Connect with us
Cara Melebatkan Rambut, Cara Menebalkan Rambut

Kecantikan

40 Cara Melebatkan Rambut dngan Bahan Alami, Shampo, Tonic dan Obat Serta Efek Samping

Cara Melebatkan Rambut – Rambut sebagai mahkota kaum hawa selalu menjadi perhatian penting untuk dirawat dengan baik. Tak jarang, banyak wanita yang melakukan beragam cara melebatkan rambut untuk membuat mahkotanya terlihat indah memesona. Terutama juga wanita-wanita yang mungkin memiliki rambut tipis atau mengalami kerontokan.

Ada banyak cara melebatkan rambut, mulai dari yang termurah hingga yang mengharuskan merogoh kocek lebih dalam. Padahal, ada cara yang jauh lebih murah sekaligus alami, dengan efek samping yang lebih aman.

Cara melebatkan rambut pada pria dan wanita tentunya tidak serta merta akan memberikan hasil yang sama pada setiap orang. Karena beberapa faktor yang memengaruhi jenis ketebalan rambut berbeda pada masing orang. Seperti faktor genetika atau keturunan, asupan nutrisi, perawatan rambut yang asal-asalan, pemakaian produk kimiawi, hingga kebiasaan menggunakan alat styling rambut, sangat ikut memengaruhi hasilnya.

Ada beberapa perawatan mandiri yang bisa Anda lakukan di rumah, dengan menggunakan bahan-bahan sederhana yang bisa Anda temukan di sekeliling Anda. Apa sajakah itu? Yuk, kita simak cara melebatkan rambut dengan cara alami berikut ini.

Faktor Penyebab Rambut Tipis dan Rontok

Anda sudah melakukan beragam cara namun masih saja mendapati rambut Anda kian hari kian tipis lalu rontok. Walaupun, sebenarnya rambut rontok merupakan hal yang normal, jika dalam sehari ada 100 helai rambut rontok. Anda tentu dapat merasakan volume kerontokan rambut Anda melebihi batas kewajaran, dan bisa jadi hal tersebut dikarenakan beberapa faktor. Rambut yang mengalami penipisan kemudian rontok bisa jadi karena beberapa sebab sebagai berikut :

1. Stress

Baik laki-laki maupun perempuan bisa saja mengalami stres yang berujung gangguan keseimbangan hormon. Hormon yang kacau tentu akan berdampak pula pada metabolisme tubuh. Sehingga bisa memicu berbagai keluhan, termasuk kerontokan rambut.

2. Perubahan Hormon Tubuh

Kondisi kerontokan rambut yang disebabkan perubahan hormon dikenal dengan sebutan alopesia androgenik. Biasanya terjadi pada laki-laki yang bberusia lanjut atau 50 tahun ke atas. Dan pada perempuan yang telah melewati fase menopause.

3. Malnutrisi

Tubuh yang kekurangan nutrisi atau tidak menjaga kecukupan asupan gizi, bisa jadi akan berdampak pada kesehatan rambut. Rambut yang kekurangan nutrisi akan sering kali mengalami berbagai masalah, seperti : rambut kering, bercabang, hingga rontok.

4. Paparan Zat Kimia

Mungkin Anda adalah tipikal orang yang rajin menata rambut di salon. Atau sering melakukan treatment yang berhubungan dengan obat-obatan rambut, seperti : proses pelurusan, pengeritingan, hair colouring. Bisa jadi karena paparan yang cukup sering dengan bahan-bahan kimia tersebut membuat rambut Anda rentan rusak dan lantas rontok.

5. Keliru Memilih Shampo

Anda mungkin bingung dengan banyaknya varian shampo yang dijual di pasaran. Yang akhirnya membuat Anda memilih asal-asalan tanpa memperhitungkan dampak pemakaiannya. Untuk itu, penting sekali bagi Anda mengenali tipikal rambut Anda sebelum memilih shampo yang benar-benar rambut Anda butuhkan.

6. Efek Samping Obat-obatan

Untuk beberapa orang yang sedang menjalani pengobatan khusus atau kemoterapi, memang wajar sekali jika mengalami kerontokan rambut yang parah. Bisa jadi hal tersebut merupakan efek samping dari obat-obatan yang dikonsumsi.

7. Mengidap Penyakit Kulit

Beberapa penyakit kulit atau autoimun bisa menjadi penyebab kerontokan rambut. Seperti : lichen planus, sarkoidosis, dan lupus eritematosus diskoid (discoid lupus erythematosus/DLE)

8. Rokok

Buat perokok aktif, zat nikotin yang terkandung dalam rokok dapat menjadi penyebab kerontokan pada rambut. Efek buruk nikotin dapat mempersempit pembuluh darah, sehingga kelancaran peredaran nutrisi tubuh dapat tersendat.

9. Minuman Beralkohol

Minuman keras atau beralkohol memiliki kecenderungan untuk menyerap zat besi, sehingga sangat menghambat tubuh mengikat zinc. Mineral penting penunjang kesehatan kulit kepala. Alkohol juga menjadikan tubuh mudah dehidrasi, yang akibatnya membuat rambut rentan patah.

Dengan mengetahui beberapa penyebab rambut tipis dan rontok, Anda bisa memilih perawatan yang tepat serta cara melebatkan rambut yang sesuai.

Cara Melebatkan Rambut dengan Bahan Alami

1. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Cara melebatkan rambut dengan memanfaatkan gel lidah buaya sudah umum dilakukan sejak dahulu. Banyak sekali shampo dengan berbahan dasar aloe vera beredar di pasaran. Hal ini tentu saja tidak lepas dari khasiat lidah buaya yang memang terkenal untuk menebalkan rambut, menyuburkan rambut, menghitamkan rambut, hingga mencegah ketombe datang.

Lidah buaya mengandung banyak zat penting yang terbukti dapat menunjang kesuburan rambut dan kulit kepala. Seperti: lemak, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin C, serta zat besi. Cara melebatkan rambut menggunakan lidah buaya sangat mudah, yaitu:

  • Ambil sepotong lidah buaya, dengan sebelumnya memotong bagian tepinya yang berduri.
  • Bersihkan lidah buaya dengan air mengalir terlebih dahulu agar getahnya hilang. Getah lidah buaya harus dibersihkan karena membuat kulit kepala gatal.
  • Potong-potong lidah buaya menjadi beberapa bagian sepanjang masing – masing 5-10 cm. Lalu belah bagian tengah hingga gelnya terlihat.
  • Parut bagian gel tersebut menggunakan parutab keju, agar lebih mudah memisahkan dengan kulitnya.
  • Balurkan gel lidah buaya pada rambut dan kulit kepala secara merata sambil dipijat lembut.
  • Diamkan selama sekitar 30 menit lalu bilas menggunakan air dingin.
  • Lakukan selama 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil rambut yang tebal dan sehat.

2. Minyak Zaitun

Banyak orang mengeluhkan dan bertanya bagaimana cara melebatkan rambut yang tipis? solusinya yaitu dengan memanfaatkan minyak zaitun. Zaitun sangat kaya akan zat nutrisi yang diperlukan tubuh, yaitu Vitamin A, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, Vitamin K, asam lemak tak jenuh, asam maristat, asam arachidat, asam palmitat, asam stearate, lignoserat, polifenol, asam oleat, pottasium, asam lemak esensial, zat besi, serta kalsium. Dengan kekayaan kandungan nutrisi dalam minyak zaitun inilah, menjadi alasan untuk memilihnya sebagai salah satu cara untuk melebatkan rambut.

Cara melebatkan rambut menggunakan minyak zaitun amatlah mudah. Cukup oleskan minyak zaitun ke atas kulit kepala. Pijat-pijat sebentar agar meresap. Diamkan selama kurang lebih 15 menit sebelum membilasnya dengan bersih.

3. Minyak kelapa

Cara melebatkan rambut secara alami dalam waktu 1 minggu dengan rutin menggunakan minyak kelapa. Mungkin ada pernah membaca kabar bahwa minyak kelapa adalah sumber lemak jahat yang berpotensi meningkatkan kadar kolesterol darah. Lalu bertanya-tanya, bagaimana bisa minyak kelapa digunakan untuk melebatkan rambut? Pertama-pertama, tentu saja kabar tersebut adalah hoax. Karena yang kita bahas di sini adalah minyak kelapa murni, bukan minyak kelapa goreng.

Minyak kelapa murni atau dengan nama lain virgin coconut oil , adalah minyak kelapa yang mengalami proses modifikasi hingga menghasilkan produk berkadar air rendah, begitu juga kadar asam lemak bebasnya, memiliki warna kuning cerah, wangi, serta memiliki tingkat keawetan yang lama.

Cara melebatkan rambut menggunakan minyak kelapa murni ini sama dengan minyak zaitun. Cukup oleskan minyak ke kepala setiap kali akan mencuci rambut.

4. Telur

Bahan alami yang kaya manfaat satu ini juga bisa digunakan sebagai cara melebatkan rambut yang alami serta minim efek samping. Untuk memanfaatkan obat tradisional untuk melebatkan rambut yaitu pada bagian yang digunakan hanyalah putih telurnya saja. Anda bisa mencampurkan air perasan jeruk nipis untuk mengurangi bau amisnya. Lantas oleskan secara merata pada kulit kepala. Biarkan selama 60 menit, kemudian bilas bersih.

5. Minyak Kemiri

Minyak kemiri sudah lama dikenal masyarakat sebagai salah satu bahan yang berguna dalam urusan melebatkan rambut. Selain itu, minyak kemiri juga berkhasiat untuk menjadikan rambut sehat serta berkilau.

Kemiri mengandung zat aponin, falvonoida, dan polifenol yang melewati banyak penelitian yang terbukti memiliki banyak kegunaan. Cara melebatkan rambut menggunakan kemiri bisa dilakukan dengan 2 metode. Metode pertama dengan menumbuk halus kemiri dan dioleskan ke atas kulit kepala selama 30 menit. Kedua dengan mengoleskan minyak kemiri. Cara membuat minyak kemiri juga sangat mudah. Berikut caranya:

  • Siapkan 10 butir kemiri. Potong atau cincang rata dengan ukuran yang sama.
  • Sangrai kemiri cincang dengan api kecil hingga berubah warna menjadi hitam kecoklatan dan mengeluarkan minyak.
  • Setelah matang, tumbuk kemiri hingga halus dan minyak lebih banyak. Saring untuk memisahkan minyak dari ampas kemiri. Simpan dalam botol kaca atau plastik.

Anda bisa mengoleskan minyak kemiri ke kulit kepala setiap akan keramas. Pastikan untuk membilas rambut dengan seksama agar tidak ada minyak yang tertinggal. Yang berakibat rambut menjadi terlalu berminyak dan lengket. Gunakan pula shampo yang lembut, agar hasil yang didapat bisa maksimal.

Minyak kemiri bisa digunakan sebagai cara melebatkan rambut dengan melakukannya sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

6. Santan

Cara melebatkan rambut dengan cepat dan alami adalah dengan santan. Sari buah kelapa tua yang biasa dijadikan bahan masakan ini ternyata menyimpan khasiat yang baik untuk rambut.

Santan mengandung lemak tak jenuh, gula, kalsium, protein, natroum, kalium, fosfor, zat besi, serta tembaga. Bahan kaya nutrisi yang bisa menunjang cara melebatkan rambut dengan hasil optimal.

Cara memanfaatkan santan untuk melebatkan rambut sangat mudah, yaitu sebagai berikut:

  • Parut setengah butir kelapa tua. Kemudian campur dengan 6 sendok makan air bersih untuk mendapatkan santan pati (kanil).
  • Saring santan kanil menggunakan kain bersih, atau saringan drngan jaring rapat.
  • Oleskan santan dengan menggunakan kapas, lalu oleskan merata pada kulit kepala.
  • Pijat-pijat lembut kepala agar santan meresap sempurna, lalu diamkan hingga 30 menit sebelum dibilas. Gunakan air dingin untuk membilas rambut.

Santan ternyata selain sebagai salah satu cara melebatkan rambut, juga membuat rambut tumbuh lebih cepat, sekaligus menutrisinya menjadi lebih kuat. Anda bisa melakukan masker rambut ini 2-3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

7. Teh Hijau

Jangan heran jika ternyata minuman antioksidan ini ternyata ampuh sebagai salah satu cara melebatkan rambut. Mengandung polifenol, fluoride, vitamin C, mangan, L-teanin, serta katekin. Cara pengaplikasiannya pun amat mudah:

  • Sediakan dua sendok makan teh hijau kering. Seduh dengan 150 ml air hangat atau panas.
  • Biarkan teh terendam semalaman dengan memberi tutup agar sari teh tidak menguar.
  • Keesokannya, Anda bisa mengambil air seduhan teh tersebut untuk digunakan sebagai cem-ceman kulit kepala.
  • Diamkan rambut selama 30 menit lalu cuci bilas dengan seksama. Ulangi sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

8. Madu

Madu murni ternyata memiliki peran melebatkan rambut dengan alami. Madu sendiri terkenal sebagai bahan yang kaya sumber nutrisi, vitamin, serta zat antioksidan, yang amat baik untuk menjaga kesehatan rambut. Hanya saja, pastikan Anda menggunakan madu murni yang belum tercampur bahan-bahan tambahan lainnya.

Cara melebatkan rambut menggunakan madu memiliki beberapan langkah mudah, antara lain:

  • Tuang 4 sendok makan madu murni ke dalam mangkuk atau wadah. Oleskan merata ke kulit kepala berikut juga ke rambut.
  • Siapkan handuk hangat.
  • Pijat lembut kepala dan rambut agar madu meresap sempurna.
  • Bungkus rambut dengan handuk hangat, dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  • Cuci rambut dengan menggunakan shampo yang lembut dan tidak terlalu keras. Agar nutrisi madu tidak hilang. Keringkan perlahan menggunakan handuk, bukan hair dryer.
  • Ulangi setiap  2-3 kali seminggu

9. Seledri

Seledri banyak mengandung air hingga 93% total beratnya sendiri. Selain itu, seledri juga mengandung karbohidrat, protein, Vitamin C, kalium, lemak, fosfor, dan zat besi. Kandungan lainnya seperti Vitamin E terbukti mampu menutrisi jaringan rambut dan kulit kepala, yang bisa membuat pertumbuhan rambut lebih sehat dari sebelumnya. Tak heran jika seledri juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara melebatkan rambut yang bisa dilakukan dari rumah.

Cara melebatkan rambut menggunakan seledri bisa Anda terapkan dengan beberapa langkah mudah berikut ini:

  • Ambil setengah ons daun seledri, lalu cuci bersih sambil meninggalkan akar dan bagian batangnya.
  • Cincang halus. Masukkan ke blender tanpa perlu menambah air. Blender sebentar hingga seledri lumat.
  • Keramasi rambut seperti biasa lalu keringkan sebentar menggunakan handuk.
  • Aplikasikan lumatan seledri ke atas kulit kepala dan rambut, kemudian bungkus rambut dengan handuk hingga 30 menit. Jangan lupa untuk memijit ringan terlebih dahulu, agar seledri bisa meresap sempurna.
  • Bilas rambut tanpa perlu menggunakan shampo hingga bersih.
  • Ulangi 3-4 kali dalam sepekan.

10. Alpukat – Pisang

Kedua buah tersebut kaya akan nutrisi seperti Vitamin A dan Vitamin C, yang bisa membuat rambut sehat dan berkemilau. Cara melebatkan rambut menggunakan alpukat dan pisang sangat sederhana. Anda cukup menghaluskan kedua bahan tersebut, lalu mengoleskannya pada rambut secara merata seperti masker rambut. Pastikan memilih buah yang segar, ya. Dan tak perlu menambahkan air lagi saat proses menghaluskannya.

11. Jeruk

Jeruk sebagai sumber Vitamin C ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai cara melebatkan rambut. Hanya cukup dengan mengambil sari buah jeruk, lalu dioleskan pada kulit kepala. 

Selain jeruk, kerabat lainnya, yaitu Lemon juga memiliki fungsi yang sama untuk melebatkan rambut. Buah yang terkenal sebagai bahan infused water ini bisa digunakan sarinya sebagai cem-ceman rambut. Cara melebatkan rambut menggunakan jeruk dan lemon bisa Anda coba 2-3 kali dalam sepekan.

12. Wortel

Sayuran mengandung Vitamin A ini sangat populer karena khasiatnya yang banyak. Tak disangka, selain nikmat dikonsumsi, wortel juga bisa digunakan untuk melebatkan rambut.

Berikut caranya:

  • Ambil 3 buah wortel segar, dengan ukuran sedang. Cuci bersih.
  • Gunakan parutan keju, lalu parut wortel. Kemudian peras untuk mengambil sarinya. Gunakan saringan teh atau kain kasa bersih.
  • Air perasan wortel bisa digunakan sebagai cem-ceman pada rambut dan kulit kepala
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit lalu bilas bersih menggunakan air dingin.
  • Lakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil yang cemerlang.

Selain cara tersebut di atas, Anda tentunya tidak bisa mengesampingkan dukungan nutrisi. Sangat dibutuhkan pula pola makan seimbang. Faktanya, komposisi pembangun utama rambut adalah protein keratin. Oleh sebab itu, mengatur pola seimbang konsumsi protein amat perlu diperhatikan.

Anda dapat memenuhi kebutuhan protein dengan lebih banyak konsumsi telur, ikan-ikanan, daging sapi, ayam, serta kacang-kacangan. Dengan begitu, asupan asam amino untuk menghasilkan keratin bisa tercukupi. Asam lemak omega-3 yang ada di dalam minyak ikan juga cukup bagus untuk kesehatan kulit kepala.

Selain itu, perhatikan pula konsumsi karbohidrat Anda. Kekurangan karbohidrat memicu kerontokan rambut. Sumber karbohidrat bukan saja dari nasi. Anda bisa mencoba roti, sereal, pasta, atau kentang.

Semua orang tentu tidak ingin memiliki rambut rapuh, tipis, maupun rontok. Mencegah hal tersebut, Anda bisa mulai memikirkan untuk menjaga asupan Vitamin B7 atau biotin. Biotin terbukti menguatkan akar rambut. Sumber biotin bisa didapatkan pada keju, yoghurt, telur, daging ayam, dan serealia. Begitu juga dengan mineral zinc yang terdapat pada telur. Kecukupan mineral zinc akan menghindarkan Anda dari ketombe atau keropeng, yang berasal dari kulit kepala yang kering dan mengelupas.

Baca Juga: Cara Menumbuhkan Rambut dengan Bahan Alami, Vitamin, Shampoo, Hair Mask Serta Efek Samping

Merk Produk Pelebat Rambut

Selain perawatan rambut secara alami, Anda juga bisa mencoba menggunakan produk pelebat rambut yang banyak dijual di pasaran. Berikut beberapa produk perawatan rambut yang sudah direkomendasikan oleh para hair stylist.

1. Erha Hair Growth Shampo

Salah satu shampo untuk menebalkan sekaligus melebatkan rambut yaitu Erha Hair Growth Shampo. Jenis shampo ini memiliki kandungan Curcubita pepo seed, Gingseng, dan Niacinamide. Ketiga kandungan tersebut memiliki manfaat memberikan rangsangan pertumbuhan rambut, sekaligus menutrisi kulit kepala. Rambut dijamin lebih tebal, tidak mudah patah, dan rontok.

2. Natur Shampo

Salah satu obat melebatkan rambut dengan cepat yaitu dengan menggunakan Natur shampo. Shampo ini sangat mudah ditemukan di toko-toko kosmetik, dan mini market. Selain handal untuk melebatkan rambut, juga bisa melindungi rambut dari kekeringan dan rambut bercabang. Sangat cocok untuk daerah tropis.

3. Sariayu Shampo

Cara melebatkan rambut secara alami dalam waktu 1 minggu dengan menggunakan produk Sariayu Shampo. Produk satu ini cocok digunakan untuk wanita dan pria. Terutama bagi Anda yang bermasalah dengan rambut rontok. Selain itu juga, dapat membuat rambut lebih tampak berkilau, tebal, dan sehat.

4. Shampo Dove Hair Fall Treatment

Shampo Dove juga sangat mudah Anda temukan di toko-toko kosmetik dan juga mini market. Sangat ampuh mencegah kerontokan rambut, membuat rambut tebal dan bervolume, sekaligus membebaskan Anda dari ketombe.

5. HG-Hair Growth Shampo

Shampo pelebat rambut ternama ini mungkin bisa Anda dapatkan di online shop atau toko kosmetik. Dipadukan dengan HG Hair Tonic, produk ini menjamin kesehatan rambut Anda secara optimal. Selain dapat menutrisi dan melebatkan rambut, penggunaan rutin akan membuat rambut Anda lebih panjang dalam seminggu.

6. Tonic

Berbagai merk hair tonic dapat bermanfaat melebatkan rambut dan mengatasi rambut agar terhindar dari kebontakan dan juga kerontokan. Merk-merk tersebut antara lain:

  • Hair Tonic Green Angelica
  • Hair Tonoc Penyubur Rambut Sariayu Mayang Sari
  • Hair TOnic Mustika Ratu Penyubur Rambut
  • HG Hair Growth Tonic
  • Kaminomoto Hair Growth Tonic

Baca Juga: Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Bahan Alami, Alat, Obat dan Shampo Seta Efek Samping

Cara Melebatkan Rambut Bayi dan Anak Secara Alami

Kelahiran buah hati selalu membawa cerita tersendiri di hati setiap orangtua. Hal pertama yang akan orangtua perhatikan adalah kesempurnaan serta kesehatan si kecil. Hingga si kecil mulai beranjak dewasa, perhatian berkenaan penampilan, terutama rambut, akan menjadi lebih besar. Tak jarang memang, ada beberapa balita yang tumbuh dengan kondisi rambut tipis, rambut bak rambut jagung, bahkan botak hingga usia tertentu.

Meskipun, hal tersebut bisa jadi dikarenakan faktor keturunan, namun tak jarang orangtua mencari cara melebatkan rambut bayi. Berikut beberapa langkah mudah yang bisa diterapkan para orangtua agar bayi bisa memiliki rambut sehat dan lebat.

1. Menjaga Kebersihan Kulit Kepala Bayi

Bayi yang baru lahir biasanya memiliki kulit kepala tampak kotor dan kering. Bahkan tak jarang, muncul seperti ketombe atau keropeng seperti pada orang dewasa. Tak perlu khawatir, karena itu normal. Kulit kepala bayi yang seperti itu lebih dikarenakan kondisi hormon dan sisa-sisa cairan ketuban dari rahim ibu. Yang terpenting adalah, menjaga kulit kepala bayi tetap bersih dan tidak kering. Anda bisa mengorek kotoran kepala tersebut setiap kali memandikan si kecil. Lakukan dengan lembut dan hati-hati, serta dengan menggunakan shampo bayi.

Jaga tingkat kelembaban kulit kepala bayi agar tidak mudah berminyak. Jika kondisi kulit kepala bayi terlalu kering atau terlalu berminyak, akan membuat rambut bayi mudah rusak serta mengundang kotoran mudah menempel.

2. Jaga Agar Rambut Bayi Tidak Kusut

Bayi yang baru lahir akan menghabiskan banyak waktunya dengan tidur. Yang mengakibatkan kepala bagian belakangnya lebih mudah lembab, sehingga rambutnya bisa jadi akan kusut. Jika dibiarkan terus menerus maka akan memicu kondisi rambut berminyak atau bahkan pertumbuhannya terhambat.

Untuk mencegahnya, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut:

  • Sesekali ubah posisi tidur bayi. Bisa dengan memiringkannya, dengan mengganjal punggung dengan bantal. Atau dengan memindahkannya menjadi tengkurap. Namun, tetap dalam pengawasan, ya.
  • Saat mencuci rambut, shampo yang digunakan sebaiknya jangan terlalu banyak. Secukupnya saja.
  • Gunakan sikat rambut khusus bayi saat menyisir atau mengurai rambutnya sesudah mandi.

3. Gel Lidah Buaya

Cara melebatkan rambut bayi bisa juga dengan menggunakan lidah buaya. Perawatan ini bisa Anda coba jika bayi sudah berumur lebih dari dua bulan. Mengapa? Karena selepas usia ini, kulit bayi sudah tidak terlalu sensitif.

Lidah buaya cukup aman dipakai untuk melebatkan rambut bayi sekaligus menutrisinya, karena banyak mengandung zat aktif. Senyawa zat aktif tersebut dapat merangsang kekuatan folikel rambut dan membuat rambut bayi lebih cepat panjang. Hanya saja, Anda perlu berhati-hati dengan getah lidah buaya. Karena dapat membuat gatal pada kulit.

Berikut cara menggunakannya :

  • Buang pinggir berduri lidah buaya. Belah menjadi dua memanjang, lalu cuci dengan air mengalir untuk menghilangkan getahnya.
  • Ambil bagian gel-nya, lalu hancurkan hingga menjadi bubur kental.
  • Balurkan ke rambut bayi dengan hati-hati agar tidak mengenai kulit kepalanya.
  • Biarkan beberapa saat. Lalu bilas menggunakan shampo khusus bayi.
  • Lakukan setiap kali bayi akan dimandikan, 1-2 kali dalam seminggu. Hentikan penggunaan jika Anda melihat tanda-tanda alergi pada kulit.

4. Gunakan Shampo Khusus Bayi

Bayi dengan kulit sensitifnya memang mengharuskan ibu untuk menggunakan shampo yang diperuntukkan khusus bayi. Ada beberapa step khusus memilih shampo bayi, yaitu :

  • Pilih shampo yang lembut dan tidak memiliki bau harum terlalu tajam, sekaligus yang tidak pedih di mata. Lebih baik, pilih shampo yang memiliki aroma esensial, seperti lavender atau chamomile.
  • Pilih shampo dengan busa yang tidak terlalu berlimpah.
  • Jika memungkinkan, pilih shampo bayi organik atau yang mengandung bahan alami seperti minyak kemiri atau seledri.
  • Jangan terlalu sering mencuci rambut bayi, agar kelembaban alaminya tetap ada. Cukup lakukan 1-2 kali keramas dalam sepekan.

5. Madu dan Minyak Zaitun

Cara melebatkan rambut bayi berikutnya yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan pelembab dari bahan alami, seperti madu dan minyak zaitun. Pastikan untuk menggunakan madu murni, tanpa campuran tertentu.

Madu murni kaya akan bahan mineral baik dan vitamin yang bermanfaat untuk menumbuhkan serta melebatkan rambut. Sedangkan minyak zaitun mengandung Vitamin E yang sangat baik untuk merawat kulit bayi.

Cara mengaplikasikannya cukup sederhana, yaitu :

  • Campur beberapa sendok teh madu dengan minyak zaitun. Aduk hingga rata.
  • Balurkan ke rambut bayi sekaligus kulit kepala, dengan memijat-mijat lembut agar meresap merata.
  • Diamkan selama kurang lebih 5-10 menit. Lalu bilas dengan menggunakan air hangat, tanpa perlu menggunakan shampo lagi.

6. Pisang dan Minyak Zaitun

Selain madu, Anda bisa juga menggantinya dengan buah pisang. Pisang mengandung mineral kalium yang bisa merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat. Dengan mencampurnya beserta minyak zaitun akan menambah khasiatnya yaitu memperkuat folikel rambut.

Cara melebatkan rambut bayi menggunakan pisang dan minyak zaitun, antara lain :

  • Dengan menggunakan garpu, lumat-lumat pisang. Pilih pisang yang sudah matang. Campurkan dengan satu sendok teh minyak zaitun hingga menjadi adonan pasta.
  • Tambahkan satu sendok teh yogurt organik (opsional)
  • Balurkan pada rambut serta kulit kepala bayi. Lakukan perlahan dengan memijatnya lembut.
  • Biarkan selama kurang kebih 5-10 menit sebelum membilasnya. Gunakan air hangat tanpa menggunakan shampo lagi.
  • Cukup lakukan sebanyak satu kali seminggu.

7. Alpukat dan Madu

Alpukat sebagai buah kaya Vitamin E, terbukti baik untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala bayi. Mencampurnya dengan madu, membuat bahan ini efektif membantu rambut si kecil tumbuh lebih cepat.

Berikut cara membuatnya :

  • Gunakan daging buah alpukat matang dan berkualitas.
  • Lumat lembut alpukat tanpa perlu menambahkan air lagi.
  • Tambahkan satu sendok teh madu murni ke dalam bubur alpukat, aduk rata hingga menjadi adonan pasta.
  • Balurkan pada rambut dan kulit kepala si kecil, sambil dipijat ringan. Diamkan beberapa saat, kurang lebih 10 menit.
  • Bilas menggunaka air bersih hangat dan shampo. Agar sisa- sisa alpukat tidak ada yang tertinggal lagi.

8. Jangan Mengeringkan dengan Pengering Rambut

Sebaiknya untuk bayi dan balita, tidak dibiasakan menggunakan hair dyer setelah mencuci rambut. Kulit bayi dan balita masih sangat sensitif terhadap suhu panas pengering rambut. Termasuk dengan rambut mereka. Panas dapat merusak folikel alami rambut sehingga membuatnya mudah patah hingga rontok.

Cukup keringkan dengan handuk yang menyerap air. Namun, jangan juga menggosok kulit kepala anak terlalu kencang. Anda bisa membelainya lembut saja sampai tidak ada air yang menetes, lalu cukup angin-anginkan saja hingga mengering sempurna.

9. Jangan Takut untuk Memotong Rambut Bayi yang Baru Lahir

Ada kalanya, orangtua merasa was-was jika harus memotong rambut si kecil untuk pertama kalinya setelah dilahirkan. Padahal, memotong rambut si kecil saat usianya baru 7 hari, terbukti bisa membuat rambutnya tumbuh subur serta lebat kelak. Bahkan dengan memotong habis rambut bayi, bisa membersihkan tuntas kulit kepalanya dari sisa-sisa kotoran air ketuban yang mungkin tertinggal.

10. Lengkapi Nutrisi Bayi

Pertumbuhan rambut yang sehat merupakan salah satu indikator kesehatan bayi dan balita. Jika Anda mengidamkan rambut si kecil menjadi lebat dan sehat, Anda bisa melakukan perawatan dari dalam juga. Dengan kata lain, menunjang pemenuhan nutrisinya.

Untuk bayi yang baru lahir hingga usia 6 bulan, nutrisi terbaiknya adalah ASI. Jika masih menyusui, tak ada salahnya untuk mengonsumsi makan sehat yang mengandung Vitamin D, Vitamin E, Lemak, Protein, dan mineral baik dalam pola makan seimbang.

11. Tidak Mengikat Rambut Bayi

Bayi dan balita memang akan terlihat lebih lucu jika menggunakan hiasan rambut. Namun, sebaiknya, Anda jangan terlalu sering mengikat rambut bayi. Ikat rambut akan memberikan efek tarikan kuat pada kulit kepala serta rambut. Sehingga, menyebabkan akar rambut akan goyah dan membuat rambut mudah sekali rontok.

12. Diet Ibu

Selepas melahirkan, ibu biasanya ingin segera kembali ke bentuk tubuh ramping seperti sebelum hamil. Tentunya hal ini wajar saja, asalkan Anda memilih untuk berdiet sehat. Terlebih lagi jika Anda sedang menyusui. Jika Anda serampangan dan salah menjalankan diet, maka bayi Anda akan mengalami kekurangan nutrisi. Yang ditandai dengan rambut bayi tidak tumbuh seiring pertumbuhan usianya, atau karakter rambut bayi menjadi rapuh dan mudah rontok.

13. Jaga Asupan Cairan

Teruntuk bayi yang menyusui maupun mengonsumsi susu formula, sama-sama harus terus dijaga jumlah susu yang dikonsumsinya. Karena, bayi yang kekurangan cairan, atau tidak cukup menyusu setiap harinya, memiliki kecenderungan mengalami perlambatan pertumbuhan rambut.

14. Tidak Terlalu Sering Keramas

Bayi, terutama usia di bawah 12 bulan, berbeda dengan orang dewasa. Rambut mereka tidak memerlukan untuk dicuci setiap hari atau setiap sesi mandi. Selain akan menyebabkan rambut bayi kehilangan kelembaban alaminya, juga akan membuatnya terpapar terlalu sering dengan bahan kimia shampo. Hal ini tentunya akan berdampak pada kesehatan akar serta rambut si kecil.

15. Sisir Khusus Bayi

Jangan sembarangan menggunakan sisir untuk bayi. Karena puncak ubun-ubun bayi masih sangat lembut, sehingga memerlukan sisir khusus rambut bayi yang aman dan lembut pula. Dengan menyisir rambut bayi, selain mencegah rambut kusut, juga bisa untuk terapi pijat kulit kepala. Membuat peredaran darah di kepala lancar dan merangsang akar rambut agar tumbuh dengan baik.

Tips Mencegah Rambut Menipis

Selain masalah kerontokan rambut, rambut menipis juga sering menjadi momok bagi setiap wanita terutama. Selain cara melebatkan rambut yang alami dan mudah, ada beberapa tips guna mencegah rambut mulai mengalami penipisan. Simak langkah mudahnya berikut ini.

1. Gunakan Shampo yang Tepat

Kenali jenis rambut Anda sebelum memilih shampo yang sesuai. Pemilihan shampo yang sembarangan akan menjadikan rambut mengalami kerusakan.

Perhatikan kandungan dari setiap produk shampo yang akan Anda pilih. Hindari shampo yang mengandung sulfat karena akan merusak folikel rambut dan membuat rambut kering.

2. Jangan Terlalu Sering Mencuci Rambut

Jadwalkan mencuci rambut setidaknya 2-3 hari sekali. Mencuci rambut terlalu sering akan membuat rambut kehilangan kelembaban alaminya, sehingga menjadikan rambut kering, rapuh, atau bahkan bercabang.

Jika Anda memiliki tipe rambut kering, ada baiknya untuk tidak terlalu sering mencuci rambut. Dan agar kelembaban rambut tetap terjaga, gunakan kondisioner setiap kali sesudah keramas.

3. Handuk

Mengeringkan rambut basah dengan menggunakan handuk, bisa jadi menjadi salah satu penyebab rambut mengalami penipisan. Seka rambut basah Anda secukupnya dengan menekan perlahan handuk hingga tidak meneteskan air lagi. Lalu keringkan manual dengan mengangin-anginkannya.

4. Membatasi Penggunaan Alat Hair Styling

Kurangi dan batasi penggunaan alat-alat kecantikan rambut seperti pelurus rambut dan pengeriting (catok), berikut hair dryer. Penggunaan alat-alat yang bersentuhan dengan suhu tinggi dalam intensitas yang terlalu sering, akan membuat rambut kehilangan kekuatannya. Sehingga menjadikan rambut mudah rapuh, tipis, dan rontok.

5. Lindungi dari Paparan Sinar Matahari

Seperti layaknya kulit, rambut pun sebaiknya dilindungi dari paparan sinar matahari yang terlalu terik. Amat disarankan untuk menggunakan topi setiap kali beraktivitas luar ruangan dalam waktu lama, untuk menghindarkan rambut dari kusam dan kering.

6. Mengelola Stress

Stress memang tidak dapat dihindari oleh setiap orang. Tetapi, stres pula bisa mengakibatkan rambut mengalami masalah jika tidak dikelola dengan baik. Lakukan olahraga rutin untuk mendapatkan suasana hati yang baik, agar tingkat stres berkurang.

7. Suplemen Multivitamin

Mengonsumsi suplemen yang mengandung asam lemak omega-3, omega-6, biotin, Vitamin C, Vitamin E, zat besi, serya zinc, bisa sangat membantu menjaga kesehatan rambut dari dalam.

Mencegah rambut menipis dapat dilakukan dengan menerapkan cara melebatkan rambut yang dibarengi dengan menjaga keseimbangan asupan nutrisi tubuh. Namun, jika masih saja terdapat keluhan sehubungan dengan rambut yang terus menerus, tak ada salahnya jika berkonsultasi kepada dokter.

Memang tidak dapat dipungkiri jika salah satu faktor penentu kelebatan rambut adalah genetika atau keturunan, namun beberapa orangtua terkadang mencari cara untuk membuat rambut bayi mereka tumbuh lebat dan indah. Dan tentu saja, ada beberapa cara melebatkan rambut bayi secara alami serta aman yang bisa Anda coba.

Namun, yang perlu dipastikan sebelum mengharapkan hasil, untuk tidak terlalu berlebihan dalam mengaplikasikannya. Karena bisa jadi, si bayi memang mendapatkan faktor genetika rambut tipis dari keluarganya. Niatkan saja untuk menyehatkan rambut si kecil.

Baca Juga: Cara Meluruskan Rambut Pria dengan Bahan Alami, Shampo, Alat dan Teknik Serta Efek Samping

Itu tadi beberapa paparan cara melebatkan rambut secara alami sekaligus aman dan murah. Tidak ada jaminan keberhasilan 100%, tergantung dengan kondisi serta karakteristik rambut yang Anda miliki. Intinya jaga agar rambut tetap bersih dan memberi nutrisi yang cukup.

Continue Reading

More in Kecantikan

To Top