Connect with us
Cara Meluruskan Rambut Pria

Kecantikan

30 Cara Meluruskan Rambut Pria dengan Bahan Alami, Shampo, Alat dan Teknik Serta Efek Samping

Cara Meluruskan Rambut Pria – Sama halnya dengan wanita, penampilan juga menjadi hal penting bagi kaum pria. Dengen menjaga penampilan, pria akan lebih percaya diri, baik dalam urusan pergaulan, pekerjaan maupun asmara. Salah satu hal yang wanita sukai dari pria yaitu penampilan rambut. Rata-rata wanita menyukai rambut pria yang lurus, lebat, wangi dan terawat.

Cara Meluruskan Rambut Pria

Ketika ingin menjaga penampilan, gaya rambut menjadi problem tersendiri bagi kaum pria. Gaya rambut pada pria terbagi berdasarkan jenis rambutnya. Ada yang terlahir dengan jenis rambut afro, urus, keriting, ikal dan masih banyak lagi jenis rambutnya.

Terkait jenis rambut yang dimiliki, banyak pria yang penasaran untuk mencoba mengubah bentuk asli rambutnya. Kebanyakan akan mencoba cara meluruskan rambut pria agar penampilan terlihat jauh beda dengan sebelumnya. selain itu, mindset yang dibentuk oleh iklan shampo pria juga turut menjadi alasan mengapa banyak yang penasaran dengan cara meluruskan rambut pria.

Iklan yang ditayangkan di televisi, baik iklan shampo pria maupun shampo wanita kebanyakan akan menggunakan model berambut lurus, hitam dan berkilau. Inilah mengapa mindset terbentuk dengan sendirinya jika rambut yang indah dan sehat adalah yang lurus dan hitam.

Penyebab Rambut Tak Lurus

Ada banyak sekali jenis rambut, mulai dari keriting, kribo, ikal dan juga lurus. Mungkin, terbesit di benak Anda ‘mengapa tak semua rambut lurus?’, tentu saja hal ini dikarenakan ada banyak faktor yang menyebabkan rambut tak tumbuh urus. Beberapa faktor tersebut antara lain :

1. Genetik

Faktor utama yang menyebabkan rambut tak lurus adalah faktor genetik. Gen yang diturunkan dari percampuran kedua orangtua bertanggung jawab terhadap penampilan fisik, mulai dari warna kulit, warna mata hingga jenis rambut.

2. Usia

Ketika usia bertambah, maka kemampuan tubuh untuk menjaga kesehatan rambut juga akan berkurang. Di usia tua, tubuh lebih sulit untuk mensuplay nutrisi ke rambut hingga rentan kerusakan. Hal inilah yang juga seringkali memicu rambut lurus berubah menjadi keriting ketika usia bertambah.

3. Mengikat Rambut

Sering mengikat rambut menjadi salah satu faktor penyebab rambut tak lurus, apalagi jika Anda terbiasa mengikat rambut dalam kondisi basah. Rambut yang terikat memiliki keterbatasan dalam berkembang dan bernafas sehingga memiliki bekas ikatan yang nampak seperti rambut bergelombang.

4. Menggunakan Handuk

Menggunakan handuk dengan cara digeser merupakan kebiasaan yang salah dan dapat menyebabkan rambut lurus menjadi rusak dan sulit diatur. Cara yang benar untuk mengeringkan rambut adalah menepuk rambut menggunakan handuk kering secara perlahan.

5. Hormonal

Hormon menjadi penyebab rambut lurus berubah keriting yang sering dialami kaum remaja. Hormon dituding mempengaruhi pertumbuhan rambut. Namun, pengaruh hormon terhadap jenis rambut ini bisa ditekan dengan mengkonsumsi makanan sehat.

6. Faktor Lingkungan

Selain faktor dari dalam, jenis rambut juga sangat dipengaruhi lingkungan. Paparan sinar matahari dan zat kimia berpotensi membuat rambut rusak dan suit di atur. Bagi pemilik rambut lurus, paparan lingkungan juga bisa menjadi ancaman karena membuat rambut nampak bergelombang dan bahkan keriting karena rusak.

Keuntungan Rambut Lurus Bagi Pria

Meski midset rambut lurus umumnya terbentuk melalui iklan di TV, bukan berarti mencoba cara meluruskan rambut pria tak ada untungnya sama sekali. Pria yang memiliki rambut lurus memiliki beberapa keuntungan, diantaranya :

1. Mudah Ditata

Pria pemilik rambut lurus pasti setuju jika rambut mereka sangat mudah ditata. Rambut urus dapat mencoba banyak variasi model potongan rambut pria sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin mengeksplore penampilan agar lebih keren. Pemilik rambut lurus dapat dengan mudah mengubah belahan rambut, menata rambut ke belakang, menguncir dengan rapi atau berbagai variasi model rambut pria lainnya.

2. Rapi

Tak bisa dipungkiri jika banyak yang mencoba cara meluruskan rambut pria agar terkesan lebih rapi. Pada praktiknya, rambut lurus memang terlihat jauh lebih rapi, apalagi jika diaplikasikan gel untuk rambut pria atau dipotong dengan gaya rambut pendek pria.

3. Maskulin

Rambut pria lurus umumnya memberikan kesan yang lebih maskulin. Bukan hanya karena identik dengan gaya model di iklan shampo, melainkan gaya rambut lurus pria identik dengan kata rapi dan penampilan terawat. Ditambah dengan tatanan rambut sesuai dengan bentuk wajah, dijamin jika gaya Anda akan makin terlihat maskulin.

Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami

Kebanyakan pria akan malu atau malas pergi ke salon. Mereka beranggapan jika salon kecantikan identik dengan kaum hawa meskipun sebenarnya ada pula perawatan khusus untuk kaum pria, misalnya saja cara meluruskan rambut pria yang bisa ditemui dengan mudah di salon.

Nah, jika Anda termasuk orang yang merasa malu pergi ke salon namun ingin meluruskan rambut, Anda tak perlu khawatir. Tanpa pergi ke salon, Anda bisa mencoba cara meluruskan rambut pria sendiri di rumah menggunakan bahan alami berikut ini.

1. Susu

Cara meluruskan rambut pria secara alami tanpa obat yaitu dengan memanfaatkan susu. Tak hanya memiliki manfaat bagi kesehatan organ tubuh, susu juga memiliki manfaat besar bagi kesehatan rambut. Susu memiliki kandungan yang mampu meluruskan dan melembabkan rambut. Selain itu, masker susu untuk rambut juga bisa menguatkan akar rambut sehingga tak mudah rontok.

Caranya :

  • Sediakan ¾ cangkir susu murni.
  • Tambahkan air bersih hingga cangkir penuh.
  • Tuangkan campuran susu dan air dalam botol spray.
  • Semprotkan pada rambut dalam kondisi rambut kering dan bersih.
  • Sisir rambut hingga lurus.
  • Biarkan satu jam atau hingga rambut mengering.
  • Bilas hingga bersih.

2. Telur

Cara meluruskan rambut pria yang mungkin tak diduga sebelumnya adalah menggunakan telur. Meluruskan rambut dengan telur sangatlah mudah karena tak membutuhkan bahan tambahan lainnya. Selain itu, telur juga berfungsi untuk menguatkan akar rambut serta mengatasi rambut rapuh karena memiliki kandungan protein tinggi. Kandungan protein dalam telur juga dapat dimanfaatkan sebagai cara memanjangkan rambut dengan cepat karena  merangsang pertumbuhan sel rambut.

Caranya :

  • Kocok satu butir telur.
  • Oleskan pada rambut yang telah disisir sebelumnya.
  • Diamkan selama 30 menit.
  • Bilas menggunakan air hangat.
  • Untuk hasil maksimal, lakukan cara meluruskan rambut pria ini satu minggu sekali.

3. Daun Seledri

Cara tradisional meluruskan rambut pria dengan memanfaatkan daun seledri. Khasiat seledri untuk kesehatan rambut memang sudah tak diragukan lagi. Seledri sebagai cara membuat rambut tebal dan menghitamkan warna rambut sudah teruji khasiatnya dan bahkan banyak dimanfaatkan sebagai bahan shampo atau minyak rambut. Tak diragukan sebagai bahan alami pelebat dan penghitam rambut alami, siapa menyangka jika seledri juga dapat digunakan untuk meluruskan rambut. Hal ini tentu saja membuat seledri menjadi bahan alami untuk perawatan rambut terlengkap.

Caranya :

  • Cuci bersih satu genggam seledri.
  • Tumbuk hingga halus.
  • Tambahkan satu cangkir air lalu peras airnya.
  • Diamkan air perasan seledri semalaman dan oleskan merata pada rambut mulai dari akar hingga ujung rambut keesokan harinya.
  • Diamkan 30 menit lalu bilas hingga bersih.

4. Pisang

Cara meluruskan rambut pria lainnya adalah dengan menggunakan pisang. Tak hanya mampu menutrisi dan mengembalikan tenaga tubuh dengan cepat, pisang rupanya juga memiliki nutrisi yang mudah diserap rambut. Selain itu, pisang juga memiliki manfaat sebagai cara agar rambut tidak kering.

Caranya :

  • Lumatkan satu hingga dua buah pisang jenis apa saja.
  • Oleskan pada rambut secara merata.
  • Diamkan hingga mengering.
  • Sisir rambut hingga tak terasa lengket atau rambut terurai.
  • Bilas dengan air hangat hingga bersih.
  • Sisir kembali dan biarkan rambut mengering.
  • Lakukan cara ini dua kali seminggu untuk mencapai hasil terbaik.

5. Pepaya

Cara meluruskan rambut pria yang bisa menjadi alternatif mudah lainnya adalah dengan menggunakan pepaya. Buah yang kaya akan kandungan serta ini berfungsi untuk meluruskan, menutrisi dan menguatkan rambut.

Caranya :

  • Lumatkan pepaya secukupnya.
  • Oleskan merata pada rambut dan kulit kepala yang kering dan bersih.
  • Pijat selama 5 menit.
  • Diamkan hingga kering.
  • Bilas menggunakan air hangat hingga bersih.
  • Lakukan setidaknya satu kali dalam seminggu sebagai cara membuat rambut lurus dan indah.

6. Wortel

Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, wortel juga baik untuk menjaga kesehatan rambut. Kabar baiknya, wortel juga dapat meluruskan rambut secara alami dengan pemakaian rutin.

Caranya :

  • Kupas dan cuci bersih satu buah wortel.
  • Parut au peras airnya layaknya memeras santan.
  • Masukkan air perasan wortel dalam botol semprot.
  • Semprotkan pada rambut hingga merata sambil dipijat lembut.
  • Diamkan 30 menit lalu bilas hingga bersih.

7. Santan dan Lemon

Perpaduan santan dan lemon mampu membuat rambut Anda terasa halus dan lembut sejak pemakaian pertama. Hal ini dikarenakan santan dan lemon bersifat melembabkan dan dapat menutrisi dengan cepat. Santan dan lemon akan melapisi rambut sehingga membuatnya lebih urus dan mudah diatur.

Caranya :

  • Sediakan ¼ buah kelapa alu peras santannya. Peras dengan sedikit air atau bisa juga menggunakan juicer untuk meminialisir kadar air.
  • Tambahkan satu sendok makan air perasan lemon pada santan kental, aduk rata.
  • Oleskan ramuan alami pelurus rambut ini secara merata.
  • Diamkan 30 menit
  • Bilas dengan air mengalir hingga bersih.

8. Minyak Jarak dan Minyak Kelapa

Minyak kelapa mampu melembabkan dan menghitamkan warna rambut coklat , sedangkan minyak jarak akan mengurangi rambut keriting secara bertahap. Campuran ini juga berguna sebagai cara meluruskan rambut keriting hingga keribo. Namun, Anda perlu telaten karena cara meluruskan rambut pria ini tak memberikan hasil instan.

Caranya :

  • Campurkan satu sendok minyak jarak dengan satu sendok minyak kelapa lalu aduk rata.
  • Panaskan di atas api hingga suhunya hangat.
  • Oleskan pada rambut sambil dipijat lembut selama 15 menit.
  • Diamkan 30 menit lalu bilas hingga bersih menggunakan shampo.

9. Kombinasi Minyak Zaitun dan Telur

Minyak zaitun merupakan conditioner rambut alami dan manfaatnya tak diragukan lagi di bidang kecantikan. Sementara itu, telur akan menutrisi dan menguragi rambut rapuh. Jika dikombinasikan, minyak zaitun dan telur akan bekerja cepat dalam meluruskan rambut ikal.

Caranya :

  • Campur dua butir telur dengan dua sendok makan minyak zaitun lalu kocok hingga rata.
  • Oleskan campuran ini untuk melumuri rambut.
  • Diamkan 30 menit lalu bilas hingga bersih.

10. Kombinasi Susu dan Madu

Campuran madu dan susu tak hanya enak dikonsumsi dan mampu menyehatkan badan, melainkan pula dapat mengurangi rambut keriting dan meluruskannya bertahap. Kombinasi bahan alami ini juga dapat berguna untuk menutrisi serta melembabkan sehingga membuat rambut lebih mudah diatur.

Caranya :

  • Campur ¼ cangkir susu murni dengan dua sendok makan madu.
  • Oleskan pada rambut lalu sisir hingga lurus.
  • Ulangi jika diperlukan agar rambut lurus sepenuhnya.
  • Diamkan selama dua jam.
  • Keramas hingga bersih.

11. Kombinasi Pepaya dan Pisang

Cara meluruskan rambut pria tanpa ke salon lainnya adalah dengan menggunakan campuran pepaya dan pisang. Dua buah kaya serat ini akan menutrisi, melembabkan hingga membuat rambut ikal lebih lurus.

Caranya :

  • Lumatkan satu buah pisang degan buah pepaya secukupnya.
  • Gunakan untuk masker rambut.
  • Diamkan hingga mengering lalu bilas menggunakan sampo.

12. Lidah Buaya

Bahan alami yang sudah lama dipercaya sebagai cara cepat memanjangkan rambut ini rupanya juga berguna sebagai cara meluruskan rambut pria. Lidah buaya atau aloevera memiliki kandungan enzim yang berguna sebagai perawatan meluruskan rambut. Jika dicampur dengan minyak zaitun, masker rambut alami ini juga dapat melembutkan rambut dan mengurangi rambut keriting kaku.

Caranya :

  • Sediakan minyak zaitun dan gel lidah buaya dengan perbandingan satu banding satu.
  • Hangatkan minyak zaitun lalu campurkan dengan gel lidah buaya.
  • Oleskan pada seluruh permukaan rambut dan kulit kepala.
  • Diamkan 40 menit lalu keramaslah hingga bersih.

13. Kombinasi Pisang, Dadih dan Minyak Zaitun

Kata dadih mungkin terdengar masih sangat asing. Dadih merupakan tahu susu, yakni susu yang telah ditambahkan zat asam dan dihilangkan kadar airnya. Dadih sangat tinggi protein sehingga mampu menutrisi rambut. Dikombinasikan dengan pisang dan minyak zaitun, dadih mampu menjadi bahan alami pelurus rambut.

Caranya :

  • Campur dua buah pisang matang yang telah dilumatkan dengan dua sendok makan minyak zaitun dan dua sendok makan dadih.
  • Aduk rata lalu gunakan untuk melumuri rambut.
  • Diamkan selama setengah jam atau rambut terasa kaku, lalu keramas hingga bersih.

14. Cuka Sari Apel

Cara meluruskan rambut pria lainnya adalah dengan menggunakan cuka sari apel. Cara ini memang masih jarang dipraktekkan, namun khasiatnya sebagai bahan pelurus rambut alami memang benar nyata adanya. Hanya saja, dalam penggunaannya perlu hati-hati karena akan terasa perih jika terkena mata atau kulit yang luka.

Caranya :

  • Campurkan dua sendok makan cuka dengan setengah cangkir air bersih.
  • Cuci rambut Anda menggunakan sampo seperti biasa lalu tuang cuka pada rambut yang sudah bersih.
  • Tepuk-tepuk sebentar dan jangan bilas dengan air lagi.
  • Diamkan hingga mengering lalu sisir.
  • Jika tak suka dengan aroma asamnya, Anda bisa mengatsinya dengan parfum rambut atau menggunakan conditioner satu jam setelah pemakaian cuka.

15. Susu dan Telur

Campuran susu dan telur terbukti ampuh sebagai cara meluruskan rambut panjang dengan cepat. Campuran ini bersifat merekat di rambut dan mempertahankan bentuknya menjadi lebih lurus. Kandungan di dalamnya juga mampu melembabkan dan berkhasiat sebagai cara mengatasi rambut rontok.

Caranya :

  • Campur satu gelas susu murni dengan dua butir telur lalu aduk rata.
  • Letakkan campuran dalam baskom berukuran cukup besar.
  • Celupkan rambut pada campuran susu dan telur.
  • Tepuk-tepuk rambut dan peras agar sisa campuran tak menetes kemana-mana.
  • Ikat rambut alu bungkus kepala dengan shower cup.
  • Diamkan 30 menit lalu cuci rambut dengan  bersih menggunakan sampo.

16. Telur dan yogurt

Cara meluruskan rambut dengan bahan alami selanjutnya adalah degan campuran telur dan yogurt. Dua bahan ini memiliki manfaat melembutkan, meluruskan dan juga menghaluskan rambut. Jika dilakukan secara rutin, campuran bahan alami juga dapat membuat rambut lebih sehat.

Caranya :

  • Campur satu cangkir yogurt tawar dengan satu butir telur.
  • Aduk rata dan gunakan sebagai masker rambut.
  • Diamkan 30 menit lalu cuci bersih rambut dengan sampo.

17. Tepung Beras dan Telur

Campuran tepung beras dan telur akan membuat bentuk rambut bertahan lurus cukup lama. namun, perlu diingat jika penggunaan terlalu sering dapat berdampak kurang baik bagi rambut. Hal ini dikarenakan tepung beras dapat menyerap minyak alami rambut sehingga membuatnya kering.

Caranya :

  • Pisahkan kuning telur dari putihnya, Anda hanya memerlukan putihnya saja sebagai cara meluruskan rambut pria.
  • Tambahkan 5 sendok makan tepung beras pada putih telur, aduk rata.
  • Jika adonan dirasa terlalu kental, Anda bisa menambahkan sedikit air.
  • Gunakan pasta yang terbuat dari putih telur dan tepung beras ini sebagai masker rambut.
  • Diamkan hingga kering.
  • Sisir pelan hingga rambut terlihat lurus.
  • Cuci rambut dengan sampo hingga bersih.

18. Fuller Earth

Fuller Erath merupakan jenis lumpur yang sering digunakan sebagai perawatan kecantikan. Fuller Earth dapat digunakan sebagai cara meluruskan rambut pria maupun wanita, hal ini juga berlaku bagi rambut keriting atau kribo.

Caranya :

  • Campur satu cangkir fuller earth dengan dua sendok makan tepung beras dan satu butir putih telur.
  • Tambahkan air sambil diaduk rata hingga teksturnya menyerupai pasta.
  • Aplikasikan pada seluruh bagian rambut.
  • Sisir rambut hingga lurus lalu biarkan mengering.
  • Bilas hingga bersih.
  • Semprotkan susu murni alu diamkan lagi 15 menit.
  • Bilas rambut hingga bersih lalu gunakan conditioner.

19. Susu, Madu dan Strawberry

Campuran susu, madu dan strawberry memang tergambar sebagai minuman enak dan menyehatkan. Namun, siapa menyangka dibalik rasa lezatnya, campuran ini juga berguna sebagai cara meluruskan rambut pria secara alami.

Caranya :

  • Lumatkan 3 sampai 5 buah strawberry segar.
  • Tambahkan satu cangkir susu murni dan dua sendok makan madu.
  • Aduk rata alu oleskan pada seluruh bagian rambut.
  • Bungkus rambut dengan handuk bersih lalu diamkan 2 hingga 3 jam.
  • Bilas hingga bersih.

20. Minyak Almond

Cara meluruskan rambut pria keriting dan ikal dengan rutin memakai minyak almond. Penggunaan kondisioner setelah keramas emang dapat membantu meluruskan dan melembutkan rambut. Namun, cara meluruskan rambut pria secara alami dan permanen ini tak cukup optimal untuk meluruskan rambut ikal dan keriting. Agar fungsi kondisoner untuk meluruskan rambut makin maksimal, Anda bisa memanfaatkan minyak almond. Minyak esensial ini akan mendukung kinerja kondisoner untuk melembabkan, meluruskan dan menyehatkan rambut

Caranya :

  • Tambahkan 3 sampai 4 tetes minyak almond pada kondisioner yang akan digunakan.

21. Minyak Kedelai

Selain memiliki rasa gurih, minyak kedelai juga bermanfaat sebagai cara meluruskan rambut tanpa rebonding. Kandungan dalam minyak kedelai akan membuat rambut mempertahankan bentuk lurus serta menutrisinya agar lebih sehat dan cepat panjang.

Caranya :

  • Oleskan minyak kedelai tipis-tipis pada rambut dalam kondisi kering.
  • Biarkan hingga mengering.
  • Keramas hingga bersih menggunakan shampo berformulasi ringan.

Baca Juga: Cara Merawat Rambut dengan Bahan Alami, Shampo, Kondisioner dan Produk Efek Samping

Cara Meluruskan Rambut Pria dengan Cara Modern

Selain menggunakan cara konvensional, cara meluruskan rambut juga bisa dilakukan dengan teknik modern. Umumnya cara ini mampu memberikan hasil rambut lurus dengan cepat dibandingkan dengan cara tradisional yang butuh ketelatenan. Namun, perlu diingat jika cara modern beresiko lebih besar merusak rambut dibandingan cara tradisional yang bekerja dengan cara menutrisi.

1. Hair Dryer

Mengeringkan rambut menggunakan hair dryer dapat membuat rambut lebih lurus. Hair dryer juga berguna sebagai alat bantu cara menata rambut karena rambut akan terbentuk sesuai gerakan tangan saat menggunakan hair dryer. Namun, cara ini beresiko membuat rambut kering dan rapuh akibat panas hai dryer. Selain itu, hasil yang didapat juga tak bisa bertahan sepanjang hari dan tak bisa maksimal bagi pemilik rambut kribo.

2. Catok

Catok rambut tak hanya berguna sebagai alat pelurus rambut wanita, catok juga berguna untuk meluruskan rambut sebahu atau rambut panjang yang dimiliki pria. Alat pelurus rambut pria ini sebenarnya bisa saja digunakan pada model rambut pria pendek, akan tetapi pengaplikasiannya sangat susah dan dikhawatirkan kulit kepala justru terkena panas alat catok.

Merk Catok Pelurus Rambut

  1. Techno 2in1 (Pelurus dan Pengeriting)
  2. Guangming
  3. Elov Catok Lurus Professional
  4. Philips Straightener Kerashine
  5. Sonar Hair Straightener SN-908
  6. Revlon Nano Diamond Ionic

3. Perawatan di Salon

Bagi yang memiliki uang lebih, melakukan perawatan di salon menjadi cara meluruskan rambut pria yang cepat dan lebih tahan lama. Rebonding rambut hingga saat ini masih menjadi primadona teknik pelurusan rambut pria maupun wanita. Selain rebonding, ada juga smoothing yang menghasilkan rambut lurus dan lebih lembut.

4. Sisir Pelurus Rambut

Cara meluruskan rambut pria yang tergolong mudah lainnya adalah dengan menggunakan sisir pelurus rambut. Umumya kinerja sisir pelurus rambut adalah mendistribusikan ion sehingga rambut nampak lurus dan lembut.

5. Obat Pelurus Rambut di Apotik

Ada berbagai merk obat pelurus rambut pria yang mudah anda dapatkan di apotik dengan berbagai macam harga. Obat ini berguna untuk mengatasi rambut pria yang keriting maupun ikal. Merek obat pelurus rambut pria tersebut antara lain.

  • Matrix Opti Smooth Keratin
  • Matrix Opti Straight
  • Makarizo Rebonding System
  • Serum Oleo-Relax
  • Keratine Thermique

Cara Meluruskan Rambut Pria dengan Produk

Malas meracik bahan alami pelurus rambut pria atau tak sepat pergi ke salon bukan berarti menghalangi Anda mendapatkan rambut urus. Anda tetap bisa mendapatkan rambut lurus dan mudah ditata dengan menggunakan produk pelurus rambut yang beredar di pasaran.

Jenis obat pelurus rambut yang dijual di pasaran umumnya berbentuk krim pelurus. Cara aplikasinya tergolong cukup mudah, namun Anda tetap membutuhkan bantuan orang lain karena memerlukan proses catok sebagai finishing.

Nah, bagi Anda yang ingin meluruskan rambut sendiri tanpa bantuan orang lain, sampo pelurus rambut menjadi solusinya. Cara meluruskan rambut pria dengan shampo memang mudah sekali dilakukan asalkan teratur. Selain pengaplikasiannya yang mudah, sampo pelurus rambut membuat Anda mendapat manfaat dalam satu langkah pemakaian, yakni membersihkan, menutrisi sekaligus meluruskan rambut. Beberapa merk shampo pelurus rambut pria yang bisa Anda temukan dengan mudah antara lain :

  • Wella Biotouch Straight Shampoo.
  • Dove Straight & Silky Shampoo.
  • Pantene Pro-V Curly Hair Series Straightening Shampoo.
  • Herbal Esences Dangerously Straight.
  • Sunslik Lively Straight.

Tips Agar Rambut Pria Tetap Lurus

Jika sudah mendapatkan rambut lurus sesuai yang diinginkan, bukan berarti Anda berhenti merawat kondisi rambut. Tak seperti rambut yang memang sudah asli lurus sedari lahir, rambut yang diluruskan harus mendapat perawatan khusus agar tak kembali ke bentuk semula. Hal yang perlu diperhatikan agar rambut awet lurus antara lain :

1. Keramas Secara Rutin

Cara cepat meluruskan rambut pria yaitu dengan rutin melakukan keramas. Kebanyakan pria akan mengguyur rambut setiap kali mandi dan bahkan ada pula yang keramas setiap hari. Padahal, terlalu sering keramas justru tak baik untuk kesehatan rambut. Alih-alih mendapatkan rambut bersih dan sehat, terlalu sering keramas justru membuat rambut bercabang, kering dan akhirnya terlihat berantakan.

Untuk mempertahankan rambut lurus, lembab dan tertata rapi, frekuensi keramas yang dianjurkan adalah 2 hari sekali. Pastikan Anda menggunakan sampo yang sesuai dengan jenis rambut atau jika perlu gunakan sampo pelurus rambut.

2. Hindari Terik Matahari

Rambut diluruskan memiliki potensi rusak lebih cepat jika terkena paparan matahari. Bagi Anda yang melakukan bleaching rambut, sinar matahari juga berpotensi merusak warna rambut Anda. Selain itu, berada di bawah paparan matahari terlalu lama juga membuat rambut berwarna coklat hingga merah terang, warna ini bukanlah warna rambut untuk kulit sawo matang tang pas layaknya kebanyakan warna kulit orang Indonesia.

3. Pola Makan

Sama seperti bagian tubuh lainnya,kesehatan rambut juga terpengaruh oleh makanan yang dikonsumsi. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A dan K sangat berguna untuk menjaga kesehatan rambut dan membuatnya mudah diatur, termasuk juga mempertahankan bentuk rambut yang diluruskan.

4. Masker Rambut

Rambut yang diuruskan perlu perawatan ekstra agar tak mudah rontok dan rapuh. Untuk membuat rambut tetap sehat, masker rambut sangat diperlukan. Baik masker alami maupun masker rambut di salon kecantikan, keduanya memiliki manfaat besar untuk kesehatan rambut. Selain itu, masker rambut juga berguna mempertahankan rambut lurus lebih lama.

Efek Samping Produk Pelurus Rambut Pria

Meluruskan rambut memang berguna untuk menunjang penampilan, namun ini bukan berarti meluruskan rambut tak memiliki efek samping. Meluruskan rambut dengan bahan alami memiliki kekurangan dari segi efesiensi waktu. bahan alami untuk meluruskan rambut tak bisa memberikan hasil instan dan permanen namun tergolong ama bagi kesehatan rambut.

Sebaliknya, cara meluruskan rambut pria dengan cara modern lebih cepat menunjukkan hasil dan bertahan lebih lama, hanya saja dapat menimbulkan masalah baru seperti rambut bercabang, patah dan kering. Selain itu, meluruskan rambut dengan cara modern seperti rebonding atau smoothing rambut memberikan efek ketergantungan. Disebut demikian karena rambut yang baru tumbuh akan memiliki perbedaan yang sangat jelas dengan rambut yang sudah diluruskan. Jika tak melakukan rebonding atau smoothing ulang, hal ini tentu saja justru akan merusak penampilan.

Baca Juga: Cara Menumbuhkan Rambut dengan Bahan Alami, Vitamin, Shampoo, Hair Mask Serta Efek Samping

Setelah membaca ulasan di atas, sudah tentukan perawatan pelurus mana yang akan Anda coba? Jika Anda berniat mencoba cara meluruskan rambut pria secara alami, pastikan Anda tergolong orang yang telaten. Selain itu, jika Anda ingin mencoba cara modern, pastikan Anda memiliki budget khusus untuk merawat rambut. Pasalnya, perawatan pelurusan rambut di salon membutuhkan perawatan lanjutan agar rambut lurus permanen dan tak mengalami kerusakan.

Continue Reading

More in Kecantikan

To Top