Connect with us
Cara Memperbanyak Sperma

Kesehatan

50 Cara Memperbanyak Sperma dengan Bahan Alami, Gaya Hidup dan Obat

Cara Memperbanyak Sperma – Siapa yang tidak tau dengan yang namanya sperma. Sperma, pejuh, air mani atau semen merupakan salah satu hal yang terpenting dalam tubuh seorang pria yang dimana air mani ini sangat mempengaruhi keharmonisan rumah tangga. Memang tidak semua menitik beratkan kepada yang namanya air mani dalam sebuah hubungan. Namun, setiap pasangan yang menginginkan kehadiran buah hati di dalam sebuah hubungan rumah tangga sudah pasti akan berhubungan langsung dengan yang namanya sperma.

Cara Memperbanyak Sperma

Menurut beberapa penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli medis menjelaskan bahwa kualitas sperma yang baik akan memuat seorang wanita lebih mudah hamil dan berbanding terbalik yang dimana apabila kualitas air mani yang buruk akan sulit membuat seorang wanita mendapatkan keturunan. Disamping kualitas air mani yang baik, ada juga beberapa faktor lain yang sangat penting bagi seorang pria apabila ingin memiliki buah hati selepas pernikahan. Salah satunya adalah jumlah air mani tersebut.

Selain dari pada kualitas semen yang harus baik, jumlah air mani yang tidak terlalu sedikit akan membantu seorang wanita bisa cepat hamil. Oleh karena itu seseorang yang memiliki jumlah sperma yang sedikit akan lebih baik berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli agar bisa di berikan obat atau semacam terapi agar tahu bagaimana  Cara Memperbanyak Sperma.

Pengertian Sperma

Seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwa air mani merupakan sebuah sel reproduksi yang di miliki seorang pria. Sel tersebut merupakan salah satu sel dari sistem reproduksi pria yang memiliki fungsi mendasar untuk membuahi sel telur di dalam perut rahim wanita atau yang lebih sering di kenal dengan ovum. Setelah salah satu dari ribuah sel sperma berhasil membuahi ovum kemudian sel sperma tersebut akan ber transformasi ke bentuk baru yang disebut dengan zigot. Zigot ini merupakan sebutan untuk susunan sebuah sel dengan tataanan kromosom paling lengkap yang dimana akan ber transformasi kembali untuk menjadi Embrio.

Jika di teliti menggunakan alat khusus, bentuk dari pada sperma ini hampir sama dengan kecebong yang ada di beberapa tempat. Dengan memiliki ukuran tidak lebih dari 5×3 nanomili untuk kepala dan ekor dengan panjang 40 nanomili sel sperma yang di keluarkan oleh seorang pria tidaklah sedikit, Setidaknya seorang pria melepaskan lebih dari 1000 sel air mani kedalam rahim seorang wanita yang nantinya mereka akan berlomba-lomba mencapai sel telur. Sel semen yang terlebih dahulu sampai dan berhasil membuahi sel telur lah yang nantinya akan menjadi buah hati kita.

Penyebab Sperma Sedikit Non Medis

Sebagai seorang pria menjaga kesehatan organ vital termasuk sperma adalah sebuah hal yang kurang diperhatikan oleh kita. Hal itu lantaran kurangnya pengetahuan seorang pria terhadap bahayanya apabila terjadi sesuatu hal yang tidak di inginkan kepada air mani kita. Salah satu hal yang seringkali menerpa seorang wanita terkait dengan sair mani adalah jumlah sperma yang sedikit.

Para pria memang sangat tidak terlalu mempedulikan bahwa jumlah sperma yang dia keluarkan ketika berhubungan suami istri sedikit atau banyak. Padahal jumlah dari pada air mani seorang pria sangatlah penting apabila kita memang menginginkan kehadiran seorang anak di dalam kehidupan berumah tangga. Tahukah anda apabila terhadap beberapa hal yang mempengaruhi banyaknya jumlah sel air mani pria yang tidak ada kaitannya dengan medis?  Berikut adalahpenyebab air mani sedikit Non Medis.

1. Terlalu berlebih makan daging

Hal pertama yang mempengaruhi produksi sperma adalah karena terlalu banyak makan daging olahan. Seperti yang kita tahu bahwa seorang pria memang kebanyakan memakan makanan yang mengandung daging. Namun, maksud dari pada terlalu banyak makan daging ini adalah daging olahan seperti Sosis atau pun bacon.

Beberapa peneliti yang di lakukan di beberapa universitas ternama menjelaskan bahwa ketika seorang pria memakan makanan berupa daging olahan setidaknya menurunkan 2 persen jumlah sperma yang ada. Terlalu banyak makanan daging olahan pun di percaya menjadi faktor seorang wanita sulit hamil yang mungkin juga ada kaitannya dengan jumlah sperma pasangannya menurun karena mengkonsumsi daging olahan.

2. Menonton televisi terlalu lama

Faktor ke 2 yang bisa membuat seorang pria memiliki jumlah sperma yang sedikit adalah terlalu sering menonton Televisi. Dalam aktivitas ini memang harus kita akui bahwa seorang pria ketika menonton televisi akan sering sekali makan-makanan ringan. Dan ketika seseorang di hadapan televisi pun seringkali tidak melakukan aktivitas yang akan meningkatkan kesehatan tubuh.

Menurut beberapa penelitian ketika seseorang terlalu banyak atau terlalu lama menonton televisi yang di lakukan di beberapa universitas kesehatan di Amerika sana membuktikan bahwa ketika seorang pria menonton televisi setidaknya lebih dari 30 jam dalam seminggu. Hal tersebut berarti apabila di rata-ratakan yaitu 4,3 jam sehari akan menurunkan jumlah sel sperma dalam tubuh. Jika di bandingkan dengan seorang pria yang menonton televisi di bawah 15 jam dalam seminggu perbandingannya adalah pria yang terlalu sering menonton televisi akan memiliki jumlah sperma lebih sedikit sekitar 45 persen jika di bandingkan dengan pria yang sering ber olahraga.

3. Minuman Tidak Sehat

Apakah anda penggemar alkohol? atau minuman ber soda? Lebih baik anda kurangi beberapa minuman yang mengandung alkohol, soda dan juga kaffein. Hal itu memang tidak berpengaruh secara langsung kedalam tubuh. Namun,apabila anda memang sedang menginginkan anak dan sedang mengikuti program hamil lebih baik hindari minuman yang mengandung 3 unsur tadi yaitu Alkohol, Soda dan juga Kaffein.

Menurut beberapa dokter menjelaskan bahwa dengan meminum minuman yang telah di sebutkan tadi secara terus menerus alias sering akan menurunkan kadar testosteron yang berakibat terhadap penurunan kualitas produksi sperma di dalam kantung kemih.

4. Terlalu lama tidak melakukan hubungan intim

Kebanyakan orang memiliki persepsi bahwa ketika seorang pria menunggu dan menyimpan sel sperma nya hingga pasangan kita masuk kedalam fase subur akan membantu mempercepat seorang pasangan memiliki keturunan.

Dalam hal ini memang di benarkan oleh beberapa dokter yang berkecimpung di dunia medis, namun perlu di ketahui bahwa ketika seorang pria yang memiliki jumlah sperma yang cukup rendah dan kemudian menunda terlalu lama hubungan suami istri akan muncul kemungkinan pengurangan produksi air mani. Hal itu lantaran adanya sperma yang basi alias tidak bisa membuahi sel telur yang nantinya akan mati.

5. Stres berat

Seorang pria yang lebih mudah terkena stress karena buruknya pengontrolan emosional dan fisik sangat memungkinkan terkena penurunan produksi sperma. Stress ini memang tergolong dari beberapa hal seperti stress sementara yang dimana jenis stress ini hanya di derita seorang pria karena periode tertentu seperti tekanan pekerjaan di kantor, karena dalam kondisi terburuk atau beberapa faktor yang memungkinkan seorang pria terkena stress secara sementara. Jenis stress ini memang tidak berakibat secara langsung dan panjang terhadap menurunnya produksi sperma pada seorang pria

Sedangkan jenis stress yang ke 2 adalah stress yang berkepanjangan. Jenis stress ini merupakan salah satu faktor yang paling sering membuat seorang pria memiliki jumlah sperma yang sedikit. Stress yang tidak berkesudahan dan beberapa kondisi emosional yang tak ter kontrol akan membuat organ vital yang memproduksi sperma akan terganggu yang berakibat sedikitnya sperma yang dapat di produksi.

6. Makanan mengandung kedelai

Beberapa jenis makanan yang mengandung kedelai seperti tahu, tempe dan beberapa makanan lain memang sering disebut makanan sehat. Bahkan susu kedelai pun seringkali di konsumsi oleh banyak orang karena beberapa manfaat yang berkaitan dengan kesehatan.

Namun, hal ini berbeda dengan penelitian yang di lakukan oleh sebuah sekolah pada tahun 2008 lalu. Mengkonsumsi makanan yang mengandung kedelai tinggi setiap harinya akan sangat membahayakan produksi sperma. Hal itu lantaran zat isoflavon yang ada di dalam kedelai akan menurunkan estrogen.

7. Penggunaan gadget

Seperti yang kita ketahui bahwa penggunaan beberapa gadget seperti Laptop dan Handphone sangatlah mengganggu kesehatan kita. Memang hadirnya 2 barang tersebut sangat membantu dan memudahkan kita dalam hal berkomunikasi dan juga beberapa hal. Namun, bagi seorang pria 2 gadget tersebut memungkinkan seorang pria memiliki jumlah sperma yang sedikit.

Beberapa peneliti di amerika sana menjelaskan bahwa ketika gadget kita mengeluarkan suhu panas akan mempengaruhi juga suhu skrotum dalam tubuh kita. Meningkatnya suhu skrotum akan membuat produksi sperma kita melemah.

Tidak sampai situ, ada penelitian pun yang mengungkapkan ke 2 kejadian yang hubungan dengan gadget yaitu ketika seorang pria berbicara di ponsel selama 4 jam sehari akan menurunkan jumlah sel sperma. Selain itu juga seorang pria yang membawa gadget nya di saku atau ikat pinggang cenderung memiliki jumlah air mani lebih sedikit jika di bandingkan dengan pria yang menyimpan gadget nya di kantong.

8. Kelelahan

Faktor terakhir yang membuat jumlah sperma seorang pria menurun adalah kelelahan. Meskipun faktor ini tidak menjadi faktor utama, namun tidak sedikit para pria yang bekerja setiap harinya dan mengalami kelelahan yang cukup tinggi karena rutinitas bekerja nya akan memiliki jumlah sperma yang lebih sedikit apabila di bandingkan dengan jumlah sperma seorang pria yang bekerja dengan biasa.

Faktor Yang Menyebabkan Jumlah Sperma Sedikit

Dalam hal jumlah sperma yang sedikit memang biasanya lebih sering ter kendala karena faktor-faktor kebiasaan kita sehari-hari. Selain itu, kurang pahamnya seorang pria dalam menjaga kualitas pejuh pun menjadi faktor yang lain mengapa jumlah air mani seorang pria bisa sedikit. Namun,disamping itu ada juga beberapa penyebab mengapa sperma seorang pria cenderung sedikit bila di bandingkan dengan orang lain. Salah satunya adalah penyebab yang berkaitan dengan medis. Berikut adalah beberapa faktor lainnya.

1. Ejakulasi terbalik

Faktor pertama yang membuat seorang pria memiliki jumlah sperma yang sedikit adalah karena ter dampak penyakit Ejakulasi terbalik atau yang di kenal dengan nama retrograde. Kondisi ini adalah sebuah penyakit yang menerpa seorang pria yang dimana ketika pria tersebut melakukan ejakulasi yang apabila secara normal pria melakukan ejakulasi dari dalam kantung kemih menuju keluar. Namun pria yang mengalami kondisi Ejakulasi Terbalik akan mengalami fase di mana ketika ejakulasi mani akan kembali ke dalam dan masuk kembali ke kantung kemih.

Pria yang mengalami jenis penyakit ini memang akan mengeluarkan sperma yang relatif sedikit. Bahkan tak sedikitpun pria yang menderita jenis penyakit ini tidak mengeluarkan pejuh ketika mengalami ejakulasi.

2. Adanya infeksi

Selai dari pada adanya penyakit yang seperti ejakulasi terbalik, adanya infeksi pada salah satu atau sebagian organ reproduksi pria akan sangat berpengaruh terhadap banyak atau sedikitnya sperma yang di produksi oleh seorang pria. Beberapa jenis penyakit dari mulai yang ringan seperti adanya infeksi karena luka atau pun sampai dengan adanya penyakit menular seksual sangatlah berpengaruh terhadap jumlah sperma yang bisa di keluarkan oleh seorang pria.

3. Adanya perlawanan dari anti body

Dan untuk penyebab sperma menurun lainnya adalah karena ada upaya dari anti body tubuh kita untuk membunuh atau menetralisir yang namanya sperma. Hal ini memang jarang lah terjadi pada manusia. Namun, bukan berarti tidak mungkin kondisi dimana anti body tubuh kita menganggap sperma sebagai benda asing yang mencoba untuk mendekati alat reproduksi pria. Oleh karena itu, tugas utama Anti body  untuk mengusir zat-zat berbahaya seperti radikal bebas dan beberapa jenis lainnya di bunuh atau di non-aktifkan oleh anti body tubuh kita yang berkembang secara alami.

4. Adanya hormon yang tidak seimbang

Seperti yang kita ketahui bahwa dalam memproduksi sperma kita di kenal kan dengan yang namanya hormon testoteron. Jenis hormon ini merupakan hormon yang memiliki tugas untuk menghasilkan sperma yang baik dan juga banyak. Ketika ada permasalahan pada tubuh yang membuat jenis hormon ini tidak bekerja maksimal, berarti sudah bisa di tebak bahwa produksi sperma pun akan terganggu yang berdampak kepada kualitas dan jumlah produksi sperma yang menurun.

5. Kelainan pada tubuh

Faktor terakhir yang bisa mempengaruhi jumlah dan juga kualitas sperma seorang pria adalah adanya kelainan pada tubuh kita. Seorang pria memang di lahirkan dengan berbagai macam perbedaan dengan seorang wanita. Seorang pria pun memiliki kesamaan dengan pria lain dan beberapa hal. Salah satunya adalah alat reproduksi dan hal yang mendukungnya. Ketika ada kelainan pada tubuh kita seperti kelainan kandung kemih atau hal-hal lain yang berhubungan dengan alat reproduksi, sudah bisa di pastikan akan membuat hasil dari pada sperma yang di produksi tubuh akan menurun.

6. Terlalu sering melakukan onani

Tidak dapat di pungkiri bahwa hampir setiap pria yang belum memiliki pasangan atau belum menikah pasti sudah pernah melakukan onani. Salah satu aktivitas yang dimana seorang pria memuaskan nafsu pribadinya tanpa pasangan. Hal ini memang seringkali di cap sebagai sumber masalah dari beberapa masalah berkaitan dengan alat reproduksi.

Dengan seringnya seorang peria melakukan onani, akan ber imbas juga dengan sedikitnya jumlah sperma yang di keluarkan. Selain dari pada berpengaruh kepada jumlah sperma yang di keluarkan, aktivitas onani ini juga di percaya akan membawa sumber masalah lainnya seperti ejakulasi dini, dan beberapa permasalahan lainnya.

7. Perokok aktif

Jika anda seorang perokok aktif dan jumlah rokok yang anda hisap sudah melampaui batas wajar? hal ini akan sangat berpengaruh terhadap jumlah sperma yang organ reproduksi anda hasilkan setiap harinya. Hal itu karena beberapa jenis zat atau racun yang terkandung dalam sebatang rokok akan membuat beberapa hormon berhenti bekerja dan beberapa fungsi dari organ reproduksi tidak lagi maksimal.

Tanda-Tanda Jumlah Sperma sedikit

Memiliki jumlah sperma yang cukup banyak dan juga memiliki kualitas yang baik merupakan hal yang amat sangat di butuhkan oleh seorang pria. Apalagi apabila pria tersebut adalah pengantin baru yang sangat menginginkan kehadiran buah hatinya di dalam sebuah pernikahan. Namun, didunia ini tidak semua hal bisa berjalan sesuai dengan rencana kita. Ada saja kalanya sebuah pasangan masih di belum di beri kepercayaan untuk memiliki sebuah anak.

Ketika kita berfikir bahwa apa saja yang membuat kita sulit dalam memiliki keturunan ? Beberapa dokter menjelaskan bahwa hal pertama yang bisa anda cek di rumah pertama kali adalah jumlah sperma yang dimiliki seorang pria. Seperti yang sudah di bahas di atas bahwa jumlah sperma sangatlah berpengaruh dalam cepat atau lambatnya seorang wanita memiliki keturunan. Oleh karena itu bagi seorang pria yang ingin memiliki keturunan secepatnya alangkah baiknya mengukur atau mengetahui tanda-tanda sperma kita menurun atau kualitasnya buruk. Berikut adalah tanda-tandanya.

1. Adanya pembengkakan sekitar testis

Tanda ini merupakan sebuah tanda yang seringkali menerpa seorang pria yang memiliki kelainan tertentu pada organ reproduksi. Beberapa ahli di bidangnya mengatakan bahwa apabila terdapat pembengkakan sekitaran testis ataupun alat reproduksi lainnya menandakan bahwa telah terjadi pula pembengkakan di sekitaran pembuluh darah di alat reproduksi. Dengan membengkaknya di sekitaran testis tersebut membuat produksi sperma akan terhambat yang ber imbas kepada jumlah sperma yang menurun dan ada kemungkinan kualitasnya pun ikut menurun

2. Mudah kelelahan

Jika anda seorang pria yang seringkali merasakan kelelahan namun jika melihat aktivitas anda sehari-hari tidak terlalu berat? ada kemungkinan anda terdampak terhadap menurunnya jumlah sperma yang di produksi oleh organ reproduksi anda. Kelelahan yang di maksud adalah ketika anda bangun dari tidur anda di pagi hari dan badan anda merasa tetap lelah. Meskipun kondisi ini masih banyak kemungkinan karena ada hubungannya dengan penyakit lain, namun indikasi tersebut masih memungkinkan bahwa seorang pria memiliki penurunan jumlah sperma yang di hasilkan.

3. Memiliki lemak yang berlebih

Memiliki badan yang gendut dan memiliki perut buncit seolah-olah menjadi hukum alam tersendiri bagi seorang pria.Perlu di ketahui bahwa beberapa orang meyakini bahwa banyaknya timbunan lemak di sekitar perut kita akan berdampak pada kesehatan diri kita sendiri.

Hal itu memang benar adanya, ketika sebuah tubuh manusia memiliki lemak berlebih terutama lemak adiposa yang sering kali membuat perut anda buncit biasanya seringkali mengubah hormon testoteron yang merupakan hormon yang membantu produksi sperma akan di ubah menjadi hormon progesteron yang akhir nya akan mengurangi jumlah sperma seorang pria.

4. Memiliki suara yang terlalu dalam

Faktor yang satu ini memang bukan faktor satu-satunya yang menandakan bahwa jumlah sperma seorang pria memiliki volume yang sedikit. Namun, faktor ini sampaikan oleh beberapa peneliti di luaran sana yang mengklaim bahwa apabila seorang pria yang memiliki suara cenderung lebih dalam memiliki kemungkinan bahwa jumlah sperma nya sedikit jika di bandingkan dengan suara pria yang lainnya.

5. Adanya Masalah yang berhubungan dengan hormonal

Seperti yang kita ketahui bahwa di dalam tubuh seorang pria terdapat banyak sekali jenis-jenis hormonal yang dimana saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Nah dikarenakan setiap hormon saling berkaitan dan terjadilah sebuah peristiwa yang dimana tubuh seorang pria memiliki hormonal yang tidak seimbang. Kelainan hormonal ini memang menjadi permasalahan yang tabu di beberapa masyakarat sana.

Cara Mengukur Banyak dan Sedikitnya Sperma

Sebagai pria yang ingin memiliki kesehatan yang baik dalam hal alat reproduksi alangkah lebih baik kita memeriksakan beberapa hal yang terkait dengan alat reproduksi termasuk ukuran sperma. Seperti yang sudah di sampaikan tadi di awal bahwa jumlah sperma yang bisa kita keluarkan cukup berpengaruh terhadap kesuksesan kita memberikan keturunan kepada pasangan kita.

Namun bagaimana cara untuk bisa mengukur banyak atau sedikitnya jumlah air mani yang kita keluarkan ? dikutip dari beberapa sumber, ada beberapa cara yang bisa kita tempuh untuk bisa cek jumlah sperma yang bisa kita keluarkan. Berikut adalah caranya.

1. Melakukan tes di rumah

Cara pertama yang bisa kita tempuh untuk mengetahui jumlah sperma yang pertama adalah dengan melakukan tes sendiri dirumah. Langkah yang pertama adalah kita bisa membeli alat penghitung jumlah air mani yang bisa anda beli di beberapa tempat yang menjual alat tes ini.

Keluarkan pejuh kita ke dalam sebuah tempat yang sudah di sediakan oleh alat pengukur ini. Setelah sperma terkumpul di wadah, lakukan beberapa langkah lagi sesuai dengan instruksi yang di berikan di tempat itu. Ingat, bacalah instruksi yang tertera di beberapa tempat alat pengukur jumlah sperma ini.

Beberapa orang meyakini bahwa alat penguji jumlah air mani ini memiliki ke akuratan sampai dengan 96% yang yang berarti hasil daripada uji coba ini bisa di jadikan referensi kita kedepan nya. Jika melihat dari pada proses yang perlu di jalani agar kita bisa mengetahui jumlah sperma yang di keluarkan sangatlah ringkas. Kita hanya perlu mengeluarkan sperma di wadah yang sudah di sediakan dan tinggal membaca hasilnya. Ada kemungkinan membutuhkan waktu dan membutuhkan campuran sebuah zat agar kita mudah membacanya dengan mata yang telanjang.

Proses ini akan memakan waktu kurang lebih 10 menit. Meskipun dalam fakta nya kita membutuhkan waktu yang berbeda-beda sesuai dengan jenis atau merk yang kita pakai untuk melakukan tes ini. Setelah memasuki waktu yang di tetapkan anda bisa melihat berapa banyak jumlah sperma yang di keluarkan oleh kita.

Secara teori, kita bisa mengeluarkan sperma dengan konsentrasi di atas 21 juta per mili liter. Anda bisa melihat dengan seksama dan pelajari dengan baik apakah jumlah air mani kita di anggap cukup baik atau kurang. Jika terjadi bahwa konsentrasi sperma kita kurang. Alangkah baiknya anda cepat-cepat berkonsultasi dengan dokter yang bersangkutan.

4. Melakukan konsultasi dengan spesialis

Hal selanjutnya yang bisa kita tempuh agar mengetahui seberapa banyak jumlah sperma yang bisa kita keluarkan adalah dengan melakukan konsultasi dengan dokter spesialis. Dengan mengunjungi dokter spesialis untuk cek sperma setidaknya lebih akurat dan lebih presisi jika di bandingkan dengan tes di rumah.

Dalam konsep nya, melakukan tes jumlah sperma di rumah dengan tes di dokter spesialis hampir sama. Mungkin alat yang di gunakan pun hampir sama tergantung metode apa yang di gunakan dokter spesialis ini. Namun, yang perlu di ingat adalah ketika kita melakukan tes di rumah, kita hanya mengandalkan instruksi dan manual yang di berikan oleh penyedia alat tersebut dan akan kesulitan untuk kita membaca dan melakukan evaluasi hasilnya.

Namun, ketika kita melakukan konsultasi dan lalu melakukan beberapa tahap tes setidaknya ada seorang ahli di bidangnya untuk bisa membaca hasil dari pada tes kita di sebuah alat tadi. Selain itu, kita juga bisa melakukan evaluasi dan langkah-langkah yang bisa di ambil agar kedepan nya kita bisa mengeluarkan sperma dengan jumlah yang cukup.

5. Melakukan tes Lab

Cara selanjutnya yang bisa kita tempuh agar bisa mengetahui jumlah kadar air mani kita adalah dengan melakukan tes lab. Metode ini sangatlah di anjurkan oleh beberapa dokter ahli agar bisa mengetahui jumlah sperma yang bisa kita keluarkan secara obyektif dan juga akurat.

Tingkat ke akuratan nya mungkin bisa mendekati 99% yang berarti akan sangat presisi hasil dari pada lab ini. Langkah pertama yang harus di lakukan adalah mendatangi lab rekam medis atau beberapa tempat yang menyediakan pelayanan cek sperma atau bisa juga cek kesuburan.

Dalam prosesnya biasanya kita perlu memberikan sempel sperma kita kepada beberapa ahli di bidangnya untuk nantinya akan di teliti di lab menggunakan mikroskop khusus. Selain dari pada menggunakan mikroskop, labolatorium tes tersebut juga sudah  pasti memiliki alat komputerisasi yang cukup canggih sehingga bisa melakukan tes jumlah sperma yang di bantu oleh perangkat komputer.

Jangan lupa untuk mengikuti instruksi yang di berikan oleh orang-orang yang berkompeten di bidangnya dalam melaksanakan tes ini. Biasanya tes ini di lakukan sebanyak 2x. Fungsinya adalah untuk memastikan bahwa hasil dari pada sperma yang kita tes tadi memiliki ke akuratan yang cukup baik jika di cek secara 2x.

6. Mengumpulkan sempel

Selain 2 cara di atas, kita juga bisa melakukan tes jumlah sperma yang  kita keluarkan dengan mengumpulkan sempel pejuh kita. Langkah ini biasanya di khususkan untuk kita yang mendatangi tempat-tempat seperti klinik ataupun dokter spesialis yang membuka praktik sendiri. Cara ini hampir sama dengan 2 cara di atas, namun perbedaanya hanya dari bagaimana kita mengumpulkan semen kita. Kita akan di suruh untuk mengumpulkan sperma kita di tempat khusus. Tempatnya bisa berupa kondom khusus yang nantinya kita bisa melakukan masturbasi untuk bisa mengeluarkan air mani kita.

Lakukan lah proses ini dengan sangat baik, jangan sampai kita melakukan sesuatu hal yang di anggap tidak perlu yang akan berakhibat pada mempengaruhi jumlah sperma yang akan kita tes nanti.

Jenis Makanan Untuk Memperbanyak dan Meningkatkan Kualitas Sperma

  1. Pisang
  2. Brokoli
  3. Wortel
  4. Bayam
  5. Asparagus
  6. Coklat Hitam
  7. Kacang walnut
  8. Kepiting
  9. Salmon
  10. Ayam
  11. Lemak ikan
  12. Kecambah
  13. Lobak hijau
  14. Daging sapi
  15. Telur
  16. Produk susu
  17. Udang
  18. Tiram

Cara Memperbanyak Sperma dengan mengubah Pola Makan

Setelah kita melakukan serangkaian tes yang akan membuat kita tahu bahwa kesehatan organ reproduksi kita baik atau tidak selanjutnya kita bisa melakukan beberapa upaya apabila jumlah sperma kita sedikit atau kurang. Salah satu upaya yang bisa kita lakukan adalah kiat-kiat untuk memperbanyak jumlah air mani kita baik secara alami atau menggunakan obat-obatan yang di nilai bisa meningkatkan dan juga memperbaiki jumlah sperma yang bisa kita keluarkan.

Berikut adalah beberapa cara memperbanyak jumlah sperma dengan memperbaiki pola makan kita.

1. Mengkonsumsi makanan sehat

Masih banyak orang yang kurang paham alias kurang mengerti bahwa dengan mengkonsumsi makan-makanan yang sehat akan membuat kita terhindar dari berbagai macam jenis penyakit.  Beberapa jenis makanan yang bertebaran di luar sana seringkali mengandung beberapa bahan yang berbahaya untuk kesehatan tubuh kita. Jadi apabila anda ingin memperbanyak sperma bisa dengan mengkonsumsi  makan-makanan yang sehat seperti sayur mayur baik organik atau pun tidak. Perbanyak juga konsumsi air putih minimal 8 gela perhari. Hindari beberapa makanan olahan seperti nugget, sosis, bacon, kentang goreng beku dan beberapa jenis maknanan lainnya.

2. Mengkonsumsi Vitamin C dan minuman kaya anti oksidan

langkah ke 2 yang bisa anda lakukan untuk memperbanyak jumlah sperma adalah dengan mengkonsumsi minuman yang mengandung banyak vitamin C dan juga kaya anti oksidan. Salah satu jenis minuman ini adalah jus jeruk. Jenis jus ini sudah pasti mengandung banyak sekali vitamin c yang akan memberikan nutrisi baik ke dalam tubuh. Selain itu juga dengan rutinnya kita mengkonsumsi jus jeruk kita pun akan terhindar dari berbagai macam penyakit lainnya.

3. Makan makanan yang kaya akan zat besi

Selanjutnya adalah kita bisa mengkonsumsi makan-makanan yang kaya akan zat besi. Unsur zat besi ini bisa kita peroleh di beberapa olahan makanan seperti  daging sapi ataupun ayam. ke 2 jenis daging ini memang menyumbang zat besi yang memang di perlukan oleh tubuh. Selain daging-dagingan, anda juga bisa memakan kacang-kacangan dan beberapa jenis tiram. Menurut beberapa pakar menjelaskan bahwa dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi zat besi aman membantu meningkatkan kandungan semen yang dimana kandungan ini akan membantu jumlah sperma dan juga testosterone.

4. Makanan kaya asam amino

Selain makan makanan  yang kaya akan zat besi. Makanan yang mengandung asam Amino yang bisa kita peroleh dari telur, keju, daging merah dan juga susu ini sangat baik untuk tubuh terutama bagi orang yang menginginkan jumlah sperma nya meningkat.

5. Makanan mengandung asam folid

Selain asam Amino, mengkonsumsi beberapa makanan yang mengandung Asam Folid atau yang lebih di kenal dengan vitamin B9 merupakan kewajiban apabila anda ingin meningkatkan jumlah sperma anda. Beberapa jenis makanan yang mengandung asal folid bias di peroeh dari beberapa jenis sayuran, beberapa jenis buah-buahan dan juga sereal yang bisa anda dapatkan di supermarket-supermarket terdekat.

6. Kalsium dan Vitamin D

Dalam upaya-upaya meningkatkan jumlah produksi sperma di dalam tubuh kita . mengkonsumsi beberapa makanan yang mengandung kalsium tinggi dan juga vitamin D yang cukup seperti yang terdapat di beberapa makanan seperti susu, yoghurt dan juga ikan salmon bisa anda konsumsi. Selain itu kita juga bias memperoleh vitamin D dari paparan sinar matahari pagi sebelum pukul 10 pagi.

7. Bawang Putih

Tidak sedikit orang yang kurang  menyukai beberapa makanan yang di campur dengan yang namanya bawang putih. Memamang, salah satu jenis bawang-bawangan ini mempunyai bau yang kurang sedap dan juga rasa yang kurang enak di lidah. Namun, memiliki manfaat yang luar biasa. Hal itu lantaran kandungan organosulfur yang di miliki oleh bawang putih ini akan meningkatkan jumlah sperma serta mengoptimalkan saluran darah para organ reproduksi seorang pria.

8. Makanan pendukung

Selain beberapa jenis makanan yang di atas, kita juga bisa mengkonsumsi beberapa makanan seperti asparagus, pisang, gingseng, biji labu, goji beri dan beberapa jenis makanan pendukung agar bisa membantu memperbanyak produksi sperma di dalam tubuh seorang pria.

Makan-makanan pendamping ini bisa di sajikan ketika kita sedang cukup sibuk sampai sulit untuk makan-makanan yang cukup berat. Setidaknya kita masih memperoleh khasiat dari makan makanan pendamping ini.

Baca Juga: Cara Mencegah Kehamilan dengan Bahan Alami, Vitamin dan Obat Serta Efek Samping

Cara Memperbanyak Sperma dengan Merubah Gaya Hidup

Selain beberapa cara di atas yang berfungsi sebagai memperbanyak jumlah sperma. Terkait gaya hidup pun memiliki peran penting dalam usaha untuk memperbanyak ataupun mengurangi jumlah air mani. Seperti yang kita ketahui, beberapa orang memiliki gaya hidup yang tidak terlalu baik. Ada beberapa kebiasaan yang tidak kita sadari akan mengurangi jumlah sperma kita bagi seorang lelaki. Lalu apa prilaku apa saja yang bias kita rubah dalam gaya hidup ? Berikut adalah cara memperbanyak pejuh dengan merubah gaya hidup kita.

1. Berhenti mengkonsumsi alkohol

Beberapa orang di indonesia memang terbilang jarang mengkonsumsi alkohol. Hal itu lantaran Indonesia memiliki mayoritas beragama muslim. Sedangkan minum minuman beralkohol menurut kepercayaan muslim di larang alias di haramkan. Sehingga pria muslim seharusnya terhindar dari pengurangan jumlah sperma karena alkohol.

Namun apa yang terjadi bila orang lain yang mengkonsumsi alkohol? Menurut beberapa pakar kesehatan di inggris sana menjelaskan bahwa mengkonsumsi alkohol dengan kadar alkohol yang cukup tinggi dengan rantan waktu yang sering setidaknya akan membuat jumlah sperma yang di hasilkan menurun. Sehingga alangkah baiknya jika seseorang yang sering mengkonsumsi alkohol dan ingin memiliki kesehatan organ reproduksinya maksimal jauhilah yang namanya alkohol. Karena efek alkohol tidak hanya pada organ reproduksi saja, ada dampak negatif lain yang berhubungan dengan kesehatan.

2. Berhenti merokok

Faktor ke 2 yang harus kita benahi agar jumlah sperma kita tetap baik adalah dengan berhenti merokok. Seperti yang kita ketahui bahwa rokok memiliki banyak sekali dampak negatif pada  kesehatan reproduksi baik pria maupun wanita. Hal itupun telah di jelaskan di bungkus rokok yang dimana dapat mengundang penyakit impotensi dan gangguan kehamilan bagi seorang wanita. Berhenti merokok adalah pilihan terbaik untuk anda yang ingin jumlah air mani yang di keluarkan tetap banyak.

3. Hindari terlalu sering meminum kopi

Seorang pria rata-rata seringkali meminum kopi yang cukup banyak sehari . Padahal menurut riset beberapa ilmuan disana menjelaskan bahwa sebaiknya seorang pria hanya diperbolehkan minum kopi 1 gelas perhari apabila ingin sperma yang di keluarkannya tetap banyak. Hindari juga beberapa minuman yang mengandung kaffein juga.

4. Kurangi minum minuman bersoda

Peran soda pun memang di percaya mempengaruhi menurunnya jumlah sperma yang dihasilkan oleh seorang pria. Beberapa minuman campuran soda dan berkarbonisasi lebih baik anda hindari apabila sedang dalam program menyusun kehamilan pada istri anda. Hal itu lantaran soda biasanya mempengaruhi jumlah air mani yang di keluarkan oleh seorang pria.

5. Menggunakan Celana Ketat

Seringkali seorang pria terlalu nyaman menggunakan celana ketat di rumah terlebih ketika akan bepergian. Padahal penggunaan celana yang ketat seperti celana levis akan mempengaruhi jumlah sperma yang di keluarkan seorang pria. Hal itu lantaran dengan penggunaan celana ketat membuat testikel seorang pria tidak mendapatkan udara bebas alas terjepit oleh celana yang ketat.  Hal itu akan membuat suhu testikel naik secara drastis dan akan membuat jumlah pejuh menurun. Oleh karena itu gunakan celana longgar seperti boxer apabila sedang bersantai.

6. Kurangilah hobi bersepeda

Apakah anda penggemar menggunakan sepeda ? mulai saat ini kurangilah olahraga bersepeda jika jumlah sperma anda tidak ingin berkurang dengan drastis. Dalam hal ini apabila seorang pria sedang bersepeda memungkinkan organ vital pria tertekan dan terguncang yang dimana apabila dilakukan secara terus menerus dalam periode tertentu akan membuat jumlah air mani menurun.

7. Kurangi aktivitas terlalu sering berendam air hangat

Merendam badan di kolam air hangat memanglah membuat badan kita rilex. Hal itu lantaran otot-otot kita yang tegang akan kembali lemas. Namun apabila anda melakukan aktivitas ini sangat sering akan membuat jumlah sperma yang di hasilkan menurun. Hal itu terjadi karena bagian alat vital kita terlalu sering kena suhu panas yang berdampak pada penurunan jumlah pejuh.

8. Kendalikan emosi

Beberapa pakar menjelaskan bahwa keadaan mood dan emosional seorang pria yang tidak stabil akan memungkinkan produksi sperma menjadi menurun dalam periode tertentu. Oleh karena itu kendalikan emosi anda dan juga mood anda dengan baik.

9. Hindari obesitas

Tidak bisa di pungkiri bahwa berat badan yang berlebih ataupun obesitas akan memicu beragam macam penyakit. salah satu yang akan terdampak adalah jumlah pejuh yang bisa di produksi oleh kantung kemih. Oleh karena itu jaga berat bada tubuh anda agar tetap di rentan berat badan ideal agar terhindar dari menurunnya jumlah sperma.

10. Steroid

Beberapa orang yang memiliki badan berotot pasti sudah tidak aneh dengan yang namanya steroid. Steroid ini merupakan sejenis obat suplemen yang di konsumsi oleh pria yang menginginkan massa ototnya bertambah. Namun, disamping efek positif yang di dapat ada juga efek negatif yang di peroleh yaitu akan membuat jumlah sperma yang di produksi organ vital akan menurun.

11. Hindari kelelahan

Apabila anda seorang pria yang seringkali kelelahan karena bekerja. Alangkah baiknya anda perbanyak istirahat agar jumlah sperma anda tetap terjaga. Beberapa pria yang sering mengalami kelelahan cenderung memiliki jumlah air mani yang lebih sedikit.

12. Penggunaan pelumas

Dalam berhubungan intim dengan sang istri, penggunaan pelumas sangatlah membantu bagi pasangan suami istri. Namun di balik manfaat yang di terima terdapat dampak yang cukup kurang baik dalam penggunaan pelumas ini. Yaitu penurunan jumlah sperma yang di miliki seorang pria.

13. Hindari dari terpaparnya bahan kimia dan juga radiasi

ke 2 hal tersebut merupakan unsur yang sangat berbahaya bagi badan kita. apalagi terpaparnya baha kimia tersebut langsung mengenai organ vital kita. Sudah di pastikan akanterjadi kerusakan permanan pada sperma sehingga akan ada kemungkinan sulit memiliki keturunan.

14. Olahraga rutin

Cobalah untuk melakukan berbagai macam olaharaga secara rutin. Dengan melakukan beberapa olahraga seperti lari,cardio, yoga dan beberapa jenis olahraga lainnya secara rutin akan membantu meningkatkan jumlah sperma yang kita keluarkan.

Cara Memperbanyak Sperma dengan Obat

Selain cara memperbanyak sperma dengan merubah gaya hidup ada juga beberapa obat yang di fungsikan secara cepat untuk menaikan jumlah air mani yang bisa diproduksi oleh kita. Namun, penggunaan obat ini tidak serta merta memiliki khasiat yang  baik. Ada juga beberapa efek samping yang biasanya di berikan obat tersebut kepada tubuh kita. Berikut adalah cara memperbanyak air mani dengan obat yang bisa anda konsumsi.

1. Superm

Obat pertama yang membuat jumlah sperma banyak adalah Superm. Obat penambah pejuh memang di rekomendasikan beberapa orang karena memiliki khasiat yang baik karena mengandung Swedish flower, l-arginine hcl, l-lysine, Epimedium, zinc oxide l-carnitine, catuaba bark, pumpkin seed, maca legenda, vitamin e, pine bark, Muira puama, Hawthorne, Tribulus avena sativa, Sarsaparilla, selain membuat jumlah semen kita menambah banyak ada efek memberikan kekentalan pada air mani dan juga meningkatkan kualitas.

2. Madu Penyubur

Obat penambah sperma di apotik selanjutnya adalah madu penyubur. Memang obat yang ke 2 ini termasuk dalam kategori madu namun apabila di lihat dari fungsi dari madu ini dapat meningkatkan kualitas sperma dan juga kesuburan bagi para pria dewasa.

3. Pro Sperm

Obat di apotek yang bisa membuat sperma anda meningkat adalah pro sperm. obat ini memiliki fungsi yang sangat banyak karena selain meningkatkan jumlah pejuh mampu menyuburkan sperma, mengembalikan stamina pria, memperbanyak air mani, menyembuhkan ED dan berbagai macam keluhan mengenai vitalitas pria.

Baca Juga: Cara Melancarkan Haid dengan Bahan Alami, Obat dan Terapi Serta Efek Samping

Berikut diatas adalah beberapa hal yang berkaitan dengan cara memperbanyak sperma dan faktor-faktor yang sering menjadi penyebab jumlah pejuh kita menurun. Sebagai seorang pria sudah sewajarnya kita menjaga jumlah dan kesehatan air mani kita. Hal itu lantaran kita seorang pria memang andil besar dalam proses memiliki keturunan. Hindarilah beberapa faktor yang membuat air mani kita berkurang seperti yang sudah di jelaskan di atas. Dan juga lakukan beberapa hal yang akan membuat kita semakin sehat dan jumlah sperma kita semakin berlimpah.

Inti dari memperbanyak sperma yang ada dalam tubuh kita yaitu selalu menjaga pola hidup sehat dan makan makanan yang bergizi. Yang terpenting yaitu selalu menghindari minuman beralkohot, merokok dan beberapa aktivitas penyebab sperma tidak berkualitas baik serta banyak.

Continue Reading

More in Kesehatan

To Top