokok

Merokok merupakan kegiatan yang tidak sehat. Merokok dapat menyebabkan serangan jantung, impotensi dan gangguan kesehatan yang lain. Meskipun merokok lebih dominan dilakukan oleh para pria, namun tidak menutup kemungkinan bahwa ada wanita yang juga memiliki kebiasaan merokok.

Aktivitas merokok ternyata juga dapat menimbulkan dampak negatif pada kulit. Dengan merokok, kulit akan menjadi lebih gelap dan terlihat pucat.

10. Alkohol

Meminum alkohol juga dapat menimbulkan efek negatif bagi penampilan. Alkohol yang diminum secara berlebihan dapat membuat kulit menjadi gelap. Selain itu, mereka yang sudah minum alkohol lama kelamaan akan merasa kecanduan. Oleh sebab itu, jauhilah kebiasaan buruk ini untuk menjaga kesehatan fisik dan juga penampilan anda.

11. Lelah

Penyebab kulit hitam berikutnya adalah kelelahan. Biasanya hal ini terjadi karena segudang aktivitas yang harus dikerjakan setiap harinya. Oleh karena itu, sebagaimana yang diungapkan pada penjelasan diatas bahwa istirahat yang cukup sangat dibutuhkan agar energi yang hilang dapat kembali lagi dalam tubuh.

12. Depresi

Depresi yang terjadi berlarut-larut akibat beberaoa hal memang dapat memberikan dampak buruk. Anda sebaiknya melakukan pengelolaan stres yang baik agar tidak terjadi depresi. Lakukan berbagai kegiatan yang anda sukai agar anda mendapatkan suasana yang rileks. Anda juga bisa mencurahkan keluh kesah kepada teman, bermain bersama teman pada saat anda merasa butuh ditemani.

13. Usia

Usia juga menjadi salah satu penyebab berubahnya warna kulit menjadi gelap. Seiring dengan bertambahnya usia maka kulit pun juga akan mengalami penuaan. Hal ini tentunya akan membuat kulit menjadi hitam saat usia seseorang semakin menua.

14. Debu

Penyebab kulit hitam berikutnya adalah pengaruh debu. Aktivitas yang terlalu padat dan harus dilakukan di luar ruangan seperti banyaknya debu juga dapat menjadi penyebab berubahnya warna kulit. Jika kulit sering terkena dengan debu maka kulit pun akan berubah menjadi lebih gelap. Usahakan untuk tidak bermain debu khususnya pada ruangan terbuka.

15. Jarang membersihkan kulit

Kulit hitam juga bisa disebabkan karena jarang membersihkan kulit dengan benar. Jika hal ini terjadi maka sel kulit mati dapat menumpuk. Oleh sebab itu, disarankan untuk rutin membersihkan kulit dua kali sehari.

16. Kekurangan nutrisi

Nutrisi sangatlah penting baik bagi tubuh maupun kulit. Nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh salah satunya vitamin bisa ditemukan pada sayuran dan buah-buahan. Usahakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh dengan mengkonsumsi sayur dan buah secara teratur.

17. Penggunaan obat-obatan

Bagi sebagian orang yang mengkonsumsi obat-obatan dapat menyebabkan reaksi alergi. Efek negatif yang mungkin muncul akibat alergi ini adalah perubahan warna pada kulit. Warna kulit yang dapat berubah adalah kuning menjadi lebih gelap atau hitam. Untuk mengatasi masalah ini maka anda sebaiknya berhenti mengkonsumsi obat tersebut.

18. Tidak memakai tabir surya

Kandungan ultraviolet pada sinar matahari sangatlah berbahaya terlebih pada siang hari. Tabir surya dapat diaplikasikan pada kulit secara merata untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Anda dapat menggunakan tabir surya yang mengandung spf lebih dari 30. Meskipun anda sudah mengaplikasikan tabir surya, anda juga harus tetap menggunakan pelindung kulit lainnya seperti topi, jaket, sarung tangan saat diluar ruangan.

19. Cuaca

Terjadinya perubahan cuaca yang tidak tentu juga dapat menyebabkan perubahan warna kulit. Umumnya cuaca yang mengalami panas dan hujan hanya sebentar secara bergantian terus menerus dapat membuat tubuh lebih mudah terserang penyakit. Oleh sebab itu, ada baiknya kita mengkonsumsi suplemen maupun vitamin yang bagus untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh.

Jika kondisi tubuh kita sehat dan kuat maka kesehatan kulit pun akan selalu terjaga. Anda juga dapat mengkonsumsi berbagai sayuran sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda.

20. Polusi

Kulit tangan yang hitam juga bisa disebabkan oleh pengaruh polusi udara. Kandungan radikal bebas yang mengalami oksidasi pada polusi udara sangat tidak bagus untuk kesehatan kulit kita. Hal ini dapat menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan dini jika tidak segera diantisipasi. Penuaan dini juga erat kaitannya dengan kulit yang keriput dan warna kulit yang berubah menjadi lebih gelap.

Baca Juga: Cara Memutihkan Badan dengan Bahan Alami, Lotion dan Produk Serta Efek Sampingnya

Cara Memutihkan Tangan dengan Bahan Alami :

1. Pisang

Bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara memutihkan tangan adalah buah pisang. Penggunaan buah pisang dengan rutin akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit. Dengan demikian, kulit tangan akan menjadi lebih putih, sehat, lembab dan bersinar.

Caranya :

  • Sediakan 1 buah pisang yang sudah matang
  • Setelah itu, haluskan buah dengan menggunakan sendok
  • Aplikasikan pasta buah pisang pada bagian tangan yang nampak gelap secara merata
  • Diamkan selama beberapa menit hingga pasta pisang mengering
  • Jika sudah kering anda dapat membersihkan kulit tangan dengan menggunakan air sampai bersih
  • Lakukan cara memutihkan tangan ini dengan rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Beras

Di dalam beras terdapat kandungan vitamin B yang sangat bermanfaat untuk memutihkan kulit. Perawatan dengan menggunakan beras bahkan sudah ada sejak zaman nenek moyang sampai sekarang. Hasil dari perawatan alami ini pun juga cukup memuaskan.

Caranya :

  • Sediakan 1 genggam beras
  • Kemudian rendam beras kurang lebih selama 30 menit
  • Angkat beras dan tumbuk sampai halus
  • Setelah itu, aplikasikan pada kulit tangan secara merata sambil digosok ringan
  • Diamkan kurang lebih selama 30 menit lalu bilas dengan menggunakan air sampai bersih
  • Anda dapat melakukan perawatan cara memutihkan tangan ini secara rutin setiap hari untuk hasil yang maksimal

3. Madu

Khasiat madu untuk perawatan kecantikan sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Madu sering dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit dengan mudah, termasuk memutihkan tangan. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam madu juga sangat bagus untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

Caranya :

  • Sediakan madu murni secukupnya
  • Aplikasikan madu pada bagian kulit tangan yang gelap sampai merata sambil dipijat halus
  • Diamkan kurang lebih selama 20 menit
  • Bilas tangan dengan menggunakan air hangat sampai bersih
  • Lakukan cara memutihkan tangan ini setiap hari secara rutin menjelang mandi.

4. Kulit pisang

Selain buahnya, ternyata kulit pisang juga memiliki manfaat yang sama untuk memutihkan tangan. Cara ini sudah terbukti cukup ampuh untuk mengembalikan warna kulit sekaligus mencerahkannya. Bukan hanya itu saja, kulit pisang juga dapat membantu mengencangkan dan melembabkan kulit.

Caranya :

  • Sediakan 2 kulit pisang
  • Gosok-gosokkan kulit pisang tersebut pada area kulit tangan kurang lebih selama 5 menit
  • Diamkan selama 30 menit hingga mulai mengering
  • Setelah itu, bilas kulit tangan dengan menggunakan air dingin sampai bersih
  • Lakukan cara memutihkan tangan menggunakan kulit pisang ini secara rutin setiap hari untuk hasil terbaik.

5. Jeruk nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin C yang sangat berkhasiat untuk memutihkan sekaligus mencerahkan kulit. Perawatan kulit dengan memanfaatkan kulit jeruk ini dapat membantu mengangkat kotoran, minyak, sel kulit mati dan juga debu yang menempel pada kulit.

Caranya :

  • Sediakan buah jeruk nipis, belah menjadi 2 bagian
  • Setelah itu, peras sarinya taruh dalam wadah
  • Tambahkan 2 sdm madu ke dalam sari jeruk nipis dan aduk sampai rata
  • Aplikasikan larutan bahan alami tersebut pada kulit tangan secara merata
  • Diamkan kurang lebih selama 30 menit agar nutrisi dapat meresap dengan sempurna pada kulit
  • Bilas dengan menggunakan air sampai bersih
  • Ulangi cara ini setiap hari untuk memutihkan kulit dengan alami dan cepat

6. Wortel

Cara memutihkan tangan dengan bahan alami lainnya adalah menggunakan wortel. Di dalam wortel terdapat kandungan nutrisi penting yang bermanfaat untuk memutihkan tangan. Selain itu, wortel juga dapat membuat kulit menjadi lebih sehat, lembut dan halus. Dengan mengkonsumsi segelas jus wortel setiap hari dapat memberikan nutrisi dari dalam.

Caranya :

  • Sediakan buah wortel secukupnya
  • Blender buah wortel atau bisa dengan cara diparut kasar
  • Setelah menjadi jus, anda dapat meminumnya segelas sehari
  • Ampas wortel masih bisa dimanfaatkan untuk diaplikasikan pada tangan
  • Diamkan kurang lebih selam 30 menit
  • Basuh dengan menggunakan air sampai bersih
  • Minumlah jus wortel dan juga masker wortel secara rutin setiap hari untuk memutihkan tangan dengan alami dan cepat

7. Lemon

Kandungan vitamin C selain terdapat pada jeruk nipis juga banyak terkandung di dalam lemon. Lemon dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bahan alami untuk memutihkan tangan.

Caranya :

  • Sediakan 1 buah lemon
  • Belah menjadi dua bagian dan peras airnya
  • Aplikasikan pada kulit tangan yang belang secara merata
  • Diamkan kurang lebih selama 40 menit agar nutrisi dari lemon dapat meresap ke kulit dengan sempurna
  • Bilas kulit tangan dengan menggunakan air hangat
  • Lakukan cara memutihkan tangan ini setidaknya 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal

8. Bengkoang

Bengkoang memiliki kandungan nutrisi penting yang dapat dimanfaatkan untuk memutihkan tangan. Penggunaan bahan alami ini pun juga mudah dan sangat aman dari efek samping.

Caranya :

  • Sediakan bengkoang secukupnya dan kupas sampai bersih
  • Parut buah bengkoang sampai lembut
  • Setelah itu, aplikasikan pada kulit tangan sampai merata
  • Biarkan hingga mengering dan bilas dengan menggunakan air dingin
  • Lakukan cara memutihkan tangan ini setidaknya 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik

9. Susu

Mandi susu juga bisa dilakukan sebagai cara memutihkan tangan dengan alami. Kandungan nutrisi yang terdapat pada susu dapat memberikan efek memutihkan kulit dengan cepat.

Caranya :

  • Sediakan 100 gr susu bubuk
  • Larutkan dalam sedikit air
  • Aduk susu hingga berbentuk seperti bubur lembek
  • Aplikasikan masker susu pada kulit tangan secara merata
  • Tunggu hingga beberapa menit
  • Setelah mulai mengering bilas dengan menggunakan air bersih

10. Pepaya

Kandungan nutrisi penting yang terdapat di dalam pepaya sangat bagus untuk membantu memutihkan tangan. Beberapa kandungan tersebut antara lain serat, papain, vitamin C dan juga air. Dengan beberapa kandungan tersebut maka kulit akan menjadi lebih putih, lembab, halus dan lembut.

Caranya :

  • Sediakan buah pepaya matang, kupas dan haluskan
  • Aplikasikan pada tangan sambil melakukan pemijatan halus
  • Diamkan kurang lebih selama 40 menit agar nutrisi dalam pepaya dapat meresap dengan baik
  • Setelah itu, bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih
  • Lakukan cara memutihkan tangan ini secara rutin 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

11. Oatmeal

Oatmeal merupakan sereal yang bagus untuk menyehatkan jantung. Makanan ini juga cocok dikonsumsi sebagai menu pendamping diet yang menyehatkan. Bukan hanya itu saja, oatmeal juga dapat dimanfaatkan sebagai cara memutihkan tangan dengan mudah.

Caranya :

  • Sediakan 1 mangkuk oatmeal
  • Tambahkan 2 sdm madu murni
  • Tambahkan sedikit air hangat dan aduk hingga menjadi bubur
  • Oleskan pada kulit tangan secara merata
  • Diamkan beberapa saat sampai oatmeal mengering
  • Setelah itu, bilas dengan menggunakan air sampai bersih
  • Lakukan cara memutihkan tangan ini dengan teratur 3 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

12. Kunyit

Kunyit sudah sejak lama dimanfaatkan dalam bidang kecantikan di negara Indian. Berbagai macam kandungan yang terdapat pada kunyit juga bagus untuk membantu memutihkan kulit termasuk kulit tangan dengan waktu yang singkat. Selain itu, kandungan nutrisi pada kunyit juga berkhasiat untuk membantu melancarkan sistem peredaran darah agar proses regenerasi kulit dapat berjalan dengan lancar.

Caranya :

  • Sediakan 100 gr kunyit
  • Kupas kunyit lalu cuci sampai bersih
  • Haluskan kunyit yang sudah dicuci dengan di parut atau di blender
  • Jika sudah halus, gunakan kunyit tersebut untuk diaplikasikan pada tangan secara merata
  • Diamkan kurang lebih selama 30 menit
  • Bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih
  • Ulangi cara memutihkan tangan ini secara teratur setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal

13. Yogurt

Yogurt dibuat dari bahan susu yang di fermentasikan. Yogurt memiliki nilai gizi yang lebih baik dibandingkan dengan susu. Manfaat penting yang terdapat pada susu tentunya juga dimiliki oleh yogurt. Salah satu manfaat tersebut adalah untuk memutihkan tangan.

Caranya :

  • Sediakan yogurt murni atau yogurt tawar
  • Setelah itu, oleskan yogurt pada kulit tangan sampai merata
  • Diamkan kurang lebih selama 30 menit
  • Bilas dengan menggunakan air sampai bersih
  • Lakukan cara ini setidaknya 4 kali dalam seminggu untuk memutihkan tangan dengan cepat.

14. Lobak putih

Lobak putih tidak hanya bermanfaat untuk menambah citarasa masakan saja, namun bahan alami ini juga bisa digunakan untuk memutihkan tangan. Di dalam lobak putih terdapat kandungan fosfor, vitamin B, C, dan juga zinc yang bagus untuk membantu menjaga kesehatan kulit. Kandungan air yang cukup tinggi pada lobak putih juga sangat bagus untuk menjaga kelembaban kulit.

Caranya :

  • Ambil 1-2 batang lobak putih, jeruk nipis dan juga minyak zaitun
  • Bersihkan lobak sampai bersih dan haluskan sampai lembut
  • Tambahkan air perasan jeruk nipis dan juga minyak zaitun secukupnya
  • Setelah itu, oleskan pada kulit secara merata
  • Diamkan masker lobak selama 15-30 menit
  • Bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih
  • Lakukan cara alami ini setiap hari untuk memutihkan kulit dengan cepat.

15. Alpukat

Selain segar dan memiliki tekstur yang lembut, buah alpukat ternyata juga bermanfaat untuk membantu merawat kulit. Buah alpukat mengandung lemak dan glutamin yang bagus untuk memutihkan tangan serta menjadikan kulit semakin lembab. Kandungan vitamin A pada buah alpukat ini juga berkhasiat penting untuk membantu melancarkan regenerasi kulit.

Caranya :

  • Siapkan buah alpukat yang sudah matang dan ambil dagingnya
  • Haluskan sekitar 1 cangkir daging buah alpukat hingga berbentuk pasta
  • Anda dapat menambahkan madu murni secukupnya untuk mendapatkan hasil maksimal
  • Setelah itu, aplikasikan pada kulit tangan secara merata
  • Biarkan kurang lebih selama 30 menit agar masker alpukat dapat meresap pada kulit
  • Bilas dengan air dingin sampai bersih
  • Lakukan cara alami ini secara rutin untuk memutihkan tangan dengan cepat.

16. Kopi dan gula

Minuman berkafein ini memang tidak dianjurkan bagi mereka yang menderita hipertensi. Namun demikian, kandungan kafein di dalam kopi justru sangat bagus untuk membantu memutihkan tangan. Anda dapat mencampurkan kopi dengan gula untuk memperoleh hasil maksimal.

Caranya :

  • Sediakan 1 sdt gula dan bubuk kopi secukupnya
  • Campurkan kedua bahan sampai tercampur rata dengan tambahan sedikit air hangat
  • Saat sudah berbentuk scrub, anda dapat mengoleskannya pada bagian tangan secara merata
  • Diamkan kurang lebih selama 15 menit agar masker dapat meresap pada kulit
  • Bilas dengan menggunakan air sampai bersih
  • Lakukan cara memutihkan tangan ini dengan teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

17. Ekstrak murbei

Ekstrak murbei sudah sering kita jumpai terdapat pada beberapa produk kecantikan. Kandungan dalam ekstrak murbei sangat bagus untuk menghambat aktivitas tirosinase sekaligus membantu menentukan produksi melanin.

Caranya :

  • Siapkan ekstrak murbei dan lotion pemutih kulit
  • Campurkan lotion dan ekstrak murbei sampai merata
  • Aplikasikan pada seluruh tangan sampai merata
  • Diamkan kurang lebih selama 30 menit
  • Bilas dengan air bersih sampai bersih
  • Lakukan perawatan untuk memutihkan tangan ini 2 kali sehari untuk hasil terbaik

18. Blueberry

Kandungan nutrisi di dalam blueberry sangat bagus untuk membantu mencerahkan kulit serta meningkatkan imunitas.

Caranya :

  • Siapkan 1 genggam murbey dan juga ½ cangkir yogurt tawar
  • Haluskan blueberry lalu tambahkan yogurt dan aduk sampai merata
  • Aplikasikan pada kulit tangan sampai merata
  • Biarkan selama 15-30 menit agar masker meresap pada kulit
  • Bilas dengan air hangat hingga bersih
  • Lakukan treatment untuk memutihkan tangan ini secara rutin 2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal

19. Oatmeal

Oatmeal sangat bagus untuk dikonsumsi mereka yang menderita kolesterol tinggi atau penyakit jantung. Selain itu, oatmeal juga bermanfaat untuk merawat kulit. Kandungan nutrisi yang terdapat pada oatmeal sangat bagus untuk membantu mempercepat pertumbuhan sel kulit baru sehingga warna kulit pun akan nampak cerah dan putih.

Caranya :

  • Sediakan oatmeal dan jus tomat
  • Campurkan bahan tersebut sampai merata
  • Setelah itu, oleskan pada tangan sambil dipijat perlahan
  • Diamkan selama 15-30 menit
  • Bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih
  • Ulangi perawatan untuk memutihkan tangan ini secara rutin untuk hasil terbaik.

20. Mint

Mint merupakan astringent yang berkhasiat untuk membersihkan kulit. Mint juga memiliki kandungan nutrisi penting yang dapat memudarkan noda hitam yang mengganggu warna kulit.

Caranya :

  • Siapkan segenggam daun mint
  • Cuci dan giling dengan sedikit air
  • Saat sudah berbentuk pasta selanjutnya aplikasikan pada kulit tangan yang sebelumnya sudah dibersihkan
  • Diamkan masker kurang lebih selama 30 menit
  • Bilas dengan air dingin sampai bersih
  • Ulangi perawatan untuk memutihkan tangan ini setidaknya 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

21. Baking soda

Baking soda dipercaya sebagai salah satu bahan alami yang mampu mengangkat sel kulit mati. Hal ini tentunya sangat bagus untuk membantu memutihkan tangan dan mencerahkannya. Kombinasi baking soda dan lemon dapat memberikan hasil yang maksimal untuk kulit tangan anda.

Caranya :

  • Sediakan 2 sdm baking soda
  • Tambahkan air perasan lemon dan campurkan hingga merata
  • Aplikasikan pada kulit tangan hingga merata sambil digosok ringan kurang lebih selama 5 menit
  • Bilas dengan air dingin sampai bersih
  • Jika kulit terasa kering maka anda bisa mengoleskan pelembab kulit
  • Lakukan perawatan untuk memutihkan kulit dengan baking soda ini secara rutin untuk hasil terbaik

22. Minyak esensial mawar

Minyak alami ini berkhasiat untuk membantu melembutkan kulit sekaligus mencerahkannya. Minyak esensial mawar juga berkhasiat untuk mengatasi berbagai macam masalah pada kulit sepertu jerawat hingga kulit keriput.

Caranya :

  • Siapkan 1 cangkir susu dan 10 tetes minya esensial mawar
  • Campurkan kedua bahan dan aduk hingga rata
  • Aplikasikan pada kulit tangan secara merata
  • Diamkan kurang lebih selama 15 menit hingga masker mulai mengering
  • Bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih
  • Lakukan cara memutihkan tangan ini dengan rutin untuk hasil yang maksimal

23. Yogurt dan susu

Kombinasi yogurt dan susu menjadi kombinasi yang sangat bagus untuk memutihkan tangan. Kedua bahan alami ini dapat memutihkan kulit yang belang dengan perawatan yang cukup simpel untuk dilakukan. Selain itu, kombinasi kedua bahan ini juga berkhasiat untuk mengangkat sel kulit mati sehingga kulit dapat menjadi lebih halus, lembut dan putih.

Caranya :

  • Sediakan ½ gelas susu
  • Tambahkan 2 sdm yogurt tawar
  • Aduk kedua bahan sampai merata dan berbentuk pasta
  • Aplikasikan pada kulit tangan secara merata
  • Diamkan kurang lebih selama 30 menit
  • Bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih
  • Ulangi cara memutihkan tangan ini dua kali dalam seminggu agar hasil cepar terlihat

24. Tomat

Kandungan nutrisi yang terdapat pada tomat mampu memutihkan kulit yang gelap. Tomat juga memiliki kandungan lycopene yang bermanfaat sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Caranya :

  • Sediakan 1 buah tomat dengan ukuran jumbo.
  • Cuci buah sampai bersih lalu haluskan.
  • Setelah itu, balurkan pada kulit tangan secara merata.
  • Diamkan kurang lebih selama 30 menit agar masker tomat dapat meresap pada kulit.
  • Bilas dengan menggunakan air sampai bersih.
  • Ulangi perawatan untuk memutihkan tangan ini setidaknya 3 kali dalam seminggu secara teratur.

25. Jus lemon dan putih telur

Putih telur tidak hanya bermanfaat untuk membantu mengencangkan kulit saja, namun kandungan dalam putih telur juga mampu memutihkan kulit secara alami. Kombinasi putih telur dengan air perasan lemon sangat bagus untuk mencerahkan kulit salah satunya untuk memutihkan tangan.

Caranya :

  • Sediakan 1 butir telur, pilih jenis telur ayam kampung.
  • Ambil bagian putihnya saja.
  • Tambahkan 2 sdm air perasan lemon dan aduk sampai merata dan mengembang.
  • Oleskan pada kulit tangan secara merata.
  • Diamkan kurang lebih selama 30 menit agar masker telur dapat meresap pada kulit dengan sempurna.
  • Bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.
  • Lakukan cara memutihkan tangan ini setiap hari secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

26. Lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi yang bermanfaat untuk merawat kulit. Perawatan menggunakan lidah buaya ini juga cukup mudah dilakukan sehingga anda dapat memutihkan tangan dengan cepat di rumah.

Caranya :

  • Sediakan beberapa batang lidah buaya segar.
  • Ambil bagian gelnya.
  • Haluskan gel lidah buaya dan tambahkan dengan 1 sdm minyak zaitun.
  • Aduk hingga merata lalu oleskan pada kulit tangan.
  • Diamkan selama 15-30 menit sampai masker mulai mengering.
  • Lakukan cara memutihkan tangan ini secara teratur setiap hari.

27. Almond

Perawatan kulit dengan memanfaatkan kacang almond dapat membantu memutihkan tangan secara alami. Kacang almond memiliki kandungan nutrisi penting yang bagus untuk membantu mempercantik kulit, menjadikan kulit sehat, lembut, halus, lembab dan putih.

Caranya :

  • Sediakan 5 keping kacang almond.
  • Haluskan sampai lembut.
  • Tambahkan air perasan jeruk nipis secukupnya.
  • Aduk sampai merata.
  • Oleskan pada seluruh area tangan.
  • Tunggu beberapa saat sampai masker mulai mengering.
  • Setelah kering bilas dengan menggunakan air sampai bersih.
  • Cara alami ini dapat memutikan tangan dengan cepat jika kita telaten dan melakukannya secara teratur setiap hari.

28. Lemon dan mentimun

Mentimun merupakan buah yang memiliki sifat mendinginkan kulit. Buah ini juga bermanfaat sebagai obat inflamasi serta mengatasi bengkak pada mata. Selain itu, buah mentimun juga dapat dimanfaatkan untuk memutihkan tangan dengan alami.

Caranya :

  • Buah mentimun dapat dikonsumsi secara langsung secara rutin
  • Dibuat masker mentimun dengan menghaluskan 1 buah mentimun
  • Tambahkan 3 sdm air perasan lemon
  • Aduk sampai merata dan oleskan pada seluruh bagian tangan
  • Diamkan kurang lebih selama 20 menit agar masker dapat meresap pada kulit
  • Bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih
  • Lakukan perawatan alami ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal

29. Coklat

Coklat bukan hanya enak untuk disantap, namun coklat juga merupakan salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk memutihkan tangan. Coklat berkhasiat untuk mengangkat sel kulit mati sehingga kulit kusam dan hitam pun dapat segera pergi.

Caranya :

  • Sediakan 100 gr coklat bubuk
  • Tambahkan 2 sdm minyak zaitun dan sedikit air
  • Aduk semua bahan sampai merata
  • Oleskan pada seluruh bagian tangan
  • Diamkan kurang lebih selama 30 menit
  • Bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih

30. Ampas kopi

Kopi memang sangat nikmat diminum saat kita membaca koran maupun bersantai. Setelah meminum kopi hitam kita sebaiknya tidak membuang ampasnya begitu saja. Ampas kopi dapat dimanfaatkan untuk membantu memutihkan tangan. Hal ini karena di dalam ampas kopi terdapat kandungan kafein yang dapat membantu merawat kulit dari luar.

Caranya :

  • Ambil ampas kopi lalu oleskan secara merata pada seluruh bagian tangan
  • Diamkan kurang lebih selama 30 menit
  • Basuh dengan menggunakan air hangat sampai bersih

31. Susu dan kulit jeruk

Kulit jeruk ternyata juga memiliki kandungan serat kasar yang bagus untuk memutihkan tangan. Serat kasar pada kulit jeruk tersebut mengandung vitamin C yang dapat menutrisi kulit. Jadi anda bisa memanfaatkan kulit jeruk daripada langsung membuangnya ke tempat sampah.

Caranya :

  • Ambil kulit jeruk secukupnya
  • Jemur di bawah panas matahari sampai kering
  • Haluskan kulit jeruk dengan cara di blender atau di tumbuk
  • Tambahkan 2 sdm susu murni pada bubuk kulit jeruk
  • Tambahkan sedikit air dan aduk sampai merata
  • Oleskan pada seluruh bagian tangan
  • Tunggu beberapa saat sampai mulai mengering
  • Basuh dengan menggunakan air sampai bersih

32. Kentang

Kentang merupakan salah satu bahan alami yang bagus untuk membantu memutihkan tangan. Kentang memiliki kandungan antioksidan yang bagus untuk merawat kulit dari paparan sinar matahari yang membuatkan menjadi gelap. Selain itu, kentang juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi yang menjadi pemutih alami pada kulit.

Caranya :

  • Haluskan 1 buah kentang
  • Balurkan kentang halus pada tangan secara merata
  • Diamkan beberapa saat sampai masker kentang mulai mengering
  • Bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih
  • Lakukan perawatan ini secara rutin 2 kali dalam seminggu untuk memutihkan tangan dengan alami

33. Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah minyak alami yang memiliki banyak manfaat. Salah satu dari sekian banyak manfaat dari minyak ini adalah sebagai cara memutihkan tangan. Selain itu, minyak alami ini juga membantu membuat kulit yang kering menjadi lebih lembab.

Caranya :

  • Sediakan sebuah wadah lalu masukkan minyak zaitun ke dalam wadah tersebut
  • Oleskan minyak zaitun pada kulit secara merata sambil melakukan pijatan halus
  • Diamkan kurang lebih selama 15 menit agar nutrisi pada minyak dapat meresap pada kulit
  • Bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih
  • Lakukan cara alami untuk memutihkan tangan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

34. Susu dan gula

Memutihkan kulit juga bisa dilakukan dengan cara mengaplikasikan scrub. Scrub bermanfaat untuk mengangkat debu, kotoran dan juga sel kulit mati. Salah satu scrub yang bisa dibuat dengan mudah untuk memutihkan tangan adalah scrub gula dan susu.

Caranya :

  • Sediakan 2 sdm gula dan 2 sdm susu
  • Campurkan kedua bahan dengan menambahkan sedikit air
  • Masak hingga gula dan susu menjadi larut dalam air
  • Angkat dan gunakan scrub hangat untuk mengolesi area kulit secara merata sambil digosok perlahan
  • Diamkan selama 15-30 menit
  • Bilas dengan menggunakan air sampai bersih

35. Ampas teh

Selain ampas kopi, ternyata ampas teh juga memiliki khasiat yang sama yaitu dapat memutihkan kulit. Ampas teh memiliki kandungan kafein yang dapat membantu memutihkan kulit. Kandungan polifenol yang juga terdapat pada ampas teh bermanfaat untuk melindungi kulit dari bahaya radikal bebas akibat sinar matahari.

Caranya :

  • Ambil ampas teh secukupnya lalu oleskan pada area kulit secara merata
  • Diamkan kurang lebih selama 30 menit
  • Bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih
  • Lakukan perawatan cara memutihkan tangan ini setidaknya 3 kali dalam seminggu untuk hasil terbaik.

36. Almond

Almond juga menjadi salah satu bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara memutihkan tangan.

Caranya :

  • Rendam 4 buah almond selama semalaman
  • Kupas almond dan giling hingga halus
  • Masukkan 1 sdm tepung gram, 4 tetes air perasan lemon dan 1 sdt susu
  • Aplikasikan pada kulit secara merata sambil digosok ringan
  • Diamkan hingga beberapa menit sampai mulai mengering
  • Bilas dengan menggunakan air sampai bersih

37. Lemon dan madu

Kombinasi antara lemon dan madu sangat bagus untuk mempercantik kulit. Bagi anda yang ingin memutihkan kulit dengan bahan alami, maka cara berikut bisa anda coba secara mandiri di rumah.

Caranya :

  • Campurkan lemon dan madu dalam jumlah yang sama
  • Aduk hingga merata
  • Aplikasikan pada area kulit secara merata
  • Diamkan kurang lebih selama 15 menit sampai masker mulai mengering
  • Bilas dengan menggunakan air sampai bersih

38. Lemon dan mentimun

Selain dikombinasikan dengan madu, lemon juga dapat dikombinasikan dengan mentimun untuk membantu memutihkan tangan. Mentimun sangat berkhasiat untuk membantu menghilangkan belang dalam waktu yang relatif singkat. Bagi anda yang mengalami masalah kulit belang, maka anda bisa memilih cara memutihkan kulit belang dengan cepat ini untuk dipraktikan di rumah.

Caranya :

  • Sediakan mentimun dan juga jeruk lemon segar
  • Campurkan mentimun halus dengan air perasan jeruk lemon, aduk sampai rata
  • Aplikasikan pada bagian kulit dengan digosok perlahan
  • Diamkan kurang lebih selama 30 menit agar masker dapat meresap pada kulit dengan sempurna
  • Bilas dengan menggunakan air sampai bersih

39. Susu dan kulit jeruk

Kulit jeruk memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan tersebut bagus untuk membantu memutihkan tangan dengan cepat.

Caranya :

  • Sediakan kulit jeruk dan jemur di bawah panas matahari
  • Diamkan selama 1-2 hari hingga menjadi sangat kering
  • Parut kulit jeruk sampai halus dan simpan bubuk kulit jeruk pada wadah yang kedap udara
  • Campurkan bubuk kulit jeruk dengan susu hingga menjadi pasta
  • Oleskan pada kulit tangan secara merata
  • Diamkan selama 15-30 menit agar masker dapat meresap dengan sempurna pada kulit
  • Bilas dengan menggunakan air sampai bersih

40. Tomat dan bubuk Sandalwood

Cendana atau sandalwood merupakan bahan alami yang dapat mendinginkan, memutihkan sekaligus memberi efek menyembuhkan kulit secara alami. Ramuan dari sandalwood yang dikombinasikan dengan tomat bermanfaat untuk menghilangkan noda yang terdapat pada tangan sekaligus membantu mengembalikan kulit yang belas.

Caranya :

  • Campurkan 1 sdm bubuk cendana, 1 sdm tomat, 1 sdm mentimun dan 1 sdm lemon
  • Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan berbentuk pasta
  • Oleskan pada kulit secara merata sambil digosok perlahan
  • Diamkan kurang lebih selama 15 menit
  • Bilas dengan menggunakan air sampai bersih

41. Lemon, oatmeal, tomat

Dalam perawatan wajah bagi mereka yang memiliki kulit sensitif, maka oatmeal merupakan jawaban yang tepat. Oatmeal dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami scrub yang dapat mengelupas sel kulit mati sekaligus menjaga keremajaan kulit.

Caranya :

  • Campurkan 2 sdm oatmeal, 1 sdm jus tomat dan 1 sdm dadih
  • Aduk semua bahan sampai merata
  • Aplikasikan pada kulit secara merata
  • Setelah 15 menit, bersihkan kulit dengan menggunakan air sampai bersih
  • Lakukan perawatan cara memutihkan tangan ini setidaknya 2 kali dalam seminggu untuk memperoleh hasil maksimal.

42. Lemon dan garam

Scrub dapat dilakukan setidaknya sekali dalam seminggu untuk membantu mengelupas sel kulit mati. Adapun manfaat garam bagi kulit adalah untuk bahan scrub alami untuk mengelupas sel kulit mati.

Caranya :

  • Taburkan ½ bagian dari buah lemon pada kulit yang bermasalah.
  • Oleskan pada kulit tersebut untuk membantu mengatasi masalah kulit yang mengelupas sekaligus memutihkan tangan.

Baca Juga: Cara Memutihkan Selangkangan dengan Bahan Alami, Krim, Obat dan Produk Serta Efek Samping

Cara Memutihkan Tangan dengan Produk Pemutih Tangan :

1. Gluta Wink White Glutathione Skin Whitening Lotion with AHA & Collagen

Produk pemutih tangan yang pertama adalah Gluta Wink White Glutathione Skin Whitening Lotion with AHA & Collagen. Produk ini merupakan body lotion yang bagus untuk membantu memutihkan kulit. Body lotion ini mengandung AHA dan Collagen yang dapat mencerahkan kulit sekaligus memutihkannya.

Produk ini juga diperkaya dengan SPF 60 yang dapat melindungi kulit dari bahaya sinat matahari saat anda melakukan aktivitas di luar ruangan terutama pada siang hari. Produk ini juga bermanfaat untuk membantu menyamarkan noda hitam yang terdapat pada kulit dalam pemakaian selama 2 minggu secara rutin. Anda dapat membeli produk ini di beberapa toko kosmetik terdekat ataupun di toko online.

2. Sariayu Putih Langsat

Cara memutihkan tangan dengan produk pemutih kulit berikutnya adalah menggunakan Sariayu Putih Langsat Body Lotion. Produk ini menggunakan bahan alami seperti ekstrak buah langsat, vitamin C, ekstrak hibicius serta Pro Vitamin B5.

Sariayu Putih Langsat diformulasikan untuk membantu melembabkan serta mencerahkan warna kulit. Kulit yang kusam dapat menjadi lebih cerah dan bercahaya setelah menggunakan produk ini secara rutin. Produk ini juga dipatok dengan harga yang ramah di kantong sehingga memiliki banyak penggemar di kalangan masyarakat. Anda dapat membeli produk ini dengan harga sekitar 20 ribu rupiah.

3. Marina UV White Extra SPF 30 Body Essence

Produk pemutih kulit selanjutnya adalah Marina UV White. Produk ini merupakan produk brand lokal yang sudah memiliki jutaan penggemar di tanah air. Body lotion ini hadir dalam kemasan tube yang sangat mudah meresap pada pori-pori kulit. Produk ini juga dilengkapi dengan SPF 30 PA++ yang bermanfaat untuk membantu melindungi kulit dari paparan sinar UVA maupun UVB.

Produk ini juga mengandung Superfruit Acai Berry yang berperan sebagai antioksidan untuk membantu melindungi kulit dari bahaya radikal bebas. Selain itu, Marina UV White juga mengandung 10 x White yogurt yang dapat menjadikan kulit cerah secara merata. Hand&body lotion ini dijual dengan harga yang terjangkau sekitar Rp 20.000 per produk.

4. Mustika Ratu Hand & Body Lotion Sari Jeruk

Produk Mustika Ratu Hand & Body Lotion merupakan pemutih kulit yang memanfaatkan sari jeruk untuk membantu mencerahkan kulit.  Produk ini juga mengandung sari akar manis dan sari ekncur yang merupakan bahan alami untuk membuat kulit menjadi lebih kencang. Produk ini juga dilengkapi dengan kandungan minyak zaitun yang bermanfaat untuk menjaga kelembaban alami lkulit.

5. Vaseline Healthy White UV Lightening Lotion

Produk untuk memutihkan tangan berikutnya adalah Vaseline Healthy White UV Lightening Lotion. Produk ini dapat digunakan sebagai cara mencerahkan kulit tangan hanya dalam waktu 2 minggu. Lotion ini memiliki kandungan vitamin B3 yang dapat memutihkan kulit dengan menghambat produksi melanin. Lotion ini juga mengandung triple sunscreens yang berkhasiat untuk mencegah kulit menjadi gelap.

Produk Vaseline Healthy White UV Lightening Lotion mampu memberikan perlindungan khusu bagi kulit saat anda beraktivitas di luar ruangan. Pada siang hari anda dapat menggunakan produk ini untuk melindungi kulit agar tidak menjadi gelap dan kusam akibat paparan sinar matahari.

6. Citra Light-Touch White Japanese Wakame

Produk pemutih kulit dari brand Citra ini memanfaatkan Wakame yakni rumput laut Jepang yang memiliki kandungan nutrisi penting untuk membantu mencerahkan kulit. Citra Light-Touch White Japanese Wakame ini  dapat menjadi lotion kegemaran karena memiliki formula yang ringan. Kandungan rumput laut Jepang pada lotion ini dapat diserap oleh kulit secara sempurna sehingga dapat memutihkan tangan 3 kali lebih cepat dibandingkan dengan produk lotion yang lain.

Produk ini disesuaikan dengan jenis kulit masyarakat yang tinggal di wilayah beriklim tropis misalnya di negara Indonesia. Produk ini juga dipatok dengan harga yang etrjangkau sehingga anda dapat berhemat untuk merawat kulit anda. Anda dapat memiliki produk lotion ini dengan kisaran harga 35 rb per produk.

7. Wardah Lightening Body Lotion

Tidak ingin ketinggalan dengan kompetitor yang lain, brand Wardah juga meluncurkan produk lotion unggulan untuk membantu memutihkan kulit. Wardah Lightening Body Lotion merupakan hand & body lotion yang dapat membuat kulit menjadi lebih putih secara bertahap. Produk ini mengandung ekstrak licorice yang bermanfaat untuk menjadikan kulit nampak cerah bercahaya.

8. Fair n Pink

Produk yang dapat digunakan sebagai cara memutihkan tangan berikutnya adalah Fair n Pink. Produk ini memiliki formula yang dapat digunakan baik untuk siang dan malam. Kandungan ekstrak daun sirih yang terdapat pada lotion ini sangat bagus untuk membuat kulit nampak lebih cerah dengan pemakaian teratur.

9. Hanasui Milky Lotion

Apakah anda pernah mendengar istilah mandi susu? Produk ini merupakan salah satu pemutih kulit yang memanfaatkan susu sapi murni. Lotion ini bisa digunakan setiap hari secara teratur untuk memutihkan tangan dalam waktu singkat. Selain dibuat dari susu sapi murni, produk ini juga dikombinasikan dengan L-Glutathione yang juga bagus untuk menyehatkan kulit.

Dengan menggunakan produk lotion ini maka anda akan mendapatkan dua manfaat dalam satu produk. Kulit akan menjadi lebih mulus dan lembut secara alami. Maka tak heran jika lotion pemutih ini menjadi incaran pada wanita untuk merawat kulit mereka.

10. Mahkota Indah Sabun Pemutih dan Lotion

Produk lotion yang direkomendasikan untuk memutihkan tangan berikutnya adalah Mahkota Indah. Produk ini dapat membantu mengangkat sel kulit mati sehingga kulit menjadi lebih putih bersinar. Untuk mendapatkan hasil terbaik, anda dapat menggunakan lotion dengan sabun pemutih Mahkota Indah sekaligus.

11. Fruitmain Lotion Original

Apakah anda mencari produk pemutih kulit yang ampuh dan efektif? Produk Fruitamin Lotion merupakan jawaban yang tepat untuk anda coba. Lotion ini dibuat dari buah-buahan seperti pepaya, strawberry dan juga pisang. Bahan alami tersebut sudah dikenal sangat bagus untuk menyehatkan sekaligus memutihkan kulit. Hal inilah yang menjadikan produk ini sangat efektif bahkan 10 x lipat lebih baik dibandingkan produk yang lain.

Produk lotion pemutih kulit ini juga memiliki manfaat yang sangat beragam. Salah satu manfaat yang menjadi incaran para masyarakat adalah khasiatnya untuk memutihkan kulit secara permanen. Produk ini juga dapat membuat kulit menjadi lebih cerah, segar dan merona.

12. Lotion Pemutih Gluta Panacea

Apakah anda mencari produk untuk memutihkan kulit yang tidak mengakibatkan efek pengelupasan pada kulit ? Produk Lotion Gluta Panacea merupakan jawaban yang tepat bagi pencarian anda. Produk lotion ini dipercaya dapat memutihkan kulit tanpa efek samping sehingga banyak diincar para wanita maupun pria yang ingin memiliki kulit putih.

Efek Samping Produk Pemutih Tangan :

  • Pengelupasan epidermis kulit
  • Muncul masalah kulit seperti noda hitam
  • Timbul masalah psikologis
  • Hiperpigmentasi
  • Ruam pada kulit seperti terbakar
  • Kulit berwarna biru kehitaman
  • Memperlambat penyembuhan luka
  • Menyebabkan pelemahan tulang
  • Gatal-gatal
  • Kulit beruntusan
  • Ketergantungan
  • Iritasi
  • Kulit bengkak
  • Bersisik

Tips Mencegah Kulit Tangan Gelap :

  • Selalu memakai hand&body  lotion yang mengandungan SPF tinggi saat bepergian.
  • Aplikasikan scrub pada tangan setidaknya 3-4 hari.
  • Usahakan untuk memperbanyak konsumsi sayur, bua-buahan dan air minum.
  • Gunakan sarung tangan saat berkendara terutama saat mengendarai sepeda motor.

Baca Juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Bahan Alami, Cream dan Produk Serta Efek Samping

Tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang menjadi pusat perhatian pada penampilan seseorang terutama bagi wanita. Jika kulit belang pada tangan maka rasa percaya diri pun dapat berkurang. Cara memutihkan tangan sangat beragam, ada yang menggunakan bahan alami ada juga yang memanfaatkan produk pemutih kulit yang aman untuk digunakan setiap hari.

Continue Reading

More in Kecantikan

To Top