Connect with us
Cara Mencegah Kanker Payudara

Kesehatan

50 Cara Mencegah Kanker Payudara dengan Cepat Beserta Cara Mengobatinya

Cara Mencegah Kanker Payudara – Penyakit kanker memang selalu menjadi sebuah penyakit yang cukup menakutkan oleh banyak orang. Bagaimana tidak, penyakit kanker ini memang seringkali di cap sebagai salah satu penyakit yang menyebabkan kematian tertinggi jika di bandingkan dengan beberapa jenis penyakit lainnya. Memang meskipun banyak contoh orang di luaran sana yang bisa selamat dari penyakit yang berbahaya ini. Namun jumlah nya cukup kecil. Mereka biasanya mengetahui terlebih dahulu tentang penyakit yang di deritanya sehingga penanganan dan juga masa penyembuhan dari kanker ini cukup efektif bagi orang yang sudah paham dengan penyakit yang di deritanya.

Cara Mencegah Kanker Payudara

Berbagai jenis penyuluhan sudah pasti sering kali di gembor-gembor kan oleh pemerintah tentang penanggulangan penyakit ini. Mulai dari paham apa itu kanker, bagaimana menghindari penyakit kanker,bagaimana mengenal kanker sejak dini sampai dengan bagaimana cara mengobati penyakit kanker dengan berbagai cara dan juga metode. Namun tetap saja masih banyak orang yang bisa terjangkit dan juga sakit karena kanker. Salah satu jenis kanker  yang paling sering di derita seorang pasien penyakit kanker adalah kanker Payudara. Jenis kanker ini menyumbang lebih dari 50 % penderita kanker yang ada di Indonesia. Bagaimana tidak, kurang tahu nya seorang wanita tentang penanggulangan dan juga cara menghindari kanker payudara masih minim di Indonesia. Oleh karena itu disini akan kita bahas tentang bagaimana cara mencegah kanker payudara dan juga beberapa penjelasannya.

Pengertian Kanker

Sebelum kita membahas bagaimana cara mencegah kanker payudara alangkah lebih baiknya kita membahas mengenai kanker itu sendiri. Menurut pengertian secara medis, kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang di akibatkan karena adanya pertumbuhan se-sel atau jaringan tubuh secara tidak normal. Pertumbuhan tidak normal yang terjadi pada sel tubuh kita ini akan berubah menjadi sel kanker yang cukup berbahaya. Dan apabila sel tersebut sudah berubah menjadi sel kanker penyebaran akan sel kanker ini bisa menyebar kemana saja yang dimana salah satunya adalah menjalar ke arah payudara bagi seorang wanita.

Sebagian besar orang sering mengaitkan antara kanker dengan tumor. Meskipun banyak yang mengira seperti itu, padahal secara penjelasan medis bahwa tumor dan kanker adalah 2 jenis penyakit yang berbeda. Tumor itu sendiri merupakan salah satu penyakit yang mengakibatkan benjolan yang abnormal atau sering di sebut tidak normal. Dalam kasus ini, tumor tersebut terbagi menjadi 2 kelompok yaitu penyakit tumor jinak dan juga tumor ganas.  Kanker inilah yang secara medis di kelompokan menjadi salah satu jenis dari pada tumor ganas.

Meskipun kanker masuk dalam kategori tumor ganas dan tumor itu sendiri merupakan salah satu penyakit yang memberikan tanda berupa benjolan yang tidak normal namun dalam kenyataannya setiap orang yang terkena kanker baik itu kanker payudara atau kanker jenis lainnya sering kali tidak merasakan adanya sakit di sekitaran badan yang terkena kanker. Penyakit ini akan mulai terasa jika sudah tergolong cukup parah.

Kanker termasuk jenis penyakit yang tumbuh dan menyebar. Maksudnya adalah ketika salah satu organ tubuh yang terkena kanker, apabila kita telat bertindak dan tidak ada langkah pencegahan maupun pengobatan secara baik sudah dipastikan penyakit kanker ini akan menyebar luas dengan sendiri dan kemungkinan hidup seseorang yang sudah memiliki kanker yang meluas hanyalah 1%.  Meskipun begitu harapan hidup masih lah terbuka karena banyak pula contoh para penderita kanker yang bisa sembuh dan selamat dari penyakit yang berbahaya ini.

Penyakit kanker ini bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal gender, usia dan juga waktu. Setiap orang sangat bisa terkena penyakit kanker kapanpun dan dimanapun. Oleh karena itu sangatlah wajib hukumnya bagi setiap orang mengetahui beberapa pengetahuan tentang jenis kanker ini salah satunya adalah kanker payudara.

Secara umum, penyakit kanker ini memiliki tanda-tanda atau gejala yang bisa kita amati dan pelajar. Segeralah untuk periksa ke dokter apabila anda merasakan beberapa gejala di bawah ini.

  • Adanya luka seperti borok atau koreng yang sulit sembuh meski sudah di beri obat
  • Keluarnya darah atau lendir yang tidak biasa keluar dari tubuh
  • Adanya perbedaan atau perubahan yang tidak biasa ketika kita buang air besar atau buang air kecil
  • Merasakan adanya gangguan yang tidak ter identifikasi pada alat pencernaan.
  • Sering batuk-batuk dan suara serak yang tak kunjung sembuh
  • Terdapat benjolan yang abnormal atau tidak biasa di bagian tubuh seperti payudara atau pun tempat lainnya
  • Munculnya tanda seperti tahi lalat yang berubah dan semakin membesar sekaligus memberikan rasa gatal.

Pengertian Kanker Payudara

Seperti yang sudah di bahas di awal tadi bahwa kanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang memiliki jumlah penderita cukup banyak. Jika di artikan secara terpisah kanker payudara adalah salah satu jenis pergerakan salah satu sel secara tidak normal alias abnormal di sekitaran payudara. Jenis kanker ini memang lebih sering menyerang wanita meskipun seorang pria pun memiliki kemungkinan terkena jenis kanker ini.

Rata-rata para wanita yang terkena jenis kanker ini adalah wanita berumur 22 tahun ke atas. Namun rata-rata wanita yang terkena kanker payudara adalah para wanita yang sudah menikah dan memiliki anak sehingga umur tidak bisa menjadi patokan seseorang bisa terkena kanker payudara ini. Beberapa ahli medis menjelaskan bahwa kanker payudara ini sangat bisa di sembuhkan secara permanen apabila seorang wanita rajin memeriksakan kesehatan payudara nya secara rutin. Atau pun bisa menjaga kesehatan payudara nya secara baik dan secara benar.

Selain itu juga apabila seorang wanita sudah mengalami gejala-gejala janggal sekitaran payudara, alangkah baiknya sesegera memeriksakan nya kepada ahli agar bisa di observasi secara menyeluruh. Rata-rata para wanita mengabaikan kesehatan payudara nya dan enggan memeriksakan rutin kepada para ahli. Mungkin karena faktor kurang percaya diri dan juga rasa malu yang di miliki membuat seorang wanita jarang berkonsultasi dengan dokter ahli mengenai kesehatan payudara nya.

Peran payudara sangatlah penting bagi wanita. Disamping sebagai mempercantik diri sendiri, fungsi dari pada payudara sebagai sumber asi bagi buah hati kita merupakan faktor penting mengapa kita harus merawat dan menjaga kesehatan payudara kita. Selain rajin memeriksakan kesehatan payudara kepada ahlinya, merawatnya di rumah dengan berbagai macam cara pun bisa di coba agar anda bisa terhindar dari penyakit kanker payudara ini.

Macam-Macam Jenis Kanker

Selain penyakit kanker payudara terdapat beberapa jenis kanker yang bisa menerpa kita apabila kita teralu kurang menjaga kesehatan tubuh kita. Berikut adalah macam -macam jenis kanker yang sering menyerang siapapun dan juga kapanpun.

1. Kanker Darah

Salah satu jenis kanker yang satu ini termasuk dalam kanker yang sangat berbahaya. Penyakit kanker ini menyerang sel-sel yang membentuk sel darah dalam sumsum tulang sehingga mempengaruhi daripada produksi dan juga fungsi dari sel darah itu sendiri. Jenis kanker darah ini memiliki cabang atau turunannya seperti Meloma, Leukimia dan Limfoma.

2. Kanker Hati

Jenis kanker selanjutnya adalah jenis kanker yang sering menyerang para kaum adam yaitu kanker hati. Jenis kanker ini sesuai dengan namanya yaitu kanker yang muncul di sekitaran hati kita yang kemudian menyebar ke organ lain. Seperti yang kita ketahui bahwa Hati memiliki peran penting di dalam organ tubuh kita.  Salah satu fungsi terbaik dari Hati adalah untuk menyaring atau membersihkan darah kita dari beberapa racun-racun atau zat berbahaya yang kita konsumsi sehingga darah kita mengalir dengan baik. Gagalnya fungsi hati karena terkena kanker akan memberikan dampak negatif bagi tubuh yang bisa mendekatkan kita kepada kematian.

3. Kanker Kulit

Salah satu jenis kanker yang satu ini memang sangat jarang kita dengar karena para penderitanya memang relatif sedikit bila di bandingkan dengan beberapa jenis kanker lainnya. Namun jenis penyakit kanker yang satu ini pun tidak dianggap enteng oleh kita. Jika melihat diagnosa medis, penyakit ini di sebabkan karena adanya prilaku tidak normal pada beberapa sel kulit yang di akibatkan adanya mutasi pada sel DNA sehingga terjadi beberapa efek seperti pertumbuhan sel yang cepat, kehilangan sifat dasar sel dan juga usia sel menjadi lebih panjang. Jika dilihat dari jenis sel yang di serang oleh kanker ini, Kanker kulit di bagi menjadi 2 jenis yaitu Melanoma dan Non Melanoma.

4. Kanker Lambung

Jenis kanker selanjutnya adala Kanker Lambung. Jenis kanker ini bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Namun kebanyakan yang menderita jenis kanker ini memiliki rentan usia antara 50 – 65 tahun. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa lambung merupakan salah satu organ terpenting dalam pencernaan kita. Tidak bisa berfungsi secara maksimal akan membuat pencernaan kita terganggu. Terlebih cara penyakit ini menyebar adalah dengan menggerogoti lambung yang nanti akan menyebar ke beberapa organ vital lainnya.

5. Kanker Lidah

Jenis kanker selanjutnya adalah kanker lidah. Jenis kanker ini memang sering kali di anggap enteng. Hal itu lantaran gejala-gejala yang di timbulkan dari kanker lidah ini sering kali di salah artikan sebagai gejala-gejala penyakit biasa. Sehingga para pengidap kanker lidah ini termasuk terlambat karena lambatnya pengetahuan dan pemerikasaan terhadap kanker lidah ini. Secara umum kanker lidah ini di bagi 2 bagian yaitu kanker lidah yang menyerang pada bagian atas lidah dan yang ke dua adalah kanker lidah yang menyerag pada bagian akar atau pangkal lidah.

6. Kanker Mulut

Jenis kanker selanjutnya adalah kanker mulut. Kanker ini tumbuh pada bagian tubuh seseorang dan berkembang di sekitaran mulut. Lokasi tumbuhnya kanker ini bisa di sekitaran gusi, lidah, dinding mulut atau juga langit-langit mulut. Ketika seseorang terkena jenis kanker ini, penyebaran dari kanker ini memang cukup cepat dengan merambat ke bagian-bagian tertentu melalui kelenjar getah bening membuat penderita kanker ini cukup menderita mengingat letaknya adalah di bagian mulut. Meskipun begitu, pengidap jenis kanker ini cukup jarang di beberapa negara di karenakan penyebab dari jenis kanker ini memang cukup jarang terjadi.

7. Kanker Mata

Kanker mata merupakan salah satu jenis penyakit kanker yang menyerang bagian bola mata di karenakan adanya sel pada jaringan mata yang tumbuh tak terkendali. Penyebaran dari kanker mata ini memang sama cepatnya dengan beberapa jenis kanker lainnya. Dalam dunia medis, penyakit kanker mata terbagi menjadi 3 bagian yaitu Kanker bola mata, kanker orbita dan kanker aksesoris mata. Hampir sama dengan kanker mulut, para penderita kanker mata ini tergolong jarang dan presentase pengidapnya pun cukup kecil tidak lebih dari 1% dari seluruh para penderita kanker.

8. Kanker Otak

Jenis kanker selanjutnya merupakan salah satu dari sekian banyak jenis kanker yang cukup menakutkan. Bagaimana tidak, ketika seseorang menderita kanker otak hal yang paling mengerikan yang terbanyangkan adalah kematian. Seperti yang kita ketahui bahwa otak merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting. Secara fungsional, otak adalah sebuah organ yang mengatur segala sesuatu yang ada di dalam tubuh. Bisa di bayangkan apabila organ yang mengatur segala sesuatu yang ada di tubuh terkena penyakit sekelas kanker. Secara medis, kanker di bagi menjadi 2 bagian yaitu kanker otak primer dan juga kanker otak sekunder.

9. Kanker Tiroid

Pasti banyak orang yang tidak terlalu mengenal yang namanya kanker tiroid. Padahal jenis kanker ini cukup terkenal di beberapa belahan dunia sana. Kanker jenis ini merupakan salah satu jenis kanker yang dimana terjadinya pertumbuhan sebuah sel secara abnormal yang ada di dalam kelenjar tiroid. Sedangkan tiroid itu sendiri merupakan salah satu kelenjar yang ada di tubuh manusia yang berbentuk kupu-kupu.

Letak dari pada kelenjar tiroid ini adalah di bagian depan leher. Sedangkan fungsi dari kelenjar tiroid itu sendiri adalah untuk mengeluarkan beberapa hormon yang mengatur metabolisme tubuh seseorang, pertumbuhan, suhu pada tubuh  denyut jantung, berat badan, tekanan darah dan beberapa fungsi lainnya.

10. Kanker Serviks

Pasti banyak orang yang sudah tidak aneh dengan yang namanya kanker serviks. Salah satu jenis kanker ini memang menjadi penyakit yang menakutkan oleh para wanita. Selain kanker payudara, adanya penyakit kanker serviks membuat para wanita cukup khawatir. Karena jika melihat dari pada kondisi medis itu sendiri kanker serviks ini di sebabkan karena adanya pertumbuhan sel-sel di sekitar leher rahim secara tidak normal dan berkembang secara cepat secara tidak terkendali yang akhirnya mengakibatkan datangnya tumor serviks. Berubahnya menjadi tumor ganaslah yang nantinya di sebut dengan kanker serviks.

Jenis kanker ini sangatlah mematikan dan menjadi kanker yang cukup menakutkan bagi para wanita. Alangkah baiknya sebagai wanita memeriksakan diri dan melakukan tes pap smear agar bisa mengetahui ada atau tidak adanya kanker serviks pada tubuh kita.

11. Kanker Paru

jenis kanker yang terakhir ini hampir sama dengan beberapa jenis kanker lainnya yaitu adanya pertumbuhan sel yang tidak normal terjadi di organ paru-paru kita. Jenis kanker ini tidak kalah menyeramkan dari beberapa jenis kanker lainnya. Seperti kita pahami bahwa paru-paru merupakan organ vital yang memiliki fungsi membantu anda bernafas dan menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Dengan terjangkit nya seseorang kanker paru-paru akan membuat tubuhnya tidak berfungsi maksimal. Peran paru-paru sebagai pendistribusi oksigen ke seluruh tubuh akan tidak maksimal yang nantinya dapat menyebabkan kematian karena gagal nya fungsi paru-paru dalam tubuh.

Penyebab Kanker Payudara

Semua orang sudah pasti sepakat bahwa segala jenis penyakit sudah pasti memiliki penyebabnya, begitu juga dengan penyakit kanker ini. Dalam fakta nya penyakit kanker payudara ini masih menjadi misteri apa saja yang menjadi penyebab secara pasti seseorang terkena penyakit kanker payudara. Namun apabila melihat secara pasti apa saja yang menjadi penyebab tumbuhnya kanker payudara.

Kanker payudara bisa menerpa seseorang ketika sel-sel yang terdapat pada payudara seorang wanita berkembang secara tidak normal sehingga akan muncul benjolan-benjolan . Benjolan itu lah yang menjadi penyebab kanker payudara yang nantinya akan menyebar ke jaringan-jaringan yang ada di sekitaran benjolan tersebut. Selain itu ada beberapa penyebab mengapa seorang bisa terkena kanker payudara.

1. Merokok

Dijaman sekarang yang sudah mengedepankan keterbukaan ini memang bukan hal yang aneh apabila anda melihat seorang wanita merokok di depan umum.Padahal apabila anda cermat melihat petunjuk di bungkus rokok atau beberapa himbauan para ahli kedokteran sudah melarang seorang wanita untuk merokok. Hal itu karena dengan merokok seorang wanita akan sangat memungkinkan terkena beberapa jenis kanker termasuk kanker payudara. Selain mengundang datangnya kanker, rokokpun dapat memberikan dampak negatif lainnnya seperti gangguan kehamilan dan juga janin bagi wanita.

2. Malas melakukan kegiatan

Melakukan beberapa jenis kegiatan akan mengurangi kemungkinan anda terkena resiko kanker. Hal itu memang benar adanya karena, ketika tubuh di gerakan sudah pasti zat-zat berbahaya akan keluar melalui keringat dan juga air urine sehingga kita akan lebih sehat jika kita lebih banyak bergerak melakukan berbagai macam kegiatan.

Bisa di bayangkan ketika kita malas bergerak dan lebih memilih berdiam diri, disamping otot-otot dan juga tubuh kita yang tambah kaku resiko terkena kanker pun semakin tinggi dapat kita dapatkan.

3. Makan Makanan berlemak tinggi

Selain dari pada aktivitas di luar dan juga menjaga tubuh kita terpapar zat berbahaya rokok. menghindari makan-makanan yang memiliki kadar lemak yang tinggi atau makan-makanan yang membuat berat badan kita naik dengan drastis pun sangat di anjurkan oleh para dokter. Hal itu karena menurut beberapa penelitian yang di coba di beberapa negara mengeluarkan kesimpulan bahwa adanya lemak yang berlebih akan berdampak terhadap produksi hormon yang nantinya akan mengganggu pertumbuhan sel di dalam tubuh.

4. Sering kali makan tengah malam

Seringkali secara sadar maupun tidak sadar kita seringkali makan cemilan atau makanan berat di tengah malam. Meskipun terkesan sederhana namun beberapa penelitian yang di lakukan di negara amerika sana menjelaskan bahwa ketika seorang wanita makan malam lebih awal yang berarti makan malam tidak terlalu malam akan mengurangi terjangkitnya penyakit kanker payudara. Hal itu lantaran Glukosa yang terdapat dari makanan dapat meningkatkan gula darah yang akhirnya dengan tingginya gula darah akan memicu datangnya kanker payudara.

5. Seringkali beraktivitas di malam hari

Bagi anda wanita karir yang memiliki jam kerja malam atau anda adalah seorang pedagang yang sering menggunakan waktu malam anda untuk bekerja, sebaiknya anda lebih berhati-hati dan sering memeriksakan kesehatan anda. Karena beberapa pakar kesehatan pun menjelaskan bahwa wanita yang berkerja di malam hari akan lebih mudah lelah dan memiliki jam tidur yang tidak normal. Dengan tidak normalnya itu akan membuat kanker akan mudah aktif di tubuh anda.

Dengan jam tidur yang berubah akan membuat hormon melantonin anda turun dan bahkan tidak stabil. Dengan turunya hormon melantonin tersebut akan membuat anda lebih mudah terdampak kanker payudara. Rendahnya kadar melantonin ini memang seringkali di temukan pada penderita kanker payudara

6. Mengkonsumsi pil KB

Bagi anda para wanita yang mengikuti program Keluarga Berencana khususnya menggunakan Pil KB sebagai media kontrasepsi sebaiknya harus mulai berwaspada lantaran di dalam pil kontrasepsi terdapat Estrogen yang dimana zat tersebut dapat menstimulasi sel payudara. Apabila kita menggunakannya tanpa dosis yang benar akan meningkatkan risiko terkena kanker payudara.

7. Sering mengkonsumsi daging yang di bakar

Setiap orang sudah pasti tidak dapat memungkiri bahwa olahan daging yang di bakar memberikan rasa yang luar biasa pada daging. Namun di balik kenikmatan yang kita peroleh ketika makan dari daging yang di bakar ternyata terdapat efek negatif yang bisa kita terima apabila kita menikmati daging bakar secara berlebihan. zat kimia HCAs dan PAHs yang terbentuk dalam proses pemanggangan daging merupakan zat-zat yang dapat meningkatkan seorang wanita bisa terkena Kanker payudara.

8. Acar atau asinan

Beberapa makanan yang memiliki tingkat keasinan yang berlebih seperti ikan asin, sayuran acar dan beberapa chamilan yang mengandung kadar asin tinggi akan memicu seorang wanita terkena kanker. Hal itu lantaran zat karsinogen merupakan zat  yang sangat memicu tumbuhnya kanker di tubuh kita.

9. Alkohol

Apakah anda sering mengkonsumsi alkohol? Lebih baik mulai sekarang hentikan mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol. Beberapa pakar kesehatan setuju minuman beralkohol akan memberikan dampak negatif bagi tubuh salah satunya adalah resiko beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, kanker mulut dan beberapa jenis kanker lainnya.

10. Makanan yang terlalu matang/Hangus

Makanan yang terlalu matang atau lebih condong kepada hangus dan menghitam pada sayuran atau daging seringkali di anggap enteng oleh kita. Padahal makanan tersebut memiliki andil besar dalam memicu tumbuhnya kanker karena, DNA Heterosiklik yang rusak akan membuat sel kanker di tubuh kita aktif.

11. Makanan Kaleng / Makanan Instant

Meskipun kehadiran makanan kaleng dan makanan instant mempermudah kita dalam hal menyajikan makanan. Namun apabila kita kurang cermat dalam memilih makanan kaleng dan makanan instant yang baik akan menjadi petaka bagi kita. Makanan kaleng yang dimana kemasannya di lapisan bisphenol-A (BPA) akan sangat berbahaya bagi tubuh . Selain dapat mengundang beberapa jenis kanker, zat BPA sangat buruk pula bagi kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu pilihlah beberapa makanan instant yang dimana kemasannya sudah diberil label bebas BPA agar makanan yang kita makan lebih sehat.

12. Minuman Bersoda dan Panas

Sering kali minuman Bersoda menjadi pilihan banyak orang dalam hal mengkonsumsi minuman yang segar. Selain itu minuman panas seperti teh dan kopi pun memang selalu di favoritkan oleh banyak orang. Padahal ke 2 jenis minuman ini memiliki andil yang cukup besar kepada para penderita kanker payudara.

Hal itu lantaran ketika kita minum minuman yang memiliki suhu lebih dari 65 derajat celcius akan memungkinkan memunculkan zat karsinogen yang merupakan zat penyebar penyakit kanker.

Ciri-Ciri dan Gejala Kanker Payudara

Meskipun penyebab kanker payudara masih menjadi misteri dan hampir segala sesuatu bisa menjadi penyebab kanker ini, namun apabila anda sebagai wanita ingin mengetahui ciri-ciri dan gejala kanker payudara sebaiknya anda membaca dan memperhatikan beberapa ciri dan gejala yang di berikan di bawah ini.

1. Munculnya benjolan di sekitaran Payudara

Ciri atau gejala seorang wanita terkena kanker payudara adalah munculnya sebuah benjolan di sekitaran payudara kita. Munculnya benjolan ini memang seringkali luput dari pemeriksaan kesehatan wanita secara pribadi. Beberapa kasus, munculnya benjolan penyebab kanker payudara ini di barengi dengan rasa sakit. Namun tidak sedikit juga benjolan ini tumbuh tanpa adanya rasa sakit sehingga para wanita tidak mengetahui bahwa payudara mereka di tumbuhi sel kanker.

Oleh karena itu sering-sering lah para wanita mengecek kesehatan payudara anda secara individu atau pun langsung memeriksakan nya ke dokter ahli. Dengan memeriksakan payudara kita secara berkala setidaknya payudara kita akan terhindar dari penyakit berbahaya sepeti kanker.

2. Warna Kulit Payudara Berubah

Gejala seorang wanita terjangkit kanker payudara yang ke 2 adalah adanya perubahan warna pada bagian payudara yang terjangkit kanker. Gejala nomer 2 ini memang lebih mudah melihatnya. Ketika ada yang janggal dari payudara kita mulai dari perubahan warna yang tidak normal sampai dengan rasa yang tidak enak pada payudara alangkah baiknya langsung periksakan kepada dokter ahli agar bisa di observasi secara menyeluruh.

Kebanyakan wanita menganggap perubahan warna pada payudara ini wajar atau karena beberapa faktor yang tidak berbahaya. Beberapa ciri perubahan yang di alami oleh penderita kanker payudara adalah iritasi, kermerahan, kenebalan pada kulit, lekukan pada jaringan dan juga tekstur kuli payudara seperti kulit jeruk.

3. Perubahan puting

Selain warna payudara yang berubah, perubahan pada puting payudara pun meski kita waspadai.  Perubahan bentuk puting, rasa nyeri pada puting dan bahkan sampai mengeluarkan cairan yang tak biasa pada puting payudara kita merupakan contoh perubahan puting di karenakan terjangkit penyakit kanker.

4. Munculnya benjolan di ketiak

Selain 3 ciri di atas yang menandakan seseorang terjangkit kanker payudara, ada juga ciri yang mencerminkan seorang wanita terkena penyakit kanker payudara. Salah satunya adalah Munculnya benjolan pada ketiak.

Ciri ini hampir sama dengan benjolan pada bagian payudara, namun di poin ini benjolan tersebut tidak tampil di payudara depan melainkan muncul di sekitaran ketiak. Hal itu lantaran sel kanker yang meluas melalui kelenjar getah bening sehingga munculnya benjolan sekitaran ketiak.

Tingkatan Kanker Payudara

Dalam kanker payudara sering kali kita mendengar beberapa diagnosa dokter dalam menentukan seberapa parah kanker payudara yang di derita oleh pasien . Namun kita kadang kurang paham bagaimana dan apa saja tingkatan dalam menentukan parahnya kanker payudara pada tubuh Pasien.

Didalam dunia kedokteran di kenal dengan namanya diagnosa kanker dengan sistem American Joint Committee on Cancer TNM System. Dalam tahapan ini terdapat klasifikasi T, N dan M.

  • T dalam sistem ini menunjukan ukuran tumor dan juga seberapa jauh penyebaran tumor di dalam payudara seorang wanita
  • Indikator N memberikan tanda jumlah tumor yang ada di dalam tubuh pasien
  • Indikator M merupakan indikator kemungkinan penyebaran tumor ke organ tubuh yang terjauh dari sumber kanker.

Setelah kita mendapatkan hasil dari pada sistem tersebut selanjutnya dokter akan melakukan Stage Grouping atau tahap pengelompokan. tahapan ini akan memberikan gambaran singkat mengenai seberapa parah kanker yang di derita oleh pasien. Pernahkah kita mendengat stadium dalam penyakit kanker? Stadium inilah yang nantinya di jadikan indikator seberapa parah kanker yang di deritanya.

  • Stadium 0

Indikator kanker pada stadium ini menandakan bahwa kanker yang di derita pasien bersifat noninvasif atau tidak menyebar dan masih bisa di tangani dengan cepat agar tidak menyebar.

  • Stadium 1

Jika melihat kasus Kanker Payudara, Stadium 1 ini di golongkan kembali menjadi 2 golongan yaitu Stadium 1A dan Stadium 1B. Stadium 1A merupakan indikator kanker payudara yang menjelaskan bahwa tumor yang di miliki pasien tidak lebih dari 2cm atau lebih kecil dan sel kanker belum menyebar di luar payudara. Sedangkan indikator 1B menjelaskan bahwa sel kanker di temukan juga di kelenjar getah bening. Namun di indikator 1B ini jarang di temukan tumor besar pada bagian payudara pasien.

  • Stadium 2

Indikantor pada tingkatan ini sudah masuk kedalam kategori kanker yang serius dimana kanker pada payudara sudah mulai invasif dengan beberapa kondisi seperti ukuran tumor mencapai 2 – 5cm dan sudah menyebar ke bagian kelenjar getah bening di bagian bawah lengan. sama halnya dengan Stadium 1, pada Stadiun 2 ini di bagi pla 2 bagian yaitu Stadium 2A dan Stadiun 2B.

  • Stadium 3

Pada indikator Stadium 3 biasanya sel kanker sudah merambat ke bagian terjauh dari sumber kanker itu sendiri dan memiliki ukuran yang lebih besar melebihi ukuran pada Stadium 2 yaitu 5cm. Selain itu juga pada Stadium 3 ini biasanya sudah menyebar ke bebeapa bagian seperti otot kulit dan dada. Dalam Stadium 3 ini di bagi menjadi 3 kelas yaitu 3A,3B dan juga 3C.

  • Stadium 4

Pada pembagian tingkatan penyebaran kanker, Stadium 4 ini merupakan titik tertinggi dalam indikator penyebaran kanker. Biasanya pada Stadium 4 ini kanker sudah semakin berkembang dan menyebar ke banyak bagian tubuh yang vital seperti Paru-Paru, Tulang, Otak  Hati dan beberapa bagian vital lainnya.

Cara Mencegah datangnya Kanker Payudara

Faktanya dalam hal kanker itu sendiri sebetulnya lebih mudah mencegah dari pada mengobati. Apabila kita sudah terkena salah satu dari jenis kanker itu sendiri pasti akan ada penyesalan bahwa mengapa dari dahulu kita tidak coba mencegah agar tidak terkena kanker. Padahal sebetulnya dalam hal pengobatan dan penyembuhan kanker membutuhkan waktu yang cukup lama dan juga mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Oleh karena itu bagi anda yang saat ini masih bisa merasakan nikmat tuhan yang paling besar yaitu kesehatan . Alangkah baiknya kita mencoba untuk mencegah datangnya kanker kedalam tubuh kita. bagi yang ingin tahu, Berikut adalah cara mencegah datangnya kanker pada tubuh kita.

1. Hindari Mengkonsumsi Alkohol

Hal pertama yang perlu kita hindari adalah minum minuman yang mengandung alkohol. Kita semua sepakat bahwa minum alkohol memang menjadi akar dari semua penyakit termasuk kanker. Oleh karena itu kurangi atau mungkin hindari yang namanya minuman beralkohol.

2. Hindari makanan berpengawet dan sudah di awetkan dalam jangka waktu lama

Beberapa makanan yang sudah di campur dengan pengawet akan memiliki kemungkinan memiliki kandungan yang akan membuat penyakit kanker akan menghampiri tubuh kita.

3. Mengurangi makanan berlemak

Selain membuat badan anda menjadi gemuk, makan makanan yang memiliki kadar lemak tinggi akan memicu tubuh anda untuk mengaktifkan sel-sel kanker yang ada di dalam tubuh. Memang bagi sebagian orang, makan beberapa makanan yang mengandung banyak lemak biasanya memiliki rasa yang sedap. Namun, meskipun memiliki rasa yagn sedap alangkah bainya adan  mengurangi dan atau malah meng

4. Perbanyak makanan segar

Tidak dapat di pungkiri bahwa ketika kita mengkonsumsi berbagai macam makanan yang segar selain enak untuk di makan, kitapun akan memperoleh manfaat lainya seperti terhindar dari berbagai ancaman zat kimia. Beberapa jenis makanan yang bercampur dengan pengawet sangat rentang memberikan dampak negatif pada tubuh. Oleh karena itu hindari makan makanan yang di masuki bahan pengawet agar tubuh anda lebih segar dan lebih sehat.

5. Perbanyak makanan berserat dan sayuran

Meskipun rata-rata makanan yang memiliki serat tinggi seperti sayuran atau buah-buahan kadang kurang menarik. Namun, alangkah baiknya anda mulai mengkonsumsi makanan berserat tersebut demi kesehatan tubuh. Anda bisa mengolah makanan-makan tersebut sehingga enak untuk di konsumsi.

Selain sayuran anda juga bisa mengkonsumsi buah-buahan segar dengan berbagai macam cara penyajian seperti jus atau langsung di konsumsi saja. Dengan banyaknya asupan nutrisi dan vitamin kedalam tubuh, sudah di pastikan tubuh kita akan lebih sehat dan lebih kebal terhadap berbagai jenis penyakit yang akan menyerang tubuh kita.

6. Periksa kesehatan secara berkala

Hal yang paling penting dalam membina hidup sehat adalah dengan memeriksakan kesehatan kita kepada ahlinya. Dengan memeriksakan tubuh kita kepada ahlinya setidaknya kita lebih tahu kondisi tubuh kita. Meskipun ada tanda-tanda terjangkit penyakit kanker, kita akan lebih mudah melakukan penanggulangan dan pengobatan sejak dini.

Rata-rata orang-orang memilih untuk enggan berkonsultasi dengan dokter ahli. Beberapa alasan berbeda pun di keluarkan oleh banyak orang tentang mengapa mereka jarang periksa kesehatan secara berkala. Malahan ada beberapa pasien merasa dirinya paling sehat padahal kita pun tidak tahu tubuh kita terkena kanker atau tidak.

7. Hindari merokok

Seringkali para perokok aktif menghiraukan beberapa jenis larangan dan juga himbuan akan bahayanya rokok. Mereka malah seakan enggan membaca dan juga berhenti merokok karena rokok itu sendiri merupakan aktivitas yang termasuk kurang produksi. Meskipun tidak semua jenis kanker berpusat karena rokok, namun hampir semua zat yang terkandung dalam rokok akan memicu datangnya penyakit kanker. Oleh karena itu lebih baik anda hindari merokok agar tubuh anda lebih sehat dan jauh dari resiko terkena penyakit kanker.

8. Pola Hidup sehat

Hal terakhir yang bisa anda lakukan agar bisa terhindar dari penyakit mematikan ini adalah dengan mulai menyusun pola hidup sehat. Mulai dari pada rajin berolahraga, istirahat secukupnya dan meminimalisir datangnya stress dan emosi pun akan sangat membantu untuk menangkal datangnya penyakit kanker. Memang melakukan hidup sehat dengan berolahraga dan juga makan-makanan sehat dan seimbang merupakan hal yang sulit di lakukan banyak orang. Namun, penerapan pola hidup sehat akan sangat berarti dan memberikan dampak yang positif pada tubuh kita.

Baca Juga: Cara Mengatasi Perut Kembung dengan Bahan Alami, Olahraga dan Obat Serta Efek Samping

Cara Menyembuhkan Kanker Payudara Dengan Medis

Meskipun kanker payudara masuk dalam jenis penyakit yang cukup berbahaya namun bukan berarti tidak mungkin penyakit ini disembuhkan. Beberapa orang yang pernah merasakan sakitnya terkena kanker payudara membuktikan bahwa mereka bisa sembuh dengan berbagai jenis dan cara pengobatan yang di cobanya. Memang dalam pengobatan kanker payudara sudah pasti memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Namun, tidaklah salah apabila kita melakukan beberapa upaya atau cara untuk bisa sembuh dan terhindar dari kanker payudara. Berikut adalah beberapa cara menyembuhkan kanker payudara.

1. Menjalani Bedah Lumpektomi

cara menyembuhkan kanker payudara yang pertama adalah menjalani bedah Lumpektomi. Jenis bedah ini di khususkan bagi pasien yang terkena kanker payudara yang tidak terlalu parah. Karena pada prosesnya bedah ini bertujuan untuk mengangkat tumor yang bersarang pada payudara dengan cara di bedah atau di ambil beserta sebagian kecil jaringan yang sehat di sekitaran tumor itu. Biasanya setelah melakukan pembedahan ini akan ada langkah lanjutan seperti pemberian radioterapi agar sel kanker yang tertinggal bisa di matikan dengan cara ini. Dan apabila sel kanker terlalu besar bisa melewati proses kemoterapi terlebih dahulu agar tumor yang bersarang bisa menyusut terlebih dahulu.

2. Menjalani Bedah Mastektomi

cara menyembuhkan kanker payudara yang ke 2 adalah dengan menjalani bedan Mastektomi. Bedah mastektomi ini merupakan salah satu jenis bedah yang di lakukan oleh dokter bedak onkologi yang bertujuan untuk mengangkat seluruh jaringan di payudara. Umumnya bedah jenis ini akan di lakukan kepada pasien apabila tidak bisa di tangani dengan bedah Lumpektomi. Umumnya bedah Mastektomi ini di bagi menjadi 6 tindakan yang dimana setiap tindakan tergantung pada kondisi pasien itu sendiri.

  • Simple/Total Mastectomy

Pada tindakan ini dokter bedah akan mengangkat seluruh payudara pasien termasuk puting, areola dan kulit yanng menutupi dan juga ada kemungkinan kelenjar getah bening pun ikut di angkat dokter.

  • Skin-Sparing Mastectomy

Tindakan ini dokter bedah akan mengangkat beberapa bagian seperti kelenjar payudara, puting dan areola.

  • Nipple -Sparing Mastectomy

Disini dokter hanya mengangkat jaringan payudaranya saja tanpa mengambil kulit payudara dan juga puting pasien. Namun jika kondisinya lebih parah akan ada kemungkinan mengangkat organ lainya seperti puting dan areola

  • Modified Radial Mastactomy

Dokter akan melakukan tindakan dengan mengkombinasikan tindakan simple mastecmoy dengan pengangkatan seluruh kelenjar getah bening di ketiak.

  • Radical Mastectomy

Di tindakan ini dokter bedah akan mengangkat banyak organ seperti seluruh bagian payudara, kelenjar getah bening di sekitaran ketiak dan juga otot dada.

  • Double Mastectomy

Tindakan ini di lakukan dengan mengangkat ke 2 payudara pasien dengan berbagai jenis pertimbangan yang ada

3. Bedah Kelenjar Getah Bening

Pada tindakan Bedah kelenjar Getah Bening sebetulnya bisa di lakukan dokter bedah bersamaan dengan pengangkatan tumor di payudara atau pun secara terpisah. Namun apabila dokter bedah yang sudah melakukan observasi dan menemukan bahwa kanker sudah tersebar ke kelenjar getah bening di ketiak metode bedah kelenjar getah bening kemungkinan akan di lakukan kepada pasien. Dalam proses pengangkatan kelenjar getah bening teradapat 2 jenis pembedahan yaitu SLNB yang di mana dokter hanya mengangkat kelanjar getah bening di ketiak. dan yang ke 2adalah ALND yang dimana dokter mengangkat lebih dari 20 kelenjar getah bening di sekitaran ketiak pasien.

4. Radioterapi

Pada cara menyembuhkan kanker yang satu ini merupakan salah satu cara yang cukup banyak di lakukan oleh para penderita kanker payudara. Dalam prosesnya cara menyembuhkan kanker yang satu ini dengan cara melakukan terapi radiasi yang di pancarkan oleh sinar berkekuatan tinggi seperti proton atau sinar x. Dalam prakteknya terapi radioterapi ini bisa menggunakan 2 cara yaitu dengan menembakan sinar kebagian tubuh pasien yang terkena kanker atau juga bisa dengan menempatkan material radioaktif ke dalam tubuh pasien itu sendiri.

Proses Radioterapi ini merupakan proses lanjutan bagi pasien yang sudah menjalani bedah lumpektomi ataupun mastektomi dengan tujuan adalah menonaktifkan sel-sel pemicu kanker yang tidak terangkat ketika melakukan bedah. Namun, perlu di ketahui bahwa melakukan radio terapi akan menimbulkan berbagai macam komplikasi seperti kemerahan pada kulit yang di sinari radioterapi dan bisa juga payudara akan membengkak atau mengeras.

5. Terapi Hormon

Pada cara menyembuhkan kanker payudara selanjutnya adalah dengan melakukan terapi hormon. Seperti yang sudah di bahas di awal tadi bahwa ada bebarapa jenis kanker yang terjadi akibat horon estrogen dan progesteron. Dengan menggunakan metode terapi hormon dokter setidaknya akan menghambat estrogen yang ada.

6. Kemoterapi

Cara menyembuhkan kanker yang satu ini sudah pasti sangat familiar di telinga banyak orang. Hal itu lantaran kemoterapi selalu menjadi pilihan dan alternatif terbaik untuk menyingkirkan sel-sel yang menyebabkan kanker payudara. Proses kemoterapi bisa di lakukan setelah melakukan bedah ataupun sebelum melakukan bedah. Apabila kita di anjurkan melakukan kemoterapi sebelum bedah berarti sudah di pastikan tujuannya adalah untuk mengecilkan tumor yang bersarang pada payudara pasien.

Berbeda dengan kemoterapi sesudah bedah. Fungsi dari kemoterapi ini bagi pasien yang sudah melaksanakan bedah alah agar membunuh sel kanker yang mungkin saja tidak terangkat alias tertinggal di bagian payudara. Metode menyembuhkan kanker payudara mengunakan metode kemoterapi memang selalu menjadi pilihan banyak orang lantaran hasilnya yang cukup baik bagi para penderita kanker ini. Namun dalam melakukan proses kemoterapi ini memiliki efek samping yang cukup kuat bagi si pasien. Beberapa pasien memang akan mengalami rambut yang terus rontok, adanya infeksi, mual dan juga muntah-muntah setelah melakukan kemoterapi.

7. Terapi target

Cara menyembuhkan dari penyakit kanker selanjutnya adalah dengan melakukan terapi target. salah satu jenis terapi ini akan menghampat pertumbuhan dan juga perkembangan sel kanker di dalam tubuh tanpa harus merusak sel-sel baik di dalam tubuh.Namun tidak semua jenis kanker bisa menggunakan jenis terapi ini. Hanya pada penderita kanker HER2 positif yang bisa menggunakan metode terapi target.

Cara menyembuhkan kaker ini dnegan terapi target memang memiliki efek samping yagn cukup banyak seperti kerusakan pada fungsi jantung, pembengkakan pada tungkai sering sesak nafas dan juga diare.

Selain dari pada pebedahan dan pengangkatan organ-organ yang di diagnosa terkena kanker. Ada juga beberapa cara yang bisa anda lakukan.

Obat Kanker Payudara Dalam Kemoterapi

  1. Siklofosfamid
  2. fluorouracil
  3. carboplatin
  4. Epirubicin
  5. Paclitaxel
  6. Taxotere
  7. Paclitaxel
  8. Docetaxel
  9. Cisplatin
  10. carboplatin
  11. Vinorelbine
  12. Capecitabine
  13. Liposomal doxorubicin
  14. Gemcitabine
  15. Mitoxantrone
  16. Ixabepilone
  17. Albumin-terikat paclitaxel
  18. Eribulin

Baca Juga: Cara Mengatasi Asam Lambung dengan Bahan Alami, Obat Serta Efek Samping

Semua orang, termasuk para wanita sering kali menghawatirkan akan terjangkit penyakit kanker payudara. Namun jika kita hidup dengan pola sehat, maka akan terhindar dari penyakit tersebut. Intinya buang semua kebiasaan buruk dan makan-makanan sehat.

 

Continue Reading

More in Kesehatan

To Top